Berita Kecelakaan

Deretan Kecelakaan di Indonesia: Bus Ziarah Celaka Karena Microsleep dan 6 Insiden Lainnya

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Risiko bisa menimpa siapa saja, di mana saja dan kapan saja. 

Kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya, tapi kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. 

Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. 

Kecelakaan Tunggal di Kulon Progo: Sopir Mengantuk, Mobil Terbalik Masuk Saluran Irigasi

Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Daendels, wilayah Kelurahan Karangsewu, Kapanewon Galur, pada Senin sore sekitar pukul 15.50 WIB. Kecelakaan ini melibatkan sebuah mobil dengan plat nomor AB 1780 EP yang dikendarai oleh MF (29), seorang pria asal Brosot.

Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Kulon Progo, Ipda Tanto Kurniawan, kecelakaan terjadi lantaran MF mengantuk saat berkendara. “Mobil tersebut tengah melaju dari arah barat menuju timur. Namun, tiba-tiba oleng ke kiri jalan,” ujar Tanto.

Saat kehilangan kendali, MF berusaha membanting setir ke kanan untuk menghindari selokan irigasi yang berada di sisi jalan. Namun, upaya tersebut gagal dan mobil akhirnya masuk ke dalam saluran irigasi dengan posisi terbalik. “Mobil tersebut terjun masuk saluran irigasi dan berakhir dengan posisi terbalik,” jelasnya.

Beruntung, MF selamat dari kecelakaan tersebut meski mengalami luka ringan. Mobil yang dikendarainya mengalami kerusakan cukup parah, termasuk pecahnya kaca depan dan pelek depan kiri.

Setelah kejadian, MF segera dibawa ke Rumah Sakit Riski Amalia di Kapanewon Lendah untuk mendapatkan perawatan. “Korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk ditangani,” tambah Tanto.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi para pengendara untuk selalu memastikan kondisi fisik yang prima saat mengemudi. Ipda Tanto mengimbau masyarakat untuk beristirahat sejenak jika merasa lelah selama perjalanan. “Pastikan kondisi fisik aman dan bugar saat berkendara. Jangan ragu untuk menepi dan beristirahat jika merasa lelah,” tutupnya.

Peristiwa ini menjadi pelajaran penting akan bahaya mengemudi dalam keadaan mengantuk dan pentingnya menjaga kewaspadaan di jalan raya. Semoga kejadian serupa tidak terulang kembali.

Source : https://jogja.tribunnews.com/2024/06/03/breaking-news-kecelakaan-mobil-terjun-masuk-selokan-hingga-terbalik-di-kulon-progo 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Public Liability
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Kesehatan

 

Kecelakaan Bus Rombongan Ziarah di Tol Pandaan-Malang, Satu Tewas dan Puluhan Luka-luka
Kecelakaan tragis terjadi di Tol Pandaan-Malang pada dini hari tadi, melibatkan bus yang mengangkut rombongan ziarah Wali Lima. Kecelakaan ini mengakibatkan satu orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Deni Eko Prasetyo, mengungkapkan bahwa kecelakaan terjadi akibat sopir bus mengalami microsleep, kondisi di mana seseorang tertidur sejenak tanpa sadar. “Bus rombongan ziarah sampai di TKP dan sopir mengalami microsleep sehingga menabrak truk wing box yang berjalan di lajur kiri di depannya,” jelas Deni, seperti dilansir dari detikJatim.

Korban tewas dalam insiden ini adalah kernet bus dari PO Jaya Abadi bernomor polisi N 7313 UK. Korban meninggal di lokasi kejadian akibat benturan keras. Sementara itu, sopir bus dan 21 penumpang lainnya mengalami luka ringan. Sebagian besar korban luka menjalani perawatan jalan, sedangkan beberapa lainnya harus dirawat inap.

Rombongan penumpang bus diketahui berasal dari Bangunrejo, Malang, yang tengah melakukan perjalanan ziarah.

Kanit Lakalantas Polres Pasuruan, Ipda Ahmad Khunaefi, menambahkan bahwa bus menabrak truk wing box hingga terdorong ke parit. “Sopir bus terluka dan masih dirawat di Rumah Sakit Sahabat, Sukorejo, Pasuruan. Sementara dari pihak truk wing box tidak ada yang mengalami luka-luka,” terangnya.

Kecelakaan ini menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara, terutama bagi sopir yang membawa penumpang dalam jumlah besar. Microsleep dapat terjadi pada siapa saja yang kurang istirahat, dan dapat berakibat fatal di jalan raya.

Polisi mengimbau kepada para pengemudi, khususnya yang bertugas mengangkut penumpang dalam perjalanan panjang, untuk memastikan kondisi fisik yang prima dan tidak ragu untuk beristirahat jika merasa lelah. Keselamatan penumpang dan diri sendiri harus selalu menjadi prioritas utama.

Dengan adanya kejadian ini, diharapkan semua pihak bisa lebih waspada dan mengutamakan keselamatan saat berada di jalan raya. Semoga korban yang terluka segera pulih dan peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Source : https://www.detik.com/jateng/berita/d-7372085/kecelakaan-maut-bus-rombongan-ziarah-wali-gegara-sopir-microsleep

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Public Liability
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Jiwa
  5. Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)

 

Kebakaran Gudang Limbah Minyak Kayu Putih di Hutan Bunder Gunungkidul: 17 Jam Api Belum Padam

Upaya pemadaman kebakaran di gudang limbah penyulingan minyak kayu putih di Hutan Bunder, Gunungkidul, masih terus berlangsung. Kebakaran yang telah terjadi selama 17 jam ini belum berhasil dipadamkan sepenuhnya, meski berbagai upaya telah dilakukan oleh tim pemadam kebakaran.

Pantauan detikJogja di lokasi pada Senin (3/6/2024) pukul 20.25 WIB menunjukkan bahwa dua ekskavator terus berusaha mengorek tumpukan limbah penyulingan minyak kayu putih. Petugas pemadam kebakaran juga masih berjibaku menyemprotkan air ke titik api yang masih menyala di dalam gudang, dengan asap tebal terus membumbung di sekitar lokasi.

Terdapat satu armada mobil pemadam kebakaran dari Damkar Kota Jogja dan satu mobil pemadam milik Damkar Gunungkidul yang turut berusaha memadamkan api. Kepala UPT Damkar Gunungkidul, Handoko, menjelaskan bahwa upaya pemadaman terkendala oleh material dalam gudang yang terdiri dari daun dan ranting kayu putih.

“Kendalanya ini kasusnya kan seperti lahan gambut, apinya ada di sekam, di dalam. Merembetnya dari dalam,” jelas Handoko kepada detikJogja di lokasi kebakaran, Senin malam.

Saat ini, tim pemadam berusaha memutus rantai api dengan mengorek limbah kayu putih. Handoko juga menambahkan bahwa keterbatasan personel membuat tugas ini semakin sulit. “Timbunannya banyak ini yang bikin kewalahan juga. Personel juga terbatas, ada 24 orang. Kita sudah ambil dari Bantul. Yang Bantul sekitar jam 16.00 WIB balik,” tambahnya.

Kepala Seksi Operasional Pengendalian Kebakaran Damkarmat Kota Jogja, Mahargyo, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendatangkan dua mobil pemadam dan satu mobil komando yang berisi peralatan tambahan untuk membantu memadamkan api.

“Sementara yang beroperasi punya kota karena punya Gunungkidul masih rusak,” ujar Mahargyo.

Diketahui, kebakaran di gudang pabrik minyak kayu putih Sendang Mole di dalam hutan Bunder ini dilaporkan terjadi pada Senin (3/6) pukul 04.00 WIB. Sejauh ini, Damkar Gunungkidul telah menghabiskan ratusan tangki air untuk memadamkan api yang terus merembet tersebut.

Semoga upaya pemadaman segera membuahkan hasil dan kebakaran dapat segera diatasi. Tetap waspada dan pastikan keamanan lingkungan sekitar dari potensi kebakaran.

Source : https://www.detik.com/jogja/berita/d-7372505/16-jam-berlalu-kebakaran-gudang-kayu-putih-hutan-bunder-belum-padam 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti  
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Business Interruption
  4. Asuransi Lingkungan

 

Kebakaran Melanda Pesantren Babun Najah: 12 Santri Alami Sesak Napas

Musibah kebakaran yang menghanguskan Pesantren Babun Najah Pimpinan Muhammad Ismi (Abu Madinah) di Desa Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, menyebabkan 12 santri mengalami sesak napas. Kebakaran tersebut terjadi pada Senin dini hari (3/6/2024) sekitar pukul 00.15 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh, M. Hidayat, menjelaskan bahwa api pertama kali terlihat di salah satu ruangan paling sudut lantai tiga yang selama ini digunakan sebagai gudang penyimpanan barang-barang. “Ruangan tersebut dalam keadaan kosong dan digunakan untuk menyimpan barang-barang,” ujar Hidayat.

Para santri sempat berusaha memadamkan api menggunakan beberapa unit Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun upaya tersebut gagal karena api terus membesar. Mereka akhirnya menghubungi tim pemadam kebakaran. DPKP Banda Aceh dengan sigap mengerahkan tujuh armada pemadam, sementara lima mobil pemadam dari Aceh Besar turut membantu.

“Proses pemadaman berlangsung hingga pukul 00.40 WIB, setelah itu dilakukan upaya pendinginan,” kata Hidayat. Selain itu, proses pemadaman juga dibantu oleh petugas PLN, Polsek Ulee Kareng, Polresta Banda Aceh, personel TNI, relawan ERPA, dan RAPI.

Seluruh korban yang mengalami sesak napas telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. “Dari kebakaran ini, didapati korban 12 orang dengan status sesak napas,” ungkap Hidayat.

Kebakaran tersebut menghanguskan tiga ruangan di pesantren. Penyebab kebakaran masih dalam penyidikan pihak kepolisian untuk mengetahui sumber pasti dari insiden ini.

  1. Hidayat juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama berbagai pihak dalam upaya pemadaman dan penanganan musibah ini. “Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu pemadaman dan penanganan korban,” katanya.

Musibah kebakaran ini menjadi pengingat akan pentingnya kesiapsiagaan dan sistem pemadam kebakaran yang memadai di setiap lembaga pendidikan, termasuk pesantren. Langkah-langkah pencegahan kebakaran, seperti pemeriksaan rutin instalasi listrik dan pelatihan penggunaan APAR bagi penghuni, sangat diperlukan untuk mengurangi risiko kebakaran di masa depan.

Source : https://www.antaranews.com/berita/4133676/12-santri-sesak-nafas-akibat-kebakaran-pesantren-babun-najah-aceh 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kebakaran 
  3. Asuransi Kesehatan

 

Pencarian ABK Kapal Raja Cumi 2 yang Hilang di Laut Jawa Terus Dilakukan

Operasi pencarian terhadap seorang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Raja Cumi 2 yang jatuh di perairan Laut Jawa masih berlangsung hingga hari kedua. Pada Minggu (02/06/2024), Kapal Raja Cumi 2 baru saja bertolak dari lokasi penambatan menuju lokasi pemancingan ketika seorang kru menyadari bahwa rekannya hilang dan diduga jatuh ke laut.

Korban yang hilang adalah Otio Adit Setiawan (26), seorang laki-laki asal Jombang. Begitu menerima laporan dari Danpos TNI AL Samuda, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangkaraya, AA. Ketut Alit Supartana, segera mengirimkan satu unit pencarian dan penyelamatan (SRU) dari Pos SAR Sampit.

“Mendapat info dari Danpos TNI AL Samuda, kami memberangkatkan satu Tim Rescue dari Pos SAR Sampit dengan menggunakan sarana RIB (Rigid Inflatable Boat) untuk melakukan pencarian,” ujar Alit.

Lokasi jatuhnya korban diperkirakan sekitar 65 mil laut dari Muara Sampit ke arah selatan. Indra Saputra, koordinator operasi pencarian, menyatakan bahwa tim terus berkoordinasi dengan berbagai unsur SAR. “Kami terus berkoordinasi dengan unsur SAR, dan kami upayakan pencarian sesuai dengan rencana operasi SAR yang telah dibuat, dan semoga korban cepat ditemukan,” kata Indra.

Tim SAR Gabungan juga telah mengimbau kapal-kapal yang berlayar di sekitar area tersebut untuk memberikan informasi atau bantuan jika mereka menemukan tanda-tanda keberadaan korban. “Kami melakukan pemapelan terhadap kapal-kapal yang berlayar di area tersebut agar apabila mendapat tanda-tanda keberadaan korban, mereka dapat memberikan informasi atau memberikan pertolongan,” tambahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, korban masih dalam upaya pencarian. Unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini meliputi Tim Rescue Pos SAR Sampit, Pos TNI AL Samuda, KSOP Sampit, serta nelayan setempat.

Pencarian terus dilakukan dengan harapan Otio Adit Setiawan dapat segera ditemukan dan diselamatkan. Para keluarga korban dan rekan-rekan di kapal terus berdoa dan berharap untuk keselamatan Otio. Tim SAR Gabungan tidak akan berhenti hingga misi pencarian ini berhasil.

Source : https://prokalteng.jawapos.com/prohukrim/pro-kalteng/03/06/2024/kru-kapal-raja-cumi-2-hilang-diduga-terjatuh-ke-laut-saat-ini-masih-dalam-proses-pencarian/

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Marine Hull 
  3. Asuransi Jiwa

 

Polisi Tangkap Dokter Muda yang Diduga Curi Toyota Fortuner Rekannya di Semarang

Seorang dokter muda berinisial MAL (23) ditangkap polisi atas dugaan mencuri sebuah Toyota Fortuner milik rekannya yang juga seorang dokter muda. Keduanya sedang menjalani program Koas di sebuah rumah sakit di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kasatreskrim Polrestabes Semarang Kompol Andika Dharma Sena mengungkapkan bahwa tersangka dan korban, MJ (23), berada dalam satu tim saat menjalani program tersebut.

“Pencurian ini terjadi pada 29 Mei 2024 di depan RS Panti Wilasa, Jalan Dr. Cipto, Kota Semarang,” kata Andika Dharma Sena, Senin (3/6/2024). “Tersangka dan korban MJ (23) ini satu tim saat koas.”

Menurut Andika, pelaku mengambil kunci mobil korban yang tersimpan di loker rumah sakit. “Dari pengakuan pelaku, tindak pidana itu dilakukan karena iseng,” jelasnya. Namun, polisi masih mendalami alasan pasti di balik tindakan tersangka.

Setelah menerima laporan pencurian, polisi berhasil menemukan mobil korban yang masih terparkir di dekat tempat indekos pelaku. Dalam keterangannya, MAL mengaku tidak berniat menjual mobil tersebut dan hanya melakukannya karena iseng.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian. “Pelaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Andika.

Insiden ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap barang-barang berharga mereka, bahkan di lingkungan yang dianggap aman seperti tempat kerja. Polisi juga mengimbau kepada para pemilik kendaraan untuk selalu memastikan kunci kendaraan disimpan dengan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Source : https://www.borneonews.co.id/berita/342715-polisi-ringkus-dokter-muda-pencuri-toyota-fortuner#google_vignette

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Public Liability
  3. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Gudang Sabut Kelapa Kembali Terbakar di Banyuwangi, Satu Truk Hangus Dilalap Api

Kembali terjadi kebakaran pada gudang penyimpanan sabut kelapa milik Ami Santoso di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Senin (3/6). Api yang tiba-tiba membara sekitar pukul 14.00 berhasil merembet dengan cepat, menghanguskan seluruh gudang dan satu unit truk yang terparkir di lokasi.

Menurut Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Damkarmat Banyuwangi, Salam Bikwanto, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun satu unit truk menjadi korban terbakar. “Api cukup besar dan cepat merembet ke seluruh gudang. Kita terpaksa mengerahkan sembilan unit mobil pemadam dari tiga sektor dan mobil pemadam dari Mako Damkarmat, serta satu unit mobil pemadam dari perusahaan untuk memadamkan api,” ungkapnya.

Hingga pukul 17.40, api masih belum berhasil dipadamkan sepenuhnya. Petugas dari berbagai instansi, termasuk anggota Polsek Rogojampi, Koramil Rogojampi, petugas Damkarmat, dan sejumlah karyawan gudang, masih terus berjuang untuk memadamkan kobaran api yang sulit dijinakkan karena sabut kelapa yang mudah terbakar telah terbakar habis.

“Sudah sekitar 30 tangki air yang kita semprotkan untuk memadamkan api. Api sulit dipadamkan karena telah membakar seluruh sabut kelapa di dalam gudang dan membentuk gunung api,” tambah Salam.

Sementara itu, Kapolsek Rogojampi, Kompil Imron, mengungkapkan bahwa penyebab pasti kebakaran tersebut masih belum dapat dipastikan. “Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan kami,” katanya saat dihubungi Jawa Pos Radar Genteng.

Insiden ini menambah daftar kejadian kebakaran yang terjadi pada gudang sabut kelapa di wilayah tersebut dalam kurun waktu singkat. Petugas dan masyarakat setempat diimbau untuk tetap waspada dan meningkatkan upaya pencegahan kebakaran di area gudang penyimpanan.

Source : https://kumparan.com/kumparannews/tabrakan-beruntun-2-truk-vs-honda-jazz-di-jember-2-orang-tewas-22oTUoNXkkq/full 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Business Interruption

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.service@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!