Industri Rumah Sakit

5 Jenis Asuransi Yang Paling Dibutuhkan oleh Rumah Sakit

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Jumpa lagi kita di forum berbagi informasi seputar manajemen risiko dan asuransi. Kali ini kami membahas mengenai masalah manajemen risiko dan asuransi untuk rumah sakit.

Sejak wabah COVID-19 merebak akhir tahun 2019, masalah kesehatan menjadi topik pembicaraan hangat saat ini. Rumah sakit adalah salah satu hal penting yang dibahas berkaitan dengan masalah kesehatan adalah rumah sakit karena perannya yang begitu penting di dalam pemulihan dan pemeliharaan kesehatan.

Indonesia memiliki total 2.831 rumah sakit pada tahun 2017 yang terdiri dari 2.267 rumah sakit umum dan 564 rumah sakit khusus. Belum lagi klinik dan fasilitas kesehatannya lainnya yang tersebar di seluruh nusantara.

Investasi dan pembiayaan yang dikeluarkan untuk pembangunan dan pemeliharaan rumah sakit sangat hal, mulai dari puluhan miliar hingga ratusan miliar rupiah persatu rumah sakit. Oleh karena itu perlu manajemen risiko dan jaminan asuransi yang memadai.

Sebagai broker asuransi dan konsultan manajemen resiko kami melihat banyak hal yang masih perlu dilakukan agar kualitas manajemen risiko dan asuransi dapat berjalan dengan baik. 

Kami berharap semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda, dan jika Anda tertarik silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa rumah sakit dan pusat-pusat perawatan kesehatan sangat membutuhkan jaminan asuransi karena mereka menangani begitu banyak pasien setiap hari. Baik pasien rawat inap beserta keluarganya, pasien rawat jalan, pengguna fasilitas laboratorium, supplier, karyawan serta tim dokter yang terlihat begitu sibuk. Oleh karena itu rumah sakit memerlukan jaminan  asuransi yang dapat menanggung risiko-resiko yang dapat terjadi untuk  memastikan ketika hal itu terjadi, kegiatan dan aset pribadi rumah sakit terlindungi.

Operasional dan Potensi Risiko Rumah Sakit

Untuk memberikan gambaran seperti apa risiko-resiko yang dapat terjadi di rumah sakit seperti terpeleset dan jatuh, terkontaminasi, pencurian data pribadi, dan kerusakan properti semuanya itu senantiasa membayangi dan potensi bahaya yang dihadapi oleh fasilitas rumah sakit setiap hari. Ada juga bahaya khusus lainnya yang hanya ada di industri perawatan kesehatan yang harus Anda pertimbangkan saat melakukan pembelian polis asuransi.

Klinik medis juga menyediakan layanan kesehatan rawat jalan. Awalnya dibentuk untuk memberikan layanan medis murah kepada orang miskin dan sekaligus untuk menyediakan fasilitas belajar bagi mahasiswa kedokteran, biasanya mendapat pelajaran di kantor dokter.

Banyak klinik juga menjadi pusat perawatan khusus yang menyediakan layanan di bidang kedokteran tertentu seperti pediatri atau terapi fisik. Klinik lain misalnya bagian dari Health Maintenance Organization (HMO) dan memberikan perawatan medis kepada peserta kelompok.

Sebuah klinik pada umumnya mempekerjakan dokter perawatan berpengalaman dan berlisensi yang menyaring pasien sesuai dengan gejala mereka, meresepkan obat untuk penyakit umum, dan merujuk pasien yang membutuhkan perhatian medis yang lebih terfokus ke spesialis.

Kebanyakan dokter yang bekerja di klinik merujuk pasien ke rumah sakit atau fasilitas medis lainnya untuk tes laboratorium, pembedahan, atau perawatan pasca operasi.

Rumah sakit menyediakan perawatan medis untuk pasien rawat jalan atau rawat inap. Fasilitas medis termasuk kamar pasien untuk perawatan dan perawatan di rumah, laboratorium pengujian medis, apotek, ruang operasi atau operasi, dan akses ke dokter dan perawatan setiap saat.

Sementara beberapa rumah sakit menyediakan semua jenis perawatan medis, termasuk bantuan medis darurat, yang lain membatasi layanan mereka pada spesialisasi seperti perawatan luka bakar, kardiologi, perawatan intensif, neurologi, kebidanan/ginekologi, onkologi, ortopedi, pediatri, psikiatri, radiologi, perawatan tulang belakang, atau penurunan berat badan.

Banyak rumah sakit memiliki kafetaria atau restoran, toko souvenir, dan ruang tunggu bagi pengunjung. Beberapa menawarkan layanan tambahan seperti konseling, kelas kesehatan, perpustakaan, layanan keagamaan, dan penginapan untuk tamu.

Jenis-jenis rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan 

  • Rumah sakit medis dan bedah umum
  • Fasilitas perawatan menengah
  • Rumah sakit khusus
  • Rumah sakit dan pusat rehabilitasi
  • Fasilitas perawatan jangka panjang
  • Fasilitas perawatan yang terampil, termasuk fasilitas hidup mandiri terkait associated
  • Fasilitas hidup yang dibantu
  • Layanan perawatan kesehatan di rumah
  • Fasilitas rawat jalan khusus
  • Kantor medis dan fasilitas diagnostik

Jenis Asuransi untuk Rumah Sakit 

Rumah sakit membutuhkan polis asuransi untuk melindungi dari kerugian bencana dan untuk mengurangi kerusakan dan kerugian yang timbul akibat dari insiden dan kecelakaan yang tidak terduga. Polis asuransi dapat memberikan jaminan yang terpisah-pisah, atau sebagai bagian dari polis asuransi yang lebih besar. 

Polis tunggal jauh lebih nyaman  karena memiliki biaya premi yang lebih rendah, dan memberikan jaminan dan perlindungan dan pembelaan yang seragam ketika rumah sakit mendapatkan gugatan hukum. Polis yang berdiri sendiri memberikan cakupan yang lebih luas dan manfaat tambahan tetapi memerlukan administrasi tambahan dan premi yang lebih tinggi.

Berikut ini jenis-jenis asuransi yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

  • Property All Risk Property Program 
  • Directors and Officers Liability Insurance
  • Errors and Omissions Insurance.
  • Equipment Breakdown Insurance.
  • Commercial General Liability.
  • Employee dishonesty
  • Faithful performance for district hospitals
  • Theft (inside and outside premises)
  • Forgery and alteration
  • Computer fraud, including wire transfers
  • Coverage for volunteers and board members​
  1. Property All Risk Property Insurance

Perlindungan asuransi atas bangunan gedung, mesin-mesin, peralatan dan semua isi dari rumah sakit secara keseluruhan dapat dijamin di dalam polis Property All Risk. 

Jaminannya tidak terbatas pada bangunan, mesin-mesin dan isi rumah sakit saja tapi dapat juga memberikan pertanggungan untuk semua properti dalam bentuk apapun yang dapat diasuransikan baik yang nyata maupun milik pribadi dari tertanggung. Pertanggungan juga mencakup harta milik orang lain dalam perawatan, penjagaan, atau kendali dari tertanggung di mana tertanggung bertanggung jawab atau berkewajiban untuk menjaga barang-barang tersebut.  

  1. Directors and Officers Liability Insurance

Directors and Officers Liability Insurance atau asuransi kewajiban direktur dan pejabat (D&O) melindungi direktur dan pejabat rumah sakit dari tuntutan hukum yang diarahkan terhadap rumah sakit. Direktur dan pejabat dapat dimintai pertanggungjawaban secara pribadi atas tindakannya sebagai pejabat perusahaan, dan aset pribadi mereka dapat dijadikan barang sitaan pada gugatan dalam bentuk apa pun yang diajukan oleh pihak yang dirugikan. Pertanggungan asuransi D&O memberikan penggantian kepada direktur dan pejabatnya untuk setiap kerugian yang diderita, mengganti biaya rumah sakit untuk ganti rugi atau menutupi kerugian rumah sakit.

  1. Errors and Omissions Insurance

Errors and omissions insurance (E&O), yang juga dikenal sebagai asuransi malpraktek atau asuransi kewajiban profesional, mencakup karyawan rumah sakit yang memberi nasihat, membuat rekomendasi atau membuat solusi untuk masalah. Asuransi E&O melindungi seorang karyawan ketika dia melakukan sesuatu yang tidak seharusnya (kesalahan) atau lalai melakukan sesuatu (kelalaian) yang seharusnya dia lakukan. Polis menyediakan uang untuk membela perusahaan dan karyawan terlepas dari validitas klaim.

  1. Equipment Breakdown Insurance

Equipment breakdown insurance (EBI) mencakup kerugian finansial yang berasal dari kerusakan secara tiba-tiba peralatan dan tidak terjamin di dalam asuransi Property All Risks. EBI membayar biaya untuk memperbaiki atau mengganti peralatan yang rusak, biaya untuk menyewa peralatan pengganti sementara dan biaya lain yang disebabkan oleh kerusakan peralatan. Biaya hukum yang dikeluarkan saat membela terhadap klaim yang menyebutkan kegagalan peralatan sebagai penyebab kerusakan juga ditanggung.

  1. Commercial General Liability

Commercial general liability (CGL) melindungi rumah sakit dari klaim yang terjadi ketika kecelakaan atau cedera terjadi di lokasinya rumah sakit. CGL menanggung biaya pengobatan, biaya pembelaan, termasuk penyelidikan dan penyelesaian, semua jaminan atau keputusan yang diperlukan saat mengajukan banding dan ganti rugi dan ganti rugi umum.

Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi yang lengkap, menyeluruh dan biaya yang efisien untuk asuransi rumah sakit adalah menggunakan jasa perusahaan broker asuransi

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang mengetahui luas jaminan asuransi dengan baik. Mereka mampu merancang jaminan khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka mempunyai akses ke perusahaan-perusahaan asuransi yang terbaik sehingga secara finansial perusahaan asuransi tersebut mampu membayar klaim jika terjadi.

Salah perusahaan broker asuransi nasional yang pengelamaan adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

Mencari Produk Asuransi? Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

Baca Juga :   Apa Saja Asuransi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)?

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Kenapa Broker Asuransi sering juga disebut sebagai Advocate asuransi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top