Golf

Ini dia Peralatan Golf (Golf Club) yang perlu Anda Ketahui

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar Anda di weekend ini? Kembali kami hadir dengan tulisan seputar olahraga golf. Olahraga yang banyak dimainkan oleh orang asuransi termasuk broker asuransi seperti saya ini.

Menyambung tulisan saya sebelumnya, dimana saat ini olahraga golf mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan terutama dari kalangan anak muda dan kaum wanita. Kali ini saya ini ingin membagikan pengetahuan dasar tentang golf.

Salah satu hal penting dari golf adalah stick golf, ada juga yang menyebutnya dengan Golf Club. Fungsi golf club ini seperti raket pada olahraga tenis, bola pada sepakbola dan basket. Tampa golf club orang tidak bisa bermain golf. Bahkan kunci terbesar untuk permainan golf adalah kualitas golf club. Semakin tinggi kemampuan seseorang semakin bagus kualitas golf club yang dimilikinya.

Investasi untuk satu set golf club juga lumayan besar. Saat ini untuk satu set golf club yang baru dengan kualitas sedang sekitar Rp. 15 juta. Tapi untuk kualitas yang lebih bagus bisa puluhan hingga ratusan juta.

Tapi untuk bisa mulai bermain Anda tidak harus membeli satu set golf club baru. Anda bisa mulai dengan menggunakan golf club milik ayah, kakak, paman, rekan Anda atau siapapun yang biasa Anda pinjam.

Anda bisa mulai berlatih di rumah atau di driving range atau lapangan khusus untuk belajar golf. Sebagai tahap awal Anda bisa belajar dari Youtube. Usahakan Anda belajar basic golf dengan benar ketika mulai agar Anda punya basic skill yang sempurna. Jika mungkin gunakan jasa pelatih golf. Jangan seperti saya dan kebanyakan pegolf lainnya, kami belajar dan berlatih seadanya saja kemudian sudah langsung terjun ke lapangan. Hasilnya, setelah main bertahun-tahun tingkat permainan masih begitu-gitu saja.

Jika Anda belajar dengan sempurna dengan pelatih sebelum terjun ke lapangan,  Anda punya kemungkinan untuk bermain jauh lebih bagus.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini saya jelaskan mengenai seluk-beluk tentang golf club dan jenis-jenis stick golf. Semoga bermanfaat.  Tulisan ini saya sarikan dari https://en.wikipedia.org/wiki/Golf_club , sumber-sumber lain dan pengalaman pribadi.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan bagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga tertarik seperti anda.

 

Apa itu Golf Club?

Golf Club  adalah stick yang digunakan untuk memukul bola golf dalam permainan golf. Setiap stick  terdiri dari shaft(shaft) dengan pegangan dan kepala stick  (club head). Woods biasanya digunakan untuk pukulan fairway atau tee jarak jauh.  Sementara stick jenis besi (irons)  adalah jenis stick yang paling serbaguna, digunakan untuk berbagai jarak dan jenis sasaran. Hibrida jenis stick yang menggabungkan elemen desain woods dan besi menjadi semakin popular.  Putter digunakan terutama di green untuk menghandatar bola ke dalam hole. Satu set stick  golf dibatasi oleh aturan golf hingga maksimum 14 stick  golf, dan meskipun ada kombinasi tradisional yang dijual secara eceran sebagai set yang cocok, pemain bebas untuk menggunakan kombinasi apapun dari stik resmi.

Perbedaan paling signifikan antara club dengan tipe yang sama adalah kemiringan (lambungan ) atau sudut antara muka club dan bidang vertikal. Kemiringan dan lambungan  yang merupakan penentu utama dari arah lintasan dan gerakan menaik bola golf, sudut kemiringan dengan busur ayunan kepala stick  saat tumbukan  antar club head denga bola menjadi pertimbangan sekunder dan relatif kecil (meskipun perubahan kecil dalam sudut ayun ini dapat memiliki pengaruh yang signifikan.

Untuk sudut pengayunan ketika menggunakan stick yang lebih rendah , ketika bola menyentuh bola, sedangkan alur (garis-garis) di wajah klub memberikan backspin bola. Kemudian  ditambah dengan kompresi dan backspin menciptakan daya angkat.

Mayoritas woods dan besi diberi label dengan nomor; angka yang lebih tinggi biasanya menunjukkan shaf yang lebih pendek dan lambungan  yang lebih tinggi, yang memberi bola lintasan yang lebih tinggi dan lebih pendek.

Berikut ini mari kita bahas dari masing-masing jenis Stick Golf

Woods

Woods adalah klub untuk pukulan jarak jauh, dimaksudkan untuk mengarahkan bola ke jarak yang sangat jauh di fairway menuju hole. Woods pada umumnya memiliki kepala besar dan shaft panjang untuk menghasilkan kecepatan stick  maksimum. Secara historis woods dibuat dari woods asli meskipun beberapa produsen — terutama Ping — mengembangkan woods berlaminasi. Pada tahun 1979, TaylorMade Golf memperkenalkan woods pertama yang terbuat dari bahan baja. Bahkan belakangan ini pabrikan sudah mulai menggunakan material seperti serat karbon, titanium, atau skandium. Meskipun sebagian besar ‘woods’ terbuat dari logam yang berbeda, tapi hingga saat mereka tetap disebut ‘woods’ untuk menunjukkan jenis stick dan tujuan penggunaannya di lapangan golf.

Woods

Sebagian besar woods yang dibuat saat ini memiliki shaft terbuat dari grafit dan sebagian besar kepalanya terbuat dari titanium berongga , komposit, atau kepala baja, dengan bobot yang relatif ringan sehingga memungkinkan kecepatan club-head yang lebih maksimal. Woods adalah stick  golf terpanjang dan paling kuat dari semua stick  golf. Biasanya ada tiga sampai empat woods dalam satu set yang digunakan dari tee box dan, jika berada di hole yang panjang, mungkin untuk pukulan kedua atau bahkan ketiga.

Woods terbesar, yang dikenal sebagai “driver”atau woods nomor 1, sering dibuat dari titanium berongga  dengan shaft yang seringan mungkin. Ukurang panjang woods telah bertambah dalam beberapa dekade terakhir, dan driver tipikal dengan shaft grafit kini memiliki panjang 45,5 inci (1.160 mm). Woods  mungkin juga memiliki kepala yang sangat besar, hingga 460 cm3 (28 cu in) volume (maksimum yang diizinkan oleh USGA dalam turnamen resmi ,driver dengan volume kepala klub yang lebih besar tersedia untuk kompetisi jarak jauh dan permainan informal) .

Irons

Irons adalah stick dengan kepala padat, terdiri dari logam yang memiliki muka miring datar, dan shaft yang lebih pendek serta sudut yang lebih tegak daripada woods, agar mudah diakses. Irons dirancang untuk berbagai jenis pukulan dari seluruh lapangan, mulai dari tee box pada hole pendek atau hole yang melengkung (dog leg), digunakan di fairway atau pendekatan (approach) pada green, hingga situasi lebih rumit seperti melewati pohon atau keluar kondisi berbahaya.

Baca Juga :   Ini Dia Trend Olahraga Golf di tahun 2021

Sebagian besar irons memiliki angka dari 1 hingga 9 (angka yang paling umum digunakan adalah dari 3 hingga 9), sesuai dengan sudut lambungan  dan posisinya yang relatifnya dalam set yang cocok. Irons biasanya dikelompokkan menurut jarak yang diinginkan (yang juga secara kasar sesuai dengan panjang shaftnya dan dengan demikian tingkat kesulitannya untuk memukul bola); Pada besi bernomor, terdapat besi panjang long iron (2-4), irons sedang (5-7), dan irons pendek (8–9), dengan sudut lambungan  yang semakin tinggi, shaft yang lebih pendek, dan kepala pemukul yang lebih berat.

Seperti halnya woods, ‘besi’ mendapatkan namanya karena aslinya terbuat dari besi tempa. Irons modern adalah paduan baja, yang memungkinkan desain ‘rongga belakang’ yang direkayasa lebih baik yang memiliki pusat massa lebih rendah dan momen inersia yang lebih tinggi, membuat stick  lebih mudah dipukulkan dan memberikan jarak yang lebih baik daripada besi tempa model lama. Desain belakang dari besi tempa dengan bobot perimeter yang lebih sedikit masih terlihat, terutama digunakan untuk pemain yang menargetkan handicap rendah, karena desain yang kaku (unforgiving) memungkinkan pegolf yang terampil dengan sengaja melakukan pukulan melengkung (‘fade’ atau ‘draw’), untuk mengikuti kontur fairway.

 

Wedge

Wedge adalah type irons dengan daya daya daya lambung lebih besar daripada besi bernomor (umumnya mulai dari lambungan 47 ° –48 °, di atas 9-irons 44 ° –45 °), dan fitur lain seperti club head bermassa tinggi dan lebar sol yang memungkinkan lebih mudah digunakan dalam tantangan yang rumit. Wedges digunakan untuk berbagai pukulan  jarak pendek, ketinggian yang tinggi, dan akurasi tinggi, seperti memukul bola ke lapangan hijau (pukulan  “pendekatan”), menempatkan bola secara akurat di fairway untuk pukulan  yang lebih baik green (pukulan “lay-up”), atau memukul bola keluar dari bahaya atau kasar (rough)  ke green (chipping). Ada lima jenis wedges, dengan daya lambungan  mulai dari 45 ° hingga 64 °: pitching wedge (PW, 48–50 °), gap wedge (GW, juga “approach”, “attack”, “utility”, atau “dual” irisan, biasanya 52–54 °), irisan pasir (SW, 55–56 °), irisan lob (LW, 58 ° –60 °), dan irisan ultra lob FW, 64 ° – 68 °).

Wedge

Hybrid

Hybrid adalah gabungan  antara woods dan besi, stick  ini menghasilkan jarak jauh dan peluncuran woods yang lebih tinggi, dengan ayunan besi yang sudah dikenal. Kepala klub hybrid memiliki permukaan yang terinspirasi dari woods, sedikit cembung, dan biasanya berlubang seperti woods dengan logam modern untuk menghasilkan impuls tinggi pada benturan dan kecepatan ayunan yang lebih cepat. Ukuran kepala biasanya lebih kecil dari woods asli, namun, tidak memanjang jauh ke belakang, dan panjang shaft mirip dengan besi yang memberikan mekanisme ayunan serupa. Klub-klub ini umumnya menggantikan iron bernomor rendah dalam set standar (antara 2 dan 5, paling sering 3-4), yang biasanya merupakan klub yang paling sulit untuk dipukul dengan baik. Dengan demikian mereka juga umumnya membuat woods dengan lambungan yang lebih tinggi menjadi mubazir. Namun, beberapa pabrikan memproduksi set “pengganti besi” yang menggunakan desain hybrid untuk menggantikan seluruh rangkaian iron tradisional, dari 3 hingga wedge pitching. Stick ini dirancang untuk pemain yang tidak terlalu berotot biasanya menampilkan kombinasi woods dengan lambungan yang tinggi (hingga woods 7) dan hybrid untuk menggantikan besi 5, 6, dan 7, yang memungkinkan pemain ini mencapai jarak yang lebih jauh dengan ayunan yang lebih lambat.

Hybrid

 

Putter

Putter adalah jenis  khusus klub dengan lambungan tidak melebihi sepuluh derajat, dirancang terutama untuk menggulirkan bola di sepanjang rumput (green), umumnya dari titik putting di green ke arah hole. Putter memiliki lambungan (seringkali 5 ° dari benar-benar tegak lurus saat tumbukan) yang membantu mengangkat bola dari lekukan yang dibuatnya. Putter yang lebih baru juga menyertakan lekukan pada bagian muka untuk mendorong guliran bola dan menghindari selip dari benturan. Ini meningkatkan jarak putaran dan mengurangi pantulan di atas rumput. Putter adalah satu-satunya jenis  klub yang diizinkan untuk memiliki fitur tertentu, seperti dua permukaan yang mencolok, penampang pegangan non-lingkaran, shaft atau selang bengkok, dan pelengkap yang dirancang terutama untuk membantu sesuai dengan kebutuhan pemain.

Putter

 

Chipper

Chipper stick yang dirancang yang terasa seperti putter tetapi dengan wajah yang lebih melayang, digunakan dengan gerakan untuk mengangkat bola dari rumput yang lebih tinggi, kasar dan pinggiran dan menjatuhkannya di atas green, yang kemudian akan menggelinding seperti putt. Klub ini menggantikan besi dengan lambungan tinggi untuk membuat pukulan yang sama, dan memungkinkan pemain untuk membuat pukulan dari posisi berdiri dan dengan gerakan yang hampir identik dengan putt, yang lebih sulit diangkat dengan besi karena perbedaan sudut.

Chipper

Kebanyakan chipper memiliki tingkat lambungan lebih dari 10 derajat, yang merupakan lambungan maksimum yang diizinkan oleh Peraturan Golf untuk sebuah stick  golf untuk digolongkan sebagai putter, jadi stick  golf ini sebenarnya digolongkan sebagai besi.

Semoga tulisan ini menambah pengetahuan Anda terutama bagi kaum muda dan wanita pemula. Dengan tingginya animo anak muda dan wanita untuk bermain golf seperti saat ini akan dapat mengangkat prestasi olahraga golf Indonesia di tingkat dunia. Saat ini banyak pegolf profesional yang berasal dari Asia, terutama Korea Selatan, Jepang, Thailand, India dan Filipina mereka telah melahirkan banyak pemain top dunia baik dari turnamen pria (PGA) dan turnamen wanita (LPGA).

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top