Risk Management

Mengapa perlindungan asuransi tanah longsor menjadi semakin penting di Indonesia?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda terus berkembang pada akhir kuartal 1 tahun 2023.

Mari kita lanjutkan membahas manajemen risiko dan asuransi; Kali ini, kita akan mengeksplorasi risiko tanah longsor. Kini tanah longsor menjadi lebih berbahaya dan mengancam hidup kita. 

Seperti yang kita semua tahu, setiap bisnis dan organisasi menghadapi risiko peristiwa berbahaya tak terduga yang dapat menghabiskan uang perusahaan atau menyebabkannya tutup secara permanen. Manajemen risiko memungkinkan organisasi untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tidak terduga dengan meminimalkan risiko dan biaya tambahan sebelum terjadi.

Sebagai broker asuransi senior, kali ini, saya ingin menguraikan lebih detail tentang risiko tanah longsor. Hal ini merupakan respon atas beberapa kecelakaan tanah longsor yang terjadi di banyak tempat di Indonesia belakangan ini.

Awal bulan ini, kami baru mendengar bahwa sekitar sepuluh orang dilaporkan tewas setelah terkena dampak tanah longsor di Distrik Seraran, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia.

Dari laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, kejadian tersebut dipicu oleh curah hujan intensitas tinggi ditambah dengan kondisi tanah yang tidak stabil.

 

Apa saja risiko tanah longsor?

Tanah longsor merupakan risiko serius bagi manusia, properti, dan lingkungan. Memahami risiko yang terkait dengan tanah longsor dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko tersebut sangat penting untuk melindungi masyarakat dari jenis bencana alam ini.

Tanah longsor, juga dikenal sebagai landslip, adalah bencana alam yang terjadi ketika sejumlah besar batu, tanah, dan puing-puing lainnya meluncur menuruni lereng. Risiko yang terkait dengan tanah longsor bisa parah dan termasuk yang berikut:

  • Kerusakan properti

Tanah longsor dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah, bangunan, jalan, dan infrastruktur lainnya. Mereka juga dapat mengganggu air, listrik, dan sistem komunikasi, meninggalkan komunitas yang terkena dampak tanpa kebutuhan.

  • Kehilangan nyawa

Tanah longsor bisa mematikan, terutama ketika terjadi di daerah berpenduduk. Batu dan puing yang jatuh dapat melukai atau membunuh orang yang terjebak di jalan mereka, dan tanah longsor dapat menyebabkan bangunan runtuh.

  • Kerusakan lingkungan

Tanah longsor dapat berdampak jangka panjang terhadap lingkungan, termasuk perubahan komposisi tanah, erosi, dan kerusakan habitat. Tanah longsor juga dapat menyebabkan pelepasan bahan berbahaya, seperti bahan kimia atau produk limbah.

  • Dampak ekonomi 

Tanah longsor dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan, terutama bagi masyarakat yang mengandalkan pariwisata atau pertanian. Selain kerusakan properti, tanah longsor dapat mengganggu transportasi dan pengiriman, menyebabkan gangguan rantai pasokan dan kerugian ekonomi.

  • Peningkatan risiko tanah longsor di masa depan

Tanah longsor dapat mengacaukan lereng dan meningkatkan risiko tanah longsor di masa depan. Hal ini dapat menimbulkan risiko berkelanjutan bagi masyarakat, terutama jika mereka berada di daerah rawan longsor.

 

Apa penyebab tanah longsor?

Longsor dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang disebabkan oleh alam maupun manusia. Beberapa penyebab tanah longsor yang paling umum meliputi:

  • Hujan deras 

Jumlah air yang berlebihan dapat memenuhi tanah, sehingga lebih rentan terhadap pergerakan dan menyebabkan tanah longsor.

  • Gempa bumi

Guncangan gempa bumi dan gerakan tanah dapat menyebabkan lereng gagal dan menyebabkan tanah longsor.

  • Lereng curam

Lereng dengan sudut curam lebih rentan terhadap tanah longsor, karena gaya gravitasi lebih kuat dan dapat menyebabkan tanah dan batuan meluncur ke bawah.

  • Erosi

Erosi lereng secara bertahap dapat melemahkan tanah dan menyebabkan tanah longsor dari waktu ke waktu.

  • Aktivitas manusia

Aktivitas manusia seperti deforestasi, pertambangan, penggalian, dan konstruksi dapat mengubah kemiringan alami tanah, sehingga lebih rentan terhadap tanah longsor.

Perubahan iklim: Perubahan pola iklim dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan tanah longsor karena curah hujan tinggi, dan peristiwa cuaca ekstrem menjadi lebih umum.

  • Aktivitas vulkanik

Letusan gunung berapi dapat memicu tanah longsor dengan mengacaukan tanah dan batuan di lereng gunung berapi.

Perlu dicatat bahwa tanah longsor sering disebabkan oleh kombinasi faktor daripada penyebab tunggal dan bahwa tanah longsor yang berbeda dapat memiliki pemicu lain. Memahami penyebabnya of landslides is essential for identifying and mitigating the risks of this type of natural disaster.

 

Bagaimana curah hujan yang tinggi menyebabkan tanah longsor? 

Hujan deras adalah salah satu penyebab paling umum dari tanah longsor. Ketika hujan berlebihan, tanah menjadi jenuh dengan air dan kehilangan kemampuannya untuk bersatu, membuatnya lebih rentan terhadap gerakan. Berat air juga dapat menambah tekanan pada lereng, menyebabkannya gagal dan menyebabkan tanah longsor.

Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan tanah longsor dengan mengurangi kohesi dan kekuatan geser tanah, meningkatkan tekanan pori, menyebabkan limpasan permukaan, dan mengubah permukaan air tanah. Memahami mekanisme ini sangat penting untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko yang terkait dengan tanah longsor yang dipicu oleh curah hujan tinggi.

Ada beberapa cara di mana hujan lebat dapat menyebabkan tanah longsor:

  • Kejenuhan tanah

Ketika curah hujan deras dan persisten, tanah bisa menjadi jenuh dengan air. Ini mengurangi kohesi antar partikel tanah, membuat tanah lebih rentan terhadap pergerakan dan meningkatkan risiko tanah longsor.

  • Peningkatan tekanan pori

Air dapat mengisi ruang di antara partikel-partikel tanah saat tanah menjadi jenuh, meningkatkan tekanan pori. Hal ini dapat mengurangi kekuatan geser tanah, sehingga lebih rentan terhadap tanah longsor.

  • Limpasan permukaan

Limpasan permukaan dapat membawa volume besar air menuruni lereng ketika curah hujan yang besar. Ini dapat mengikis tanah dan mengacaukan lereng, meningkatkan risiko tanah longsor.

  • Perubahan air tanah

Curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan perubahan ketinggian air tanah. Saat permukaan air naik, dapat melemahkan tanah dan meningkatkan risiko tanah longsor.

Dampak perubahan iklim menyebabkan peningkatan tanah longsor. 

Perubahan iklim dapat menyebabkan peningkatan tanah longsor melalui beberapa mekanisme. Salah satu cara utama perubahan iklim dapat menyebabkan tanah longsor adalah dengan mengubah pola curah hujan. 

Ketika suhu meningkat, jumlah kelembaban di atmosfer meningkat, yang menyebabkan peristiwa curah hujan yang lebih sering dan intens. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya longsor, karena curah hujan yang tinggi dapat menjenuhkan tanah dan memicu kegagalan lereng.

Selain mengubah pola curah hujan, perubahan iklim juga dapat mempengaruhi stabilitas lereng melalui mekanisme lain, seperti:

Perubahan vegetasi

Perubahan iklim juga dapat mengubah pola vegetasi, dengan beberapa daerah mengalami lebih banyak kekeringan dan yang lain mengalami curah hujan yang lebih sering dan intens. Perubahan tutupan vegetasi dapat mempengaruhi stabilitas lereng, karena vegetasi membantu menambatkan tanah dan mencegah erosi.

catatan kecelakaan longsor yang terjadi dalam lima tahun terakhir

Beberapa contoh longsor signifikan yang terjadi dalam lima tahun terakhir antara lain sebagai berikut:

  1. Tanah longsor Oso di Negara Bagian Washington, AS, pada Maret 2014 mengakibatkan 43 korban jiwa.
  2. Tanah longsor Bududa di Uganda pada Oktober 2018 mengakibatkan 43 korban jiwa dan puluhan luka-luka.
  3. Gempa Atsuma memicu tanah longsor di Jepang pada September 2018, yang mengakibatkan 41 korban jiwa.
  4. Tanah longsor yang dipicu gempa Sulawesi di Indonesia pada September 2018 mengakibatkan lebih dari 4.000 korban jiwa.
  5. Tanah longsor Kavalappara di Kerala, India, pada Agustus 2019 mengakibatkan lebih dari 50 korban jiwa dan banyak orang hilang.
  6. Tanah longsor yang dipicu gempa Sulawesi di Indonesia pada September 2018 mengakibatkan lebih dari 4.000 korban jiwa.
  7. Longsor Cisolok di Jawa Barat pada Desember 2018 mengakibatkan sedikitnya 32 korban jiwa dan beberapa luka-luka.
  8. Longsor Sukabumi di Jawa Barat pada Januari 2020 mengakibatkan sedikitnya sembilan korban jiwa dan beberapa luka-luka.
  9. Longsor Lebak di Banten pada Januari 2021 mengakibatkan sedikitnya 11 korban jiwa dan beberapa luka-luka.
  10. Longsor Lembata di Nusa Tenggara Timur pada April 2021 mengakibatkan sedikitnya 21 korban jiwa dan banyak orang hilang.
  11. Longsor Sumedang di Jawa Barat pada Januari 2021 mengakibatkan sedikitnya 18 korban jiwa dan beberapa luka-luka.

Pertanggungan asuransi untuk risiko longsor.

Dalam beberapa kasus, pertanggungan landslip dapat dimasukkan dalam polis asuransi pemilik rumah standar, terutama jika properti tersebut terletak di daerah dengan riwayat tanah longsor. Namun, polis asuransi khusus mungkin diperlukan di daerah di mana tanah longsor lebih umum atau parah, seperti bencana alam atau polis asuransi stabilitas lereng.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua polis asuransi menanggung risiko landslip, dan beberapa polis mungkin memiliki pengecualian atau batasan pertanggungan. Sangat penting untuk meninjau persyaratan polis asuransi dengan cermat dan mendiskusikan opsi pertanggungan dengan profesional asuransi untuk memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan yang memadai jika terjadi landslip.

Apa saja pertanggungan asuransi longsor? 

Polis asuransi landslip dapat bervariasi dalam pertanggungan tergantung pada syarat dan ketentuan khusus polis, serta lokasi dan jenis properti yang diasuransikan. Namun, beberapa pertanggungan khas yang mungkin termasuk dalam polis asuransi landslip adalah:

  • Property damage coverage

Pertanggungan ini dapat membantu membayar perbaikan atau penggantian properti yang diasuransikan jika rusak atau hancur karena aktivitas longsor.

  • Business interruption coverage

Jika properti yang diasuransikan adalah bisnis, pertanggungan ini dapat membantu mengganti pemilik untuk kehilangan pendapatan atau biaya gangguan bisnis yang diakibatkan oleh landslip.

  • Debris removal coverage 

Pertanggungan ini dapat membantu membayar untuk menghilangkan puing-puing dari properti yang diasuransikan setelah peristiwa longsor.

  • Extra expense coverage

Pertanggungan ini dapat membantu mengganti biaya tambahan yang dikeluarkan tertanggung akibat longsor, seperti biaya tempat tinggal sementara atau relokasi.

  • Liability coverage

Jika landslip merusak properti orang lain atau menyebabkan cedera atau kematian, pertanggungan tanggung jawab dapat membantu melindungi tertanggung dari tuntutan hukum dan biaya terkait.

Penting untuk dicatat bahwa polis asuransi landslip dapat sangat bervariasi dalam syarat dan ketentuan, dan tidak semua polis mungkin menawarkan tingkat pertanggungan yang sama. Sangat penting untuk meninjau polis asuransi apa pun dengan cermat dan mendiskusikan opsi pertanggungan dengan profesional asuransi untuk memastikan perlindungan yang memadai selama landslip.

Mengapa Anda membutuhkan layanan broker asuransi untuk asuransi landslip? 

Klien mungkin memerlukan layanan broker asuransi untuk asuransi landslip karena beberapa alasan, termasuk:

  • Keahlian dan pengetahuan

Pialang asuransi adalah pakar asuransi dan dapat membantu klien menavigasi lanskap kompleks polis asuransi, opsi pertanggungan, dan strategi manajemen risiko. Broker dapat memberikan wawasan berharga tentang pasar asuransi landslip dan membantu klien mengidentifikasi polis dan opsi pertanggungan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Akses ke berbagai perusahaan asuransi dan polis

Pialang asuransi memiliki hubungan dengan berbagai perusahaan asuransi dan dapat memberi klien akses ke berbagai polis asuransi dan opsi pertanggungan. Ini dapat membantu klien menemukan polis asuransi landslip terbaik dengan harga yang kompetitif.

  • Solusi yang disesuaikan

Pialang asuransi dapat bekerja dengan klien untuk memahami kebutuhan dan risiko unik mereka dan membantu merancang polis asuransi landslip yang disesuaikan dengan situasi mereka. Ini dapat membantu memastikan bahwa klien memiliki pertanggungan yang mereka butuhkan untuk melindungi properti dan aset mereka jika terjadi landslip.

  • Dukungan klaim

Jika terjadi longsor, broker asuransi dapat memberikan dukungan berharga kepada klien selama proses klaim. Broker dapat membantu klien mengajukan klaim, menavigasi proses klaim, dan mengadvokasi atas nama mereka untuk memastikan bahwa mereka menerima manfaat penuh dari polis asuransi landslip mereka.

Secara keseluruhan, layanan broker asuransi dapat membantu klien membuat keputusan yang tepat tentang kebutuhan asuransi landslip mereka dan memberikan dukungan yang berharga selama proses asuransi.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang fokus pada asuransi tanah longsor adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012