Asuransi Banjir

Tinjauan Aspek Asuransi Banjir Kalimantan Selatan 2021

Liga Asuransi – Banjir besar yang menerjang wilayah Kalimantan Selatan pada 12-13 Januari 2021 memantik perdebatan panjang.

Selain karena curah hujan ekstrem, tak sedikit pihak menuding penyebab banjir karena masifnya pembukaan lahan. Faktor inilah yang kemudian dianggap turut andil terciptanya banjir besar di Kalimantan..

Sebab, terlepas dari tingginya curah hujan tinggi, banjir juga terjadi karena adanya kontribusi dari dampak pembukaan lahan. Tak ayal, banjir kali ini pun lebih parah dibandingkan periode-periode sebelumnya.

Hingga minggu, Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat sebanyak 10 Kabupaten/Kota terdampak banjir Kalimantan Selatan,

Kabupaten/ kota tersebut antara lain Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Batola.

Perlu diketahui bahwa bencana alam dapat terjadi sewaktu-waktu, oleh karena itu perlu bagi kita untuk selalu berantisipasi agar

1 meter air banjir dapat menyebabkan kerugian lebih dari jutaan hingga miliaran rupiah kerusakan pada rumah Anda. Tetapi kebanyakan asuransi pemilik rumah dan penyewa tidak menanggung banjir. Hanya asuransi banjir yang membantu Anda melindungi rumah dan tabungan Anda.

Di sebagian besar wilayah Tanah Air, Tidak ada rumah yang benar-benar aman dari potensi banjir. Jika hanya satu inci air di rumah dapat menyebabkan kerusakan lebih dari $ 25.000, asuransi banjir dapat menjadi pembeda antara pemulihan dan kehancuran finansial.

Membeli asuransi banjir akan membantu melindungi hal-hal yang Anda hargai. Sebagian besar perusahaan asuransi menawarkan dua jenis perlindungan yang berupa coverage dari segi bangunan dan konten – untuk melindungi rumah dan harta benda Anda.

Saat menentukan coverage, penyebab banjir juga penting, Asuransi banjir menanggung kerugian yang langsung disebabkan oleh banjir. Sederhananya, banjir adalah kelebihan air di tanah yang biasanya kering, mempengaruhi dua hektar atau lebih tanah atau dua atau lebih properti.

Misalnya, kerusakan yang disebabkan oleh cadangan saluran pembuangan ditutup jika cadangan tersebut merupakan akibat langsung dari banjir. Jika cadangan saluran pembuangan tidak disebabkan langsung oleh banjir, kerusakan tidak ditanggung.

Apakah Anda tinggal di dalam atau di luar daerah berisiko tinggi banjir, jika Anda memiliki properti, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli asuransi banjir untuk perlindungan dan ketenangan pikiran.

Namun, banyak pemilik properti, terutama yang berada di daerah berisiko tinggi banjir, mungkin diharuskan memiliki asuransi banjir.

Umumnya, rumah dan bisnis di daerah berisiko tinggi banjir dengan hipotek yang didukung pemerintah diharuskan memiliki asuransi banjir.

Meskipun asuransi banjir tidak diwajibkan oleh pemerintah federal jika Anda tinggal di luar daerah berisiko tinggi, pemberi pinjaman Anda mungkin masih meminta Anda untuk memiliki asuransi.

Jika Anda tinggal di daerah berisiko tinggi banjir dan telah menerima bantuan bencana federal – termasuk hibah dari Federal Emergency Management Agency (FEMA) atau pinjaman bencana berbunga rendah dari US Small Business Administration (SBA) – Anda harus memelihara asuransi banjir di agar dipertimbangkan untuk bantuan bencana federal di masa depan.

Meskipun Anda tidak diharuskan untuk memilikinya, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli perlindungan asuransi banjir.

perlu diingat:bahwa asuransi pemilik rumah dan penyewa biasanya tidak mencakup kerusakan akibat banjirAsuransi banjir akan membayar klaim terlepas dari ada atau tidak Deklarasi Bencana Presiden.

Saat ini ada beberapa paket asuransi banjir yang ditawarkan, untuk mendapatkan jaminan yang terbaik dengan premi yang paling efisien jaminan maksimal dan jika terjadi klaim bisa membayarnya dengan cepat dengan jumlah maksimal anda membutuhkan perusahaan broker asuransi, mereka adalah para ahli asuransi yang memiliki izin resmi dari OJK dan sudah mendapatkan sertifikat keahlian dari badan Nasional Standarisasi Profesi.

Hubungi broker asuransi andalan Anda sekarang juga!

Baca Juga :   Musim Penghujan Mulai Tiba, Apa yang Harus Anda Persiapkan?
Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top