Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023

Liga Asuransi – Para pembaca yang budiman apa kabar? Kami kembali hadir dalam menyajikan berita-berita kecelakaan atau tragedi yang kami rangkum untuk Anda.

Pada edisi ini kami akan selalu menyajikan berita pilihan lokal dan berita internasional hanya untuk Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda, dan silahkan bagikan informasi ini ke rekan-rekan Anda, agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik saat berkendara ataupun melakukan aktivitas sehari-hari, karena risiko yang tidak diinginkan dapat terjadi kapan saja.

Kebakaran di Blora Hanguskan 3 Rumah dan Kandang Ternak Warga Desa Jepangrejo

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Sebanyak 3 rumah dan 1 kandang milik warga di Desa Jepangrejo RT 04 RW 12, Kecamatan Blora Kabupaten Blora diamuk si jago merah. 

Diduga api berasal dari dapur salah satu rumah. Saat peristiwa itu terjadi, pemilik dari ketiga rumah tidak berada di kediamannya. 

Tampak 3 rumah dan 1 kandang milik warga di Desa Jepangrejo RT 04 RW 12, Kecamatan Blora Kabupaten Blora diamuk si jago merah. Tampak para tetangga membantu rumah korban dengan gotong royong.

Tampak 3 rumah dan 1 kandang milik warga di Desa Jepangrejo RT 04 RW 12, Kecamatan Blora Kabupaten Blora diamuk si jago merah. Tampak para tetangga membantu rumah korban dengan gotong royong. (Ahmad Mustakim)

Kepala Desa Jepangrejo, Sugito mengungkapkan, rumah yang terbakar tersebut milik 3 orang. 

“Kebakaran ada 3 pemilik. Sutar Ketua RT, Sutrisno pedagang dan Sukijan. Sumber kebakaran di rumah Sutar. Kebakaran dari apa saya kurang tahu, (korban) tidak ada di rumah. Sutar di sawah, bu Sutar di pasar,” ungkap Kepala Desa Jepangrejo, Sugito saat ditemui di lokasi, Senin (30/1/2023).

Dikatakannya, kebakaran terjadi sekira jam 10.30 WIB dan diduga api berasal dari dapur rumah milik Sutar yang juga kepala RW desa setempat. 

Lanjut Sugito, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Kalau Sutar kira-kira 75 an juta, Sutrisno 125 juta ini perkiraan saya. Kalau Sukijan kebakar hanya 1/3 rumahnya kerugian kira kira 25 juta,” rinci Sugito. 

Sementara itu, saksi mata, Dandang Sri Sulastri (36) mengatakan, awalnya, dirinya sedang berada di rumah dan mencium bau gosong dari arah dapur rumah Sutar. 

Kemudian dirinya langsung mengecek ke luar rumah ternyata benar ada kepulan api.

“Lagi nonton TV. Kayak ada bau-bau gosong di rumahnya pak Sutar. Saya lari ke luar di dapur itu (rumah Sutar) api sudah membesar,” bebernya. 

Melihat api berkobar besar, dirinya kemudian meminta pertolongan warga untuk menyelamatkan perabotan dan hewan ternak korban. 

“Saya minta tolong laki-laki untuk mengeluarkan sapi. Apinya membesar ke rumahnya pak Sutrisno. Api dari dapur. Saya bingung juga, rumah saya takut kena,” terangnya. 

Dandang Sri Sulastri mengaku sempat mendengar suara ledakan dari dalam dapur rumah. “Kayaknya kompor meledak.Daarrr gitu lho. Mungkin itu kompor,” ujarnya.  Meski demikian, peristiwa kebakaran ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. 

Sejumlah petugas gabungan dari pihak kepolisian dan pemadam kebakaran masih berada di lokasi kejadian. 

Kerugian dan penyebab masih dalam pendataan. Tampak petugas kebakaran masih berusaha memadamkan sisa-sisa api yang menyala

Source:  https://muria.tribunnews.com/2023/01/30/kebakaran-di-blora-hanguskan-3-rumah-dan-kandang-ternak-warga-desa-jepangrejo

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi :

  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi liability

 

Pabrik Besar Terbakar di Kebon Jeruk, 16 Unit Damkar Diterjunkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah pabrik yang terletak di Jalan Macan, RT 010/001, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengalami kebakaran hebat pada Minggu (29/1/2023) malam. 

Peristiwa kebakaran itu dilaporkan terjadi pada pukul 20.33 WIB. Adapun pabrik tersebut diketahui milik pria bernama Ali Anwar (62). 

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat (Kasie Ops) Jakarta Barat Syarifudin mengatakan, petugas Sektor Cengkareng beserta personel segera diluncurkan untuk melakukan pemadaman awal pukul 20.49 WIB. “Pengerahan awal diluncurkan sebanyak 5 unit 20 personil. 

Hingga akhirnya ditambah menjadi 16 unit serta 80 personel,” kata Syarifudin, dilansir dari TribunJakarta.com, Senin (30/1/2023). 

Syarifudin menerangkan, proses penanganan dan pendinginan kebakaran tersebut dilakukan sampai pukul 23.55 WIB. Berdasarkan hasil penanganan, kebakaran terjadi disebabkan korsleting. 

“Dugaan penyebab munculnya titik api informasi sementara disebabkan karena korsleting,” ujar Syarifudin. 

Menurut Syarifudin, petugas saat ini masih terus mendata korban jiwa dan juga kerugian yang dialami pemilik pabrik. 

Adapun total luas pabrik yang mengalami kebakaran diperkirakan kurang lebih 400 meter persegi.

Source : https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/30/13114731/pabrik-besar-terbakar-di-kebon-jeruk-16-unit-damkar-diterjunkan

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi :

  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Dan lainnya

 

Pipa Sumur Minyak Tua di Siak Meledak, 1 Pekerja Tewas-4 Luka Bakar

Pekanbaru – Pipa sumur minyak tua milik PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Siak, Riau meledak. Akibatnya satu pekerja tewas dan empat lainnya mengalami luka bakar.

Informasi diterima detikSumut, sumur di Bekasap 02 Dayun meledak pada Kamis (26/1). Sumur meledak saat pekerja dari PT BSP akan mengambil gate valve dari pipa minyak yang sumurnya sudah mati.

Gate valve itu, rencananya akan digunakan di sumur-sumur yang masih aktif. Pekerja pun lalu memotong baut yang ada di pipa dan sudah berkarat.

“Petugas memotong baut yang sudah berkarat pakai alat pemotong berupa las pemotong. Sehingga ini memicu ledakan,” kata Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja, Selasa (31/1/2023).

Ledakan sendiri terjadi diduga karena masih ada sisa gas di tabung pipa minyak. Akibatnya seorang pekerja PT Bumi Siak Pusako bernama, Anton (36) tewas.

“Identitas korban bernama Anton. Korban adalah pekerja di PT BSP,” imbuh Kapolres.

Untuk empat korban luka bakar lainnya dilaporkan telah dievakuasi ke rumah sakit. Namun belum diketahui secara pasti untuk kondisi terkini dan identitas korban yang selamat.

Ronald mengaku baru tahu ada insiden ledakan pada Senin (30/1) kemarin. Dia pun langsung meminta Kasat Reskrim turun ke lokasi memastikan kondisi di lokasi dan olah tempat kejadian perkara.

“Herannya kita tahu justru dari media,” kata Kapolres.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6543422/pipa-sumur-minyak-tua-di-siak-meledak-1-pekerja-tewas-4-luka-bakar

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi :

  • Asuransi kebakaran
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi liability
  • Asuransi Personal Accident

 

Pekerja Proyek Pasar Baru Tanjungpinang Tewas Tertimpa Tiang Beton

Tanjungpinang – Dua orang pekerja proyek pembangunan Pasar Baru II, Kota Tanjungpinang, Kepri mengalami kecelakaan kerja. Satu pekerja meninggal dunia dan satu lagi mengalami luka dan patah kaki.

Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Sandy Pratama Putra mengatakan kecelakaan kerja tersebut terjadi Jumat pagi. Kedua pekerja tersebut tertimpa tiang beton atau tiang pancang saat bekerja.

“Ada dua orang korban dalam kecelakaan kerja itu. Korban meninggal dunia berinisial SA sedangkan korban patah tulang pada kaki berinisial NA,” kata Sandy, Jumat (27/1/2023).

Kecelakaan kerja tersebut diketahui bermula saat kedua pekerja itu mengangkut tiang pancang seberat 1 ton dengan gerobak. Naas, saat memindahkan tiang beton yang berada di atas gerobak tersebut terguling dan menimpa keduanya.

“Jalan yang dilalui kedua pekerja itu menanjak sehingga tiang beton sepanjang 6 meter dan berat kurang lebih 1 ton yang dibawa keduanya terguling dan menimpa mereka. Keduanya langsung dievakuasi oleh pekerja lainnya ke rumah sakit,” ujarnya.

Sesampainya di rumah sakit salah seorang korban berinisial SA dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan pekerja satunya mengalami patah kaki.

Sandy menyebutkan atas kecelakaan kerja tersebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang kerja. Polisi juga tengah mendalami penerapan keselamatan kerja di lokasi proyek tersebut.

“Kami masih mendalami mengenai ada atau tidaknya kelalaian kerja masih didalami. Nanti jika jika ada hasilnya kita sampaikan,” ujarnya.

Source : https://www.detik.com/sumut/berita/d-6538024/pekerja-proyek-pasar-baru-tanjungpinang-tewas-tertimpa-tiang-beton

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi :

  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi CGL

 

Tiga Tewas dan 800 Lainnya Terluka Saat Gempa Guncang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Setidaknya tiga orang tewas dan 800 lainnya mengalami luka saat terjadi gempa magnitudo 5,9 yang melanda wilayah barat laut Iran, Provinsi Azerbaijan Barat, pada Sabtu, menurut keterangan pejabat.

Kepala Organisasi Medis Darurat Nasional Iran Jafar Miadfar melalui siaran televisi nasional Iran mengatakan, sejauh ini dilaporkan tiga orang tewas dan 800 lainnya luka. Gubernur Azerbaijan Barat Mohammad Sadegh Motamedian mengonfirmasi, korban tewas saat mengunjungi wilayah paling buruk terdampak gempa. Ia mengatakan bangunan perumahan di 70 desa sebagian rusak akibat gempa berintensitas tinggi tersebut.

Gempa terjadi pada pukul 21.44 waktu setempat (01.15 WIB) pada Sabtu dengan kedalaman 7 kilometer (km) dan berpusat dekat Kota Khoy, yang berlokasi 807 km barat laut dari ibu kota Teheran.

Gempa dirasakan di sejumlah kota, termasuk ibu kota provinsi dan kota terbesar Urmia, menurut para pejabat dan warga. Sesaat setelah gempa, beberapa tim dari Bulan Sabit Merah di Azerbaijan Barat dikirim ke daerah yang terdampak paling parah untuk menaksir kerusakan, kata para pejabat.

Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengunjungi Kota Khoy pada Senin dan mengetuai rapat manajemen krisis di sana, menurut keterangan resmi kantornya.

Menurut warga Khoy, gempa pada Sabtu itu diikuti 30 gempa susulan sepanjang malam hingga menyebabkan kepanikan dan memaksa warga untuk melewati malam di luar rumah dalam cuaca yang sangat dingin.

Sementara itu, para pejabat melaporkan, lebih dari 800 sekolah dasar dan menengah rusak sebagian di kota Khoy, dan 88 sekolah diantaranya mengalami rusak parah.

Azerbaijan Barat –provinsi pegunungan yang berbatasan dengan Turki, Azerbaijan dan Irak– pada awal Januari dikejutkan dengan gempa bermagnitudo 5,4 yang mengguncang Khoy dan menyebabkan kerusakan luas.

Pada Oktober 2022, gempa berkekuatan magnitudo 5,4 di Khoy mencederai 400 warga dan merusak ratusan rumah di wilayah kota dan desa.

Iran berada di zona seismik aktif dan telah mengalami banyak bencana gempa bumi di masa lalu.

Gempa paling menghancurkan yang melanda negara itu terjadi pada 2013 menewaskan 34 ribu jiwa di kota Bam wilayah tenggara provinsi Kerman. Gempa itu berkekuatan 6,7 skala Richter.

Dalam beberapa bulan terakhir, serangkaian gempa berkekuatan tinggi dan menengah melanda sejumlah provinsi di wilayah selatan dan utara Iran.

Pada Desember 2022, gempa magnitudo 5,1 mengguncang wilayah timur laut Iran provinsi Khorasan Selatan, beberapa pekan setelah gempa magnitudo 5,4 dilaporkan di wilayah yang sama, dengan berpusat di wilayah Ersk.

Pada Juli 2022, setidaknya lima orang tewas dan lebih dari 80 lainnya terluka setelah gempa magnitudo 6,1 mengguncang wilayah selatan provinsi Hormozgan, yang terletak di sepanjang pesisir Teluk Persia.

Source : https://www.republika.co.id/berita/rpajkc335/tiga-tewas-dan-800-lainnya-terluka-saat-gempa-guncang-iran 

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi :

  • Asuransi Gempa Bumi
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi kendaraan

 

Kecelakaan Bus Renggut 40 Nyawa di Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD — Lebih dari 40 orang meninggal setelah sebuah bus jatuh ke jurang di provinsi Balochistan, Pakistan selatan pada Ahad (29/1/2023). Kendaraan ini sedang dalam perjalanan dari ibu kota Balochistan, Quetta ke kota selatan Karachi.

Asisten Komisaris untuk Lasbela atau distrik di Balochistan Hamza Anjum mengatakan kepada surat kabar Dawn, bahwa kendaraan itu menabrak jembatan. Tabrakan tunggal ini menyebabkan kendaraan tersebut jatuh ke jurang dan terbakar.

Anjum mengatakan, sebanyak 41 dari 48 orang di dalamnya telah meninggal dunia. Belum ada kabar terbaru tentang kondisi sisa penumpang yang berada di kendaraan tersebut.

Kecelakaan yang fatal di jalanan sering terjadi di Pakistan. Aturan lalu lintas jarang dipatuhi ditambah dengan jalan di banyak daerah pedesaan dalam kondisi sangat buruk.

Sekitar 22 orang meninggal dunia pada Juni tahun lalu, termasuk sembilan anggota dari satu keluarga. Peristiwa ini terjadi ketika sebuah van penumpang jatuh ke jurang yang dalam di Balochistan.

Source : https://www.republika.co.id/berita/rp8nmk383/kecelakaan-bus-renggut-40-nyawa-di-pakistan

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi:

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Perjalanan
  • Asuransi Kendaraan bermobil

 

Auckland yang Digenangi Banjir akan Kembali Diguyur Hujan Lebat

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON — Pemerintah Selandia Baru mengatakan Auckland yang sudah direndam banjir tampaknya akan kembali diguyur hujan deras beberapa hari ke depan. Empat orang meninggal dunia akibat diterjang banjir bandang dan longsor yang melanda Auckland dalam tiga hari terakhir.

Curah hujan juga melampaui rekor. Auckland masih memberlakukan status darurat kecuali di wilayah Waitomo di selatan kota itu. Maskapai Air New Zealand mengatakan penerbangan keluar dan masuk bandara Auckland masih ditunda dan dibatalkan.

Ribuan penumpang terdampar termasuk ratusan orang dari luar negeri.  Pantai-pantai dan sekolah-sekolah di kota yang dihuni sekitar 1,6 juta orang itu ditutup. Sekolah ditutup hingga 7 Februari.

“Terdapat kerusakan signifikan di seluruh Auckland, jelas teradapat sejumlah rumah yang hancur oleh banjir tapi juga pergerakan ekstensif bumi,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins di stasiun televisi milik pemerintah TVNZ, Selasa (31/1/2023).

Ia menambahkan sekitar 350 orang membutuhkan akomodasi darurat. Badan meteorologi Selandia Baru, MetService, memprediksi pada Selasa malam hujan lebat akan mengguyur Auckland yang sudah basah kuyup.

“Cuaca buruk akan lebih sering datang dan kami harus mempersiapkan diri menghadapinya,” pengawas tugas Penanggulangan Bencana Auckland Rachel Kelleher dalam sebuah konferensi pers.  

Pada Senin (30/1/2023) malam kemarin Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat menerima 30 permintaan bantuan. Salah satunya atap garasi mobil meluncur dari sebuah bukit akibat longsor.

Dewan telah menetapkan 69 rumah tidak layak huni dan melarang warga masuk ke dalamnya. Sekitar 300 properti dianggap beresiko, akses ke beberapa daerah dibatasi sementara.

Fenomena cuaca La Nina menyebabkan curah hujan di Pulau Utara Selandia Baru lebih banyak dibandingkan biasanya. Institut Penelitian Air dan Atmosfer Nasional (NIWA) Selandia Baru mencatat sudah delapan kali curah hujan bulan Januari tahun ini di atas rata-rata Januari biasanya dan 40 persen di atas rata-rata curah hujan tahunan.

Source : https://www.republika.co.id/berita/rpca9j335/auckland-yang-digenangi-banjir-akan-kembali-diguyur-hujan-lebat 

Tinjauan Manajemen Risiko dan Asuransi : 

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Bencana Alam
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Kendaraan bermobil
  • Asuransi Perjalanan

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

 

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012