Golf

Ini Dia 10 Lapangan Golf Terbaik di Indonesia 2021

Sidang pembaca yang luar biasa. Kembali kami hadir menemani hari libur Anda dengan tulisan seputar golf. Kali kami akan menampilkan 10 padang golf terbaik di Indonesia. Informasi ini kami dapatkan dari website internasional yang mendata padang golf di seluruh dunia.https://www.top100golfcourses.com/golf-courses/asia/indonesia

Sebagai orang asuransi tepatnya broker asuransi saya pun termasuk pegolf amatiran,  walau sudah mulai bermain sejak 25 tahun lalu, tapi kalau bicara soal tingkat kemampuan golf, hasil permainan saya masih biasa-biasa saja. Masih handicap tinggi…

Indonesia yang terkenal dengan sebutan “hamparan permadani di khatulistiwa” menampilkan pemandangan alam yang begitu indah dengan tanah yang hijau, laut biru dan udara bersih sepanjang tahun. Sehingga Indonesia layak menjadi tujuan wisata alam utama di dunia. 

Bagi penggemar olahraga golf, ada sekitar 150 padang golf tersebar di seluruh nusantara terbentang mulai dari Banda Aceh di sebelah barat dan Tembagapura, Papua di bagian timur. 

Dengan jumlah peminat dan pemain golf yang sedang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan belakang ini, diharapkan dengan adanya padang golf sebanyak itu akan mampu mendatangkan peluang bisnis yang menguntungkan. 

Jika dikembangkan lebih jauh lagi, golf juga dapat menjadi andalan pariwisata  mancanegara dengan mempromosikan kepada masyarakat golf internasional, menjadi tuan rumah turnamen golf internasional secara rutin dan massive.

Berikut ini kami akan tuliskan 10 padang golf terbaik di Indonesia yang ditampilkan di dalam website tersebut diatas. 

  1. Taman Dayu Surabaya

Lokasi:  Jl. Raya Surabaya Malang Km.48 Pandaan 67156 Pasuruan Jawa Timur – Indonesia, kira-kira berjarak 1 jam dari pusat kota Surabaya. 

Padang golf yang dikelilingi oleh pemandangan menakjubkan Gunung Arjuno, Gunung Semeru, dan Gunung Welirang, lingkungan alam yang mempesona di Taman Dayu Club, adalah rumah bagi banyak pemain golf di seluruh dunia. Dibuka pada tahun 1995, The Taman Dayu Club telah ditetapkan sebagai lapangan golf pribadi dan country club eksklusif untuk memenuhi harapan tertinggi individu, profesional bisnis dan rekan internasional mereka.

Taman Dayu menawarkan padang golf kualitas kejuaraan 18 hole, par 72, sepanjang 6,514m, dirancang dan diawasi oleh Jack Nicklaus, “legenda hidup” golf, pemegang 20 kemenangan Turnamen PGA Utama selama karirnya sebagai pemain dan sekarang menjadi dunia terkenal hasil karya dalam merancang Arsitek Padang Golf. Dia membuat jalur untuk merancang pemandangan dramatis yang jalurnya diarahkan melalui pemandangan l lereng bukit yang berangin semilir, lembah yang dalam dan aliran drainase dengan pegunungan vulkanik sebagai latar belakang yang indah.

Padang golf ini buka mulai pukul 06:00 – 19:00 setiap Selasa hingga Minggu, Padang Golf Jack Nicklaus Signature ini tidak hanya hijau yang sangat indah, dengan pantulan keindahan alam pulau Jawa tetapi juga menawarkan permainan golf yang cukup menantang bagi pemain di semua tingkatan.

Hole  5 – dibingkai dengan sangat indah bak sebuah lukisan, lembah yang sempurna dengan fairway yang terbelah secara dramatis memberikan pilihan “Anda mau mengambil jalan raya – Saya akan mengambil jalan rendah” dengan peluang  dan kesempatan untuk birdie heroik untuk par 4 panjang.

Hole  10 – Menampilkan fairway yang spektakuler di par 4 yang menanjak ini di mana seseorang berusaha menghindari bunker dan limbah besar yang tersisa dan deretan bunker kecil yang membentang melalui fairway. Sementara di hole  ke-16 menuruni bukit yang berdampingan, penempatan  tee box yang strategis diperlukan untuk menyiapkan pukulan pendekatan ke padang hijau miring yang secara dan halus terletak di antara danau murni yang indah dan bunker yang sulit di belakang green.

“Titik tertinggi” dicapai di par 3, hole  ke-14 – Terletak di sepanjang lereng yang berhutan di dataran tinggi Taman Dayu – hijau landai dengan bunker sedalam 2 meter menunggu pukulan tee. Padang masterpiece Jack Nicklaus ini mengharuskan para pegolf untuk menggunakan berbagai macam pukulan sambil menikmati keindahan alam Padang Golf Taman Dayu.

Informasi lebih lengkap bisa lihat di http://www.tamandayu.com/page/view/taman-dayu-golf/golf-course-map

 

  1. Ria Bintan (ocean) Golf Resort

Terletak Jl. Perigi Raja, Lagoi North Bintan,Indonesia

Ketika Anda bermain golf di Ria Bintan maka bersiaplah untuk pengalaman yang benar-benar berbeda. Anda akan melihat mengapa Gary Player memberikan peringkat sebagai salah satu dari 10 padang  golf favorit teratas dari lebih dari 300 padang  golf yang telah dirancangnya. Didirikan pada tahun 1998, Golf Club Ria Bintan saat ini menjadi salah satu tujuan golf terbaik di Asia, menarik para pegolf dari seluruh dunia dengan dua padang  indah yang dirancang oleh legenda golf, Gary Player.

Ocean Course hole 18 adalah jawaranya, terbentang di sebelah Laut Cina Selatan, menawarkan pemandangan laut yang menggiurkan, sedangkan Forest Course 9 hole yang terletak di tengah hutan yang rindang menguji keberanian Anda dengan berbagai bunker dan fairways-nya.

Klub Golf Ria Bintan secara konsisten dinobatkan sebagai padang  golf terbaik di Asia dan Indonesia, dan telah menjadi tuan rumah bagi berbagai acara regional, termasuk Ria Bintan Open tahunan.

Klub Golf Ria Bintan menempati peringkat ke-35 dalam 100 Padang  Golf Teratas di Asia 2019, yang diselenggarakan dan diberikan oleh Majalah Golf Travel. Di tahun ketiganya, penghargaan tahunan ini ditinjau ulang dan dinilai oleh sekitar 60 panelis industri golf dari seluruh Asia dan sekitarnya, dan mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Cina, Korea, Jepang dll.

Padang  golf dinilai berdasarkan poin nilai ayunan, ingatan, keadilan, estetika, pemeliharaan padang , fasilitas dan layanan.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website https://www.riabintan.com/

3. Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai,

Lokasi: Jl.Bukit Golf I,Serpong,Tangerang 15310,Indonesia

Damai Indah Golf, gagasan dari seorang legenda pengembang real estate dan pengusaha ternama Indonesia, Ir. Ciputra.  Terdiri dari dua padang golf untuk kejuaraan internasional dalam lingkungan yang sangat berbeda dan menantang. Padang  Golf Bumi Serpong Damai (BSD) dirancang untuk menawarkan tantangan mental yang menyenangkan dalam pengaturan visual yang menarik dengan setiap hole  ditempatkan dalam pengaturan pemandangan  yang indah.

Sebagai proyek perdana Jack Nicklaus di Indonesia, ia memastikan padang  seluas 6.545 meter dengan par 72 yang luar biasa ini menggabungkan banyak fitur favorit pribadinya dari beberapa padang golf  top dunia. Padang golf Bumi Serpong Damai (BSD) tidak diragukan lagi adalah salah satu yang terbaik yang ditawarkan dunia.

Selain padang golf, anggota club dan tamu mereka dapat makan di clubhouse yang menawarkan pemandangan padang yang fantastis, berenang di kolam renang ukuran olimpiade, bermain tenis di padang indoor dan outdoor, atau mengasah permainan golf mereka di fasilitas latihan (lengkap dengan driving range, practice green, practice bunker dan chipping green). 

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website http://www.damaiindahgolf.com/

4. Royale Jakarta Golf Club

Lokasi: Jl. Raya Halim Tiga, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur 13610, Indonesia

Jelajahi permata Jakarta di tengah kota metropolitan, Klub Golf Royale Jakarta. Dikenal sebagai salah satu dari lima padang golf baru yang hebat di Asia. Ini adalah mahakarya arsitek lanskap padang golf terkenal dari AS, Robert Moore, Jr., ASCGA. Konsep surgawi nan hijau dari padang rumput luas yang dihiasi dengan rumput khusus Sea Isle Supreme Paspalum di setiap area dari 27 hole yang ada,  dikombinasikan dengan karpet ungu yang indah dari tanaman eksotis dan keindahan air danau yang menenangkan. Ini akan memenuhi baik permainan golf yang menantang maupun ketenangan visual, semuanya menghasilkan pengalaman bermain golf yang baru dan eksklusif. Ini hanyalah padang golf yang indah dan menantang di jantung Kota Jakarta.

Klub Golf Royale Jakarta dipilih oleh Asian Golf Award sebagai Padang Golf Terbaik di Indonesia sebanyak 5 (lima) kali berturut-turut (2011-2016), juga menjadi tuan rumah kejuaraan golf internasional terbesar di Indonesia, Indonesia. Master 2011-2018.

Berjarak hanya 15 menit dari Pusat Jakarta, Klub Golf Royale Jakarta dapat diakses melalui jalan tol kota, hanya 700 meter dari pintu keluar tol Pondok Gede. Lokasi yang nyaman dan strategis membuat perjalanan menjadi dekat dan mudah untuk bermain golf.

Klub Golf Royale Jakarta dirancang untuk menjadi tempat padang golf kelas dunia yang menggabungkan antara permainan golf dan gaya hidup kelas satu. Ini adalah klub yang eksklusif, ditawarkan kepada orang-orang istimewa yang menghargai kemegahan dan gaya hidup terbaik. 

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website https://www.royalejakarta.com/

 

5. Pondok Indah Golf Course

Lokasi: Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310, Indonesia

Didirikan pada 17 Agustus 1976, Pondok Indah Golf Course memiliki desain unik yang merepresentasikan hubungan yang erat antara manusia dan alam.

Setiap permainan akan memberikan kesempatan kepada para pegolf untuk tidak hanya mengukur keterampilan mereka di padang, tetapi juga untuk menikmati keindahan alam sekitarnya dengan bermain dalam suasana santai dikelilingi oleh tanaman hijau subur dan pepohonan tinggi, di udara segar membawa aroma bunga dan nyanyian burung-burung.

Pondok Indah Golf Course menawarkan kepada para pegolf tempat di mana arsitek tampaknya tidak banyak mengganggu keharmonisan dengan alam – di mana padang golf tersebut menyatu dengan lingkungannya. Surga seperti itu jarang terjadi. Bahkan sangat jarang bisa menemukan suasana seindah itu yang terletak dengan nyaman di jantung kota besar.

Sebagai salah satu persyaratan perancangan padang golf ini, arsitek diminta untuk merancang padang dengan tata letak yang cocok untuk kejuaraan besar (ajang Piala Dunia) tetapi juga mampu menawarkan kesenangan dan tantangan yang seimbang baik bagi pemain berkebutuhan khusus rendah maupun pemula.

Untuk memenuhi kebutuhan yang menantang tersebut, salah satu tokoh paling terkenal dalam arsitektur golf ikut dilibatkan  yaitu- Robert Trent Jones Jr. Dengan filosofi keharmonisan secara keseluruhan, variasi letak dan kegembiraan tanpa trick, ia telah menciptakan padang yang dapat memberikan kesenangan kepada semua. 

Banyak pemain top memuji tantangan yang berat tapi adil, tata letak strategis dan kondisinya yang luar biasa. Ini adalah padang yang sangat cocok untuk menguji semua tingkatan keahlian pegolf – dari pemula hingga juara – dan yang membantu anggota mendapatkan hasil maksimal untuk permainan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut silakan buka website ini http://www.golfpondokindah.com/

6. Rancamaya Golf & Country Club

Baca Juga :   Ini Dia Trend Olahraga Golf di tahun 2021

Lokasi: Jalan Rancamaya Utama Ciawi, 16720 Bogor, Indonesia

Pengalaman Golf yang tak tertandingi di Padang Golf Rancamaya.

Saat bermain di padang golf di Rancamaya, Anda dapat mendorong bola sejauh dua puluh meter atau bahkan lebih. Ted Robinson, seorang arsitek kursus internasional terkenal, telah menjadikan Rancamaya sebagai padang golf untuk sebuah kejuaraan, begitu menyenangkan untuk dimainkan dengan berfokus pada tiga elemen utama: fleksibilitas, daya ingat, dan keindahan alam. Dirancang secara unik yang mencakup serangkaian danau yang dihubungkan dengan aliran air yang bergerak. Rasa ketenangan dan kemegahan alam Rancamaya diperkuat dengan suara gemericik air yang menenangkan jiwa.

Sebuah tantangan bagi para pegolf, setiap hole  di Padang Golf Rancamaya memiliki kenangan tersendiri. Ini menawarkan delapan belas tantangan terpisah yang membutuhkan berbagai pukulan  untuk mencetak gol secara efektif. Beberapa tee, bahaya ditempatkan secara strategis dan pengaturan pin dari berbagai kekakuan akan memvariasikan tantangan setiap hari.

Karakter dan tantangan dari Rancamaya Golf Course akan sangat bermanfaat untuk dimainkan, sehingga memberikan pengalaman bermain golf yang seru dan menyegarkan.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website https://rancamayagolf.com/

7. Jagorawi Golf & Country Club (Old Course)

Jalan Karanggan Raya, Cibinong – Bogor, West Java, Indonesia

Terletak di kawasan yang agak “tinggi dan berbukit” dari lembah sungai Cikeas, Old Course terletak di bekas kawasan hutan lindung yang mengesankan representasi keindahan alam dari kepulauan luas yang disebut Indonesia. Tiga hole pertama akan membuat Anda menuruni sekitar 200 meter ke lembah tempat dicipatkannya Old Course.

Pertama kali dibuka untuk permainan 9 hole pertama pada 1979, Old Course adalah Permata Mahkota golf di Jagorawi Golf & Country Club (JG&CC), klub golf “era baru” dan menjadi perintis di negara ini. Total panjang 6.023 meter tampaknya agak “pendek” menurut semua standar golf, akan tetapi tidak bisa dianggap remeh. Itu pasti memungkiri tantangan sebenarnya.

Dipadang ini pukulan jauh kurang penting daripada ketepatan, pemilihan klub yang tepat, dan manajemen padang yang cerdas. Dan sungguh, semua itu adalah hal penting untuk menjinakkan “risiko dan penghargaan” ini, tetapi sering kali harus berhadapan dengan tata letak yang tidak bersahabat.

Hole pembukan dengan par 5 dengan panjang 509 meter tentunya harus mendapat peringkat sebagai salah satu hole pembuka terbaik dan paling spektakuler di Indonesia. Tendangan tee off yang tidak tepat pada hole handicap-stroke 1 ini biasanya  akan mendapat hukuman berat. Jadi, tetaplah tenang.

Mampu mengendalikan diri untuk mendapatkan par di hole ini  adalah prestasi besar, dan akan menjadi tanda penghormatan secara keseluruhan yang harus ditunjukkan oleh seseorang yang memainkan padang golf yang dianggap sebagai “the Dame” di semua golf di Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan untuk bermain golf “legendaris” ini. Bawalah bola ekstra, dan nikmatilah!

Informasi lebih lengkap silahkan dilihat di website ini Terletak di bagian yang agak “tinggi dan berbukit” dari lembah sungai Cikeas, Old Course terletak di bekas pengaturan hutan yang mengesankan yang lebih dari mencirikan keindahan alam dari kepulauan luas yang disebut Indonesia. Tiga hole pertama akan membuat Anda menuruni sekitar 200 meter ke lembah tempat terbentuknya Jalur Lama.

Dibuka untuk permainan 9 hole pertama pada 1979, Old Course adalah Permata Mahkota golf di Jagorawi Golf & Country Club (JG&CC), klub golf “era baru” perintis di negara ini. Total panjang 6.023 meter tampaknya “pendek” menurut semua standar golf, tetapi tidak bisa dianggap remeh. Itu pasti memungkiri tantangan sebenarnya.

“Bertahan lama” di padang ini kurang penting daripada akurasi, pemilihan klub yang tepat, dan manajemen padang yang cerdas. Dan sungguh, mereka adalah bahan penting untuk menjinakkan “risiko dan penghargaan” ini, tetapi seringkali tata letak yang tidak memaafkan.

Hole bukaan par 5 dengan panjang 509 meter tentunya harus mendapat peringkat sebagai salah satu hole bukaan terbaik dan paling spektakuler di Indonesia. Tendangan tee yang tidak tepat pada hole handicap-stroke 1 ini biasanya dihukum berat. Jadi, tetaplah tenang.

Menavigasi hole in par adalah prestasi besar, dan akan menjadi nada penghormatan secara keseluruhan yang harus ditunjukkan oleh seseorang yang memainkan padang golf yang dianggap sebagai “the Dame” di semua golf di Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan untuk bermain golf “legendaris” ini. Bawalah bola ekstra, dan nikmatilah!

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di website https://jagorawi.com/course/old-course/

8. Jagorawi Golf & Country Club (New)

Lokasi: Jalan Karanggan Raya, Cibinong – Bogor, West Java, Indonesia

PARADISE UNTUK HITTER PANJANG

Klik untuk membuka video YouTube

Kursus Baru Jagorawi (New  Course) adalah surganya pagi golf yang mempunyai pukulan jauh. Dirancang oleh Thomson & Wolveridge. Dibuka pada tahun 1991 dan dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai salah satu padang golf yang paling menantang di kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 1997 padang golf ini menjadi tuan rumah untuk Indonesia  Open dan menjadi saksi dari pegolf Australia Craig Perry sebagai jawaranya. 

New course ini berukuran 6.322 meter. Meskipun fairway tampak jauh dan lebih lebar daripada Old Course, seringkali mereka dibatasi oleh zona pendaratan dengan bunker fairway yang ditempatkan dengan baik dan dalam siap menanti untuk menangkap korban berikutnya.

Dari tee off belakang, hole ke-11 adalah salah satu hole par 3 paling dramatis yang tidak dapat ditemukan di mana pun. Seluruh padang berada di atas Sungai Cikeas yang berkelok-kelok yang hijau dan sempit.  Dikelilingi oleh sungai yang sama di tiga sisi hole liannya,  ini bisa menjadi pemecah skor.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website: http://jagorawi.com/course/new-course/

9. Rainbow Hills Golf Club

Lokasi: Jl. Bukit Pelangi Raya, Desa Cijayanti, Ciawi Bogor 16720, Indonesia

Rainbow Hills Golf Club adalah padang golf dengan 27 hole yang terletak di kawasan pegunungan yang indah.  Dirancang oleh J. Michael Poellot Golf Design Group (JMP) yang diakui secara internasional. Sangat beruntung karena  tempatnya berada di antara padang terbaik di dunia. 

Terletak di dataran tinggi yang begitu megah di Bogor sekitar 75 km sebelah timur kota Jakarta. Anda akan ditantang  untuk memilih jalan menunuju ke lokasi, melalui jalan bukit batu, hutan atau padang rumput.

Ada tiga buah padang golf, gunung, hutan dan bukit batu  (mountain, forest and stones)

GUNUNG

Mountain Course memang sesuai dengan namanya, dengan golf hole yang bentuknya bagus dan menarik. Mereka semua unik dengan desain dan menampilkan warna hijau dengan banyak lereng dan celah untuk ditaklukkan. Pegolf akan menyadari bahwa tantangan inilah yang membuat Mountain Course ini dengan elemen pegunungan  yang khas selama putaran mereka.

HUTAN

The Forest Course pasti akan memberikan kesan khusus kepada setiap pegolf. Setiap fairway dirancang dengan efek dramatis, menciptakan permainan golf yang menantang namun secara visual bermanfaat. Kuncinya adalah memainkan kursus ini dengan manajemen lapangan yang dipikirkan dengan baik tanpa terganggu oleh keindahan alamnya yang selalu ada

BATU BATU

Perancangnya telah berhasil membentuk beberapa formasi tanah dan ketinggian yang dramatis di seluruh Stone Hills. Ini menjadi tantangan bagi setiap pegolf di setiap level. Jika skor yang bagus tidak didapat, tidak perlu khawatir, karena Anda melihat sekeliling untuk menghargai keindahan padang golf kelas atas ini.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website https://www.rainbowhillsgolf.com/

10. Bali National Golf Club,

Lokasi: Kawasan Wisata, Nusa Dua, 80363, Bali,Indonesia

Bali National Golf Club terletak di THE MAJ NUSA DUA, Kompleks pariwisata Nusa Dua yang menawarkan sejumlah hotel berbintang, dua Pusat Konvensi, Pusat Perbelanjaan, Restoran dan Museum, terletak di sepanjang lebih dari tiga mil pantai pasir putih. Baik Anda seorang pemula, profesional, atau hanya pegolf akhir pekan santai yang mencari liburan golf, Bali yang menenangkan, Bali National Golf Club adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan hanya 20 menit berkendara melalui jalan tol Bali Mandara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bali National Golf Club menawarkan pengunjung Bali sebuah pengalaman bermain golf yang benar-benar mewah.  Bali National Golf Club didesain ulang yang memiliki tiga kawasan bermain yang berbeda di seluruh 18 hole. 

Hole 1 hingga 9 menampilkan anak sungai, ngarai, dan tumbuhan  asli yang dipenuhi burung tropis, sedangkan hole 10 hingga 16 menawarkan jalur fairways yang diukir dengan lembut melalui hutan alami. Terakhir, hole hijau pulau 17 dan hole tepi danau 18 adalah hole pamungkas yang menantang untuk diuji setiap pegolf. Lapangan ini dianugerahi oleh Asian Golf Awards sebagai Lapangan Golf Renovasi Terbaik di Asia 2014 dan Resort Golf Terbaik ke-5 di Asia Pasifik 2016, Resor Golf Terbaik di Indonesia 2017 oleh Golf Digest USA, Lapangan Golf Terbaik di 260 Negara pada tahun 2018 oleh Golf Digest USA, Lapangan Golf Terbaik di Indonesia 2018 oleh Asian Golf Awards, Resort Golf Terbaik ke-2 di Asia Pasifik 2018 dan Runner-up Resor Golf Terbaik di Asia Pasifik 2019 oleh Asian Golf Awards.

Bali National Golf Club juga merupakan rumah dari Leadbetter Golf Academy (LGA Bali) yang terkenal sebagai salah satu fasilitasnya. Selain LGA Bali, Locker Rooms yang tertata apik, Pro Shop yang lengkap, The Golfer’s Lounge & Terrace yang menyajikan masakan lezat, fasilitas VIP Meeting Room dan The VIP Lounge, semuanya tersedia di Bali National Golf Club.

Demikian daftar 10 lapangan golf terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat untuk Anda. Saya berharap Anda untuk termotivasi untuk menikmati keindahan alam, tantangan dan kebanggan menjadi penenang, pemenang untuk diri sendir.

Dari 10 padang golf ini saya masih menyisakan 2 lapangan yang belum saya cicipi, Taman Daya dan Ria Bintan. Mudah-mudahan dapat saya nikmati dalam waktu dekat ini.

Jika Anda suka dengan tulisan ini silakan dikirimkan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Bagi Anda yang mempunyai acara turnamen golf internal seperti ulang tahun perusahaan dan turnamen golf lainnya silahkan menghubungi, insya Allah kami akan bantu membuat liputannya.

Instagram: @Taufikarifin31

Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker – A Smart Insurance Broker. Siap mengurus seluruh asuransi bisnis anda.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top