Risk Recommendation

7 Alasan kenapa perusahaan Trading Batubara memerlukan jaminan asuransi pengangkutan barang berbentuk Marine Open Policy (MOP)

Asuransi Coal Trading

Liga Asuransi – Bagian yang terpenting dari bisnis trading batu bara adalah pengangkutan batu bara dari mulut tambang, stockpile dan  mother vessel sampai ke lokasi akhir stockpile milik pembeli. Alat angkut yang digunakan bisa berupa dump truck, light truck, conveyor, tongkang (barge), large vessel dan lain-lain. 

Selama dalam perjalanan, stok batu bara bisa mengalami kecelakaan seperti truk terguling, terbalik, terbakar, tabrakan dan dijarah orang lain yang menyebabkan batu bara  rusak, hilang atau menyusut. Ketika batu bara diangkut di sungai atau di laut dengan menggunakan kapal tongkang atau mother vessel, resiko yang dapat terjadi antara lain akibat dari kapal kandas, terbalik, terbakar, dijarah, tumpah karena tabrakan dengan kapal lain. 

Salah satu resiko yang unik dari asuransi pengangkutan batu bara adalah self combustion. Yang dimaksud dengan self combustion adalah kebakaran yang terjadi secara sendirinya yang berasal dari dalam batu bara itu sendiri selama dalam perjalanan. Hal ini akibat dari sifat batu bara yang bisa terbakar sendiri karena terdiri dari zat yang mudah terbakar.  Resiko ini sering sekali terjadi, oleh karena itu inilah satu yang menyebabkan perusahaan asuransi kurang tertarik untuk menjamin asuransi pengangkutan batu baru. 

Untuk mengatasi kerugian akibat resiko pengangkutan batubara, diperlukan polis asuransi yang dapat menjamin seluruh pengangkutan batubara dari lokasi manapun sampai ke lokasi tujuan akhir dimanapun di seluruh wilayah Indonesia maupun ke tempat manapun di seluruh dunia. Untuk itu diperlukan jaminan asuransi pengangkutan khusus namanya Marine Open Policy (MOP). 

Berdasarkan pengalaman kami selama lebih dari 30 tahun menangani berbagai resiko asuransi pengiriman barang, berikut ini kami tuliskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para trader batu baru:

  1. Polis Asuransi Marine Cargo Biasa Tidak Cukup 

Karena resiko yang dihadapi oleh pengangkutan batu baru kompleks dan khusus, oleh karena itu polis asuransi pengangkutan biasa atau Marine Cargo Insurance biasa kurang pas. Karena di dalamnya belum termasuk jaminan akibat terjadinya kebakaran atas batu bara akibat dari self combustion atau terbakar sendiri selama dalam perjalanan.

  1. Institute Time Clause – Coal Clause (ITC Coal)

Agar jaminan asuransi pengangkutan batubara menjamin juga resiko akibat self combustion maka bentuk asuransinya adalah Institute Time Clause – Coal Clause. Jaminan ini tidak otomatis bisa didapat dari perusahaan asuransi, hanya jika ada permintaan khusus.

  1. Marine Open Policy (MOP)

Bagi perusahaan trading yang sudah mempunyai volume transaksi dan pengiriman batu bara secara rutin dalam jumlah yang banyak setiap bulan atau setiap tahun, maka mereka perlu membuat program Marine Open Policy. Manfaat dari MOP, premi lebih kompetitif, administrasi lebih sederhana, jaminan berlaku secara otomatis dan bargaining position yang lebih kuat di hadapan perusahaan asuransi.

  1. Penggunaan Alat Angkut (kapal dan truk) yang sesuai standar

Karena jaminan MOP berlaku secara otomatis maka ada beberapa persyaratan yang disepakati sebelum polis MOP diterbitkan. Salah satunya adalah mengenai penggunaan kapal dan truk untuk setiap pengangkutan batu bara. Perusahaan asuransi mensyaratkan bahwa alat angkut yang digunakan harus dalam keadaan baik, layak laut, mempunyai surat-surat yang masih valid dan masih berlaku. Selain itu ada pula batasan mengenai umur kapal, ukuran DWT dan lain-lain. Selama persyaratan tersebut diikuti maka jaminan asuransi pengiriman berlaku secara otomatis. 

  1. Nilai pengiriman untuk setiap pengapalan dan estimasi volume dalam 1 tahun
Baca Juga :   5 Jenis Asuransi Yang Paling Dibutuhkan oleh Rumah Sakit

Hal yang menjadi pertimbangan juga bagi perusahaan asuransi adalah nilai pengiriman untuk setiap kali pengiriman. Jumlah dalam kuantitas misalnya dalam ton kemudian jumlahnya dalam mata uang dollar atau rupiah. Perusahaan asuransi akan menggunakan angka tersebut untuk mengukur tingkat resiko yang bisa terjadi jika terjadi kecelakaan pada sebuah kapal. Jika semua muatan batu bara rusak, maka perusahaan asuransi akan mengganti seluruh muatannya. Jumlah volume pengiriman dalam satu tahun juga penting bagi perusahaan asuransi untuk menghitung estimasi potensi resiko dan premi yang akan mereka terima dibandingkan dengan resiko yang mereka hadapi. 

  1. Jaminan Asuransi Berlaku Otomatis 

Salah satu keuntungan dari MOP adalah jaminannya berlaku secara otomatis. Bandingkan dengan jaminan asuransi secara satu persatu. Setiap pengiriman harus dilaporkan kepada broker asuransi, kemudian broker melakukan penempatan kepada beberapa perusahaan asuransi. Setelah didapat baru kemudian broker asuransi mengirimkan penawaran dan jika disetujui baru jaminan asuransi diterbitkan. Sekarang bayangkan jika pengirimannya di hari libur, broker dan perusahaan asuransi tutup akhirnya tidak ada jaminan asuransi! Nah, dengan MOP semua masalah ini tidak akan terjadi lagi. 

  1. Administrasi sederhana

Dengan adanya MOP polis asuransi tidak harus diterbitkan setiap kali ada pengiriman. Setelah ada persetujuan MOP maka akan dikeluarkan polis induk atau master policy yang berlaku selama masa yang disepakati misalnya satu tahun. Untuk setiap pengiriman akan dikeluarkan certificate of insurance biasanya cukup dalam selembar dokumen saja. Penagihan premi dibuat berdasarkan certificate of insurance tersebut. Demikian juga jika terjadi klaim maka dokumennya berdasarkan dokumen yang sama.

Sebagai kesimpulan, bahwa pengangkutan batu bara termasuk resiko tinggi, oleh karena itu jaminan asuransi pengangkutan menjadi kebutuhan penting. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik, premi yang kompetitif, jaminan yang luas termasuk institute coal clause dan administrasinya yang sederhana. Solusinya adalah dengan MOP.

Karena perusahaan asuransi yang bisa menyediakan jaminan ini terbatas, maka untuk mendapatkan MOP yang berkualitas perlu bantuan dari perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang asuransi pengangkutan batu bara.

Artikel ini disponsori oleh:

PT. Liberty & General Risk Services (L&G Risk Insurance Broker), broker asuransi yang sudah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun dan berfokus pada penanganan asuransi untuk sektor Bisnis dan Korporasi. L&G Risk mengambil fokus pada sektor bisnis dan korporasi karena pada sektor ini diperlukan tingkat keahlian khusus di bidang asuransi karena disamping sebagai broker asuransi atau pialang asuransi, kami juga berperan sebagai tenaga ahli dalam manajemen risiko dari suatu jenis usaha.

Demi keamanan para klien kami, L&G Risk terdaftar di OJK dan kami selalu melaporkan segala kegiatan kami dan juga diawasi oleh OJK.

Berbagai klien dan klaim sudah berhasil kami tangani dengan jenis asuransi yang berbeda-beda yang diantaranya adalah Marine Cargo Insurance, Asuransi Pertambangan, Asuransi Pertambangan Batubara, Asuransi Konsutruksi, P&I, Bank Garansi dan Surety Bond.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik Hubungi segera L&G Insurance Broker. Broker asuransi yang berpengalaman lebih dari 15 tahun. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi Indonesia (APPARINDO).

HOTLINE L&G 24jam: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp Chat – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Asuransi Pembangkit Listrik Batu Bara kini Semakin Sulit, kenapa?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top