Golf

Hati-hati, Ini dia jenis kecelakan yang dapat terjadi di lapangan golf

Liga AsuransiSidang pembaca yang luar biasa. Kecelakaan jalan raya yang dialami oleh legenda golf Tiger Woods sepekan yang lalu telah mengingatkan saya dengan semboyan yang selalu kami dengungkan sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi, “accident can happen anywhere, anytime and to anyone”. Kecelakaan dapat saja terjadi dimana saja, kapan saja dan terhadap siapa saja. 

Demikian juga halnya di padang golf. Kita semua tahu bahwa semua pegolf yang datang ke padang golf tujuannya adalah untuk bersenang-senang sambil bermain, menghirup udara segar, menikmati pemandangan indah sambil bersenang-senang. Tapi di balik semua itu, banyak yang tidak sadar bahwa mereka sedang berada di tempat yang beresiko  tinggi yang dapat menyebabkan cedera, cacat, sakit bahkan meninggal dunia. Masih ada lagi risiko lain yaitu mereka juga dapat dituntut secara hukum akibat dari kesalahan dan kelalaian dalam bermain.

Kecelakaan yang mungkin terjadi antara lain seperti di bawah ini:

  1. Kecelakaan yang dialami oleh pemain
  2. Kecelakaan yang dialami oleh caddy dan pegawai
  3. Kecelakaan dan kerusakan yang dialami oleh pihak ketiga (cidera, cacat, meninggal dunia dan keruakan barang)
  4. Kerusakan dan kehilangan terhadap properti, peralatan dan sarana padang golf
  5. Tuntutan dari tamu sebagai pemain atau tamu di restoran dan sarana pendukung lainnya
  6. Tuntutan dari pengendara kendaraan di tempat parkir

Penyebab kecelakaan

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di lapangan golf antara lain:

  1. Kesalahan dalam memukul bola
  2. Kerusakan golf club
  3. Akibat penggunaan golf cart
  4. Akibat kerusakan sarana lapangan golf
  5. Bencana alam seperti petir, hujan, banjir dan angin topan
  6. Kesalahan dari pihak lain yang masuk ke lapangan golf
  7. Pencurian dan pembongkaran
  8. Huru-hara, keributan dan niat jahat orang lain 

Cedera Serius

Karena permainan golf menuntut kesempurnaan dalam posisi dan sikap tubuh dalam memukul bola, oleh karena itu setiap pegolf punya kecenderungan untuk melakukan kesalahan ketika memukul bola. Bola golf yang melaju dengan kecepatan tinggi ke arah yang salah dapat menyebabkan cedera serius pada seseorang. Diperkirakan  di seluruh dunia sekitar seratus ribu kali kecelakaan per tahun di lapangan golf yang terjadi, ada yang mengenai mata, kepala, badan, kaki dan bagian tubuh lainnya yang menyebabkan luka, patah tulang, pingsan, kerusakan jaringan, cacat total dan bahkan sampai ada yang meninggal dunia. 

Persyaratan Keamanan dari Lapangan Golf

Secara hukum seharusnya pengelola lapangan golf berkewajiban untuk melindungi semua orang yang hadir di lapangan tersebut. Ini mencakup semua pemain, anggota klub, karyawan, caddie dan penonton. 

Salah satu contoh tugas yang harus dilakukan pengelola lapangan adalah mendirikan jaring pengaman di mana bola mungkin tidak mengenai sasaran dan melenceng ke arah yang salah dan menyebabkan cedera pada seseorang. Jika pemasangan jaringan tidak memungkinkan karena ruang terbuka yang luas, banyak tanda-tanda harus ditampilkan untuk memperingatkan setiap orang agar berhati-hati. 

Setiap lapangan golf secara rutin harus melakukan evaluasi dan penilaian risiko sebagai upaya untuk mengidentifikasi dan menghilangkan ancaman bahaya. Jika lapangan golf gagal melaksanakan tugas perawatan seperti ini, mereka mungkin harus bertanggung jawab jika terjadi cedera.

Cedera Badan

Dari pengalaman selama bertahun-tahun di berbagai lapangan golf, berikut ini bentuk cedera yang diderita dalam klaim kecelakaan lapangan golf meliputi:

  1. Patah tulang
  2. Cedera kepala
  3. Cedera Mata
  4. Cedera Saraf
  5. Cedera Leher
  6. Penyebab

Adapun penyebab paling umum dari cedera di lapangan golf adalah sebagai berikut:

a. Pandangan yang  Terhalang

Ini adalah penyebab yang paling umum dari cedera yang terjadi lapangan golf. Seringkali pemain yang memukul bola terhalang pandangannya karena adanya  pepohonan atau matahari yang menghalangi garis pandang mereka. Pegolf tersebut tidak sadar bahwa mereka telah menyebabkan ancaman berbahaya bagi pemain di depannya.

b. Tidak Ada Peringatan Suara

Biasanya ada tertulis dalam buku peraturan golf bahwa seorang pemain harus berteriak kepada pemain yang di depan ketika sebuah bola bergerak di dekat pemain lain. Jika seorang pemain terkena pukulan oleh bola tanpa peringatan apapun, maka pihak yang memukul bola dapat dianggap lalai.

c. Pemain yang Tidak Berpengalaman/pemain baru

Baca Juga :   Ini Dia Trend Olahraga Golf di tahun 2021

Bagi pemain yang baru bermain golf sangat mungkin melakukan kesalahan dalam memukul. Hali ini  karena mereka tidak mengetahui cara permain golf dengan baik, tidak berlatih atau karena grogi sehingga pukulannya tidak terarah dan bahkan menuju ke tubuh orang lain. Untuk menghindari kejadian ini pastikan bagi yang pertama kali bermain golf agar berlatih secara maksimal mungkin sampai menemukan cara bermain yang baik dan aman. Bagi pemula hindari bermain di lapangan yang sulit dan ramai.

d. Siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan di Lapangan Golf?

Jawaban singkat untuk pertanyaan di atas  adalah “Tergantung.” Jika sebuah perusahaan atau orang lain melanggar aturan keselamatan, atau ceroboh dan menyebabkan cedera kepada orang lain, merekalah mungkin bertanggung jawab. Mungkin saja bukan kesalahan siapapun kecuali orang yang cedera dapat membuktikan bahwa seseorang di lapangan golf, atau pemilik dan operator lapangan atau entitas lain, telah lalai dan melakukan kesalahan. 

Dalam satu kasus kejadian yang pernah terjadi di Amerika dimana seorang pemain mengalami cedera karena terkena bola akibat pukulan dari teman bermainnya. Pemain yang mengalami cedera itu kemudian menuntut temannya ke pengadilan. Akhirnya pengadilan memutuskan temannya yang memukul telah melakukan kesalahan dengan alasan bahwa olahraga golf adalah golf individu dan tidak bersentuhan dengan pemain lainnya. Sehingga cedera yang dialami oleh orang lain adalah satu kesalahan dan kelalaian. 

Terlepas dari siapa yang pada akhirnya dinyatakan bertanggung jawab atas cedera dan kerusakan yang terkait dengan lapangan golf, hampir pasti akan dituntut bersama dengan pegolf yang memukul bola, manajer lapangan, dan orang atau entitas lain yang entah bagaimana terkait dengan insiden tersebut.

Dengan melihat penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa olahraga golf termasuk orang yang mempunyai resiko relatif tinggi baik bagi pemain, bagi pengelola padang golf dan pihak ketiga. Potensi nilai kerugian dan tuntutan juga tinggi karena para pemain golf pada umumnya adalah mereka yang mempunyai “nilai ekonomi” yang tinggi. Setiap cedera yang mereka derita dapat menyebabkan mereka kehilangan waktu yang sangat berharga dan menurunkan tingkat produktivitas bisnis mereka. 

Cara terbaik untuk melindungi pemain dan perusahaan akibat dari kecelakaan yang terjadi di lapangan golf adalah dengan mempunyai jaminan asuransi khusus untuk pengelola lapangan golf

Secara umum jaminan asuransi yang diperlukan oleh pengelola lapangan golf adalah sebagai berikut:

  • Public golf courses
  • Daily fee courses
  • Private country clubs
  • Semi-private golf clubs

COVERAGE

  1. General Liability
  2. Medical Payments 
  3. Damage to Premises 
  4. Liability Coverage Extensions Include:
    • Errant Ball Damage
    • Golf or Tennis Pro Professional Liability 
    • Club Services Errors and Omissions 
    • Delivery Errors and Omissions 
    • Voluntary Property Damage 
    • Care, Custody or Control 
    • Incidental Malpractice
    • AI Status for Vendors, Lessors of Leased Equipment, Volunteers, Club Members, Users of Golf Mobiles and those required by contract
  5. Liability pricing based on number of rounds
  6. Property
  7. Buildings and business personal property on blanket basis
  8. Business income on an actual loss sustained basis
  9. Equipment breakdown
  10. Golf carts and course maintenance equipment on replacement cost basis
  11. Golf course grounds (tee to green coverage) 
  12. Tree coverage up to $250,000 per location
  13. Optional Liability Coverages
  14. Liquor Liability
  15. Hired and Non-Owned Auto Liability
  16. Employee Benefits Liability
  17. Garagekeepers Legal Liability for Valet Services
  18. Pesticide and Herbicide Additional Optional Coverages
  19. Umbrella
  20. Workers’ Compensation
  21. Business Auto
  22. Directors and Officers
  23. Underground and Above Ground Storage Tanks
  24. Crime

Terus terang jaminan asuransi khusus untuk lapangan golf belum tersedia di Indonesia akan tapi bisa dirancang secara khusus oleh ahli asuransi atau konsultan asuransi yaitu broker asuransi. Broker asuransi yang akan dinegosiasikan dengan beberapa perusahaan asuransi. Kemudian menegosiasikan biaya preminya yang sesuai dengan budget pengelola dan membantu penyelesaian klaim jika terjadi.

Salah broker asuransi yang berpengalaman dan terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance broker. Untuk semua asuransi padang golf anda hubungi L&G sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top