Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2024 di Indonesia – Minggu Ke-3 April

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu ketiga di bulan April 2024, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Kecelakaan memang tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya, tapi kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. 

Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek: 12 Tewas dan Kendaraan Terbakar Hebat 

Pada hari Senin, tanggal 8 April 2024, tragedi kecelakaan maut melanda ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) km 58 sekitar pukul 07.25 WIB. Kecelakaan ini melibatkan 3 kendaraan, yakni Terios, Grandmax, dan Bus Primajasa, saat rekayasa lalu lintas (lalin) contra flow diberlakukan.

Dalam kecelakaan tersebut, Terios dan Grandmax mengalami kebakaran hebat yang mengeluarkan api tebal. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan bahwa terdapat 12 korban tewas, dengan mayoritas mengalami luka bakar serius.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, menyampaikan bahwa setelah kecelakaan, 12 kantong mayat dievakuasi ke RSUD Karawang. Identifikasi korban menjadi sulit karena luka bakar yang parah.

Selain itu, satu orang luka berat di dalam bus dan satu orang luka ringan di dalam mobil Terios juga ditemukan dalam kecelakaan ini. Aan menyatakan bahwa penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan, terutama dalam periode mudik Lebaran 2024.

Sementara itu, Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol, Amri Sanusi, menyatakan bahwa lajur Contraflow KM 48 s.d KM 70 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek ditutup untuk sementara waktu. Petugas Jasa Marga dan kepolisian terus berkoordinasi dalam menangani dan melakukan evakuasi korban. Situasi ini masih terus dalam pengawasan dan penanganan pihak berwenang.

Source: https://news.solopos.com/kecelakaan-maut-di-tol-jakarta-cikampek-terios-dan-grandmax-vs-bus-primajasa-1899228

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kesehatan
  5. Asuransi Jiwa
  6. Asuransi Perjalanan

 

Tragedi Kecelakaan Beruntun di Tol Cikopo-Palimanan, Satu Meninggal dan Dua Luka-luka

Pada Senin pagi, tanggal 15 April 2024, sebuah kecelakaan beruntun mengguncang ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 79 B, tepatnya di wilayah Desa Cimahi, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kecelakaan tersebut menelan satu korban jiwa dan melukai dua orang lainnya.

Kanit PJR Tol Cipali, Ipda Raden Nugraha, menjelaskan bahwa kejadian sekitar pukul 06.00 WIB melibatkan tiga kendaraan, yakni Toyota Avanza, Hi-Ace, dan Inova. Menurut Raden, kecelakaan terjadi ketika Toyota Avanza yang dikendarai oleh Eko Pambudi (28) mengambil jalur darurat dan menabrak Hi-Ace yang sedang berhenti karena ban pecah.

“Saat menabrak Hi-Ace, Avanza tetap melaju dan menabrak Inova,” ujarnya.

Tragisnya, Avanza juga menabrak seorang pria bernama Muhammad Husni Mubarok (24) yang sedang berdiri di bahu jalan. Muhammad Husni Mubarok akhirnya meninggal dunia di tempat kejadian setelah tertabrak Avanza.

Kecelakaan ini telah ditangani oleh Laka Lantas Polres Purwakarta, sedangkan korban luka-luka dan meninggal dunia telah dilarikan ke RSUD Abdul Radjak Purwakarta.

Kasus ini menyoroti pentingnya keselamatan dalam berkendara dan antisipasi terhadap kondisi darurat di jalan tol. Penegakan aturan dan kesadaran akan keselamatan menjadi kunci dalam mencegah kecelakaan serupa di masa depan.

Source:  https://jabar.tribunnews.com/2024/04/15/breaking-news-kecelakaan-beruntun-di-ruas-jalan-tol-cipali-purwakarta-1-korban-meninggal-dunia 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik 
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Kecelakaan Diri
  5. Asuransi Jiwa

 

Kebakaran Hebat Luluh Lantahkan Kios Bensin dan Tambal Ban di Jalan Sendang Biru, Kota Malang

Kemarin sore, tepatnya pada tanggal 14 April, Jalan Sendang Biru, Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru di Kota Malang menjadi saksi dari kebakaran mengamuk yang melanda sebuah kios bensin. Pemilik kios, Moch. Zakki, berada di lokasi saat kejadian dan bersama dengan beberapa orang lainnya, berusaha keras memadamkan kobaran api yang membesar dengan menggunakan genangan air sisa hujan.

Menurut Tri Erwanto, seorang pengendara yang menyaksikan kebakaran tersebut, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 16.53, ketika api masih berkobar sekitar 75 persen. Sayangnya, selain menghanguskan kios bensin, api juga menyerang beberapa kios semi permanen di sekitarnya.

Keberhasilan pemadaman akhirnya datang setelah adzan Maghrib berkumandang, sekitar pukul 16.23. Namun, kerugian yang ditimbulkan cukup besar, dengan dua objek yang terbakar, yakni satu kios tambal ban dan bensin, serta satu kios rokok. Luas area yang terbakar mencapai 24 meter persegi, dengan kerugian material diperkirakan mencapai 12 juta, termasuk saluran instalasi listrik yang ikut terbakar.

Berita baiknya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Meskipun api telah berhasil dipadamkan, mobil dari PLN dan tim dari provider Telkom masih berada di lokasi hingga pukul 19.00 untuk memastikan situasi telah sepenuhnya terkendali.

Source: https://radarmalang.jawapos.com/peristiwa/814542239/kios-bbm-di-sekitar-pasar-tawangmangu-kota-malang-kebakaran-rp-12-juta-hangus?page=2

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Business Interuption 
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Kebakaran Menghanguskan Puluhan Mess Pekerja di Jambi Business Center Saat Ditinggal Mudik

Minggu malam tanggal 14 April, Jambi Business Center (HBC) di Telanaipura, Kota Jambi, menjadi saksi dari kebakaran yang melanda puluhan penginapan (mess) pekerja konstruksi. Diduga dipicu oleh arus pendek listrik, kebakaran ini memunculkan api yang membesar dengan cepat.

Sekretaris Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Doni, mengonfirmasi bahwa kebakaran terjadi sejak sekitar pukul 20.10 WIB. Sebanyak 40 petugas pemadam kebakaran dengan tujuh unit armada segera dikerahkan untuk menjinakkan api.

“Dikarenakan bangunan-bangunan tersebut terbuat dari kayu, api dengan cepat merambat,” ujar Doni, Minggu malam.

Meskipun kebakaran menghanguskan banyak penginapan, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Para pekerja yang menggunakan mess masih berada di kampung halaman mereka.

Hanya ada satu pekerja yang berada di lokasi saat kebakaran terjadi, dan beruntungnya dia sedang berada di luar untuk membeli makanan.

“Sementara itu, kerugian materi akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” tambah Doni.

Menurut Nando, seorang warga sekitar, kebakaran terjadi dengan cepat karena bangunan mess tersebut terbuat dari kayu dan hanya berisi perlengkapan tukang bangunan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena para pekerja yang menggunakan mess tersebut masih berada di kampung halaman mereka. Hanya satu pekerja yang berada di lokasi saat kebakaran terjadi, dan beruntungnya dia sedang berada di luar untuk membeli makanan.

Source: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240415033554-20-1086276/ditinggal-mudik-puluhan-mess-pekerja-di-jambi-business-center-hangus

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Harta Benda

 

Kebakaran di Rumah Produksi Roti Gresik. Diduga Karena Kebocoran Tabung Gas, 10 Orang Luka-Luka 

Minggu (14/4), kebakaran melanda sebuah rumah produksi roti di Perumahan BP Kulon, Jalan Ikan Gurami 4 No 8, RT003 RW008, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Peristiwa ini menyebabkan 10 orang karyawan mengalami luka-luka.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik, Suyono, mengungkapkan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 9.20 WIB. Ledakan terdengar dari rumah produksi roti tersebut, menyebabkan para karyawan keluar dengan luka bakar.

“Para korban langsung dievakuasi ke RS terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” kata Suyono.

Petugas pemadam kebakaran berusaha keras melakukan pemadaman dan pendinginan untuk mengendalikan situasi.

“Sekitar pukul 10.56 WIB sudah selesai dilakukan pemadaman dan pembasahan. Sepuluh orang yang mengalami luka-luka dirawat di RS Petrokimia dan RS Nyai Ageng Pinatih,” tambahnya.

Kapolsek Gresik Kota, AKP Rachmat Triyanto, menambahkan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh kebocoran gas elpiji.

“Dari keterangan saksi, beberapa pekerja membawa tabung elpiji 12 kg yang bocor dari dalam rumah tersebut,” ujarnya.

Menurut keterangan saksi, tabung elpiji tersebut dibawa keluar dan direndam air, namun gas yang keluar tetap banyak. Beberapa menit kemudian, ledakan terjadi diikuti oleh kebakaran di dalam area produksi roti.

“Pada saat kejadian, pemilik rumah tidak ada di tempat. Yang ada adalah karyawan sebanyak 11 orang yang sedang bekerja membuat roti,” ungkap Rachmat.

Source: https://rmol.id/nusantara/read/2024/04/16/616905/rumah-produksi-roti-di-gresik-terbakar-10-karyawan-terluka

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran 
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Aksi Perampokan dan Penganiayaan Guncang Perumahan di Manyar, Gresik. Korban Kena Luka Sayatan dan Kehilangan Barang Berharga

Senin (15/4/2024) malam, aksi perampokan disertai penganiayaan mengguncang warga yang tinggal di Jalan Taman Ruby Perum Permata Suci (PPS), Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Lebih dari satu pelaku terlibat dalam insiden tersebut, menyebabkan korban terluka dan kehilangan barang berharga.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa para perampok menyekap seorang wanita penghuni rumah sebagai korban. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, ketika pelaku yang diduga berjumlah dua orang melakukan tindakan kekerasan terhadap korban.

Korban mengalami pukulan, disusul dengan penyekapan oleh para pelaku yang kemudian membawa kabur sejumlah perhiasan dan satu unit handphone jenis iPhone.

Dampak kekerasan tersebut terlihat pada korban yang mengalami luka lebam di wajah dan luka sayatan di tangan. Kapolsek Manyar AKP Tatak Sutrisna bersama jajaran telah melakukan peninjauan langsung di lokasi kejadian.

Upaya penyelidikan terus dilakukan dengan menggali keterangan dari saksi mata dan mengecek rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian. Kanit Reskrim Polsek Manyar Ipda Syaiful Rokhim membenarkan kejadian tersebut dan menyatakan bahwa korban saat ini sedang memberikan laporan di Polsek Manyar.

“Pihak kepolisian masih terus melakukan pemeriksaan terhadap korban, sedangkan identitas korban masih dirahasiakan karena masih dalam proses penyelidikan,” ujar Syaiful. “Informasi yang kami terima memang mengindikasikan adanya dua pelaku dalam insiden perampokan tersebut,” lanjutnya.

Source: https://jatim.tribunnews.com/2024/04/16/breaking-news-perampokan-di-pps-gresik-wanita-disekap-dan-dianiaya-perhiasan-dan-iphone-dicuri

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Harta Benda

 

Penundaan Keberangkatan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 102 Picu Kegaduhan di Pelabuhan

Senin (15/4/2024) siang, sejumlah penumpang yang hendak menaiki kapal perintis Sabuk Nusantara 102 tujuan Poso-Bitung terpaksa menelan kekecewaan karena keberangkatan kapal tersebut ditunda. Penundaan yang disebabkan oleh keterlambatan pembayaran Bahan Bakar Minyak (BBM) ini mengakibatkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan bagi para calon penumpang.

Menurut Hasril, staf PT Mandala Sejahtera Abadi Cabang Poso selaku agen kapal perintis 102, penundaan ini terjadi karena bank tutup, sehingga transaksi pembayaran tidak dapat dilakukan. “Kami melakukan upaya sejak Jumat (12/4/2024), namun karena bank tutup libur dan cuti bersama lebaran 2024, kami belum dapat melakukan pembayaran,” jelas Hasril.

Kapal yang dijadwalkan berangkat pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul 11.00 Wita akhirnya harus menunda keberangkatannya hingga Selasa (16/4/2024) pukul 13.00 Wita. Sebagai agen, pihaknya telah berkoordinasi dengan kantor pusat di Surabaya untuk mengantisipasi masalah pembayaran ini.

Situasi ini menimbulkan ketidakpastian bagi para penumpang, terutama karena beberapa di antaranya mungkin memiliki rencana perjalanan yang ketat. Namun, sebagai kompensasi, pihak agen memberikan bantuan kepada penumpang yang terpaksa menginap di pelabuhan dengan memberikan pemberian makanan.

Kapal perintis 102 ini mengangkut total sebanyak 19 ton BBM pulang-pergi (PP) Poso-Bitung. Rute perjalanan kapal ini meliputi pelabuhan Poso, Mantangisi, Wakai, Una-una, Malenge, Popolii, Pasokan, Gorontalo, hingga Bitung. Setelah sampai di Bitung, kapal akan kembali ke Poso melalui rute yang sama.

Penundaan ini menyoroti pentingnya kelancaran proses pembayaran dan koordinasi yang efektif antara berbagai pihak terkait untuk menjaga kelancaran transportasi laut, terutama dalam masa-masa padat seperti arus balik mudik Lebaran.

Source: https://palu.tribunnews.com/2024/04/16/kapal-perintis-102-di-pelabuhan-poso-gagal-berangkat-gegara-pembayaran-bbm

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Perjalanan
  2. Asuransi Kesehatan 
  3. Asuransi Kecelakaan Diri

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.service@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!