Golf

Golf Course Review – Palm Springs Golf & Country Club, Batam Indonesia

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Setelah lebih dari dua bulan saya secara terus-terusan menulis tentang olahraga golf yang  kebanyakan masih tentang “how to”. Nah agar Anda tidak bosan, kini saatnya saya menulis tentang prakteknya. Jadi, bukan hanya teori. 

Tentu saja sebagai broker asuransi professional dan bukan sebagai professional golfer mungkin review saya sekedar untuk menambah semangat Anda untuk terus bermain golf. 

Catatan scorecard saya ketika bermain kali ini lumayan bagus, mungkin bagus bangat untuk ukuran saya yang masih sering main diatas 90. Saya bermain dengan total 84, 41 – 43. The lowest untuk tahun 2021 ini. 

Sebenarnya sudah lama niat saya untuk bermain golf di Batam. Ada beberapa kali teman mengajak untuk mengikuti acara gobar (golf barang) dengan beberapa klub dari Jakarta dengan harga paket yang terjangkau, tapi saya belum sempat ikut. Bahkan saya sudah sempat bayar paketnya tapi pada saat berangkat saya batal. Pernah juga saya datang ke Batam untuk kunjungan bisnis dengan membawa stik, tapi akhirnya gagal juga main.

Untuk Anda ketahui bahwa Batam kini sudah berkembang menjadi pusat bisnis sekaligus kota wisata.  Hal ini tak lepas dari pengaruh pesatnya perkembangan industri di Negara tetangga terdekat, Singapura.

Berjarak hanya sekitar 20 km dari Singapura, Batam memiliki topografi wilayah yang terdiri dari pulau-pulau kecil, semenanjung dan teluk. Sebagian besar lahan di Pulau Batam memiliki kontur relatif datar dengan sedikit variasi perbukitan di bagian tengah. Kontur lahan seperti ini membuat Pulau Batam sangat cocok sebagai lahan industri, perkotaan dan pariwisata termasuk wisata golf dan resort.

Tarif golf Batam yang relatif murah serta kualitas lapangan bertaraf internasional membuat pegolf nasional maupun internasional dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang memilih bermain golf di Batam di masa liburan maupun akhir pekan. Selain tentunya dari Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. 

Saat ini Batam mempunyai 7 lapangan golf, yakni Tering Bay Golf & Country Club, Palm Springs Golf & Beach Resort, lapangan Tamarin Santana Golf Club, Batam Hills Golf Resort, Indah Puri Golf Resort, lapangan Southlinks Golf & Country Club dan lapangan golf Sukajadi.

Antara Rabu sampai dengan Jumat tanggal 10-12 Maret 2021 lalu saya kembali datang ke Batam. Meski masih dalam suasana pandemi Corona tapi Alhamdulillah setelah mengikuti semua prosedur protokol kesehatan saya lolos dan akhirnya bisa terbang ke Batam. Ini perjalanan ke luar kota pertama kali saya sejak wabah Covid berkecamuk awal tahun 2020 silam. 

Ada beberapa klien yang ingin saya kunjungi di sana. Ada acara ground breaking pembangunan pembangkit listrik di Baloi oleh Bright PLN Batam bekerjasama dengan MaxPower. Selain itu ada proyek pembangunan hotel dan apartemen di Sekupang oleh client dari Singapura. Ada juga 2 perusahaan kapal yang memerlukan jaminan asuransi HM dan P&I. 

Setelah mendarat di bandara Hang Nadim jam 07.45, saya langsung menuju ke hotel di kawasan Nagoya dan syukurnya saya boleh langsung bisa check in. Alhasil saya bisa bekerja dulu di kamar sambil menunggu jadwal bertemu klien di siang hari. 

Ketika saya kontak klien, ternyata dia sedang bermain golf. Langsung saya tawarkan, “mas gimana kalau kita meeting sambil lanjut main golf” kata saya. Dan ternyata beliau bersedia walau mungkin agak capek. Akhirnya jam satu siang kami sudah sampai di lapangan golf Indah Puri di kawasan Sekupang. 

Di bawah sinar matahari siang yang terik kami bermain berdua. Secara umum kondisi lapangan di Indah Puri lumayan bagus walau rumputnya sebagian besar rumput alam akan tetapi cukup terawat. Lapangannya agak kering yang menyebabkan bola agak liar dan susah diarahkan. Viewnya bagus karena ada beberapa spot yang menghadap ke selat Malaka yang tampak gedung-gedung pencakar langit di di Singapura, termasuk gedung Marina Bay. 

Alhasil, score card saya tidak begitu bagus, diatas 90an. Seperti biasa banyak alasannya, antara lain karena baru pertama kali main, cuaca panas dan lain-lain. Hitung-hitung main di Indah Puri ini bisa saya jadikan sebagai ajang latihan untuk permainan yang sesungguhnya besok harinya di Palm Spring Golf and Country Club. Itu memang salah satu agenda utama saya. Kami akan bermain dengan team dari Bright PLN Batam dan Maxpower Team dan beberapa orang rekan lainnya, total kami bermain dengan 20 orang. 

Untuk Golf Review kali ini saya akan menulis mengenai review dan pengalaman saya bermain di Palm Spring. Pada kesempatan berikutnya insya Allah saya akan tulis tentang padang golf yang lain.

Padang golf Palm Spring sangat indah dan menyenangkan. Dirancang dengan sangat menarik dengan tantangan yang cukup berat nanum dibuat dengan suasana yang memancing imajinasi untuk menaklukannya, dibutuhkan keberanian dan perhitungan untuk ditaklukan. 

Kontur lapangannya yang bergelombang dan berbukit-bukit, diapit oleh hutan alam di kiri dan kanan. Banyak  tantangan air dan jebakan pasir. Tapi semua itu tidak begitu menakutkan, justru menjadi pemantik semangat untuk mengeluarkan semua teknik dan kemampuan yang sudah bertahun-tahun dilatih. 

Menurut saya lapangan Palm Spring ini sekelas dengan Sentul Highland dan Bogor Raya di Bogor, Gading Serpong dan Modern Land di Tangerang Selatan.

Palm Springs Golf & Country Club dapat dijangkau dalam waktu tempuh 15 menit berkendara dari bandara internasional Hang Nadiem Batam. Bagi Anda yang datang dari Singapura, hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit dari naik ferry dari pelabuhan Tanah Merah Singapura ke pelabuhan terminal ferry Nongsa di pulau Batam. Dari terminal tinggal lima menit saja anda sudah sampai di tujuan.

Sesuai dengan informasi yang kami dapatkan dari website http://www.palmspringsgolf.co/about-us padang golf ini dimiliki oleh Sinarmas Land yang juga mengoperasikan beberapa padang golf lainnya seperti Palm Resort & Country Club in Johor, Malaysia dan Country Club in Karawang – West Java, Indonesia. 

Palm Springs Golf & Country Club Batam, dihiasi oleh pemandangan pantai Nongsa yang indah dengan latar belakang gedung pencakar langit Singapura. Lapangan golf dengan 27 hole ini dirancang oleh Larry Nelson dan IMG (International Management Group) yang terkenal di dunia.

Padang golf yang memadukan antara lereng bukit nan  hijau dan pemandangan yang menakjubkan menjadi ciri khas dari lapangan golf ini. Pemandangan laut yang spektakuler dan bergelombang.  Berada diatas lahan seluas 230 hektar yang cocok bagi pegolf pemula untuk memulai petualangan golfnya ataupun juga bagi pemain profesional yang ingin menguji ketangkasan. Mereka bisa bermain di tiga lapangan yang ideal (Lapangan Island, Lapangan Resort dan Lapangan Palm). Anda juga dapat memilih kombinasi 18 hole sesuai dengan keinginan Anda sendiri, atau bahkan bermain 27 hole dengan kombinasi tiga lapangan.

Tersedia juga para caddy profesional dan berpengalaman yang akan dengan ramah akan mendampingi sehingga bagi Anda yang baru pertama kali bermain di sini langsung menyatu dengan lapangan. Saya beruntung didampingi oleh caddie senior yang sangat berpengalaman.

Berikut ini gambaran dari masing-masing course:

Palm Course

Menggabungkan warna hijau khas di tepi laut dengan pemandangan alam yang menakjubkan, melintasi hutang alam yang rindang dan ditambah oleh hembusan angin yang menyejukkan. Course ini dikenal sebagai holes yang paling menantang.

Island Course 

Selain memadukan suasana perbukitan, hutan alam dan indahnya danau-danau kecil, lapangan ini juga diperkaya dengan fitur alam seperti pohon palem dan vegetasi hutan bakau.

Resort Course

Berada di topografi tanah yang bervariasi dengan perbukitan yang menjulang, lembah yang curam hingga lebih dari 35 meter di atas permukaan tanah.

Yang menarik dari Palm Springs Golf & Country Club cart boleh masuk ke dalam lapangan hingga batas-batas tertentu. Jadi, meski matahari terik ada kesempatan untuk bernaung di dalam cart. 

Untuk menikmati permain ada beberapa rules yang perlu diikuti.

  • Free Lift
  • Through the green a ball may be lifted and dropped within one club length from the nearest point of relief not near the hole.
  • All trees marked with orange stakes.
  • All areas marked with G.U.R.
  • All appliances are connected with the sprinklers and drainage system.
  • Immovable obstructions (Rule 24 – 2)
  • Buggy path tyre marks.
  • All flower beds.
  • All appliances are connected with the sprinklers and drainage system.
  • out of Bound (Rule 27)
  • The Boundary is marked with white stakes or line or both.
  • Hazards Water / Lateral (Rule 26)
  • Water Hazards are defined by yellow stakes or line relief
  • Lateral water hazards are defined by red stakes or lines.
  • Provisional Ball (Rule 27 – 2)
  • To speed up play a provisional ball may be played if there is evidence that the original ball be out of bounds or had stayed away from the fairway.
  • Call One Hole
  • All par 3’s are called on hole, players should mark their balls and stand behind the green when calling on a group behind to tee off.
  • Air OB the Halfway House, from tee box 6 (Palm Course).

Kini saya punya keinginan untuk lebih sering datang ke Batam. Karena peluang bisnis yang semakin banyak ada di sana sejalan dengan rencana Batam untuk menjadi kota industri, perdagangan dan wisata terbesar di kawasan ini. 

Sebagai sebuah kota baru, suasana kota Batam sangat bagus dan tidak begitu macet. Badan Otoritas Batam cukup leluasa untuk menata kota dengan rancangan kota modern sehingga cocok dengan kondisi saat ini dan masa kehidupan di masa depan. Sangat cocok menjadi kota urban terkemuka di Indonesia dengan segala fasilitasnya. 

Jaraknya yang sangat dekat dengan Singapura salah satu Negara terkaya di dunia, akan menjadi sumber pendapatan yang sangat besar terutama dari sektor pariwisata dan perdagangan. 

Saya membayangkan, saya akan sering datang ke Batam bersama-sama dengan keluarga untuk berlibur. Saya akan bermain golf 36 holes dengan teman-teman dan keluarga, anak dan istri bermain-main di resort, pantai atau mereka pergi berbelanja ke Singapura, berangkat pagi dan pulang sore. Malam hari kita berkumpul sambil menikmati makanan enak seafood yang terkenal di Batam. 

Bagaimana, anda juga mau?

Instagram: @Taufikarifin31

Baca Juga :   15 Alasan Kenapa Golf Adalah Olahraga Terbaik

Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker – A Smart Insurance Broker. Untuk semua urusan asuransi bisnis Anda, hubungi L&G sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top