Asuransi Kerusuhan

Kerusuhan Sipil Lagi Marak, Seperti Apa Risiko yang Dapat Terjadi?

Liga Asuransi – Melihat beberapa kejadian kerusuhan sipil di tanah air akhir-akhir ini, yang telah menimbulkan kecemasan bagi masyarakat akan dampak dari kerusuhan tersebut. Di ibu kota sendiri, telah terjadi kerugian akibat kerusakan fasilitas sarana umum dan bangunan milik swasta yang nilainya mendekati angka 100 miliar Rupiah. Puluhan atau bahkan ratusan kendaraan rusak berat.  Sementara itu, terdapat puluhan hingga ratusan orang yang cedera hingga menyebabkan korban jiwa. 

Sehubungan dengan itu, kali ini kami ingin mencoba untuk berbagi informasi dan pengetahuan seputar resiko asuransi yang berkaitan dengan kerusuhan sipil. Semoga tulisan berikut ini bermanfaat bagi Anda semua untuk tetap berhati-hati dan mempersiapkan jaminan.

 

Apa itu Kerusuhan Sipil

Kerusuhan sipil atau huru hara adalah pertemuan umum sejumlah besar orang yang mengakibatkan kerusakan properti. Kerusuhan sipil umumnya mengacu pada pemberontakan atau kerusuhan oleh sejumlah besar orang yang terjadi di ruang publik. Biasanya, beberapa partisipan dalam pemberontakan berusaha untuk menyakiti orang lain atau membuat orang lain

Sebagian besar perusahaan asuransi memasukkan kerugian yang disebabkan oleh kerusuhan sipil, meskipun beberapa mengecualikannya dari perlindungan asuransi. Selain itu, beberapa penyedia asuransi menawarkan perlindungan khusus untuk jenis ini

Kerusuhan sipil terkadang melibatkan pembakaran kendaraan atau bangunan, memecahkan jendela, penjarahan, membalikkan mobil atau merusak properti lainnya. 

Kebijakan standar pemilik rumah dan polis asuransi properti biasanya mencakup kerugian yang disebabkan oleh kerusuhan sipil dan kerusuhan. Jenis asuransi lain seringkali berisi bahasa yang menjelaskan jumlah pertanggungan untuk kerusuhan sipil, serta jenis apa yang termasuk atau dikecualikan dari pertanggungan. Misalnya, asuransi kompensasi pekerja biasanya mencakup pekerja yang cedera selama kerusuhan sipil, dan kebijakan ini biasanya menjelaskan apa yang secara spesifik i

Beberapa bisnis yang rusak parah akibat kerusuhan sipil perlu menangguhkan operasi atau membatasi jumlah jam buka. Dalam beberapa kasus, bisnis tidak rusak secara fisik selama kerusuhan, tapi pemilik masih mengalami kerugian finansial jika bisnis mereka harus ditutup sementara, atau jika otoritas lokal menetapkan jam malam atau penjagaan daerah dekat mereka.

Pemegang polis yang mengalami kerugian karena kerusuhan sipil harus segera memberitahu pihak berwenang setempat dan perusahaan asuransi tentang segala kerusakan yang disebabkan, dan memberikan daftar rinci dama.

Dalam beberapa kasus, pemegang polis membayar deductible atau premi yang lebih tinggi jika mereka tinggal atau menjalankan bisnis di daerah yang dianggap berisiko tinggi bagi masyarakat sipil.

 

Meminimalkan kerusakan dari kerusuhan sipil

Pemilik bisnis terkadang naik ke etalase atau menghapus inventaris toko yang paling berharga sebelumnya jika mereka menerima peringatan awal dari kerusuhan sipil. Dalam beberapa kasus, kelompok pemilik toko bahkan bekerja sama dalam mempersiapkan kemungkinan kerusuhan, mirip dengan apa yang mungkin mereka sediakan untuk mempersiapkan

Salah satu kerusuhan sipil berskala besar yang paling terkenal terjadi di Los Angeles pada bulan April 1992, menyusul pembebasan lima petugas yang dituduh memukuli warga sipil Rodney King. Sementara beberapa pedagang di lingkungan Koreatown mempersenjatai diri dan bekerja sama untuk melindungi properti mereka dan mencegah penjarahan, praktik ini biasanya tidak direkomendasikan oleh penegak hukum, kecuali dalam kasus yang jarang terjadi, karena dapat membahayakan pemilik toko. Selain itu, bahaya ini tidak perlu jika polis asuransi pemilik toko mencakup perdata 

 

Apa yang Dicakup Asuransi Kerusuhan, Vandalisme, dan Kerusuhan Sipil?

Nah, beberapa hal berbeda. Rumah, bisnis, atau kendaraan Anda mungkin dilindungi, tergantung pada polis asuransi Anda. Minta agen asuransi independen Anda meninjau kebijakan khusus bersama Anda untuk memastikan Anda terlindungi, tetapi kami akan melanjutkan dan memberikan gambaran umum tentang perlindungan apa yang termasuk dalam banyak kebijakan yang tersedia.

Asuransi kerusuhan, vandalisme, dan kerusuhan sipil biasanya mencakup hal-hal berikut:

Kerusakan kendaraan: Jika Anda membeli asuransi mobil komprehensif, Anda beruntung. Perlindungan otomatis yang komprehensif melindungi mobil Anda dari kerusakan oleh hal-hal seperti kebakaran, benda jatuh, dan vandalisme — semuanya dapat menyertai kerusuhan. Kerusuhan itu sendiri juga terdaftar sebagai bahaya yang tertutup secara khusus.

Kerusakan properti di rumah Anda: Kebijakan standar pemilik rumah mencakup kerusakan properti yang disebabkan oleh kebakaran, ledakan, vandalisme, huru-hara atau kerusuhan sipil, dan “kejahatan jahat”. Struktur rumah Anda dan properti pribadi Anda (mis., Barang Anda) semuanya tercakup dalam aspek kebijakan standar ini.

Kerusakan properti bisnis Anda: Kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, kerusuhan, vandalisme, atau kerusuhan sipil juga termasuk dalam kebijakan standar pemilik bisnis. Cakupan meluas ke struktur fisik bisnis serta isinya. Karena kerusuhan biasanya mengarah pada penjarahan bisnis, perlindungan untuk bisnis Anda sangatlah penting.

Biaya hidup tambahan: Jika rumah Anda tidak dapat dihuni karena kerusakan parah yang disebabkan oleh kerusuhan, vandalisme, atau kerusuhan sipil, kebijakan standar pemilik rumah Anda memberikan perlindungan untuk biaya hidup tambahan saat Anda berada di tempat tinggal sementara menunggu perbaikan. Cakupan ini berlaku untuk masa inap hotel, peningkatan biaya makan, jarak tempuh ekstra bensin, dan banyak lagi.

Kehilangan pendapatan: Jika bisnis Anda terpaksa menghentikan operasi sambil menunggu perbaikan yang diperlukan untuk kerusakan pada struktur fisiknya yang disebabkan oleh kerusuhan, vandalisme, atau kerusuhan sipil, kebijakan pemilik bisnis Anda dapat mengganti Anda atas pendapatan yang hilang saat pintu Anda ditutup.

Kerusuhan dan kerusuhan sipil dapat menyebabkan gangguan dalam berbagai cara, termasuk penghancuran total rumah dan harta benda pribadi Anda, serta mobil atau bisnis Anda. Untungnya, beberapa jenis polis asuransi standar mencakup pertanggungan untuk jenis bencana ini.

Mengapa Saya Ingin Asuransi Kerusuhan, Vandalisme, dan Kerusuhan Sipil?

Meskipun kami ingin berpikir bahwa masyarakat cukup banyak mempertahankan ketertiban sipilnya, sayangnya hal ini tidak selalu terjadi. Meskipun beberapa kerusuhan paling terkenal dalam sejarah AS mungkin telah terjadi bertahun-tahun yang lalu, sayangnya, insiden masih muncul hingga hari ini.

Jika terjadi kerusuhan atau gangguan sipil yang mengakibatkan vandalisme, kerusakan properti, kebakaran, atau tindakan kekerasan lainnya, perlindungan sangat penting untuk melindungi rumah, kendaraan, dan bahkan bisnis Anda. Asuransi kerusuhan, vandalisme, dan kerusuhan sipil ada untuk membantu melindungi tidak hanya harta benda fisik Anda dan elemen struktural rumah dan bisnis Anda, tetapi juga ketenangan pikiran Anda selama masa-masa stres kerusuhan sipil. 

Kerusakan akibat kerusuhan dan penjarahan di seluruh AS setelah kematian George Floyd bulan Mei lalu  diperkirakan menjadi yang paling mahal dalam sejarah asuransi – antara $ 1 miliar dan $ 2 miliar.

Insurance Information Institute (atau Triple-I) mengumpulkan informasi dari sebuah perusahaan bernama Property Claim Services (PCS), yang telah melacak klaim asuransi terkait gangguan sipil sejak tahun 1950, dan database lainnya. Ini memberikan laporan kepada Axios bahwa kerusakan akibat kerusuhan antara 26 Mei dan 8 Juni akan menjadi yang paling mahal dalam sejarah bangsa, mengatasi kerusuhan Rodney King tahun 1992 di Los Angeles.

Label harga bisa mencapai $ 2 miliar dan mungkin lebih, menurut Triple I. Tetapi protes yang terkait dengan Floyd berbeda dari yang lain yang telah dilacak database – belum pernah sebelumnya tersebar luas.

Salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi huru hara adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman.

Broker asuransi yang akan membantu mengumpulkan data, mengolah dan membuat analisa dan statistik sehingga bisa dibuat program asuransi yang dapat memberikan manfaat maksimal kepada pemilik dan operator serta mendatangkan keuntungan bagi perusahaan asuransi.

Untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut segera hubungi broker asuransi terkemuka di Indonesia .

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga mendapatkan informasi seperti Anda.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top