InsurTech

Teknologi Digital Membantu Broker Asuransi Dalam Menjangkau Pasar

Liga Asuransi – Seperti kita ketahui bahwa perubahan era non digital menuju ke era digital atau dalam bahasa kerennya disebut era 4.0 terjadi begitu cepat dan masif. Mulai bermunculan perusahaan rintisan berbasis digital yang berusaha menawarkan suatu alternatif bisnis yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lengkap. Perkembangan itu mau tidak mau juga mengubah pola bisnis broker asuransi supaya bisa tetap bertahan atau punah.

Berikut 7 pertimbangan yang membuat mengapa broker asuransi harus beralih ke digital:

  1. Perkembangan pasar bisa lebih mudah terpetakan

Dengan perkembangan data digital, trend permintaan asuransi yang berkembang di pasaran akan lebih mudah direkam, baik oleh Google sebagai rajanya mesin pencari ataupun Facebook Instagram sebagai media sosial terpopuler saat ini. Tren permintaan setahun ke belakang untuk produk asuransi bisa dengan mudah diketahui. Sehingga bisa diperkirakan untuk tren setahun kedepan.

  1. Target pemasaran yang lebih terarah dan terukur

Dengan penggunaan data digital juga akan lebih mudah dalam menentukan target pasar yang kemungkinan tertarik dengan produk yang akan kita pasarkan. Dan kita juga dengan mudah mengukur tingkat keberhasilan dari setiap promosi yang kita lakukan.

  1. Penggunaan media promosi cetak mulai berkurang

Semakin banyaknya pengguna smartphone, yang hampir setiap orang pasti memilikinya, membuat penyampaian brosur, flyer, company profile, katalog produk yang semula berupa media cetak kini mulai beralih dalam format pdf sehingga jauh lebih murah, dan lebih cepat distribusinya kepada kustomer.

  1. Presentasi didepan klien secara digital

Semasa kecil dulu, kita pasti sering melihat film-film yang menunjukkan cara berkomunikasi dengan tim kita di tempat yang jauh melalui layar monitor baik TV atau gadget. Tidak terbayangkan bahwa saat ini itu semua telah terjadi. Kita bisa dengan mudah melakukan meeting tatap muka secara online dengan tim kita atau dengan kustomer kita yang saat ini sedang berada di tempat yang jaub dari kita. Dengan menggunakan Zoom dan Google Meet, yang bisa kita akses gratis meskipun terbatas semua itu bisa terjadi kapan dan dimanapun kita berada. Meskipun dengan versi berbayar kita bisa dapatkan fitur yang lebih lengkap.

  1. Optimalisasi media sosial untuk berinteraksi dengan kustomer

Sekarang silahkan bertanya pada orang terdekat anda, apakah dia punya salah satu dari akun media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, dll? Pasti jawabnya adalah punya, minimal salah satunya, atau bahkan semuanya juga punya. Kita bisa memanfaatkan media sosial untuk sekedar menyapa mereka yang bisa saja mereka adalah sekumpulan dari klien kita, atau orang-orang yang punya ketertarikan terhadap produk kita. Kita bisa memberikan tips yang berguna untuk mereka, kita bisa menyampaikan pengumuman bahkan bisa minta maaf kepada mereka. Tapi kita juga bisa memberika informasi terbaru akan produk yang kita jual. Dengan audience yang tepat, kita akan lebih mudah diterima, dan brand kita akan semakin dikenal.

  1. Pengembangan platform baru untuk mempermudah transaksi asuransi
Baca Juga :   5 Hal yang Bisa Diupayakan Untuk Meningkatkan Customer Experience

Tidak perlu jauh-jauh kita mengamati negara lain, di Indonesia ini saja mulai banyak berkembang perusahaan Insuretech, dari mulai cekaja, aturduit, pasarpremi, duwitmu, cermati. Semua itu bertujuan untuk mempermudah proses pembelian sebuah polis asuransi, dan juga mempermudah proses terbitnya sebuah polis yang biasa dilakukan oleh perusahaan asuransi atau broker asuransi. Kustomer semakin dimanjakan dalam melakukan pembelian polis asuransi dari yang sebelumnya terkesan berbelit-belit dan lama. Contohnya saja dengan platform tersebut, pembelian asuransi travel bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit.

  1. Smart Insurance Broker dengan pengembangan teknologi 4.0

Dalam dunia broker asuransi juga sudah mulai berkembang platform yang digunakan untuk mengolah data pelanggan. Seperti yang dilakukan L&G Insurance Broker. L&G menggunakan Ligasys sebagai platform untuk mengolah data kustomer, dari mulai permintaan asuransi, proses placing dari perusahaan asuransi, penerbitan polis, sampai ke proses klaim. Dan itu semua bisa dipantau baik oleh tim dari L&G termasuk para leader-nya dan juga oleh kustomer. Sehingga setiap detil proses bisa diawasi dengan seksama. Semua hal yang terjadi akhirnya bisa digunakan untuk evaluasi, sehingga bisa dikembangkan lagi sistem yang lebih efektif dan efisien baik untuk perusahaan asuransi, broker asuransi, atau pengguna asuransi.

Sebagai salah satu broker asuransi yang sudah berpengalaman selama kurang lebih 30 tahun, L&G selalu berupaya maksimal untuk selalu berubah mengikuti perkembangan teknologi. Kami selalu berusaha untuk lebih mudah dijangkau secara online, lebih mudah dihubungi selama 24 jam sebagai jaminan bahwa kami tidak akan melewatkan kebutuhan kustomer akan asuransi dan klaim asuransi yang bisa terjadi kapan saja, dan juga pengolahan data kustomer yang bisa dipantau kapan dan dimana saja oleh tim kami.

Hal diatas merupakan beberapa upaya yang dilakukan untuk terwujudnya L&G Insurance Broker, a Smart Insurance Broker di Indonesia.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top