Asuransi Konstruksi

Pentingnya Jaminan Asuransi Untuk Konstruksi Menara Listrik Tegangan Tinggi

Liga Asuransi – Dear Risk Takes, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Sebagai broker asuransi senior, kali ini saya ingin membahas risiko dan asuransi untuk Pembangunan Menara  Listrik Tegangan Tinggi. Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda sehingga mereka dapat memahami sebanyak yang Anda lakukan.

Indonesia, seperti banyak negara, menghadapi lonjakan permintaan listrik karena industrialisasi dan urbanisasi. Untuk mengatasi hal ini, negara ini berfokus pada perluasan pembangkit listriknya, menggabungkan sumber konvensional dan terbarukan. Khususnya, Indonesia semakin tertarik untuk memanfaatkan energi terbarukan seperti panas bumi, matahari, dan tenaga air. Saluran transmisi tegangan tinggi sangat penting untuk mentransmisikan listrik secara efisien dari sumber-sumber ini ke pusat-pusat permintaan.

Membangun jaringan yang kuat dan saling terhubung sangat penting untuk distribusi listrik yang luas di seluruh nusantara. Saluran transmisi tegangan tinggi menghubungkan sistem tenaga regional, mendorong pembagian sumber daya dan meningkatkan stabilitas jaringan secara keseluruhan. Mengingat kerentanan Indonesia terhadap bencana alam, infrastruktur listrik yang tangguh sangat penting. Menara transmisi tegangan tinggi berkontribusi dengan menyediakan redundansi dan rute alternatif untuk transmisi daya.

Ekspansi ini sejalan erat dengan tujuan pembangunan ekonomi, mendukung industri, menarik investasi, dan memastikan elektrifikasi untuk daerah perkotaan dan pedesaan. Inisiatif dan peraturan pemerintah secara signifikan mempengaruhi perkembangan sektor energi Indonesia, termasuk infrastruktur transmisi.

Investasi infrastruktur, baik domestik maupun internasional, sangat penting untuk membangun dan memelihara saluran transmisi tegangan tinggi. Sifat kepulauan menimbulkan tantangan geografis, memerlukan transmisi yang efisien di berbagai medan. Potensi energi terbarukan Indonesia yang melimpah, ditambah dengan upaya modernisasi jaringan, mengintegrasikan sumber bersih ke dalam jaringan nasional. Namun, menyeimbangkan kebutuhan energi dengan pertimbangan lingkungan tetap penting, membutuhkan desain yang bijaksana untuk meminimalkan dampak dan mengatasi masalah masyarakat.

 

RISIKO KONSTRUKSI MENARA SALURAN TRANSMISI TEGANGAN TINGGI 

Pembangunan menara saluran transmisi tegangan tinggi melibatkan berbagai risiko yang dapat berdampak pada keselamatan pekerja, keberhasilan penyelesaian proyek, dan fungsi jangka panjang dari infrastruktur transmisi. Berikut adalah beberapa risiko utama yang terkait dengan pembangunan menara saluran transmisi tegangan tinggi:

Bahaya Keamanan:

  1. Bahaya Listrik: Pekerja terkena risiko sengatan listrik atau luka bakar selama kegiatan konstruksi yang melibatkan komponen tegangan tinggi.
  2. Air Terjun: Konstruksi di ketinggian tinggi menimbulkan risiko jatuh bagi pekerja yang terlibat dalam perakitan dan pemasangan menara.

Risiko Lingkungan dan Geografis:

  1. Kondisi Cuaca: Kondisi cuaca buruk, seperti badai atau angin kencang, dapat menimbulkan risiko selama konstruksi, mempengaruhi keselamatan pekerja dan jadwal konstruksi.
  2. Tantangan Geografis: Konstruksi di  berbagai medan, terutama di daerah dengan lanskap yang menantang, dapat menyebabkan kesulitan dalam penempatan menara dan pekerjaan pondasi.

Tantangan Logistik:

  1. Masalah Transportasi: Mengangkut material dan peralatan berat ke lokasi terpencil atau menantang dapat menyebabkan tantangan dan penundaan logistik.
  2. Gangguan Rantai Pasokan: Gangguan dalam rantai pasokan untuk bahan bangunan dapat memengaruhi jadwal dan biaya proyek.

Penundaan Konstruksi:

  1. Perizinan dan Kepatuhan terhadap Peraturan: Keterlambatan dalam mendapatkan izin yang diperlukan dan memenuhi persyaratan peraturan dapat memperpanjang jadwal proyek.
  2. Masalah Tak Terduga: Tantangan tak terduga, seperti kondisi tanah yang tidak terduga atau komplikasi konstruksi, dapat menyebabkan penundaan.

Kegagalan Peralatan:

Kegagalan Mekanis: Peralatan yang digunakan dalam konstruksi menara, seperti derek atau mesin khusus, mungkin mengalami kegagalan mekanis, yang menyebabkan bahaya keselamatan dan penundaan proyek.

Risiko Kontrak dan Hukum:

  1. Perselisihan Kontrak: Perselisihan dengan kontraktor atau subkontraktor mengenai spesifikasi proyek, jadwal, atau pembayaran dapat menyebabkan gangguan proyek.
  2. Kepatuhan Hukum: Kegagalan untuk mematuhi persyaratan hukum dan peraturan dapat mengakibatkan denda dan komplikasi hukum.

Tantangan Teknologi dan Desain:

Cacat Desain: Cacat desain atau teknik yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah struktural dengan menara, membahayakan stabilitas jangka panjangnya.

Integrasi Teknologi: Tantangan dalam mengintegrasikan teknologi baru, seperti komponen jaringan pintar, dapat berdampak pada efisiensi infrastruktur transmisi.

Risiko Buatan Manusia:

  1. Vandalisme: Tindakan vandalisme yang disengaja, termasuk grafiti, pemotongan kabel, atau kerusakan fisik pada komponen menara, dapat mengganggu transmisi daya dan membahayakan integritas struktural menara. Langkah-langkah keamanan seperti pagar, kamera pengintai, dan pencahayaan dapat mencegah pengacau. Patroli rutin dan perbaikan cepat dalam menanggapi insiden vandalisme sangat penting.
  2. Kecelakaan: Tabrakan kendaraan, kecelakaan terkait konstruksi, atau kegiatan penggalian di dekat menara transmisi dapat menyebabkan kerusakan struktural, kegagalan peralatan, dan gangguan layanan.

Mengurangi risiko ini melibatkan perencanaan menyeluruh, kepatuhan terhadap protokol keselamatan, manajemen proyek yang efektif, dan komunikasi proaktif dengan para pemangku kepentingan. Penilaian risiko rutin dan perencanaan kontinjensi sangat penting untuk mengantisipasi dan mengatasi tantangan potensial selama pembangunan menara saluran transmisi tegangan tinggi.

 

JENIS PERTANGGUNGAN ASURANSI 

Perlindungan asuransi untuk menara transmisi tegangan tinggi melibatkan kombinasi kebijakan yang dirancang untuk mengatasi berbagai risiko yang terkait dengan operasi, pemeliharaan, dan potensi gangguan pada komponen penting dari infrastruktur energi ini. Berikut adalah jenis utama pertanggungan asuransi yang relevan dengan menara transmisi tegangan tinggi:

Construction Erection All Risks (CAR) Insurance:

  • Cakupan: Melindungi dari kerusakan fisik pada menara transmisi, material, dan peralatan selama fase konstruksi atau ereksi. Ini termasuk pertanggungan untuk risiko seperti kecelakaan, kebakaran, pencurian, bencana alam, dan tanggung jawab pihak ketiga.
  • Pertimbangan: Penting selama konstruksi, pemasangan, atau peningkatan infrastruktur transmisi untuk melindungi dari potensi kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi selama proyek. Asuransi CAR memberikan perlindungan dari tahap awal konstruksi hingga proyek selesai.

Dengan memasukkan asuransi Construction Erection All Risks ke dalam portofolio cakupan, organisasi dapat mengatasi risiko spesifik yang terkait dengan fase konstruksi menara transmisi tegangan tinggi. Cakupan ini memastikan perlindungan finansial untuk proyek dan membantu mengurangi potensi gangguan yang mungkin terjadi selama proses konstruksi.

Property Insurance:

  • Cakupan: Melindungi dari kerusakan fisik pada menara transmisi dan peralatan terkait yang disebabkan oleh bahaya yang ditanggung, termasuk bencana alam (misalnya, badai, gempa bumi), kecelakaan, vandalisme, atau peristiwa tak terduga lainnya.
  • Pertimbangan: Cakupan dapat meluas ke menara itu sendiri, serta peralatan gardu induk, sistem kontrol, dan properti lain yang penting untuk berfungsinya infrastruktur transmisi.

Liability Insurance:

  • Cakupan: Melindungi dari klaim pihak ketiga atas cedera tubuh atau kerusakan properti akibat insiden yang terkait dengan menara transmisi. Ini termasuk pertanggungan untuk biaya pembelaan hukum.
  • Pertimbangan: Pertanggungan kewajiban sangat penting untuk mengurangi dampak keuangan dari klaim hukum yang timbul dari kecelakaan, insiden lingkungan, atau eksposur kewajiban lainnya.

Environmental Liability Insurance:

  • Cakupan: Mengatasi kewajiban yang timbul dari insiden polusi atau kerusakan lingkungan yang terkait dengan infrastruktur transmisi. Ini dapat mencakup cakupan untuk biaya pembersihan, biaya hukum, dan klaim pihak ketiga.
  • Pertimbangan: Mengingat potensi dampak lingkungan dari insiden menara transmisi, asuransi kewajiban lingkungan sangat penting untuk mengelola risiko terkait.

Equipment Breakdown Insurance:

  • Cakupan: Melindungi terhadap konsekuensi finansial dari kegagalan peralatan, termasuk kerusakan pada komponen menara transmisi, transformator, dan peralatan penting lainnya.
  • Pertimbangan: Penting untuk meminimalkan waktu henti dan biaya perbaikan yang terkait dengan kegagalan peralatan yang tidak terduga.

Workers’ Compensation Insurance:

  • Cakupan: Memberikan perlindungan untuk biaya pengobatan dan kehilangan upah bagi karyawan yang terluka atau jatuh sakit saat melakukan tugas pekerjaan mereka.
  • Pertimbangan: Memastikan kepatuhan terhadap peraturan kompensasi pekerja dan mendukung kesejahteraan karyawan yang terlibat dalam pemeliharaan dan pengoperasian menara transmisi.

 

KASUS NYATA DARI KLAIM ASURANSI 

Pada tahun 2020, selama proyek pembangunan saluran transmisi tegangan tinggi yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, kemunduran signifikan terjadi ketika api menelan dan merusak seluruh stok bahan proyek di stasiun penyimpanan. Korban keuangan berjumlah sekitar Rp. 20 miliar, menimbulkan tantangan yang cukup besar bagi kelangsungan proyek.

Setelah mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi, tanggapan awal adalah penolakan, dengan alasan bahwa lokasi kerugian berada di luar lokasi proyek yang ditentukan yang diuraikan dalam polis. Menambah masalah, tertanggung memilih untuk tidak menggunakan layanan broker asuransi, sebaliknya mengandalkan agen. Keputusan ini, ditambah dengan cakupan asuransi yang kurang optimal, semakin memperumit situasi.

Tidak terpengaruh, tertanggung membawa masalah ini ke penyelesaian sengketa, meminta dukungan tim hukum dari firma hukum terkemuka. Tinjauan yang cermat terhadap polis asuransi menghasilkan argumen yang kuat yang mendukung tertanggung. Jadwal kebijakan secara eksplisit mendefinisikan lokasi proyek sebagai mencakup seluruh area proyek, dari awal hingga selesai. Oleh karena itu, dikatakan bahwa lokasi insiden kebakaran jatuh tepat dalam batas-batas area proyek sebagaimana diatur dalam kebijakan.

Berbekal argumen yang meyakinkan ini, tim hukum berhasil menavigasi proses penyelesaian sengketa, yang pada akhirnya mengamankan penyelesaian 100% untuk klaim tersebut. 

Kisah kehidupan nyata ini menggarisbawahi peran penting dari cakupan asuransi yang komprehensif, pentingnya memanfaatkan keahlian pialang asuransi, dan perlunya dukungan hukum ketika perselisihan muncul. Pada akhirnya, resolusi tersebut tidak hanya meringankan beban keuangan pada proyek tetapi juga menekankan nilai interpretasi kebijakan yang cermat di ranah proyek konstruksi yang kompleks.

 

MENGAPA ANDA MEMBUTUHKAN BROKER ASURANSI?

Melibatkan layanan broker asuransi sangat bermanfaat untuk mengamankan perlindungan asuransi untuk menara saluran transmisi tegangan tinggi karena beberapa faktor kompleks yang terkait dengan komponen infrastruktur penting ini. Berikut adalah alasan utama mengapa keahlian broker asuransi sangat penting dalam konteks ini:

Pengetahuan khusus:

Risiko Kompleks: Menara saluran transmisi tegangan tinggi melibatkan risiko kompleks, termasuk bencana alam, kegagalan teknologi, dan kepatuhan terhadap peraturan. Seorang broker asuransi dengan pengetahuan khusus di sektor energi dan utilitas dapat menavigasi seluk-beluk ini secara efektif.

Cakupan yang Disesuaikan:

Solusi yang Disesuaikan: Broker asuransi bekerja untuk memahami kebutuhan dan risiko spesifik klien, memfasilitasi desain solusi asuransi yang disesuaikan. Ini memastikan bahwa cakupan secara tepat disesuaikan dengan tantangan unik yang terkait dengan infrastruktur transmisi tegangan tinggi.

Penilaian dan Mitigasi Risiko:

Analisis Menyeluruh: Broker asuransi melakukan penilaian risiko mendalam untuk mengidentifikasi potensi kerentanan dan eksposur. Mereka memanfaatkan keahlian mereka untuk merekomendasikan strategi mitigasi risiko dan cakupan asuransi yang tepat untuk mengatasi risiko yang teridentifikasi.

Koneksi Industri:

Akses ke Pasar: Broker asuransi telah menjalin hubungan dengan berbagai operator asuransi dan penjamin emisi. Jaringan ini memungkinkan mereka untuk mengakses spektrum pasar asuransi yang luas, memastikan klien memiliki akses ke opsi cakupan kompetitif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Negosiasi Kebijakan:

Advokasi untuk Klien: Broker asuransi bertindak sebagai advokat untuk klien mereka selama negosiasi kebijakan. Mereka memanfaatkan pengetahuan mereka tentang standar industri dan kondisi pasar untuk menegosiasikan syarat, ketentuan, dan harga yang menguntungkan atas nama tertanggung.

Bantuan Klaim:

Panduan dalam Proses Klaim: Jika terjadi klaim, broker asuransi memberikan bantuan berharga dalam menavigasi proses klaim. Mereka bekerja sama dengan klien untuk memastikan penyelesaian klaim yang lancar dan efisien, membantu memaksimalkan manfaat berdasarkan polis asuransi.

Intelijen Pasar:

Tetap Terinformasi tentang Tren: Pialang asuransi tetap mendapat informasi tentang tren industri, perubahan peraturan, dan risiko yang muncul. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberikan pembaruan dan rekomendasi tepat waktu kepada klien untuk menyesuaikan cakupan asuransi yang sesuai.

Evaluasi Cakupan Komprehensif:

Pendekatan Holistik: Broker asuransi mengambil pendekatan holistik untuk evaluasi cakupan. Mereka mempertimbangkan tidak hanya cakupan untuk menara transmisi tetapi juga kebijakan terkait lainnya, seperti gangguan bisnis, cyber, dan asuransi kewajiban, untuk memastikan perlindungan komprehensif.

Saran Manajemen Risiko:

Manajemen Risiko Proaktif: Broker asuransi menawarkan saran manajemen risiko proaktif untuk membantu klien mengurangi eksposur risiko mereka secara keseluruhan. Ini mungkin termasuk menerapkan langkah-langkah keamanan, melakukan penilaian risiko secara teratur, dan mengadopsi praktik terbaik dalam mitigasi risiko.

Kepatuhan terhadap Peraturan:

Menavigasi Lanskap Regulasi: Lingkungan regulasi untuk infrastruktur utilitas dan energi bersifat dinamis. Pialang asuransi membantu klien dalam menavigasi persyaratan peraturan dan memastikan bahwa cakupan asuransi mereka selaras dengan standar industri dan kewajiban kepatuhan.

Singkatnya, pengetahuan khusus, koneksi industri, dan advokasi yang disediakan oleh pialang asuransi sangat berharga ketika mengamankan cakupan asuransi untuk menara saluran transmisi tegangan tinggi. Keahlian mereka meningkatkan kemungkinan mendapatkan cakupan yang komprehensif dan hemat biaya yang selaras dengan risiko unik yang terkait dengan komponen penting dari infrastruktur energi ini.

 

KESIMPULAN

Kesimpulannya, mengamankan cakupan asuransi untuk menara saluran transmisi tegangan tinggi memerlukan pendekatan strategis dan khusus, membuat layanan broker asuransi sangat diperlukan. Sifat rumit dari risiko yang terkait dengan komponen infrastruktur penting ini, mulai dari bencana alam hingga kepatuhan peraturan yang kompleks, memerlukan keahlian para profesional yang berpengalaman di sektor energi dan utilitas.

Broker asuransi membawa banyak pengetahuan ke meja, melakukan penilaian risiko menyeluruh, menavigasi pasar asuransi yang kompleks, dan menyesuaikan cakupan dengan kebutuhan spesifik klien mereka. Kemampuan mereka untuk menegosiasikan persyaratan yang menguntungkan, memberikan bantuan klaim, dan tetap mengikuti tren industri memastikan bahwa organisasi yang mengelola menara transmisi tegangan tinggi memiliki posisi yang baik untuk mengatasi tantangan potensial secara efektif.

Selain itu, broker asuransi memainkan peran penting dalam mengadvokasi kepentingan klien mereka, menawarkan panduan tentang strategi manajemen risiko, dan memastikan kepatuhan dengan lanskap peraturan yang berkembang. Pendekatan komprehensif dan holistik mereka untuk evaluasi cakupan, mempertimbangkan berbagai kebijakan seperti properti, kewajiban, cyber, dan banyak lagi, berkontribusi pada ketahanan dan perlindungan infrastruktur transmisi tegangan tinggi.

Dalam lanskap infrastruktur energi yang dinamis dan selalu berubah, kemitraan kolaboratif antara pialang asuransi dan organisasi yang mengelola menara saluran transmisi tegangan tinggi sangat penting. Melalui kolaborasi ini, klien dapat menavigasi kompleksitas manajemen risiko, meningkatkan ketahanan mereka secara keseluruhan, dan mengamankan cakupan asuransi yang selaras dengan tantangan dan peluang unik yang disajikan oleh komponen-komponen penting dari jaringan listrik ini.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada saluran dan menara Transmisi Tegangan Tinggi adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda di Indonesia, silakan hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012