Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-5 Agustus

Liga Asuransi – Halo risk takers, di minggu kelima bulan Agustus 2023 ini kembali kita mengumpulkan beberapa berita mengenai kejadian kecelakaan di Indonesia, yang pantas mendapatkan perhatian bagi kita semua agar semakin waspada bahwa risiko bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja. Kecelakaan merupakan sebuah kejadian yang tidak bisa kita perikirakan kapan dan dimana akan terjadi, dan juga akan menimpa siapa saja. Tapi kecelakaan bisa kita minimalisir akibatnya dengan selalu mengedepankan aspek keselamatan. Ketika keselamatan menjadi prioritas utama, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 7 pilihan berita kecelakaan yang akan memberikan wawasan dan pengertian lebih mendalam tentang betapa pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu waspada dan lindungi diri Anda serta orang-orang terdekat. Bersama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca dan semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam menjaga keselamatan kita semua.

Rumah Penduduk Hangus Terbakar dalam Kebakaran Hebat di Wonokromo Surabaya

Kebakaran yang menghancurkan sebuah rumah penduduk terjadi di daerah Wonokromo, Surabaya hari ini, tepatnya pada Minggu, 27 Agustus 2023. Insiden kebakaran ini terjadi di Jalan Ketintang XI Blok PJKA, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, sekitar pukul 19.12 malam.

Dalam peristiwa ini, rumah tersebut hangus terbakar secara total, meskipun penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui. Akun Instagram Command Center 112 Surabaya melaporkan kejadian ini, menyatakan bahwa kebakaran melanda sebuah rumah di Jalan Ketintang.

Sejumlah orang mengalami luka-luka dalam kebakaran gedung asrama tersebut. Beberapa di antaranya mengalami luka berat dan harus segera dilarikan ke rumah sakit, sedangkan yang lain mengalami luka ringan dan mendapat pertolongan medis di tempat kejadian.

Beberapa korban bahkan mengalami kesulitan bernapas karena terpapar asap yang banyak, dan mereka harus menggunakan oksigen untuk membantu pernapasan mereka.

Kini, sebuah rumah penduduk kembali menjadi korban amukan api di Jalan Ketintang. Dalam video yang beredar, kobaran api terlihat membesar dan membakar seluruh bagian rumah tersebut. Asap hitam mengepul di udara, menciptakan pemandangan yang mencekam.

Petugas pemadam kebakaran segera datang untuk mengatasi api yang meluas. Wilayah sekitar kejadian penuh dengan aktivitas petugas pemadam yang berusaha keras memadamkan kobaran api. Sementara warga sekitar hanya bisa menyaksikan peristiwa yang menghancurkan ini.

Kemacetan lalu lintas pun terjadi di sekitar lokasi, seperti yang diungkapkan oleh salah satu netizen dengan akun @ilmidaeka, “Sampe macet parah depan rumah.”

Namun berkat kerja keras petugas, api akhirnya berhasil dipadamkan. Keberuntungan ada di pihak kita karena tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Source: https://hariane.com/kebakaran-di-wonokromo-surabaya-hari-ini-27-agustus-2023-sebuah-rumah-ludes-terlahap-api?page=1

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Tanggung Jawab Public
  4. Asuransi Kesehatan

 

Tragedi di Tol JORR: Mobil Boks Bertabrakan dengan Pembatas, Sopir Meninggal Tergencet

Sebuah mobil boks dengan nomor polisi A-8343-VM mengalami insiden kecelakaan tunggal di Tol JORR, di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sopir kendaraan tersebut, Tarmidi (50) namanya, ditemukan tewas terjepit dalam kejadian ini.

Menurut Kompol Sutikno, Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya, insiden ini terjadi pada Selasa (29/8/2023) sekitar pukul 05.10 WIB, tepat di kilometer 13.500 Tol JORR arah timur.

“Sopir ditemukan meninggal dunia di tempat, dan ia terjepit di bagian dada,” ujar Sutikno dalam pernyataannya pada Selasa (29/8/2023).

Sutikno menjelaskan bahwa awalnya mobil boks tersebut sedang melaju di Tol JORR arah timur. Namun, saat mencapai kilometer 13.500, sopir tiba-tiba kehilangan kendali atas kendaraannya.

“Tepat di kilometer 13.500 arah timur, kendaraan boks dengan nomor polisi A-8343-VM diduga sopirnya mengantuk dan tidak bisa mengendalikan mobil,” jelasnya.

Sopir tersebut kehilangan kendali dan akhirnya menabrak pembatas pemisah di tol off ramp.

“Kendaraan menabrak pembatas pemisah di tol off ramp Ciledug dan mengakibatkan bagian dadanya terjepit,” tambahnya.

Akibat dari kejadian ini, Tarmidi, sopir asal Tangerang, tewas di lokasi kecelakaan. Jenazah korban dievakuasi ke Rumah Sakit Fatmawati.

Sementara itu, mobil boks mengalami kerusakan parah pada bagian depan akibat dampak tabrakan tersebut.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6901114/mobil-boks-tabrak-pembatas-di-tol-jorr-sopir-tewas-tergencet

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Kecelakaan
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

 

Kejadian Tragis Mekanik Palembang Tewas Tertimpa Alat Berat dalam Kecelakaan Kerja Hingga Tubuh Remuk

Seorang mekanik yang bekerja di sebuah perusahaan di Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Palembang, telah kehilangan nyawanya akibat kecelakaan kerja pada Jumat (25/8/2023). Korban bernama Denny Hendra (46) meninggal seketika akibat tubuhnya yang remuk dan tulang-tulang patah, terutama di bagian tulang pipi, karena tertimpa oleh sebuah alat berat.

Proses penyelamatan korban melibatkan penggunaan Excavator untuk mengangkat bagian alat berat yang menimpa tubuhnya. Saat dievakuasi, korban masih terlihat memegang kunci inggris di tangannya.

Suratman (50), kakak sepupu korban, menjelaskan bahwa dia menerima kabar dari Ketua RT setempat mengenai kematian adik sepupunya akibat kecelakaan kerja.

“Ketika saya diberitahu bahwa adik sepupu saya meninggal akibat kecelakaan kerja, ternyata itu benar,” ujar Suratman saat diwawancarai di tempat kejadian.

Menurut Suratman, korban telah bekerja di tempat tersebut selama lebih dari satu tahun.

“Pokoknya dia sudah bekerja di sana selama setahun, tapi saya tidak tahu pekerjaannya,” tambahnya.

Kanit Reskrim Polsek Sukarami, Iptu Denny Irawan, menjelaskan bahwa korban tewas setelah tertimpa alat berat yang tiba-tiba jatuh.

“Korban sedang melakukan perbaikan pada alat berat tersebut, namun tiba-tiba alat berat tersebut terjatuh dan menimpa korban,” ujar Denny.

Jenazah korban telah dibawa ke RS Bhayangkara Moh Hasan untuk dilakukan autopsi.

“Kami telah berkolaborasi dengan Pidsus Polrestabes Palembang dan telah melakukan penandaan di TKP. Jenazah korban saat ini sudah dibawa ke RS Bhayangkara,” tambahnya.

Source: https://style.tribunnews.com/2023/08/26/kecelakaan-kerja-berujung-tragis-mekanik-di-palembang-tewas-tertimpa-alat-berat-tubuh-korban-remuk

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Dan Lain-Lain

 

Kapal Motor (KM) Sinar Cahaya Tenggelam Dihantam Ombak, 1 Penumpang Hilang

Peristiwa dramatis terjadi di Laut Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat Kapal Motor (KM) Sinar Cahaya tenggelam setelah terserang gelombang ganas. Dalam insiden ini, dua dari tiga penumpang berhasil selamat, sementara satu penumpang lainnya masih hilang.

Dilaporkan oleh Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, pada Minggu (27/8/2023), “Dua orang penumpang kapal selamat dan 1 orang belum ditemukan.”

Kejadian tragis Kapal Sinar Cahaya ini terjadi pada Sabtu (26/8), sekitar pukul 04.00 Wita. Kapal ini awalnya berangkat dari dermaga Kendari menuju Sulawesi Tengah (Sulteng) sekitar pukul 01.00 Wita.

Wahyudi menjelaskan bahwa setelah berlayar selama tiga jam, kapal ini disergap oleh gelombang tinggi yang ganas. Akibatnya, kapal tersebut pun tenggelam di tengah laut.

“Kapal tersebut dihantam ombak sekitar pukul 04.00 Wita dan tenggelam,” ungkapnya.

Beruntung, dua korban berhasil mengapung dan menyelamatkan diri, saat ini mereka berada di Pulau Labengki, Konawe Utara. Namun, satu penumpang lainnya masih belum ditemukan.

“Kedua orang yang selamat saat ini berada di Pulau Labengki, mereka berhasil berenang menyelamatkan diri, sementara 1 orang masih dalam pencarian,” kata Wahyudi.

Pihak Tim SAR Gabungan segera merespon laporan pada pukul 18.31 Wita dan langsung melakukan operasi SAR. Upaya pencarian terus dilakukan, meskipun luas area pencarian mencapai 35 mil laut.

Hingga saat ini, pencarian masih berlanjut dalam upaya menemukan korban yang masih hilang.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6898065/kapal-tenggelam-di-perairan-labengki-sultra-2-penumpang-selamat-1-hilang

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Marine Cargo
  3. Asuransi Kebakaran
  4. Asuransi Kesehatan
  5. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

 

Percikan Api Pengelasan Mengakibatkan Kebakaran Hebat di Gudang Ekspedisi Kalideres

Api yang membakar gudang paket ekspedisi di Jalan Utan Jati, Kalideres, Jakarta Barat, telah berhasil dipadamkan. Ternyata, penyebab kebakaran adalah percikan api yang berasal dari proses pengelasan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, “Dugaan penyebab percikan api berasal dari pengelasan.” Kejadian ini terjadi pada Sabtu (26/8/2023).

Tim pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api pada pukul 00.52 WIB dengan mengerahkan 17 unit mobil pemadam kebakaran.

Isnawa juga mengungkapkan bahwa enam orang mengalami luka akibat kejadian ini, dan dua di antaranya merupakan petugas pemadam kebakaran. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Sebelumnya, kebakaran melanda gudang paket ekspedisi di Jalan Utan Jati, Kalideres, Jakarta Barat. Tim Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menerima laporan pada Jumat (25/8) sekitar pukul 19.45 WIB. Kejadian ini terjadi dekat dengan sebuah sekolah.

Humas Gulkarmat DKI Jakarta menjelaskan, “Alamat TKP berada di Jalan Utan Jati, depan SMA 84 Jakarta, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres. Bangunan yang terbakar adalah gudang paket ekspedisi dengan jenis bangunan rendah.”

Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 19.50 WIB dan berhasil membatasi perluasan api. Sebanyak 15 unit pemadam kebakaran dan 75 personel terlibat dalam upaya pemadaman.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6896511/kebakaran-gudang-ekspedisi-di-kalideres-dipicu-percikan-api-pengelasan

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kecelakaan Kerja
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Barang Ekspedisi
  5. Asuransi Properti

 

Tragedi Tabrakan: Mobil Sigra dan Truk Fuso Berbenturan di Kampar, 5 Nyawa Melayang

Kecelakaan tragis terjadi saat mobil Daihatsu Sigra bertabrakan dengan truk fuso di jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang, terjadi di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, pada Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 05.30 WIB.

Dalam kecelakaan ini, 5 penumpang mobil Sigra meninggal dunia. Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengungkapkan bahwa empat korban meninggal di tempat kejadian (TKP), sementara 1 korban lainnya menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit di Pekanbaru.

“Kelima korban dibawa ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di Kota Pekanbaru,” ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com pada hari Rabu.

Dalam insiden ini, diduga bahwa kelalaian pengemudi mobil Sigra menjadi penyebabnya, ketika menabrak bagian belakang kanan truk tersebut.

“Kecelakaan diduga disebabkan oleh kelalaian dan kurangnya kewaspadaan pengemudi mobil Sigra, yakni Kemal Akbar. Korban ini mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan tidak memperhatikan jarak antara kendaraan di depannya,” kata Sunarto.

Kecelakaan ini bermula ketika truk Fuso berbelok dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang. Saat tiba di TKP, truk berbelok untuk balik arah ke Pekanbaru. Di saat bersamaan, mobil Sigra melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang.

Dengan jarak yang begitu dekat, tabrakan tak dapat dihindari dan mobil Sigra pun menabrak bagian belakang kanan truk tersebut.

Empat penumpang tewas di tempat kejadian, sementara satu korban lainnya berjuang di rumah sakit dan akhirnya menghembuskan napas terakhirnya. Mobil Sigra mengalami kerusakan yang signifikan.

“Supir truk fuso melarikan diri dari tempat kejadian dan meninggalkan kendaraannya, serta enggan membantu korban. Identitas pengemudi truk masih dalam penyelidikan,” ungkap Sunarto.

Setelah insiden tersebut, petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kampar segera mendatangi lokasi untuk mengevakuasi korban. Selain mengakibatkan korban jiwa, kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 30 juta.

Korban-korban yang meninggal dalam insiden ini adalah Kemal Akbar (21) dari Desa Ganting, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Lisman Nedi (35) dari Desa Ganting, Kecamatan Salo, Kampar, Herwan (35) juga dari Desa Ganting, Ilham Midi (36) dari Desa Pulau Payung, Kecamatan Rumbio Jaya, Kampar, dan Abdul Kadir (34) dari Kecamatan Salo, Kampar.

Source: https://regional.kompas.com/read/2020/12/16/20160151/kecelakaan-maut-sigra-vs-truk-fuso-di-kampar-sopir-mengebut-5-orang-tewas?page=all

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Pengendara Motor 17 Tahun Terseret Banjir, Siswi SMA Tewas dalam Genangan Air

Seorang pengendara motor yang dikenal dengan inisial NR (17) terbawa arus banjir di Jalan Viyata Yudha, Pematang Siantar, pada Minggu sore (27/8/2023) sekitar pukul 18.20 WIB.

Diduga bahwa korban tersebut terjatuh dari sepeda motornya saat mencoba melewati genangan air yang deras dan meluap di jalan.

Siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 6 Pematang Siantar ini ditemukan telah meninggal dunia setelah terhanyut oleh gelombang air.

Agustina Sihombing, yang menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematang Siantar, menjelaskan bahwa sebelumnya korban sedang membawa penumpang di sepeda motornya.

Korban mengendarai motor di Jalan Viyata Yudha, yang terletak di Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Sitalasari, Kota Pematang Siantar, menjelang petang.

Pada saat itu, tiba-tiba korban terjatuh dari motor dan terseret oleh arus banjir hingga masuk ke parit. Beruntung, penumpang yang ada di belakangnya berhasil selamat dari kejadian ini.

Korban dengan inisial NR merupakan penduduk Jalan Antara Kanan di Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Sitalasari, Kota Pematang Siantar. Setelah ditemukan, warga sekitar membawa korban ke rumah sakit.

Namun sayangnya, nyawa korban tidak dapat diselamatkan. Jenazah korban kemudian diangkut dan diletakkan di rumah duka. “Korban ini mengendarai sepeda motor dengan penumpang di belakangnya, namun hanya penumpang yang selamat dan telah pulang ke rumah,” ujar Agustina dalam pernyataannya.

Azhady (20), seorang penduduk setempat, menjelaskan bahwa hujan deras dengan intensitas tinggi telah melanda kawasan Viyata Yudha sejak pukul 16.00 WIB hingga menjelang petang.

Jalan Viyata Yudha seringkali mengalami banjir ketika hujan deras turun, terutama jika durasi hujannya lebih dari satu jam. Kondisi ini menjadi sangat berbahaya, terutama karena jalan tersebut memiliki kemiringan sehingga air mengalir deras ke bawah.

“Dua orang berboncengan di motor, satu di antaranya sempat diselamatkan, namun yang satu lagi tidak sempat karena airnya deras dan segera membawanya ke parit menuju gorong-gorong,” ujar Azhady kepada wartawan yang berada di tempat kejadian.

Source: https://medan.kompas.com/read/2023/08/28/061251378/air-meluap-ke-badan-jalan-pengendara-motor-terseret-arus-dan-meninggal

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko:

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Kecelakaan Diri

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012