Ulas Berita

7 Berita Kecelakaan Fatal Pilihan Minggu ke-4 November 2020

top Accident

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, memasuki minggu terakhir di bulan November ini kembali kami bagikan 7 berita kecelakaan fatal pilihan. Mulai dari pusat perbelanjaan populer di Jakarta Selatan, hingga kecelakaan maut yang tewaskan 5 orang di Sumatera Utara.

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik dalam berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

Mengacu pada keputusan gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk memperpanjang masa PSBB transisi, kami ingatkan agar anda tetap menjaga kesehatan dengan memakai masker, menjaga kebersihan, dan taati protokol kesehatan.

 

  1. Kecelakaan Maut Tewaskan 5 Orang di Simalungun Libatkan 12 Kendaraan

Kamis, 19 Nov 2020 19:04 WIB

Simalungun – Kecelakaan beruntun maut menewaskan lima orang terjadi di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Ada 12 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan umum Km 4-5 Pematangsiantar-Perdagangan, Nagari Dolok Marlawan, Simalungun, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (19/11/2020).

Kecelakaan ini berawal ketika ada satu unit truk mengalami rem blong. Truk tersebut kemudian menabrak lima unit sepeda motor dan enam unit mobil yang ada di lokasi.

“Korban meninggal dunia sebanyak lima orang, dua di TKP dan tiga dalam perawatan di RS dan lima orang luka ringan,” kata Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Jodi Indrawan.

Truk yang mengalami rem blong itu dikemudikan oleh Suratman (57). Truk datang dari arah Pematangsiantar menuju Perdagangan.

Dia menyebut truk melaju dengan kecepatan tinggi. Akibat rem blong, truk menghantam 11 kendaraan yang ada di depannya.

Sopir sempat melarikan diri setelah peristiwa tersebut terjadi. Suratman kemudian ditangkap dan diperiksa polisi.

“Yang bersangkutan telah berhasil ditangkap oleh Tim Buser Satlantas Polres Simalungun,” ucapnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi marine cargo
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Lain-lain

 

2.     Rombongan Pengajian Kecelakaan di Tol

Radarjember.id, Selasa, 24 November 2020 | 15.10 WIB

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Nasib nahas menimpa rombongan pengajian warga Desa Selok Gondang, Kecamatan Sukodono. Rombongan tersebut diketahui mengalami kecelakaan di jalan tol arah Surabaya menuju Kertosono yang berlokasi di Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. Dari delapan belas penumpang, satu orang langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Putu Angga membenarkan adanya kejadian tersebut. Kecelakaan terjadi pada pukul 13.15 WIB, kemarin. Kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah mobil Izusu Elf dengan nomor polisi M 7026 YJ. “Dalam kejadian kecelakaan tersebut, menurut informasi awal, ban dari mobil tersebut mengalami pecah,” ucapnya.

Kronologis kejadiannya, semula kendaraan tersebut berjalan di jalur cepat dari arah timur. Karena mengalami pecah ban roda belakang sebelah kanan, sopir tidak menguasai kendaraan dan lepas kendali. Kendaraan oleng ke kiri dan menabrak pembatas jalan. “Dari 18 penumpang, seorang meninggal dunia. Seorang luka berat, 6 orang lainnya luka ringan,” ucapnya.

Korban yang meninggal tersebut atas nama Hudar Mawani Nadiatus Sholikha, 21, warga Desa Selok Gondang, Kecamatan Sukodono. Dalam proses evakuasi, korban yang mengalami luka langsung mendapat perawatan medis. Sedangkan dari pihak keluarga yang masih ada di Lumajang masih dilakukan koordinasi.

Kapolsek Sukodono Sutiyo mengatakan, semua penumpang yang mengalami kecelakaan tersebut adalah warga Lumajang. Pagi kemarin pemberangkatan menuju Kediri. Namun sayang, ketika di dalam tol kendaraan mengalami kecelakaan. “Informasi dari pemerintah desa setempat rombongan itu bukan rombongan pengantin, tapi rombongan pengajian yang akan menuju Kediri. Semua korban masih ada hubungan keluarga,” pungkasnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Lain-lain

 

3.     Kecelakaan di Maros, Mobil Masuk Jurang Sedalam Lima Meter

iNews.id, Senin, 23 November 2020 – 13:35 WIB

MAROS – Sebuah mobil merek Toyota Avanza terjun ke jurang sedalam lima terter di jalan poros Maros-Bone di Kecamatan Mallawa, Maros, Senin, (23/11/2020).

Kecelakaan terhadap mobil yang berpenumpang 12 orang ini, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun lima orang penumpang mengalami luka-luka.

Kelima korban yang luka-luka yakni, Muh Yusuf (17), Ahmad (15), Fajar (26), Wahyudi (16), dan Alya (15). Para korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Mallawa untuk mendapat pertolongan pertama.

Kanit Laka Pores Maros, Iptu Arsyad mengatakan, kronologi kecelakan berawal saat mobil Toyota Avanza melintas dari arah Maros menuju Kabupaten Bone membawa 12 orang penumpang. Saat mobil melintasi Poros Maros-Bone, yaitu di Lingkungan Topoing, Kelurahan Sabila, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, mobil yang dikemudikan sopir bernama Yusuf itu hilang kendali.

“Mobil bergerak dari arah Maros menuju ke arah Bone. Setibanya di jalan yang menurun dan menikung ke kiri, pengemudi mobil hilang kendali kemudian bergerak lurus dan jatuh ke sebelah kanan jalan,” kata Arsyad.

Arsyad mengatakan, kecelakan itu mengakibatkan pengemudi dan penumpang mobil mengalami luka-luka. Sementara mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi DW 1324 CF mengalami ringsek di bodi bagian atas samping kanan.

“Sementara penumpangnya mengalami luka-luka,” ujarnya.

Pascakecelakaan, polisi yang mendapat informasi langsung ke tempat kejadian perkara (TKP). Petugas piket Laka melakukan langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi-saksi dan korban.

“Pengemudi tidak dilengkapi dengan SIM A asli,” ujar Arsyad.

 

4.     Kebakaran di Lotte Mart Kuningan karena Korsleting Listrik

Republika.co.id, Jumat 20 Nov 2020 18:17 WIB

JAKARTA — Kebakaran yang melanda Mal Lotte Mart di Jalan Prof Dr Satrio, Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat (20/11) siang sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran di lantai 5 gedung pusat perbelanjaan itu terjadi karena korsleting listrik.

Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Moch Arief, mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran itu pukul 14.53 WIB. Adapun pemadaman rampung dilakukan pukul 16.46 WIB.

“Kami mengerahkan 7 unit mobil pemadam dan 38 personel ke lokasi,” kata Arief dalam keterangannya, Jumat (20/11).

Arief menjelaskan, kebakaran terjadi karena korsleting listrik yang berujung dengan terbakarnya kabel di ruang panel lantai 5. Mengetahui api muncul, pihak pengelola langsung berupaya memadamkan api dan juga mengabarkan pihak Damkar.

Api pun berhasil dipadamkan dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) “Pihak pengelola gedung bersama tim pemadam memadamkan api di ruangan panel itu dengan menggunakan APAR,” kata dia.

Akibat kejadian itu, area seluas enam meter persegi hangus. Adapun total kerugian belum diketahui. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran Indonesia
  • Asuransi property
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

5.     Studio Foto Kebakaran di Kebon Jeruk, 11 Armada Damkar Dikerahkan

Metro.tempo.co, Rabu, 25 November 2020 06:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah studio foto dilanda kebakaran di di Jalan Kemanggisan Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Rabu dinihari, 25 November 2020.

Kebakaran studio foto itu dilaporkan akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta.

Baca Juga :   7 Berita Kecelakaan Pilihan Minggu ke 2 September 2020

“Sebanyak 11 armada pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan api. Selain itu terdapat juga petugas PLN, PMI, AGD, Dishub, Satpol PP, PSKB/Tagana, polsek, koramil yang membantu menangani kebakaran itu,” demikian cuitan BPBD DKI, Rabu dinihari.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 03.13. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun belum diketahui jumlah kerugian dan penyebab kebakaran di Kebon Jeruk itu.

BPBD DKI Jakarta juga menyampaikan ada kebakaran lain di lokasi berbeda di DKI Jakarta pada Rabu dinihari tadi.

Kebakaran lain itu terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 57 di Jalan Taman Margasatwa Raya Nomor 38B, Jati Padang, Jakarta Selatan. Sebanyak enam armada damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Selain itu, terdapat petugas PLN, PMI, AGD, Dishub, Satpol PP, PSKB/Tagana, polsek, koramil membantu proses pemadaman.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran Indonesia
  • Asuransi property
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

  1. PPNS Disnaker Kepri Terjun Ke Anambas Usut Tuntas Kecelakaan Kerja

Batampos.co.id, Kamis, 19 November 2020 – 18:33 WIB

Batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menerjunkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) ke Kabupaten Kepulauan Anambas terkait kecelakaaan kerja pembangunan proyek Jembatan Selayang Pandang (SP II).

“Penyelidikan kasus itu, berdasarkan laporan dari Solidaritas Rakyat Anambas (SRA) yang tergabung dari mahasiswa Anambas di Kepri, serta arahan dari Polda Kepri terkait kecelakaan kerja, ” kata Aldy Admiral, PPNS Disnaker Provinsi Kepri, saat dikonfirmasi batampos.co.id, Kamis (19/11/2020).

Kata dia, sebelum kedatangannya di Kabupaten Kepulauan Anambas, pihaknya telah melakukan koordinasi bersamaJembgata pihak Polres Kepulauan Anambas, Disnaker, serta pemilik proyek tesebut.

Lanjut, kata dia, upaya tindakan pertama yang dilakukan oleh pihaknya yaitu melaksanakan pemeriksaan tempat kejadian, serta pemeriksaan dokumen data perusahaan pihak terkait, dan nantinya akan disampaikan kepada pimpinan untuk tindaklanjuti.

“Kami mengambil keterangan kepada pihak terkait, seperti pihak manajemen, karena ini menyangkut K3 (Kesehatan dan Kecelakaan Kerja) yang harus kita pastikan betul-betul. Kemudian hak dari korban kecelakaan kerja ini terpenuhi atau tidak, serta memastikan kepada perusahaan jangan ada sampai kejadian serupa kecelakaan kerja di tempat tersebut,” jelasnya.

Dijelaskannya proyek pembangunan Jembatan Selayang Pandang di daerah ini merupakan proyek yang berisiko tingkat tinggi dan wajib mengikuti aturan K3 berdasarkan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Asep Bambang Kurniawan, selaku PPTK Dinas PUPR Anambas, menyampaikan pihaknya sangat terbuka dan kooperatif dengan kedatangan PPNS Disnaker Provinsi Kepri.

“Dokumen apa saja nanti diminta akan kami serahkan, ini manjadi pelajaran dan catatan kami untuk pekerjaan selanjutnya khususnya terkait K3-nya kita perbaiki lagi, karena jujur untuk di PU sendiri masih banyak kekurangan dan menjadi pengatahuan baru khususnya,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Solidaritas Rakyat Anambas yang tergabung dari mahasiswa Anambas di Kepri, Wan Rendra Virgiawan berharap agar PPNS Disnaker Kepri yang turun untuk meninjau dan melakukan pemeriksaan K3 pekerjaan pembangunan Proyek SP II sesuai dengan koridor aturan dan transparansi terhadap kemungkinan adanya pelanggaran perusahaan tersebut.

“Kami juga berharap hal ini menjadi atensi publik dan segala lapisan elemen masyarakat supaya kejadian seperti ini tidak menjadi preseden buruk kedepannya untuk keberlangsungan perusahaan yg akan mengerjakan atau beraktivitas di Anambas agar tidak mengabaikan K3 sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata dia.

“Dan kita juga meminta perusahaan yang bersangkutan legowo serta kooperatif saat dilakukan pemeriksaan oleh PPNS Disnaker Kepri. Dan jika terdapat kesalahan, perusahaan itu memperbaiki kesalahan tersebut dan memenuhi hak-hak para pekerja.

Lanjut dia lagi mengutrakan pihaknya akan terus mengawal dan memobilisasi masyarakat jika terdapat hal-hal saat pemeriksaan yang tidak sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

Seperti diketahui sebelumya, La Ode Arif Rahman, 18, seorang pekerja proyek pembangunan Jembatan Selayang Pandang di daerah ini, mengalami kecelakaan kerja saat hendak memasang pipa falling beton. Dengan kejadian itu ia kehilangan jari kelingking tangannya sebelah kanan.

La Ode Arif Rahman mengatakan saat dia sedang memasang garpu besi dan pipa failing beton, jari kelingking tangan kanannya terjepit pada 3 Agustus 2020 yang lalu.

Lanjut dia mengutarakan PT Ganesha Bangun Riau Sarana sebagai kontraktor pemenang tender belum memberikan asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada dirinya.

Dia mengungkapkan bahwa pihak perusahaan itu tidak pernah menyampaikan hak-haknya yang harus diterimanya saat insiden tersebut.

Usut punya usut ternyata La Ode Arif Rahman belum genap berusia 18 tahun. Dirinya tercatat berdomisili di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Dia lahir pada bulan November tahun 2002.

Hal itu terungkap setelah media ini memperoleh dokumen Kependudukan Kartu Keluarga (KK) dari pihak keluarganya. Artinya pada saat kecelakaan kerja terjadi, La Ode belum genap berusia 18 tahun dalam pekerjaan proyek pembangunan jembatan Selayang Pandang II tersebut. (fai)

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi EAR
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

 

7.     Mesin Tiba-Tiba Mati di Turunan, Truk yang Angkut 3 Ton Ayam Terguling

Kompas.com – 16/11/2020, 21:34 WIB

PONOROGO, KOMPAS.com – Sebuah truk pengangkut tiga ton ayam potong terguling di ruas Jalan Raya Sawoo-Tumpakpelem, Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Senin (16/11/2020).

Truk terguling karena mesinnya tiba-tiba mati saat melewati turunan di ruas Jalan Sawoo-Tumpakpelem.

Truk terguling karena mesinnya tiba-tiba mati saat melewati turunan di ruas Jalan Sawoo-Tumpakpelem.

Kapolsek Sawoo AKP Paidi mengatakan, truk itu terguling karena pengemudi tak bisa menguasai kendaraan saat mesin tiba-tiba mati di turunan.

“Karena (sopir) baru sekali melewati ruas jalan tersebut,” kata Paidi saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Kecelakaan tunggal itu bermula saat truk dengan nomor polisi S 8375 NE yang dikemudikan Iswanto (35) memuat ayam seberat tiga ton. Truk itu melaju dari Sawoo ke Sidoarjo.

Pengemudi itu mengambil ayam dari Desa Sriti, Kecamatan Sawoo. Namun, untuk menuju Sidoarjo pengemudi tidak mengambil jalur seperti biasanya.

“Jadi korban melaju dari arah barat atau Sawoo menuju timur atau Trenggalek,” jelas Paidi.

Sesampainya di turunan Jalan Sawoo-Tumapkpelem mesin truk tiba-tiba mati. Sopir terpaksa menghantamkan kendaraannya ke arah kiri.

Akibatnya, truk terguling di tengah jalan. Ayam yang diangkut juga berhamburan di jalanan. Paidi memastikan tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Saat ini, truk itu telah dievakuasi ke bengkel. Pengemudi tak mengalami luka.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi properti
  • Asuransi marine cargo
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi kecelakaan diri
  • Lain-lain

Dengan melihat banyaknya kejadian musibah yang menimpa, semakin mengingatkan kita bahwa risiko selalu ada dimanapun dan kapanpun kita berada, tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan bijaklah dalam menghadapi kemungkinan risiko yang terjadi. Berita ini disajikan oleh L&G Insurance brokers. A smart insurance broker.

 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top