Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-2 Oktober 2023

Liga AsuransiSalam, para risk takers! Pada minggu kedua di bulan Oktober 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kami hanya berpesan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Tragedi di Lokasi Konstruksi Satu Pekerja Tewas dan Tiga Luka Tertimpa Tembok Roboh di Tangsel

Satu dari empat pekerja mengalami kematian tragis dan tiga lainnya menderita luka-luka dalam sebuah kecelakaan kerja di pinggiran Kali Serua, Pondok Aren, Tangerang Selatan pada Jumat (6/10/2023) sekitar pukul 10.30 WIB. Kepolisian Sektor Pondok Aren mengidentifikasi pekerja yang meninggal sebagai Suherman (39), sementara Rahmat (45), Hamzah (35), dan Jainal Arip (33) mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit Bakti Asih Ciledug.

Keempat pekerja tersebut terlibat dalam proyek normalisasi Kali Serua, yang melibatkan merakit besi untuk cakar ayam sebagai pondasi cor di pinggir kali. Kecelakaan terjadi ketika pekerja lain sedang menggali kali dengan ekskavator, yang menyebabkan getaran yang diduga menjadi penyebab robohnya tembok yang menimpa pekerja di bawahnya.

Penyelidikan awal menunjukkan bahwa para korban tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) saat kecelakaan terjadi, sehingga keselamatan kerja mereka menjadi terabaikan.

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Bambang Askar Sodiq, mengungkapkan bahwa pihak kepolisian telah memintai keterangan dari tiga saksi yang melihat kejadian tersebut, dan pemeriksaan terhadap pekerja yang selamat akan dilakukan pada pekan ini. Informasi dan data akan dikumpulkan sebelum dilanjutkan kepada pihak yang bertanggung jawab atas proyek normalisasi kali tersebut.

Meskipun terdapat desas-desus tentang penangkapan pimpinan proyek, Bambang Askar Sodiq membantah hal tersebut, tetapi pengamanan ekskavator sudah dilakukan oleh kepolisian.

Kontraktor pelaksana proyek pembangunan turap di Pondok Kacang Timur mengklaim bahwa sekarang para pekerjanya telah menggunakan APD, terutama helm proyek, untuk mencegah kejadian serupa terulang. Namun, apakah APD yang digunakan telah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) akan ditentukan oleh Dinas Sumber Daya Air Kota Tangsel.

Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Konstruksi (SDABMBK) Kota Tangsel menyatakan bahwa proyek normalisasi Kali Serua telah dihentikan sementara karena sedang diselidiki oleh kepolisian.

Source: https://isafetymagazine.com/1-dari-4-pekerja-tewas-tertimpa-tembok-pembatas-di-kali-serua/ 

 Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tangung Jawab Publik
  5. Asuransi Kecelakaan Diri
  6. Asuransi Konstruksi

 

Pengemudi Toyota Yaris Meninggal Dunia Usai Menabrak Truk Isuzu Akibat Kecelakaan Diduga Akibat Ngantuk di Tol Padaleunyi

Sebuah kecelakaan tragis terjadi pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 04.30 WIB di Jalan Tol Padaleunyi KM 133 Jalur A, Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Dalam insiden ini, sebuah mobil Toyota Yaris dengan nomor plat B 2930 KKW yang dikemudikan oleh Muhammad Rizky Ramadhan bertabrakan dengan truk Isuzu B 9053 PDC yang dikemudikan oleh Didin.

Kecelakaan ini menyebabkan pengemudi Toyota Yaris tewas di tempat kejadian. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun Instagram @unitgakkumpolrestabesbandung, kecelakaan terjadi ketika mobil Toyota Yaris menabrak bagian belakang truk Isuzu saat melintasi KM 133 A.

Saat ditemui, Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Arif Saepul Haris, mengungkapkan bahwa korban sedang dalam perjalanan dari arah barat ke timur di Tol Padaleunyi. Saat mencapai kilometer 133A, mobil yang dikendarainya menghantam bagian belakang truk tersebut. Arif menambahkan bahwa dugaan sementara adalah korban tertidur di belakang kemudi.

Kondisi semakin rumit ketika mobil korban terseret oleh truk yang dikemudikan oleh Didin, seorang warga asal Pandeglang, hingga berhenti di kilometer 133A +400. Akibat kecelakaan ini, pengemudi mobil Yaris meninggal dunia di tempat kejadian perkara.

Penanganan kecelakaan ini masih berada di bawah pengawasan unit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung. Dalam konteks ini, masyarakat diingatkan untuk selalu mengemudi dengan kecepatan yang aman, tetap waspada, dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Selain itu, penting untuk selalu membawa dokumen-dokumen kendaraan yang lengkap.

Source: https://jakarta.tribunnews.com/2023/10/10/kecelakaan-maut-hari-ini-di-tol-padaleunyi-bandung-mobil-yaris-tabrak-kencang-truk-pengemudi-tewas 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

 

Kapal Motor Dowora Idaman 3 Tenggelam Setelah Tabrak Batang Kayu. Muatan Berharga Hanyut di Perairan Kota Tidore Kepulauan

Sebuah peristiwa dramatis terjadi di perairan Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, ketika Kapal Motor Dowora Idaman 3 yang membawa 24 orang penumpang tenggelam. Kapal ini mengalami kecelakaan setelah menabrak sebatang batang kayu yang mengakibatkan papan bagian depannya terlepas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar, menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi antara perairan Halmahera Barat dan Kota Tidore Kepulauan pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 05.30 WIT. Kapal ini mengangkut 6 anak buah kapal (ABK) dan 18 penumpang, dan awalnya berlayar dari Pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat, menuju Tidore Kepulauan.

“Kapal tersebut berangkat dari Jailolo menuju Tidore dengan 18 penumpang dan 6 ABK di bawah kepemilikan Wilhelmus,” jelas Abubakar.

Meskipun kapal mengalami insiden, mesinnya masih berfungsi, memungkinkan mereka untuk mengarahkan kapal menuju Pelabuhan Gamgau. Sayangnya, sebagian bodi kapal sudah terendam air akibat kerusakan.

Abubakar memberikan informasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, muatan berharga seperti buah langsa, rambutan, dan ubi yang diangkut oleh kapal tersebut hanyut di laut.

Kejadian ini menunjukkan pentingnya keselamatan laut dan kehati-hatian dalam pelayaran, sementara muatan berharga yang hilang menjadi salah satu dampak tragis dari kecelakaan kapal ini.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6974390/kapal-angkut-24-orang-tenggelam-di-laut-tidore-usai-tabrak-batang-kayu 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Marine Cargo
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Korsleting Listrik Picu Kebakaran Hebat di Pasar Kosambi, Berhasil Dipadamkan oleh Pedagang

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin (9/10/2023), yang disebabkan oleh korsleting listrik di dua kios belakang gedung pasar. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan melibatkan dua kios berukuran tiga kali empat meter.

Pemilik salah satu kios, Agus, menceritakan bahwa dia dan istrinya sedang membersihkan kios saat insiden terjadi. Mereka mendengar letusan dari meteran listrik yang terpasang di kios. Letusan tersebut disusul dengan korsleting listrik yang mengakibatkan kebakaran. Agus dan pedagang lainnya segera berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan berhasil mengendalikan situasi sebelum api merembet ke area lain.

Akibat kebakaran ini, sejumlah barang milik Agus rusak, termasuk dua Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Pedagang lainnya juga merasakan ketegangan saat kebakaran melanda, namun mereka bersyukur karena api segera berhasil ditangani dan tidak merambah ke area lain di pasar.

Sejumlah pihak, termasuk kepolisian, Palang Merah Indonesia (PMI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan unsur kecamatan, turut datang untuk memeriksa kondisi kios yang terbakar. Pedagang lainnya juga melakukan pengecekan terhadap kios mereka masing-masing sebagai langkah pencegahan.

Source: https://rejabar.republika.co.id/berita/s28za3432/dua-kios-di-area-belakang-pasar-kosambi-kebakaran-diduga-dipicu-korsleting

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Barang Milik Pribadi
  5. Asuransi Usaha

 

Karyawan Minimarket Ditodong dan Diikat Oleh Pelaku Perampokan Hingga Menyebabkan Kerugian Puluhan Juta 

Pada Jumat, 6 Oktober 2023, sekitar pukul 22.00 WIB, sebuah tindak pidana pencurian dengan kekerasan mengguncang salah satu minimarket di Jalan Raya Bojonggenteng, Kampung Bojonggenteng RT 05/02, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, kronologi perampokan tersebut terjadi saat pegawai minimarket, Ridwan Hudin (26 tahun), bersama dengan saksi, Malik Robiulsani (25 tahun), hendak menutup toko. Tiba-tiba, dua individu dengan jaket dan helm mendekati mereka, mengancam dengan pisau, dan memaksa mereka untuk membuka brangkas tempat penyimpanan uang.

Maruly menjelaskan bahwa para pelaku melakukan pencurian dengan kekerasan dengan menodongkan pisau dan mengikat korban dengan lakban. Mereka berhasil mengambil uang tunai dari brangkas serta uang yang ada di laci kasir Alfamart. Selain itu, mereka juga merampas tiga unit handphone milik pelapor.

Kemudian, pelapor segera melaporkan insiden tersebut ke Mapolsek Bojonggenteng untuk penyelidikan lebih lanjut. Total kerugian akibat perampokan mencapai Rp 34.222.514,- yang merupakan milik PT. Sumber Alfaria Trijaya, dan tiga unit handphone milik pelapor.

Maruly menegaskan bahwa motif dari kejahatan ini adalah mencuri uang tunai dan handphone dengan alasan ekonomi. Pelaku dihadapkan pada ancaman hukuman sesuai dengan Pasal 365 KUHPidana yang mengatur tindak pidana pencurian dengan kekerasan.

Kapolsek Bojonggenteng, Iptu Sopyan, menyatakan bahwa penyelidikan masih berlangsung dan perkembangannya akan diinformasikan lebih lanjut.

Source: https://www.sukabumiupdate.com/sukabumi/128273/perampokan-minimarket-pegawai-diikat-ditodong-sajam-di-bojonggenteng-sukabumi 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Aset
  4. Asuransi Elektronik

 

Kecelakaan Truk Wisata 30 Penumpang Menuju Pantai Banyu Meneng, 2 Orang Tewas, Rencana Wisata Berujung Tragis

Pada Sabtu (7/10/2023) malam, sebuah truk bak terbuka yang membawa 30 penumpang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kelompok tersebut adalah anggota Karangtaruna Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, yang sedang dalam perjalanan wisata menuju Pantai Banyu Meneng.

Dampak tragis dari kecelakaan ini adalah dua dari 30 penumpang truk tersebut tewas di tempat. Mereka adalah Adi Cahyanto (35) dan Mokhamad Ali (44). Selain itu, anggota rombongan lainnya mengalami luka-luka mulai dari ringan hingga berat.

Samsul Huda, Kepala Dusun Sidodadi, Desa Wandanpuro, mengungkapkan bahwa rombongan tersebut berangkat untuk merayakan pembubaran panitia peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, yang sebelumnya diadakan di Desa Wandanpuro pada bulan September. Namun, ia tidak mengetahui bahwa mereka akan menggunakan truk sebagai alat transportasi, dan jika ia mengetahuinya, ia tidak akan memberi izin.

Samsul menegaskan bahwa ia sama sekali tidak terlibat dalam perencanaan atau persiapan perjalanan tersebut. Saat ini, sebagian korban telah pulih dan kembali ke rumah masing-masing, sementara yang lain masih menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Kepala Desa Wandanpuro, Madkhori, menjelaskan bahwa rombongan ini berencana untuk berangkat lebih dulu, sementara anggota Karangtaruna perempuan akan menyusul pada pagi hari berikutnya menggunakan bus sewaan. Namun, rencana tersebut akhirnya gagal akibat kecelakaan yang terjadi.

Source: https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/10/145717878/rombongan-karangtaruna-di-malang-yang-alami-kecelakaan-hendak-berlibur-ke 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Travel
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Kendaraan
  5. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Truk Menghantam Rumah: Kecelakaan Maut di Bantur Malang, Dugaan Rem Blong Merenggut Dua Nyawa

Sebuah insiden kecelakaan di Bantur, Kabupaten Malang, berakhir dengan dua orang tewas. Truk yang membawa 30 penumpang dari Bululawang, Malang, menabrak sebuah rumah di Desa Bantur, mengakibatkan dua orang meninggal dalam kecelakaan tragis tersebut.

AKP Agnis Juwita Manurung, Kasat Lantas Polres Malang, menyatakan bahwa penyebab kecelakaan di Bantur Malang diduga akibat rem truk yang tidak berfungsi dengan baik. Kejadian ini terjadi pada Sabtu (7/10) tengah malam.

Truk tersebut dikemudikan oleh Zainul Kirom, seorang warga Bululawang berusia 23 tahun, dan sedang dalam perjalanan dari arah utara ke selatan. Saat mencapai lokasi kejadian, rem truk disebut-sebut mengalami kerusakan, menyebabkan truk tak bisa dikendalikan dengan baik. Akibatnya, truk melintasi pagar rumah warga dan akhirnya terbalik.

Dalam kecelakaan ini, dua penumpang truk meninggal dunia secara instan, yaitu Adi Cahyanto (35 tahun) dan Mokhamad Ali (44 tahun), keduanya merupakan warga Bululawang, Kabupaten Malang. Keduanya mengalami luka serius pada kepala dan tewas di tempat kejadian.

Selain itu, 12 penumpang lainnya mengalami luka-luka dan sedang menjalani perawatan di berbagai rumah sakit, termasuk RSUD Kanjuruhan, RS Mitra Delima Bululawang, dan RS Wava Husada. Sisanya mengalami luka ringan dalam kecelakaan tersebut.

Source: https://radarmalang.jawapos.com/peristiwa/813054756/kecelakaan-di-bantur-malang-truk-tabrak-rumah-tewaskan-2-orang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Kesehatan 

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012