Risk Management

Pentingnya Perlindungan Asuransi Berkualitas Tinggi Untuk Bisnis Taiwan Di Indonesia

Liga Asuransi – Teman-teman para pengambil risiko, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin terus membahas manajemen risiko dan asuransi, dan kali ini, saya ingin menguraikan risiko yang dihadapi dan kebutuhan asuransi bisnis Taiwan di Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda sehingga mereka dapat memahami seperti Anda.

Pentingnya bisnis Taiwan di Indonesia sangat besar dan beragam. Perusahaan-perusahaan Taiwan telah memainkan peran penting dalam lanskap ekonomi Indonesia.

Bisnis Taiwan telah melakukan investasi yang signifikan di berbagai sektor ekonomi Indonesia, termasuk manufaktur, elektronik, tekstil, dan barang-barang konsumen. Investasi ini telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara dan menghasilkan kesempatan kerja bagi penduduk setempat.

Perusahaan Taiwan sering membawa teknologi canggih, proses manufaktur, dan keahlian manajemen ke Indonesia. Transfer teknologi ini meningkatkan daya saing dan kemampuan tenaga kerja Indonesia dan industri lokal.

Taiwan adalah mitra dagang utama bagi Indonesia. Perusahaan Taiwan yang berbasis di Indonesia sering terlibat dalam kegiatan impor dan ekspor, memfasilitasi perdagangan internasional dan memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara.

Banyak bisnis Taiwan di Indonesia adalah bagian dari rantai pasokan global. Kehadiran mereka di negara ini berkontribusi pada integrasi Indonesia ke dalam jaringan produksi internasional, meningkatkan peran negara dalam perekonomian dunia. Kehadiran bisnis Taiwan telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan meningkatkan investasi asing langsung (FDI), diversifikasi lanskap industri, dan mendorong inovasi dan daya saing.

Operasi Indonesia adalah basis strategis bagi perusahaan Taiwan untuk mengakses pasar Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang lebih luas. Posisi strategis ini sejalan dengan status Indonesia sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Singkatnya, bisnis Taiwan di Indonesia berkontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, transfer teknologi, dan perdagangan global. Kehadiran mereka memperkuat hubungan ekonomi antara Taiwan dan Indonesia sambil mendorong peran Indonesia sebagai pemain kunci di pasar Asia Tenggara dan global.

 

PENTINGNYA PERLINDUNGAN ASURANSI BERKUALITAS UNTUK PERUSAHAAN TAIWAN 

Perlindungan asuransi yang kuat sangat penting bagi bisnis Taiwan yang beroperasi di Indonesia karena tantangan dan risiko unik yang terkait dengan melakukan bisnis di pasar luar negeri. Berikut adalah pratinjau mengapa cakupan tersebut sangat penting:

Mitigasi Risiko: 

Indonesia menghadirkan berbagai risiko bagi bisnis asing, termasuk ketidakstabilan politik, bencana alam, fluktuasi ekonomi, dan perubahan peraturan. Cakupan asuransi yang kuat adalah jaring pengaman, membantu bisnis Taiwan mengurangi dan mengelola risiko ini secara efektif.

Kelangsungan Bisnis: 

Asuransi menjamin kelangsungan usaha dengan memberikan dukungan finansial dalam menghadapi kejadian tak terduga. Hal ini memungkinkan perusahaan Taiwan untuk pulih dengan cepat dari kemunduran, meminimalkan downtime dan hilangnya pendapatan.

Perlindungan Aset: 

Asuransi properti melindungi aset fisik seperti pabrik, kantor, dan inventaris terhadap kerusakan atau kerugian akibat kebakaran, pencurian, atau bencana alam. Perlindungan ini sangat penting untuk bisnis yang banyak berinvestasi dalam infrastruktur dan peralatan.

Perlindungan Kewajiban: 

Asuransi pertanggungjawaban melindungi bisnis Taiwan dari dampak hukum dan keuangan jika terjadi kecelakaan, cedera, atau kerusakan yang disebabkan oleh pihak ketiga. Dalam dunia litigasi, liputan ini sangat diperlukan.

Mitigasi Risiko Politik: 

Beroperasi di negara asing membawa risiko politik. Asuransi risiko politik dapat melindungi terhadap isu-isu seperti pengambilalihan, kekerasan politik, atau perubahan dalam kebijakan pemerintah yang mungkin mempengaruhi operasi.

Keamanan Rantai Pasokan: 

Bisnis Taiwan sering mengandalkan rantai pasokan global yang kompleks. Asuransi dapat memberikan perlindungan untuk gangguan dalam rantai pasokan, memastikan aliran barang dan material yang berkelanjutan.

Solusi yang Disesuaikan: 

Polis asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan risiko spesifik masing-masing bisnis Taiwan di Indonesia. Kustomisasi ini memastikan bahwa perusahaan menerima cakupan yang selaras dengan keadaan unik mereka.

Ketenangan Pikiran: 

Perlindungan asuransi komprehensif memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik bisnis dan investor Taiwan, mengetahui investasi dan operasi mereka dilindungi bahkan dalam keadaan yang menantang.

Peningkatan Reputasi: 

Perlindungan asuransi yang kuat dapat meningkatkan reputasi bisnis Taiwan di Indonesia. Ini menandakan tanggung jawab dan komitmen kepada pemangku kepentingan lokal.

Kepatuhan Hukum dan Peraturan:

 Asuransi sering menjadi persyaratan hukum untuk bisnis yang beroperasi di Indonesia. Gagal memenuhi persyaratan ini dapat mengakibatkan denda dan komplikasi hukum.

 

MEMAHAMI LINGKUNGAN BISNIS INDONESIA 

Lingkungan bisnis Indonesia beragam dan dinamis, menawarkan peluang dan tantangan bagi bisnis. Berikut adalah ikhtisar aspek-aspek kunci dari lingkungan bisnis Indonesia:

Pertumbuhan Ekonomi: 

Indonesia adalah salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara dan dunia. Populasi mudanya yang besar dan kelas menengah yang tumbuh menciptakan pasar konsumen yang kuat. PDB negara ini telah berkembang secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh konsumsi domestik, pembangunan infrastruktur, dan ekspor sumber daya alam.

Lingkungan bisnis Indonesia menawarkan potensi besar untuk pertumbuhan dan investasi. Namun, ini juga menantang kompleksitas peraturan, infrastruktur, dan keragaman budaya. Keberhasilan di Indonesia seringkali membutuhkan pemahaman mendalam tentang dinamika lokal, komitmen terhadap kepatuhan, dan beradaptasi dengan perubahan kondisi.

Kelimpahan Sumber Daya: 

Indonesia kaya akan sumber daya alam, termasuk minyak, gas alam, batu bara, minyak sawit, karet, dan mineral. Ini secara historis menjadi pendorong ekonomi yang signifikan dan telah menarik investasi asing, khususnya di sektor energi dan pertambangan.

Peluang Investasi: 

Pemerintah Indonesia telah secara aktif mempromosikan investasi asing melalui berbagai kebijakan dan inisiatif. Ini menawarkan insentif untuk menarik modal asing, mengurangi rintangan birokrasi, dan merampingkan proses investasi.

Pembangunan Infrastruktur: 

Pembangunan infrastruktur merupakan prioritas utama bagi Indonesia. Investasi besar sedang dilakukan dalam infrastruktur transportasi, energi, dan telekomunikasi. Ini menghadirkan peluang bagi bisnis yang terlibat dalam konstruksi, logistik, dan industri terkait.

Stabilitas Politik: 

Indonesia memiliki lingkungan politik yang stabil, setelah beralih ke demokrasi pada akhir 1990-an. Sementara stabilitas politik umumnya dipertahankan, bisnis harus menyadari protes sesekali dan kerusuhan sosial.

Lingkungan Regulasi: 

Lanskap peraturan di Indonesia bisa rumit dan dapat berubah. Menavigasi melalui izin, lisensi, dan persyaratan kepatuhan dapat menjadi tantangan, tetapi bisnis harus beroperasi dalam kerangka hukum.

Angkatan kerja: 

Indonesia memiliki tenaga kerja yang besar dan relatif murah, sehingga menarik bagi industri padat karya seperti manufaktur dan tekstil. Namun, bisnis harus menyadari undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan.

Keragaman Budaya: 

Indonesia adalah negara yang beragam dengan berbagai kelompok etnis, bahasa, dan budaya. Memahami dan menghormati keragaman ini sangat penting bagi bisnis untuk membangun hubungan dan beroperasi dengan sukses.

Tantangan Logistik: 

Meskipun pembangunan infrastruktur sedang berlangsung, tantangan logistik seperti jaringan transportasi yang tidak memadai dan pelabuhan yang padat dapat mempengaruhi efisiensi rantai pasokan.

Masalah Lingkungan dan Keberlanjutan: 

Masalah lingkungan, termasuk deforestasi, polusi, dan perubahan iklim, menjadi semakin penting. Praktik bisnis yang berkelanjutan dan kepatuhan terhadap peraturan lingkungan semakin penting.

Persaingan Pasar: 

Pasar Indonesia sangat kompetitif, dengan perusahaan lokal dan internasional bersaing untuk pangsa pasar. Memahami preferensi konsumen dan dinamika pasar sangat penting untuk kesuksesan.

Fluktuasi Mata Uang: 

Rupiah Indonesia (IDR) dapat mengalami fluktuasi. Bisnis harus mengelola risiko mata uang secara efektif, terutama jika mereka memiliki komitmen keuangan dalam mata uang asing.

 

INDUSTRI DAN SEKTOR UTAMA DI MANA BISNIS TAIWAN MENONJOL 

Bisnis Taiwan memiliki kehadiran penting di berbagai industri dan sektor utama baik di pasar domestik maupun internasional. Di Indonesia, sebagai bagian dari strategi ekspansi global mereka, perusahaan-perusahaan Taiwan telah berkelana ke beberapa sektor di mana mereka telah memberikan kontribusi yang signifikan. Berikut adalah beberapa industri dan sektor utama di mana bisnis Taiwan menonjol:

Elektronik dan Teknologi: 

Taiwan dikenal sebagai pusat global untuk manufaktur elektronik dan inovasi teknologi. Perusahaan elektronik Taiwan, termasuk pemain besar seperti Foxconn, telah mendirikan fasilitas manufaktur di Indonesia, berkontribusi pada sektor elektronik dan teknologi negara tersebut. Sektor ini meliputi produksi smartphone, elektronik konsumen, dan komponen.

Manufaktur: 

Pabrikan Taiwan terlibat dalam berbagai industri, termasuk tekstil, bahan kimia, plastik, dan mesin. Mereka sering mendirikan fasilitas produksi di Indonesia untuk mengeksploitasi tenaga kerja terampil dan lokasi strategis di Asia Tenggara.

Tekstil dan Garmen: 

Taiwan memiliki kehadiran industri tekstil dan garmen yang kuat. Perusahaan tekstil Taiwan telah berinvestasi di sektor tekstil dan pakaian jadi Indonesia, mendapat manfaat dari bahan baku dan tenaga kerja terampil yang melimpah di negara itu.

Energi terbarukan: 

Perusahaan energi terbarukan Taiwan telah aktif di Indonesia ketika dunia bergeser ke arah solusi energi berkelanjutan. Mereka berpartisipasi dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan tenaga surya, energi angin, dan inisiatif energi bersih lainnya.

Pertanian dan Pengolahan Makanan: 

Perusahaan agribisnis Taiwan telah berinvestasi di sektor pertanian dan pengolahan makanan di Indonesia. Ini termasuk memproduksi dan mengolah minyak sawit, peralatan pertanian, dan distribusi makanan.

Bahan kimia dan petrokimia: 

Perusahaan kimia Taiwan telah hadir di Indonesia, berkontribusi pada industri petrokimia dan kimia. Sektor ini melibatkan produksi bahan kimia, plastik, dan produk karet.

Komponen Otomotif: 

Manufaktur otomotif Indonesia bergantung pada pasokan komponen dan suku cadang. Perusahaan Taiwan memasok komponen seperti elektronik, wiring harness, dan mesin presisi ke industri otomotif.

Barang Ritel dan Konsumen: 

Beberapa perusahaan ritel dan barang konsumen Taiwan telah berekspansi ke pasar konsumen Indonesia yang kompetitif. Ini termasuk rantai ritel, merek elektronik konsumen, dan produsen barang-barang rumah tangga.

Jasa Keuangan: 

Lembaga keuangan Taiwan juga telah menunjukkan minat di pasar Indonesia, berpartisipasi dalam perbankan, asuransi, dan layanan keuangan lainnya untuk mendukung bisnis dan individu.

Infrastruktur dan Konstruksi: 

Perusahaan konstruksi dan teknik Taiwan sering berpartisipasi dalam proyek pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur transportasi dan energi.

Teknologi Informasi: 

Perusahaan IT Taiwan terlibat dalam pengembangan perangkat lunak, manufaktur perangkat keras, dan layanan TI. Mereka berkontribusi pada ekosistem teknologi di Indonesia.

Logistik dan Transportasi: 

Perusahaan logistik dan pelayaran Taiwan membantu memfasilitasi pergerakan barang masuk dan keluar Indonesia, mengingat letak negara yang strategis sebagai negara kepulauan.

Medis dan Kesehatan: 

Perusahaan perawatan kesehatan Taiwan, termasuk produsen perangkat medis, perusahaan farmasi, dan perusahaan bioteknologi, memiliki kehadiran yang muncul di sektor kesehatan Indonesia.

 

CONTOH NYATA TENTANG BAGAIMANA PERLINDUNGAN ASURANSI MENYELAMATKAN BISNIS 

Berikut adalah dua contoh nyata tentang bagaimana perlindungan asuransi telah menyelamatkan bisnis yang menghadapi situasi serupa dengan bisnis Taiwan yang beroperasi di Indonesia:

  1. Asuransi Risiko Politik di Venezuela:

Pada awal 2000-an, sebuah perusahaan multinasional di Venezuela menghadapi ketidakstabilan politik dan perubahan kebijakan yang signifikan. Perubahan ini termasuk kontrol mata uang, nasionalisasi industri, dan tindakan pemerintah yang tidak dapat diprediksi.

Korporasi telah dengan bijak membeli asuransi risiko politik. Ketika situasi meningkat, dan pemerintah Venezuela menyita asetnya, perusahaan beralih ke perusahaan asuransinya. Perusahaan asuransi memberi kompensasi kepada korporasi atas kerugian yang terjadi karena pengambilalihan, memungkinkan bisnis untuk pulih secara finansial dan melanjutkan operasi globalnya. Tanpa asuransi risiko politik, dampak finansial dari kekacauan politik ini akan menjadi parah dan berpotensi bencana.

  1. Liputan Bencana Alam di Jepang:

Sebuah perusahaan manufaktur elektronik Taiwan dengan anak perusahaan di Jepang menghadapi bencana alam yang parah: Gempa Besar Jepang Timur dan Tsunami pada tahun 2011. Bencana ini menyebabkan kerusakan parah pada fasilitas anak perusahaan dan mengganggu rantai pasokannya.

Untungnya, perusahaan memiliki asuransi properti komprehensif yang mencakup kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami. Pembayaran asuransi membantu anak perusahaan membangun kembali fasilitasnya, mengganti mesin yang rusak, dan menutupi kerugian gangguan bisnis. Berkat perlindungan asuransi, perusahaan dapat melanjutkan produksi dengan relatif cepat dan meminimalkan dampak keuangan dari bencana.

Contoh-contoh kehidupan nyata ini menggambarkan pentingnya perlindungan asuransi untuk melindungi bisnis dari berbagai risiko, termasuk ketidakstabilan politik dan bencana alam. Asuransi dapat berfungsi sebagai jalur kehidupan finansial, memastikan kelangsungan bisnis dan mencegah kerugian finansial yang menghancurkan ketika peristiwa tak terduga terjadi. Untuk bisnis Taiwan yang beroperasi di Indonesia, di mana risiko politik dan lingkungan hadir, kasus-kasus ini menunjukkan nilai manajemen risiko proaktif melalui asuransi.

 

JENIS POLIS ASURANSI YANG RELEVAN UNTUK BISNIS TAIWAN DI INDONESIA 

Bisnis Taiwan yang beroperasi di Indonesia harus mempertimbangkan berbagai polis asuransi untuk melindungi diri secara memadai dari risiko spesifik yang mungkin mereka hadapi di pasar. Berikut adalah berbagai jenis polis asuransi yang relevan untuk bisnis Taiwan di Indonesia:

  1. Property Insurance:
  • Fire and Allied Perils Insurance (Property All Risks): 

Melindungi aset fisik seperti bangunan, mesin, peralatan, dan inventaris dari kerusakan atau kerugian akibat kebakaran, bencana alam, dan bahaya lainnya.

  • Business Interruption Insurance: 

Menjamin kerugian pendapatan dan biaya tambahan yang timbul selama downtime yang disebabkan oleh kerusakan properti yang diasuransikan.

  1. Liability Insurance:
  • Public Liability Insurance: 

Melindungi dari klaim pihak ketiga atas cedera tubuh atau kerusakan properti yang disebabkan oleh operasi atau produk bisnis.

  • Product Liability Insurance: 

Secara khusus, ini mencakup tanggung jawab yang timbul dari produk yang cacat.

  • Professional Liability Insurance: 

Juga dikenal sebagai asuransi kesalahan dan kelalaian, ini mencakup klaim kelalaian profesional atau kesalahan dalam layanan yang diberikan.

  1. Political Risk Insurance:

Asuransi Risiko Politik: Perisai terhadap risiko yang timbul dari peristiwa politik, termasuk pengambilalihan pemerintah, ketidaksesuaian mata uang, kekerasan politik, dan frustrasi kontrak karena tindakan pemerintah.

  1. Marine and Cargo Insurance:

Mencakup kehilangan atau kerusakan barang selama transportasi, yang sangat penting bagi bisnis yang terlibat dalam kegiatan impor dan ekspor.

Melindungi kapal, kapal, atau perahu yang dimiliki atau dioperasikan oleh bisnis.

  1. Workers’ Compensation Insurance:

Workers’ Compensation Insurance: Memberikan perlindungan untuk cedera atau penyakit terkait pekerjaan, memastikan bahwa karyawan menerima perawatan medis dan kompensasi atas upah yang hilang.

  1. Environmental Liability Insurance:

Environmental Liability Insurance: Mencakup biaya yang terkait dengan pembersihan lingkungan dan kerusakan yang disebabkan oleh operasi bisnis, terutama yang relevan untuk industri dengan risiko lingkungan.

  1. Directors and Officers (D&O) Insurance:

D&O Insurance: Melindungi aset pribadi direktur dan pejabat perusahaan jika mereka secara pribadi dituntut atas dugaan tindakan salah atau salah urus.

  1. Cyber Insurance:

Cyber Insurance: Melindungi dari kerugian akibat serangan siber, pelanggaran data, dan kewajiban terkait siber, yang signifikan di era digital.

  1. Health Insurance:

Asuransi Kesehatan: Dapat ditawarkan kepada karyawan untuk menutupi biaya pengobatan, meningkatkan kesejahteraan dan retensi mereka.

  1. Auto Insurance:

Asuransi Mobil Komersial: Mencakup kendaraan milik bisnis, melindungi terhadap kecelakaan, pencurian, dan kerusakan.

  1. Employee Benefits Insurance:

Employee Benefits Insurance: Menyediakan asuransi jiwa, asuransi cacat, dan rencana pensiun.

  1. Surety Bonds:

Surety Bonds: Ini mungkin diperlukan untuk kontrak atau proyek tertentu untuk menjamin kinerja atau kewajiban pembayaran.

Bisnis Taiwan di Indonesia harus bekerja sama dengan pialang dan penasihat asuransi berpengalaman untuk menilai risiko spesifik mereka dan mengembangkan portofolio asuransi khusus yang memenuhi kebutuhan dan eksposur unik mereka. Pendekatan ini memastikan bahwa bisnis memiliki cakupan yang komprehensif untuk melindungi operasi, aset, dan karyawan mereka di pasar Indonesia.

 

MENGAPA BISNIS TAIWAN DI INDONESIA MEMBUTUHKAN JASA BROKER ASURANSI LOKAL?

Bisnis Taiwan yang beroperasi di Indonesia dapat memperoleh manfaat dari layanan broker asuransi lokal karena beberapa alasan penting:

Keahlian Pasar Lokal: 

Broker asuransi lokal memahami pasar asuransi Indonesia secara intim, termasuk lingkungan peraturan, penyedia asuransi lokal, dan dinamika pasar. Pengetahuan ini sangat berharga untuk membantu bisnis Taiwan menavigasi seluk-beluk lanskap asuransi Indonesia.

Kemahiran Bahasa dan Budaya: 

Broker lokal fasih berbahasa lokal dan berpengalaman dalam nuansa budaya Indonesia. Kemahiran linguistik dan budaya ini memfasilitasi komunikasi yang efektif dengan penyedia asuransi, pihak berwenang, dan pemangku kepentingan lainnya, mengurangi risiko kesalahpahaman atau salah tafsir.

Jaringan Penanggung Lokal: 

Broker lokal biasanya telah menjalin hubungan dengan jaringan luas perusahaan asuransi lokal. Jaringan ini memungkinkan mereka untuk mengakses polis asuransi dan opsi pertanggungan yang dirancang khusus untuk mengatasi risiko unik yang dihadapi bisnis di Indonesia.

Customized Solutions: 

Local insurance brokers can provide tailored insurance solutions that align with Taiwanese businesses’ specific risks and needs in Indonesia. They are better equipped to understand the local business environment and recommend comprehensive protection policies.

Kepatuhan terhadap Peraturan: 

Broker asuransi lokal berpengalaman dalam peraturan asuransi Indonesia dan persyaratan kepatuhan. Mereka dapat memastikan bahwa bisnis Taiwan memenuhi semua kewajiban hukum yang terkait dengan pertanggungan asuransi, membantu menghindari potensi masalah hukum atau denda.

Kemitraan Lokal: Broker lokal sering memiliki hubungan dengan firma hukum lokal, lembaga pemerintah, dan entitas terkait lainnya. Koneksi ini dapat bermanfaat dalam mempercepat pemrosesan klaim, menyelesaikan perselisihan, dan menangani masalah peraturan.

Bantuan Klaim: 

Jika terjadi klaim, broker asuransi lokal dapat memberikan dukungan di lapangan. Mereka dapat bekerja sama dengan perusahaan asuransi lokal dan memfasilitasi proses klaim, membantu bisnis mengamankan penyelesaian yang tepat waktu dan adil.

Wawasan Pasar: 

Broker asuransi lokal tetap diperbarui pada tren pasar lokal, risiko yang muncul, dan perubahan regulasi yang dapat berdampak pada bisnis. Mereka dapat memberikan wawasan berharga tentang persyaratan asuransi dan profil risiko yang berkembang.

Kemudahan Komunikasi: 

Hadir secara fisik di Indonesia, broker asuransi lokal menawarkan aksesibilitas yang lebih mudah dan tanggapan yang cepat terhadap pertanyaan atau masalah. Kedekatan ini bisa sangat penting dalam situasi mendesak atau ketika bantuan segera diperlukan.

Manajemen Krisis: 

Broker asuransi lokal dilengkapi dengan baik untuk memberikan dukungan manajemen krisis dalam krisis, seperti bencana alam atau ketidakstabilan politik. Mereka dapat membantu bisnis menilai situasi, mengoordinasikan upaya tanggap darurat, dan mengelola klaim asuransi secara efektif.

Hubungan Jangka Panjang: 

Broker lokal sering fokus pada membangun hubungan jangka panjang dengan klien mereka. Komitmen terhadap dukungan berkelanjutan ini memastikan bahwa strategi asuransi dapat disesuaikan dengan perkembangan bisnis dan menghadapi tantangan baru di Indonesia.

Singkatnya, broker asuransi lokal di Indonesia menawarkan pemahaman mendalam kepada bisnis Taiwan tentang lanskap asuransi lokal, persyaratan peraturan, dan faktor risiko. Keahlian dan koneksi mereka dapat secara signifikan meningkatkan manajemen risiko dan perlindungan asuransi untuk bisnis yang beroperasi di pasar Indonesia.

Salah satu broker asuransi lokal terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk kebutuhan asuransi bisnis Anda di Indonesia, hubungi L&G Insurance Broker sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!