Asuransi Properti

Seperti Apa Manajemen Risiko dan Asuransi yang terbaik Untuk Kampus Universitas?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Melanjutkan tulisan kami sebelumnya  “7 Resiko Yang Mengancam Pelajar dan Mahasiswa ketika berada di Kampus” yang sudah dimuat beberapa bulan lalu, sekarang kami ingin menyambung tulisan tersebut mengenai perlunya manajemen risiko dan jaminan asuransi yang baik untuk bangunan kampus.

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi kami tertarik untuk membahas hal ini kami menurut hemat kami belum semua kampus di Indonesia yang menerapkan manajemen resiko dan memaksimalkan jaminan asuransi sebagai sarana perlindungan yang penting.

Berdasarkan informasi dari dari internet bahwa pada tahun 2017, berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti), jumlah unit perguruan tinggi yang terdaftar mencapai 4.504 unit. Angka ini didominasi oleh perguruan tinggi swasta (PTS) yang mencapai 3.136 unit. Sedangkan perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi unit paling sedikit, yakni 122 unit. Sisanya adalah perguruan tinggi agama dan perguruan tinggi di bawah kementerian atau lembaga negara dengan sistem kedinasan.

Investasi pembangunan kampus sangat mahal, bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar. Belum lagi biaya pembangunan fasilitas tambahan dan biaya pemeliharaan. Oleh karena itu perlu dijaga dan dilindungi dari berbagai bencana dan risiko yang dapat mendatangkan kerugian.

Sedangkan jumlah mahasiswa di Indonesia pada 2019 yakni 7.3 juta. Jumlah tersebut naik 5,01 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah ini merupakan mahasiswa yang terdaftar di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta masing-masing2,9 juta dan 4,4 juta. (RA)

Untuk kita ketahui bersama bahwa kampus secara tradisional adalah  tempat perguruan tinggi atau universitas dan bangunan institusi terkait berada. Biasanya kampus perguruan tinggi mencakup perpustakaan, ruang kuliah, asrama, pusat siswa atau ruang makan, dan pengaturan seperti taman.

Kampus modern adalah kumpulan bangunan dan pekarangan milik institusi tertentu, baik akademik maupun non-akademik. 

Seperti Apa model kampus sekarang?

Universitas kini tidak hanya mengajarkan siswa keterampilan dan konsep penting untuk karir dan masa depan mereka, tetapi mereka juga mendukung siswa secara sosial dan emosional sepanjang perjalanan pendidikan mereka. Siswa saat ini menyukai kampus yang dirancang dengan cermat yang membuat mereka merasa seperti di rumah dan siswa merasa lebih terhubung dengan budaya universitas dan ingin datang ke kampus setiap hari. Di sinilah pentingnya desain arsitek kampus universitas yang efektif.

Satu perbedaan yang menonjol antara universitas dari institusi pendidikan tinggi lainnya seperti community college atau sekolah kejuruan adalah bahwa banyak mahasiswa, terutama mahasiswa tahun pertama, tinggal di kampus secara penuh waktu. Saat merencanakan desain kampus universitas moderen, arsitek harus memikirkan detail yang disukai  oleh mahasiswa yang tinggal di dalam.

Ada sebuah studi juga menemukan bahwa semakin jauh seorang siswa pindah dari keluarga mereka untuk bersekolah, semakin besar kemungkinan mereka putus sekolah dalam tahun pertama karena mereka tidak memiliki rasa kebersamaan. Oleh karena itu desain kampus universitas harus dapat mengatasi masalah penting ini, siswa tidak hanya merasa lebih bahagia di kampus, tetapi mereka juga dapat tampil lebih baik secara akademis.

Desain kampus universitas yang mengutamakan pada  masalah sosial juga dapat berdampak positif pada siswa yang tinggal di luar kampus atau tinggal di rumah dan bepergian ke kelas. Ketika banyak area bagi siswa untuk terhubung dengan rekan-rekan mereka atau bersantai di luar kelas, para siswa ini lebih cenderung tinggal di kampus sepanjang hari daripada pulang di antara kelas.

Untuk memenuhi kebutuhan siswa, kami berupaya membuat ruang berikut lebih hangat, ramah, dan lebih mendukung:

  • Ruang belajar
  • Ruang makan
  • Perpustakaan
  • Ruang terbuka
  • Ruang rekreasi
  • Asrama siswa

Berikut ini fasilitas kampus modern 

Ruang belajar

Di kampus universitas, ruang kelas dan ruang kuliah biasanya lebih besar daripada yang ada di sekolah menengah atau community college. Lulusan sekolah menengah atau mahasiswa pindahan perguruan tinggi yang tiba di kampus untuk pertama kalinya dapat dengan mudah merasa kewalahan. Ruang yang luas ini sering membuat siswa merasa terputus dari teman-temannya dan mungkin juga mengganggu siswa yang terbiasa dengan instruksi langsung satu-satu. 

Mobilitas 

Bagi mahasiswa yang tinggal di kampus, berkeliling menjadi mudah ketika arsitek merancang jalan setapak sebanyak mungkin. Arsitek juga dapat mendorong mahasiswa untuk berjalan-jalan di sekitar kampus dengan menempatkan hub sosial (misalnya ruang makan, pusat rekreasi, serikat mahasiswa) di sekitar kampus daripada membuat mereka berkerumun di satu area.

Ruang makan

Siswa membutuhkan beberapa pilihan makan. Arsitek mendukung hal ini dengan tidak hanya merancang beberapa ruang makan di seluruh kampus, tetapi juga dengan menggunakan desain model hidangan di masing-masing ruang tersebut. Ruang makan yang menyerupai pasar makanan multikultural yang besar. Namun, arsitek dan klien juga harus mempertimbangkan pilihan bersantap lain di luar ruang makan tradisional. Tidak semua siswa mampu membeli paket makan. Ketika Anda memiliki beberapa area tempat duduk santai, baik di luar maupun di dalam, serta kios makanan dan kafe kecil di sekitar kampus, Anda memberikan lebih banyak pilihan kepada para siswa ini.

Perpustakaan

Baca Juga :   Tinjauan Aspek Asuransi Kapal Ferry Dorothy yang Kandas di Sekitar Pulau Merak Besar

Perpustakaan bukan lagi sekadar ruang untuk menyimpan buku dan sumber daya pemikiran. Banyak juga yang menggabungkannya dengan program sumber daya akademik dan layanan mahasiswa, dan perpustakaan universitas modern mungkin lebih mirip kedai kopi atau ruang kerja bersama yang apik daripada perpustakaan tradisional. Perpustakaan universitas adalah one-stop-shop untuk kebutuhan setiap mahasiswa, termasuk:

  • Membeli buku dan perlengkapan
  • Memeriksa sumber daya perpustakaan
  • Menemukan tempat yang tenang untuk belajar atau tempat yang nyaman untuk membaca
  • Bertemu teman untuk makan dan minum
  • Meminta ruang konferensi pribadi untuk proyek kelompok
  • Ruang terbuka

Ruang serbaguna yang kasual sangat penting dalam desain kampus universitas modern. Ruang-ruang ini termasuk tempat duduk yang nyaman, permainan, atau fasilitas lainnya dan dapat bertindak yang mendorong siswa untuk tetap berada di kampus dan terhubung satu sama lain. Bangunan lain yang lebih khusus seperti gym, kolam renang, dan pusat olahraga menarik siswa yang menjalani gaya hidup aktif atau yang ingin menjadi lebih aktif. Untuk menarik lebih banyak siswa ke ruang ini, arsitek harus merancang area rekreasi ini menjadi lebih hangat, ramah, dan lebih mendukung.

Asrama siswa

Asrama mahasiswa merupakan komponen penting dari desain kampus universitas. Ruang-ruang ini perlu mendukung siswa dalam beberapa cara agar mengajak untuk dapat tidur nyenyak dengan mengatur akustik dan pencahayaan mencegah gangguan tidur sehingga siswa tetap sehat.

Mendorong terjadinya sosialisasi di lorong, kamar mandi umum, lobi, ruang tamu, ruang belajar, dan di luar ruangan sehingga siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi selama di rumah.

Meningkatkan hubungkan siswa dengan kehidupan kampus di ruang fleksibel yang kaya akan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara khusus asrama dan di seluruh kampus.

Untuk mengamankan seluruh fasilitas kampus yang sedemikian bagus dan mahal maka setiap bangunan dan sarana kampus perlu diasuransikan.

Manajemen Risiko Untuk Kampus 

Manajemen risiko di pendidikan tinggi dapat membantu perguruan tinggi dan universitas mereka menemukan cara untuk mengelola dan mengurangi potensi dampak terhadap aset institusi mereka. Aset perguruan tinggi dan universitas jauh melampaui fisik dan keuangan dan termasuk fakultas, staf dan mahasiswa, serta reputasi institusi. 

Manajer risiko pendidikan tinggi tetap waspada saat mereka menangani berbagai macam risiko yang selalu berubah, termasuk manajemen darurat, risiko reputasi, pertanggungan dan klaim asuransi, respon serangan seksual, keamanan dunia maya, bencana alam, perjalanan internasional, dan banyak lagi. lebih.

Mengelola risiko dalam pendidikan tinggi adalah inisiatif seluruh perusahaan yang mencakup setiap departemen dan individu; manajer risiko dapat melintasi silo kampus saat mereka memulai strategi mitigasi risiko yang dapat berdampak pada mahasiswa baru hingga presiden institusi.

Berikut ini risiko-risiko yang dapat terjadi atas kampus:

  1. Kebakaran, ledakan, petir, tertimpa benda-benda lain
  2. Gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami
  3. Banjir, tanah longsong, kerusakan karena air, angin badai dan topan
  4. Hura-hara, demonstrasi, pemogokan dan niat jahat orang lain 
  5. Pencurian dan pembongkaran 

Peran Broker Asuransi untuk Campus 

Untuk mengatasi semua resiko tersebut dapat dilakukan dengan mengasuransikan kampus tersebut dengan jenis jaminan asuransi Property All Risks Insurance. Jaminan lainnya adalah seperti yang kami tulis pada bagian sebelumnya ( silahkan klik link diatas). 

Tapi untuk mendapatkan jaminan yang terbaik memerlukan bantuan dari konsultan dan ahli asuransi, dalam hal ini perusahaan broker asuransi yang diakui dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang sudah mendapat pengakuan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Broker asuransi bertindak atas nama Anda dan mewakili Anda kepada perusahaan asuransi. 

Dengan adanya broker asuransi dapat menurunkan biaya premi asuransi lebih rendah, kok bisa? Karena broker asuransi tahu biaya premi yang wajar dan mampu bernegosiasi dengan beberapa perusahaan asuransi. 

Salah satu peran broker asuransi yang sangat penting adalah mereka membantu menyelesaikan klaim jika terjadi. Mengurus klaim asuransi tidak mudah, jika tidak ada bantuan teknis asuransi bisa-bisa klaim Asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi. Broker asuransi juga adalah Advokat klaim asuransi Anda.

Salah satu broker asuransi yang berpengalaman di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda hubungi L&G sekarang juga!

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Kenapa Broker Asuransi sering juga disebut sebagai Advocate asuransi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top