Golf

Golf sebagai sarana untuk membangunan Jaringan Bisnis: Menggabungkan antara Bisnis dengan Kesenangan

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Mulai awal tahun ini kami akan mengisi setiap hari libur Sabtu atau Minggu dengan tulisan mengenai golf. Olahraga yang banyak dimainkan oleh pelaku industri perasuransian.

Kami akan mengangkat tulisan mengenai berbagai aspek dari olahraga golf, mulai dari informasi turnamen, profil pemain, jadwal turnamen, pernak-pernik golf, gear golf terbaru dan juga mengenai coaching clinics.

Kami juga akan memuat liputan turnamen atau event golf yang diadakan oleh perusahaan khususnya di kalangan perusahaan asuransi. Liputan kami akan berbeda, kami akan menulis dari sudut sebagai pemain dan sekaligus pelaku industri perasuransian. Silakan hubungi kami melalui kontak kami di bagian Tentang Liga Asuransi sebelum acara agar kami bisa mengatur waktu.

Berikut tulisan perdana kami. Semoga menarik dan bermanfaat. Selamat menikmati hari libur. Jika Anda tertarik silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga mempunyai informasi seperti Anda.

Pada jam 8 pagi pada hari kerja, Anda sedang melakukan tee off di hole ke-4 di sebuah padang golf yang berada di luar kota. Matahari bersinar terang, angin berhembus sepoi-sepoi. Suasana begitu tenang dan Anda sedang berada di puncak permainan. Anda bersama dengan rekan-rekan satu flight yang terdiri dari tiga orang lainnya sangat menikmati permainan. Semuanya bersenang-senang.

Dalam situasi seperti ini Anda mungkin mulai merasa bersalah karena telah meninggalkan kantor dan melewatkan pekerjaan. Tapi, jika Anda pandai memainkan kartu Anda dengan benar, situasi seperti ini justru sangat mungkin akan menjadi sebuah kesuksesan bisnis yang besar.

Hampir di semua industri termasuk di industri perasuransian baik asuransi umum maupun asuransi jiwa di mana hubungan interpersonal sangat penting. Golf bisa menjadi alat pembangunan jaringan yang sangat efektif. Sudah lama dikatakan, “bisnis itu bukan apa yang Anda ketahui, tetapi siapa yang Anda kenal”. Lapangan golf adalah arena yang tepat untuk mengenal seseorang dengan sempurna.

Membentuk hubungan, bahkan hubungan bisnis, membutuhkan waktu. Kedekatan selama berjalan jauh bersama-sama bisa untuk memulai dan mempertahankan kepercayaan dan meningkatan komunikasi dengan klien atau mitra potensial. Hal itu merupakan unsur penting dalam resep kesuksesan bisnis.

Budaya kita sangat menekankan pada kesan pertama, akan tetapi Anda jarang dapat membangun hubungan yang kuat dengan seseorang hanya dalam satu pertemuan, terutama jika itu adalah perkenalan singkat di beberapa pertemuan.

Permainan golf adalah cara mudah untuk mendapatkan kesempatan tambahan untuk mengenal seseorang yang mungkin Anda harapkan untuk berbisnis di masa depan. Dengan kata lain, jauh lebih mudah untuk membuat mereka mengatakan “ya” pada permainan golf daripada di pertemuan bisnis formal. Mereka menyukai alasan untuk keluar dari kantor seperti halnya Anda. Dan begitu Anda berada di lapangan, Anda akan menemukan bahwa lapangan golf tampaknya sengaja dirancang khusus untuk memungkinkan terjadinya pembentukan hubungan seperti itu terjadi.

Mungkin Anda tidak bermain satu ronde penuh atau hanya sembilan hole, Anda dijamin setidaknya memiliki waktu sekitar 2,5 jam bersama orang-orang di grup golf Anda. Golf adalah permainan yang melibatkan banyak waktu istirahat sehingga memberikan banyak kesempatan untuk percakapan yang berkualitas. Mengambil keuntungan!

Baca Juga :   Ini Dia Trend Olahraga Golf di tahun 2021

Anda tidak harus menjadi seorang pegolf yang top untuk membuat kesan yang baik. Cara Anda membawa diri saat bermain jauh lebih penting daripada seberapa bagus Anda bermain. Jika Anda seorang pegolf hebat, jangan sampai Anda menunjukkan bahwa Anda adalah pegolf hebat. Dan jika Anda seorang pegolf yang buruk, jangan pula membuat diri Anda terlihat konyol dengan meminta maaf atas permainan buruk Anda atau dengan membuat-buat alasan. Kualitas yang dihargai orang di arena bisnis (kepercayaan diri, keyakinan diri, ketenangan, dll.) Itu yang harus ditampilkan di lapangan golf, terlepas dari angka yang di score card Anda.

Anda punya waktu beberapa jam dengan grup golf Anda , jadi jangan terburu-buru membicarakan bisnis. Salah satu keuntungan utama dari membangun jaringan melalui golf adalah memberi Anda kesempatan untuk mengenal rekan bisnis secara pribadi. Bahkan jika Anda memiliki penawaran untuk disampaikan atau peluang bisnis yang penting untuk didiskusikan, tunggulah sampai putarannya mereda dan komunikasikan Anda mencair untuk membahasnya. Membuat kolega Anda merasa seperti terjebak di samping Anda dalam kereta golf sepanjang permainan adalah sebuah kesalahan yang harus Anda hindarkan.

Industri perasuransian menyadari betul pentingnya golf untuk membangun jaringan bisnis. Tidak hanya itu, perusahaan asuransi juga menggunakan event golf sebagai sarana yang efektif untuk memasarkan perusahaan. Karena para pemain dan pecinta golf adalah mereka memahami prinsip-prinsip sukses di dalam industri perasuransian.

Zurich Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menjadi sponsor utama turnamen golf berkelas dunia. Mereka mengatakan seperti ini “Why we truly love golf. Golf is a game of risk management and resilience. That resonates in our business. In fact, that resonates for a lot of the businesses we insure. That’s why we are a proud supporter of the PGA TOUR. We became the title sponsor of the Zurich Classic of New Orleans in 2005, the year of Hurricane Katrina. In 2006, the Zurich Classic became the first major sporting event to return to New Orleans after the storm. That’s teamwork, determination and agility at work. In short, that’s resilience”.

Zurich Insurance bukanlah-satu-satunya perusahaan asuransi yang menjadikan golf sebagai media untuk mempromosikan perusahaan. Ada beberapa perusahaan asuransi kelas dunia seperti ALLIANZ, Farmers Insurance, AIG, PURE dan lain-lain.

Perusahaan asuransi di Indonesia juga banyak yang menjadi sponsor kegiatan golf seperti TUGU Pratama, Askrindo, ASEI, Jasaraharja Putra dan lain-lain

Tidaklah mengherankan jika banyak para pelaku industri perasuransian yang bermain golf. Mereka banyak yang bergabung di Persatuan Golf Asuransi Indonesia (PGAI) yang secara rutin mengadakan turnamen golf internal setiap bulan.

Jadi, mereka yang bermain golf di waktu kerja bukan berarti sedang membuang-buang waktu, mereka juga sedang bekerja. Setuju?

Tulisan ini dipersembahkan oleh LIGASYS, an Integrated Insurance Broking Solutions – Direct and Reinsurance Broker.

 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top