InsurTech

Pentingnya Mengelola CRM Perusahaan Asuransi Anda di Era Digitalisasi

Liga Asuransi – Saat ini, terdapat banyak tantangan yang tengah dihadapi industri asuransi global. bahkan dengan munculnya perusahaan teknologi asuransi, pertama, tingkat adopsi teknologi secara keseluruhan dari masing-masing perusahaan dan agensi rendah. Kedua, asuransi masih dipandang sebagai ‘komoditas’ yang  memiliki keterikatan minimal dengan nasabah. Ketiga, persaingan yang meningkat tidak hanya dari pemain asuransi lain, tetapi juga dari platform agregator polis asuransi yang tampaknya mengambil sebagian besar pelanggan perusahaan mandiri.

Dalam melihat skenario bisnis seperti ini,, sangat penting bagi Anda, sebagai penjual asuransi, untuk berevolusi dari cara tradisional menjual menjadi menempatkan pelanggan sebagai inti bisnis Anda, dan terlibat dengan mereka melalui saluran yang paling relevan. ke mereka. Pikirkan email, kampanye penjualan, media sosial, dan komunitas. Spesialis CRM bisa jadi jawaban yang and cari. Beberapa tips penting yang kami rangkum dari freshworks.com.

  1. Buat percakapan yang sesuai dan relevan
  2. Lacak keterlibatan pelanggan secara efektif
  3. Prioritaskan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik
  4. Pastikan perputaran cepat dan follow-up tepat waktu

Dengan keterlibatan pelanggan dan loyalitas pelanggan menjadi proposisi nilai utama untuk bisnis Anda saat ini, sangat penting untuk mengelola tugas harian Anda dengan cara yang memungkinkan Anda, sebagai perusahaan asuransi, untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis Anda, dan lebih sedikit pada dokumen dan tugas biasa.

Perangkat lunak CRM dapat  bertindak sebagai platform yang efektif untuk mengotomatiskan sebagian besar pekerjaan Anda, memungkinkan Anda memiliki cukup waktu untuk lebih fokus dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Platform CRM dapat  mengatur semua prospek Anda, mempertahankan riwayat setiap pelanggan dan aktivitas sebelumnya pada satu platform, mengotomatiskan alur kerja, melacak peluang, menyediakan fitur kampanye yang disesuaikan untuk menjual produk lebih banyak lagi. Berikut beberapa hal penting yang perlu anda pelajari dalam menggunakan platform CRM

Lacak keterlibatan pelanggan secara efektif

Sebagai penjual asuransi, setiap hari Anda cenderung berurusan dengan lebih dari segelintir pelanggan yang telah mendaftar untuk polis yang berbeda; kehidupan, kesehatan, otomotif, atau lainnya. Dan, Anda tidak hanya ditugaskan untuk menjawab pertanyaan pelanggan berdasarkan kebijakan yang telah mereka daftarkan, tetapi Anda juga diharapkan untuk melacak kebijakan mana yang akan diperbarui, pelanggan mana yang meminta klaim, kemajuan apa klaim yang dibuat, persetujuan dan dokumentasi apa yang diperlukan untuk memproses klaim dan sebagainya.

Biasanya, dalam skenario seperti itu, Anda dibiarkan mencari melalui beberapa email dan percakapan untuk melihat keterlibatan seperti apa yang telah terjadi dengan masing-masing pelanggan Anda sejauh ini, yang bisa memakan waktu.

Baca Juga :   Seberapa Besar Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Efisiensi Industri Asuransi?

Prioritaskan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik

Saat ini, dalam industri keuangan non-bank seperti asuransi, saat Anda menghadapi persaingan ketat, berfokus pada pelanggan yang benar-benar tertarik dengan bisnis Anda dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak kesepakatan dan membuat Anda menonjol di pasar.

 

Beberapa perangkat lunak CRM dapat menawarkan semua ini dan lebih banyak lagi untuk membantu Anda mengukir ceruk di antara pemain lain. Penilaian prospek, misalnya, dapat mengkategorikan prospek Anda sebagai panas, hangat atau dingin, tergantung pada tingkat keterlibatan mereka dengan bisnis Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk fokus pada prospek yang lebih cenderung menutup kesepakatan.

Dalam hal ini , software CRM asuransi juga memiliki kemampuan unik untuk melacak semua kesepakatan Anda melalui saluran penjualan visual, transaksi Anda dapat dikelola di satu lokasi pusat sesuai dengan proses penjualan Anda, tampilan panel tunggal dari semua transaksi dan tahapan transaksi Anda tidak hanya membantu Anda menghasilkan perkiraan pendapatan dan melacak kemajuan yang dibuat dengan setiap pelanggan Anda dengan lebih baik, tetapi juga membantu Anda menentukan di mana harus memfokuskan upaya Anda dengan lebih baik.

Bahkan, Anda juga dapat membuat laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan untuk menentukan dampak dari proses penjualan Anda, dan mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan bisnis Anda. Laporan penjualan dapat membantu Anda menganalisis transaksi dengan memberi Anda wawasan tentang transaksi yang menang dan kalah, hambatan dalam transaksi yang sedang berlangsung, potensi nilai transaksi, dan banyak lagi.

Dengan tindakan ini maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar manusia memiliki kendala dalam hidupnya masing-masing

Bangun hubungan jangka panjang

Membeli asuransi bukanlah kesepakatan satu kali. Dari mendidik prospek tentang perlunya polis asuransi untuk terus terlibat dengan pelanggan Anda saat ini tentang pembaruan polis, konsistensi dalam komunikasi adalah kunci untuk membangun basis pelanggan yang aktif dan setia. Tentunya ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak referensi.

Menurut Survei Pelanggan Global EY, 86% pelanggan merasa mereka tidak terlalu puas dengan komunikasi dari penyedia asuransi mereka. Selain itu, laporan Deloitte mengungkapkan bahwa 60% konsumen tidak mendapatkan nilai yang tinggi dari agen asuransinya.

Untuk menerapkan strategi CRM yang tepat bagi perusahaan anda. rencanakan tugas Anda, bangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda dan jadilah yang terdepan dalam persaingan. Rencanakan pendekatan  komunikasi yang ditargetkan, dan lacak keterlibatan pelanggan Anda.

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Broker Asuransi a Smart Insurance Broker

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top