Asuransi Perjalanan

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Liga Asuransi – Traveling menjadi kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang khususnya para mahasiswa, mereka dengan fasih akan mengabadikan setiap momen perjalanan, melalui media social, memposting cerita di blog pribadi atau membuat vlog (Video Blog)seperti yang sedang trend saat ini. 

Akhir-akhir ini, tidak sedikit orang yang mulai memanfaatkan waktu luangnya untuk Traveling. Mereka mulai berpikir bagaimana mengumpulkan uang dan merencanakan sebuah perjalanan. Meskipun masih dibayang-bayangi kekhawatiran akan wabah COVID-19, sebagai bagian dari gaya hidup, travelling tidak dapat dipisahkan oleh sebagian orang. 

Namun, sewaktu-waktu ada kalanya kita mengalami kejadian yang tak diinginkan selama perjalanan. Perjalanan yang seharusnya indah dan penuh dengan kenangan, bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda. Oleh karena itu, di minggu ini kami tertarik untuk membagikan beberapa hal penting mengenai jenis asuransi ini untuk Anda. 

 

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Kita semua pernah mendengar tentang penerbangan yang dibatalkan dan bagasi yang hilang, tetapi kebanyakan dari kita tidak secara otomatis berpikir “apakah kita memiliki asuransi dan apakah kita dilindungi?” Asuransi perjalanan membantu melindungi Anda dari kejadian tak terduga tertentu yang dapat terjadi sebelum atau selama perjalanan Anda.

Tidak seperti asuransi mobil, asuransi perjalanan bersifat elektif, yang artinya terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda menginginkannya. Pada akhirnya, ini dimaksudkan untuk membantu Anda bepergian dengan lebih tenang sehingga Anda tidak perlu khawatir dan fokus untuk melakukan perjalanan yang menyenangkan.

Apa yang dicakup oleh asuransi perjalanan?

Pertanggungan yang diketahui kebanyakan orang adalah pembatalan perjalanan, yang memberikan penggantian untuk biaya perjalanan prabayar yang tidak terpakai dan tidak dapat dikembalikan jika Anda perlu membatalkan perjalanan karena alasan yang ditanggung, seperti sakit, kehilangan pekerjaan, pembatalan penerbangan karena cuaca buruk dan lainnya. Demikian pula, dengan pertanggungan untuk gangguan perjalanan, Anda dapat mengganti biaya perjalanan jika Anda tidak dapat melanjutkan perjalanan karena acara tertutup, dan rencana kami memberikan penggantian biaya transportasi tambahan untuk pulang atau bergabung kembali dengan grup Anda. Dilansir dari generalitravelinsurance.com, Berikut beberapa hal yang tercakup dalam travel insurance:

  • Pembatalan Perjalanan (Disertakan dengan paket Standar, Pilihan, dan Premium)

Jika Anda harus membatalkan Perjalanan Anda, sering kali ada penalti pembatalan yang terkait dengan pengaturan yang telah Anda buat dan Anda mungkin hanya mendapatkan sebagian dari Biaya Perjalanan Anda — atau tidak sama sekali. Pengaturan tersebut dapat mencakup tiket pesawat, penginapan, kapal pesiar, tur, tiket acara, dan banyak lagi. Hukuman pembatalan tersebut cenderung semakin parah seiring dengan semakin dekatnya tanggal keberangkatan.

Pembatalan Perjalanan adalah pertanggungan yang disertakan dengan rencana Anda yang dirancang untuk membuat Anda “utuh” lagi dengan mengganti Anda hingga 100% dari biaya perjalanan yang diasuransikan seperti yang ditunjukkan dalam Jadwal Manfaat untuk biaya perjalanan yang tidak terpakai, tidak dapat dikembalikan, dan dibayar di muka jika Anda dilarang melakukan perjalanan karena alasan yang tertutup.

  • Gangguan Perjalanan

Cakupan Gangguan Perjalanan mirip dengan Pembatalan Perjalanan karena dirancang untuk membantu Anda mengganti biaya perjalanan yang tidak dapat dikembalikan. Meskipun Pembatalan Perjalanan dapat membantu jika Anda harus membatalkan Perjalanan Anda sama sekali, Gangguan Perjalanan dapat membantu jika Anda masih melakukan perjalanan tetapi tidak dapat menggunakan semua pengaturan prabayar Anda.

Perlindungan Gangguan Perjalanan berlaku segera setelah Anda berangkat dalam perjalanan Anda. Ini dapat mengganti Anda hingga jumlah yang ditunjukkan dalam Daftar Manfaat untuk pengaturan tanah dan air yang tidak digunakan, tidak dapat dikembalikan, dan dibayar di muka. Gangguan Perjalanan juga dapat mengganti biaya transportasi sendiri untuk membuat Anda kembali ke perjalanan sesuai rencana, atau mengantar Anda kembali ke rumah jika Anda harus mengakhiri perjalanan lebih awal.

Bepergian rentan terhadap penundaan dan terkadang penundaan itu bisa menjadi mahal karena pelancong harus membayar sendiri pembelian yang tidak direncanakan dari kantong. Jika Anda tertunda selama Perjalanan, Travel Delay dapat mengganti Anda hingga jumlah yang tercantum dalam Jadwal Manfaat untuk makanan yang wajar, panggilan telepon, biaya parkir tambahan, biaya kandang hewan peliharaan, transportasi lokal, dan bahkan penginapan selama penundaan Anda.

  • Bagasi

Bagasi dan barang pribadi Anda sangat berharga, jadi masuk akal untuk mendapatkan perlindungan atas Bagasi Anda saat bepergian, terutama jika Anda akan jauh dari rumah untuk sementara waktu. Perlindungan bagasi adalah hal sekunder dari asuransi pemilik rumah atau penyewa Anda.

  • Penundaan Peralatan Olah Raga

Jika Anda tiba di tujuan perjalanan ski Anda tanpa ski atau tujuan tamasya golf Anda tanpa klub golf Anda, Penundaan Peralatan Olahraga dapat membantu.

  • Koneksi yang Terlewat

 

Jika Anda dalam pelayaran, rencana perjalanan yang kaku dapat membuat perjalanan kapal pesiar dan tur sangat berisiko, terutama jika Anda terbang ke pelabuhan atau kota keberangkatan Anda.

  • Medis

Alasan penting lainnya mengapa wisatawan membeli asuransi untuk perjalanan mereka adalah untuk mendapatkan perlindungan medis dan gigi jika mereka bepergian ke luar negeri atau keluar dari jaringan penyedia asuransi kesehatan utama mereka.

Jika Anda secara tidak sengaja jatuh sakit atau terluka dalam Perjalanan Anda, operator asuransi primer atau sekunder Anda mungkin tidak dapat menanggung semua pengeluaran Anda. Bahkan jika asuransi kesehatan Anda dapat menutupi sebagian besar biaya Anda, Anda mungkin bertanggung jawab atas deductible atau copays.

  • Bantuan Darurat dan Transportasi

Sebagian besar wisatawan tidak berpikir untuk dievakuasi secara medis selama Perjalanan mereka. Perlindungan untuk skenario semacam itu dapat bermanfaat saat berlayar, bepergian ke tujuan yang jauh, atau sekadar meningkatkan ketenangan pikiran Anda saat jauh dari rumah. Beberapa negara dan pemasok perjalanan bahkan mungkin mengharuskan Anda untuk memiliki perlindungan medis darurat dalam jumlah minimum untuk menerbitkan visa atau mengizinkan Anda naik pesawat.

Jika Anda sakit parah atau terluka selama perjalanan dan tidak ada perawatan lokal yang sesuai tersedia, paket Generali Anda memberikan pertanggungan untuk evakuasi medis darurat ke rumah sakit terdekat yang menyediakan perlengkapan untuk merawat Anda

  • Kematian dan Dismemberment karena Kecelakaan– Kecelakaan Penerbangan dan Kecelakaan Perjalanan

Meski jarang, kecelakaan terjadi. Jika Anda mengalami kecelakaan selama Perjalanan dan kehilangan nyawa, anggota tubuh, atau penglihatan, pertanggungan ini memberikan pembayaran. Perhatikan bahwa perlindungan ini tidak tersedia untuk kerugian karena sakit atau layanan di angkatan bersenjata negara mana pun.

  • Kerusakan Sewa Mobil

Perlindungan Kerusakan Sewa Mobil memberikan perlindungan jika mobil sewaan Anda rusak akibat tabrakan, pencurian, vandalisme, bencana alam, atau penyebab lain di luar kendali Anda.

Pertanggungan diberikan baik untuk biaya perbaikan dan biaya sewa yang dibebankan oleh perusahaan persewaan saat kendaraan sedang diperbaiki atau Nilai Tunai Aktual dari mobil tersebut, mana saja yang lebih kecil.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk  Membeli Asuransi Perjalanan?

Seperti halnya semua hal dalam hidup, waktu adalah segalanya, terutama ketika harus memutuskan kapan harus membeli asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan dirancang untuk melindungi Anda dari kejadian tak terduga, yang berarti asuransi perjalanan dimaksudkan untuk dibeli sebelum suatu peristiwa terjadi. Misalnya, Anda tidak ingin membeli asuransi perjalanan setelah Anda memutuskan untuk membatalkan perjalanan, karena alasan yang sama bahwa Anda tidak dapat membeli asuransi mobil untuk menutupi kecelakaan yang telah terjadi.

Sebaiknya beli paket Anda saat memesan perjalanan sehingga Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pertanggungan yang berlaku sebelum keberangkatan. Misalnya, jika kaki Anda patah dan perlu menunda pendakian di Pegunungan Alpen, Anda dapat dilindungi.

 

Seberapa Penting Asuransi Perjalanan Bagi Anda?

Ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah asuransi perjalanan tepat untuk Anda: biaya, tujuan, dan siapa yang bepergian.

Jika Anda tidak mampu kehilangan jumlah yang telah Anda investasikan dalam perjalanan Anda, Anda mungkin harus mempertimbangkan asuransi perjalanan. Jika Anda bepergian jauh, mungkin keliling dunia, atau ke daerah terpencil di mana rumah sakit terdekat sangat jauh, maka rencana perlindungan perjalanan dapat membantu menyelamatkan hari. Tidak mungkin untuk mengetahui apa yang mungkin terjadi pada Anda atau rekan perjalanan yang dapat mengganggu rencana perjalanan Anda, terutama jika pelancong termasuk anak-anak atau orang tua, yang mungkin lebih rentan, asuransi perjalanan dapat membantu Anda beristirahat lebih mudah sebelum dan selama perjalanan Anda.

Untuk mengetahui asuransi yang tepat bagi Anda lebih lanjut, hubungi broker asuransi andalan sekarang juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top