General Insurance

Loss Assessors vs Loss Adjusters: Apa Perbedaannya?

Liga Asuransi – Dunia asuransi dipenuhi dengan istilah yang dapat membingungkan, atau dalam beberapa kasus, benar-benar menyesatkan. Loss Assessors dan loss adjuster, misalnya,. Dalam beberapa kasus kita dihubungi oleh orang-orang yang merasa membutuhkan loss adjuster, padahal sebenarnya mereka membutuhkan loss assessors.

Sederhananya, penilai kerugian bekerja untuk perusahaan asuransi Anda dan kepentingan mereka, sementara penilai kerugian bekerja untuk pemegang polis dan semata-mata untuk keuntungan Anda. Lantas apa yang mereka kerjakan?

 

Loss Adjuster

Perusahaan asuransi umumnya enggan membayar pembayaran dalam jumlah besar kepada pemegang polis. Oleh karena itu, mereka mungkin akan memanggil loss adjuster untuk menyelidiki kasus Anda. Loss adjuster atau pengatur kerugian adalah spesialis klaim yang ditunjuk dan dibayar oleh perusahaan asuransi untuk menyelidiki klaim yang kompleks atau kontroversial atas nama mereka. Mereka bertanggung jawab untuk menentukan penyebab kerugian dan untuk menentukan apakah hal itu dilindungi oleh polis asuransi Anda. Oleh karena itu, mereka akan mengunjungi lokasi kerugian untuk mengumpulkan bukti dan menilai kerusakan. 

Dalam beberapa kasus, perusahaan asuransi Anda bahkan mungkin menyewa penyelidik swasta dan forensik untuk bekerja atas nama mereka. Penyelidik ini lebih sering daripada tidak sepenuhnya tidak diatur, dan mereka akan berusaha keras untuk mendiskreditkan klaim Anda. Mereka kemudian akan memberikan laporan kepada perusahaan asuransi, merekomendasikan pembayaran yang sesuai berdasarkan validitas klaim yang mereka rasakan. Pada dasarnya, mereka meninjau klaim Anda dari sudut pandang perusahaan asuransi. Karena mereka dibayar oleh perusahaan asuransi, pengatur kerugian mungkin secara aktif bekerja untuk mengamankan penyelesaian serendah mungkin. 

Mereka seolah-olah dipekerjakan untuk menemukan bukti yang dapat meniadakan klaim Anda. Oleh karena itu, penting untuk memiliki penilai kerugian yang berkualifikasi untuk berjuang melawan sudut Anda. Mereka tidak ditunjuk untuk memberi tahu Anda tentang cara terbaik bagi Anda untuk membuat klaim – mereka hanya melihat insiden dalam konteks pertanggungan polis Anda, dan pembayaran yang mereka miliki dengan perusahaan asuransi Anda. 

Mereka tidak akan membantu Anda jika Anda ingin menyengketakan tawaran penyelesaian – tanggung jawab ada pada Anda untuk membuktikan bahwa Anda berhak atas lebih dari tawaran yang direkomendasikan kepada firma asuransi Anda oleh penilai kerugian. Dalam beberapa kasus, mungkin terasa seolah-olah loss adjuster secara aktif bekerja untuk kepentingan terbaik Anda. Tetapi jika Anda menunjuk penilai kerugian, mereka akan melawan sudut Anda dan dengan ahli menegosiasikan klaim Anda atas nama Anda. 

Anda sebaiknya menunjuk mereka sedini mungkin dalam klaim. Jika Anda menunjuk loss assessor  setelah laporan loss adjuster dikirimkan, akan sangat sulit untuk menantang keputusan mereka.

Loss Assessor 

Baca Juga :   8 PERAN & FUNGSI BROKER ASURANSI DALAM PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI.

Berbeda dengan loss adjuster, loss assessor ditunjuk oleh pemegang polis untuk mengelola klaim atas nama mereka. Mereka dapat dipanggil untuk membantu segala macam klaim asuransi terkait kerugian. Mungkin bisnis atau properti Anda rusak karena kebakaran, banjir, badai, atau penurunan permukaan tanah. Atau mungkin pencurian telah merampok Anda dari hal-hal yang tak tergantikan. 

Penilai kerugian Harris Balcombe yang memenuhi syarat akan menangani setiap aspek proses klaim Anda. Mereka akan membantu dalam setiap tahap klaim Anda, mulai dari dokumen hingga aspek yang lebih praktis. Mereka akan bertemu dengan perwakilan perusahaan asuransi, atau penilai kerugian yang ditunjuk, untuk menegosiasikan penyelesaian klaim terbaik untuk Anda.

Mereka adalah negosiator dan ahli yang sangat baik dalam hal persyaratan dan ketentuan kebijakan. 

Mereka tahu bagaimana mengukur klaim dengan benar untuk memastikan bahwa Anda mengklaim dengan jumlah yang akurat dan realistis.

Mereka memiliki pemahaman menyeluruh tentang cara kerja departemen klaim perusahaan asuransi. 

Mereka berusaha keras untuk mendapatkan pembayaran sementara saat Anda membutuhkannya.

Mereka tidak pernah bekerja untuk perusahaan asuransi, dan mereka adalah satu-satunya pihak dalam seluruh proses klaim yang dapat dipercaya untuk bertindak sepenuhnya atas nama Anda.

 Loss assessor juga dapat dipanggil untuk membantu dalam kasus di mana perusahaan asuransi telah menolak klaim, atau di mana penyelesaian telah tertunda.

Banyak orang membuat kesalahan dengan hanya menunjuk penilai kerugian saat mereka membutuhkannya – artinya, saat terjadi kesalahan. Kenyataannya adalah sayangnya, banyak hal bisa dan sering salah selama proses klaim asuransi.

Untuk hasil terbaik, Anda harus meminta layanan loss assessor sedini mungkin – idealnya segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda memiliki klaim asuransi. 

Dengan menunjuk perusahaan loss assessor sedini mungkin, Anda tidak hanya akan meningkatkan peluang Anda untuk membuat klaim yang berhasil, Anda juga akan membebaskan diri Anda dari berurusan dengan perusahaan asuransi Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melanjutkan hidup Anda, dan dengan recovery secepat mungkin

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Broker Asuransi, a smart insurance broker.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top