Asuransi Perjalanan

Smart Travel: Meminimalkan Risiko Untuk Perjalanan Yang Berkesan Dan Aman

Liga Asuransi – Pengambil risiko, apa kabar? Semoga Anda dan keluarga selalu dalam kondisi baik.

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin membahas risiko perjalanan kali ini. Artikel ini terinspirasi oleh pengalaman yang dialami oleh rekan saya sendiri.

Beberapa tahun yang lalu, saya bepergian dengan beberapa teman ke Selandia Baru. Sejak kami tiba di Auckland, salah satu rekan saya terlihat tidak sehat. Pada hari kedua, dia tampak demam, dan pada hari ketiga, dia tidak bisa lagi mengikuti tur dan dibawa ke rumah sakit.

Sementara kami melanjutkan perjalanan kami ke beberapa tempat, dia tetap dirawat di rumah sakit bahkan ketika kami kembali ke Indonesia; Dia masih dirawat dan tidak bisa kembali. Istri dan anak-anaknya juga tinggal bersamanya.

Beberapa hari setelah kami tiba di tanah air kami, kami mendapat kabar duka bahwa rekan kami akhirnya meninggal. Menurut pengamatan, infeksi virus menyebabkan kematiannya.

Jadi, risiko bepergian itu nyata, tetapi itu tidak berarti hal-hal seperti ini membuat Anda enggan bepergian.

Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan perjalanan dengan memperhatikan risiko yang mungkin terjadi.

Dalam Islam, bepergian dikenal sebagai kegiatan berisiko dan disebut “safar”, dianggap setengah mati. Jadi mereka yang melakukan safar diberikan banyak kemudahan beribadah, termasuk relaksasi dalam doa yang dapat disederhanakan.

 

PENGERTIAN PARIWISATA 

Perjalanan adalah kesempatan luar biasa untuk menjelajahi dunia, mengalami budaya baru, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Dalam perjalanan ini, kita bisa melihat pemandangan yang fantastis, mencicipi hidangan lokal yang lezat, dan berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda dari kita. Namun, seperti segala sesuatu dalam hidup, perjalanan juga memiliki risiko.

Artikel ini membahas risiko yang mungkin dihadapi wisatawan selama perjalanan wisata mereka. Dalam menjelajahi destinasi baru, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, antara lain risiko fisik, kesehatan, keuangan, sosial, dan budaya. 

Memahami risiko ini dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat dapat membantu wisatawan menghadapi tantangan dengan bijak dan memastikan pengalaman perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Pada bagian selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa risiko fisik yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan, bencana alam, dan kejahatan. Selanjutnya, kita akan membahas risiko kesehatan yang perlu diperhatikan, termasuk penyakit menular, gangguan pencernaan, dan kesehatan mental. 

Selain itu, risiko keuangan seperti pembatalan atau perubahan jadwal, kehilangan barang berharga, biaya darurat, dan perawatan medis juga akan dibahas.

Dalam menghadapi risiko perjalanan, kesadaran akan tantangan yang mungkin dihadapi dan persiapan yang matang adalah kuncinya. Wisatawan dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat dengan mengetahui risikonya.

Melalui artikel ini, pembaca akan lebih memahami risiko perjalanan wisata dan cara menghadapinya dengan bijak. Dengan demikian, mereka dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik, meminimalkan risiko yang tidak diinginkan, dan memastikan pengalaman perjalanan yang aman, bermakna, dan memuaskan.

 

MENGAPA ORANG PERLU BEPERGIAN?

Berikut penjelasan mengenai tujuan orang traveling dan manfaatnya:

  • Rekreasi dan Hiburan

Salah satu tujuan utama orang bepergian adalah untuk rekreasi dan hiburan. Mereka ingin mengalami kegembiraan dan kesenangan yang ditawarkan oleh tujuan wisata, seperti mengunjungi taman hiburan, pantai, taman nasional, atau tempat-tempat menarik sejarah dan budaya.

  • Menjelajahi dan Belajar Budaya Baru

Banyak orang melakukan perjalanan wisata untuk menjelajahi dan mempelajari budaya baru. Mereka tertarik untuk memahami keragaman dunia, mengalami adat istiadat, makanan, seni, dan tradisi lokal, dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

  • Petualangan dan Keberanian

Bagi sebagian orang, tujuan utama bepergian adalah untuk mencari petualangan dan menghadapi tantangan. Mereka ingin menikmati menjelajahi tempat-tempat baru dan kegiatan ekstrem seperti hiking, menyelam, atau olahraga air yang menantang.

  • Relaksasi dan Penyembuhan

Banyak orang menggunakan perjalanan wisata sebagai kesempatan untuk beristirahat, melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari mereka, dan mengisi ulang. Mereka mencari ketenangan, keindahan alam, spa, atau resor yang menawarkan fasilitas relaksasi dan pemulihan.

Manfaat Perjalanan:

  • Peningkatan Pemahaman dan Keragaman Budaya

Perjalanan memungkinkan orang untuk terlibat langsung dengan budaya yang berbeda. Ini membantu meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai, adat istiadat, dan perspektif yang berbeda dan mendorong toleransi, rasa hormat, dan saling pengertian antar budaya.

  • Pengembangan Keterampilan Sosial dan Komunikasi

Berinteraksi dengan orang-orang baru dari latar belakang budaya yang berbeda membantu meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi. Perjalanan memungkinkan kita belajar beradaptasi dengan situasi yang berbeda, berkomunikasi dengan tubuh dan bahasa asing, dan membangun kemampuan untuk bekerja sama dengan orang yang berbeda.

  • Mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan

Perjalanan bisa menjadi kesempatan untuk melepaskan diri dari stres sehari-hari dan rutinitas. Menghabiskan waktu di tempat baru, terhubung dengan alam, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat bersantai dan menyegarkan pikiran, sehingga meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

  • Peningkatan Pengetahuan dan Wawasan

Melalui perjalanan wisata, seseorang dapat belajar banyak tentang sejarah, arsitektur, seni, flora, fauna, dan masalah sosial dan lingkungan di destinasi wisata. 

 

MINAT WISATA ORANG INDONESIA

Tingkat minat perjalanan dan tujuan wisata orang Indonesia dapat bervariasi berdasarkan preferensi individu, minat pribadi, dan faktor budaya. Namun, berikut adalah beberapa tingkat minat wisatawan umum dan tujuan wisata populer di kalangan orang Indonesia:

  • Wisata Alam

Banyak orang Indonesia yang sangat tertarik dengan wisata alam, terutama karena kekayaan alam Indonesia, termasuk gunung, pantai, dan pulau-pulau yang indah. Tujuan populer dalam kategori ini termasuk Bali, Lombok, Labuan Bajo (untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo), Danau Toba, Gunung Bromo, Raja Ampat, dan banyak lagi.

  • Wisata Budaya

Indonesia memiliki keragaman budaya yang kaya, dan banyak orang Indonesia tertarik untuk mengeksplorasi dan belajar tentang budaya lokal. Destinasi seperti Yogyakarta (untuk mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan), Solo, Ubud (Bali), dan Tana Toraja adalah destinasi populer yang menawarkan pengalaman budaya yang mendalam.

  • Wisata Sejarah

Indonesia memiliki sejarah yang kaya dan memiliki destinasi wisata sejarah yang menarik. Contohnya adalah Kota Tua di Jakarta, Candi Penataran, Candi Sukuh di Jawa Timur, dan kompleks candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Kuliner

Orang Indonesia juga memiliki minat yang tinggi untuk mengeksplorasi varietas kuliner tradisional dan modern. Destinasi seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya terkenal dengan keragaman makanan dan camilan lezatnya.

  • Tur Belanja

Belanja juga merupakan tujuan populer bagi banyak orang Indonesia. Destinasi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali menawarkan beragam pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan butik menarik.

  • Wisata Religi

Indonesia memiliki keragaman agama yang kuat, dan beberapa orang Indonesia melakukan perjalanan untuk mengunjungi situs-situs keagamaan suci. Contoh destinasi wisata religi antara lain Tanah Lot (Bali), Masjid Istiqlal di Jakarta, Borobudur, dan Lembah Harau di Sumatera Barat.

 

RISIKO YANG DIHADAPI SAAT BEPERGIAN

Selain contoh dari pengalaman pribadi kami diatas, untuk mengetahui risiko seperti apa yang bisa terjadi saat Anda bepergian, silakan baca ilustrasi di bawah ini:

Seorang turis Indonesia, Rudi sedang dalam perjalanan solo ke Amerika Serikat. Dia mengunjungi beberapa kota terkenal dan berencana untuk menjelajahi keindahan alamnya. Namun, nasib buruk menimpanya ketika ia mengalami  kecelakaan mobil parah di tengah perjalanannya.

Tantangan yang dihadapi Rudi setelah kecelakaan itu terutama terkait dengan biaya perawatan dan kebutuhan selama perawatan adalah:

  • Biaya Perawatan Medis

Rudi harus menerima perawatan medis yang mendesak dan intensif setelah kecelakaan mobilnya. Dia harus dirawat di rumah sakit dengan peralatan medis dan tenaga medis yang mahal. Biaya ini bisa sangat tinggi dan dapat menimbulkan tekanan keuangan yang signifikan baginya.

  • Asuransi dan Klaim

Rudi harus mengurus klaim asuransi perjalanan yang ia miliki untuk menanggung biaya perawatan medis. Namun, proses klaim bisa rumit dan memakan waktu, dan ia mungkin perlu membuktikan kebenaran kecelakaan dan kebutuhan untuk perawatan dengan dokumen yang sesuai.

  • Akomodasi dan Kebutuhan Sehari-hari

Rudi mungkin harus tinggal di  rumah sakit atau akomodasi yang nyaman selama pemulihan. Ini termasuk biaya kamar rumah sakit, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti obat-obatan, perawatan, dan peralatan medis tambahan yang mungkin diperlukan.

  • Dukungan Keluarga dan Jejaring Sosial

Rudi mungkin merasa kesepian dan cemas saat menjalani perawatan jauh dari keluarga dan lingkungan yang akrab. Dukungan emosional dan jejaring sosial sangat penting untuk membantunya mengatasi tantangan ini dan memberikan dukungan moral selama pemulihannya.

  • Transportasi dan Pemulihan

Setelah dirawat di rumah sakit, Rudi mungkin masih membutuhkan bantuan dalam hal transportasi untuk kembali ke Indonesia. Jika kondisinya memerlukan tindak lanjut atau perawatan fisik terbatas, dia mungkin juga memerlukan bantuan dalam hal perjalanan dan pemulihan setelah tiba di rumah.

Dalam menghadapi tantangan ini, Rudi harus mengandalkan bantuan dari keluarga, teman, atau organisasi yang dapat membantu dalam keadaan darurat di luar negeri. Ia juga harus berkomunikasi dengan baik dengan perwakilan asuransi perjalanan dan rumah sakit untuk memastikan semua proses administrasi berjalan lancar.

Kesadaran akan pentingnya asuransi perjalanan yang mencakup cakupan kesehatan dan pemulihan dalam perjalanan internasional sangat penting. Rudi belajar bahwa persiapan dan perencanaan yang matang, termasuk memilih asuransi yang sesuai, dapat membantu melindunginya dari dampak kecelakaan dan meminimalkan tekanan finansial.

 

APA RISIKO YANG DIHADAPI SAAT BEPERGIAN?

Selain kecelakaan, beberapa jenis risiko lain yang bisa dihadapi saat bepergian, antara lain:

  • Kesehatan

Risiko kesehatan termasuk penyakit dan cedera selama perjalanan. Ini dapat mencakup penyakit perut, infeksi, gangguan pernapasan, cedera ringan, atau masalah kesehatan yang timbul dari perubahan lingkungan atau diet yang berbeda.

  • Keamanan

Risiko keamanan termasuk pencurian, kehilangan barang berharga, atau menjadi korban kejahatan seperti penipuan, pencopetan, atau perampokan. Terutama di tujuan dengan tingkat kejahatan yang tinggi, wisatawan harus berhati-hati dan mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat.

  • Bencana Alam

Risiko bencana alam termasuk gempa bumi, banjir, tsunami, badai tropis, atau letusan gunung berapi. Beberapa tujuan berisiko lebih tinggi terkena bencana alam, dan wisatawan harus mengikuti peringatan dan petunjuk yang diberikan oleh otoritas setempat.

  • Transportasi

Risiko terkait transportasi termasuk kecelakaan transportasi, penundaan penerbangan, pembatalan, atau masalah perjalanan lainnya. Dalam beberapa kasus, risiko terkait dengan transportasi umum yang tidak aman atau tidak dapat diandalkan, dan perlu dilakukan penelitian dan persiapan yang baik.

  • Keuangan

Risiko keuangan termasuk pengeluaran tak terduga, penganggaran berlebih, atau kehilangan uang atau kartu kredit. Hal ini dapat terjadi karena biaya pengobatan yang tidak terduga, pembatalan, atau perubahan rencana perjalanan atau kegiatan yang melibatkan biaya tambahan.

  • Komunikasi dan Bahasa

Risiko komunikasi dan bahasa termasuk kesulitan berkomunikasi dengan penduduk setempat atau staf yang perlu fasih berbahasa Inggris. Ini bisa menjadi hambatan untuk memahami informasi penting, mendapatkan bantuan dalam situasi darurat, atau berinteraksi dengan orang lain.

 

APA SAJA RISIKO YANG DAPAT DITANGGUNG OLEH ASURANSI PERJALANAN?

Asuransi perjalanan dapat memberikan berbagai jaminan kepada pemegang polis sesuai dengan syarat dan cakupan yang ditawarkan polis. Berikut adalah beberapa jaminan yang umumnya dapat diberikan oleh asuransi perjalanan:

  • Perlindungan Medis Darurat

Asuransi perjalanan dapat menanggung biaya perawatan medis darurat jika pemegang polis mengalami sakit atau cedera selama perjalanan. Ini mencakup biaya kunjungan ke dokter, rumah sakit, perawatan rawat inap, obat-obatan, dan prosedur medis yang diperlukan.

  • Evakuasi Medis dan Repatriasi

Misalkan pemegang polis memerlukan evakuasi medis darurat atau pemulangan ke negara itu karena alasan kesehatan. Dalam hal ini, asuransi perjalanan dapat menanggung biaya evakuasi udara, pemulangan jenazah, atau transportasi medis khusus.

  • Pembatalan atau Perubahan Perjalanan

Jaminan ini dapat memberikan penggantian biaya perjalanan yang tidak dapat dikembalikan jika pemegang polis harus membatalkan atau mengubah rencana perjalanan karena alasan yang dijamin, seperti sakit, cedera, kematian keluarga, atau situasi darurat yang tidak terduga.

  • Kehilangan Bagasi

Asuransi perjalanan dapat mengganti kerugian atau kerusakan yang diderita pada bagasi pemegang polis selama perjalanan, termasuk kehilangan, pencurian, atau kerusakan.

  • Tanggung Jawab Hukum

Jaminan ini melindungi pemegang polis dari tuntutan hukum yang timbul dari kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh pemegang polis kepada pihak ketiga selama perjalanan.

  • Penundaan Transportasi

Misalkan pemegang polis mengalami keterlambatan signifikan pada penerbangan, kereta api, atau transportasi umum lainnya yang telah dipesan. Dalam hal ini, asuransi perjalanan dapat mengganti biaya tambahan, seperti akomodasi atau transportasi alternatif.

  • Bantuan Darurat 24 Jam

Asuransi perjalanan sering menyediakan layanan bantuan darurat 24 jam yang dapat dihubungi untuk memberikan informasi, bantuan medis, atau bantuan dalam situasi darurat seperti kehilangan dokumen penting atau pencurian.

Ingatlah bahwa jaminan ini dapat bervariasi tergantung pada jenis polis, perusahaan asuransi, dan tingkat pertanggungan yang dipilih. Oleh karena itu, penting untuk membaca dengan cermat ketentuan polis dan mendiskusikannya dengan perusahaan asuransi sebelum membeli asuransi perjalanan.

Pastikan sebelum Anda melakukan perjalanan bahwa asuransi Anda valid!

 

MENGAPA WISATAWAN PERLU MENDAPATKAN POLIS ASURANSI PERJALANAN DARI BROKER ASURANSI?

Menggunakan broker asuransi untuk mendapatkan asuransi perjalanan atau travel insurance memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Akses ke Banyak Pilihan

Broker asuransi memiliki akses ke berbagai perusahaan asuransi dan produk asuransi yang berbeda. Dengan menggunakan broker, Anda bisa mendapatkan pilihan cakupan, premi, dan polis yang lebih luas yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

  • Pengetahuan Ahli

Broker asuransi adalah profesional yang terlatih dan berpengalaman dalam industri asuransi. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang produk asuransi, syarat, ketentuan, dan proses klaim. Dengan menggunakan broker, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman mereka untuk mendapatkan saran ahli yang membantu Anda memahami dan memilih kebijakan yang tepat.

  • Analisis Komparatif

Broker asuransi dapat melakukan analisis komparatif terhadap produk asuransi yang tersedia. Mereka dapat membandingkan cakupan, premi, manfaat, dan persyaratan dari berbagai perusahaan asuransi untuk membantu Anda mendapatkan kebijakan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  • Penanganan Klaim

Broker asuransi dapat membantu dalam penanganan klaim. Misalkan Anda mengalami suatu peristiwa yang membutuhkan klaim asuransi. Dalam hal ini,  broker dapat membantu Anda dengan mengoordinasikan proses klaim, memberi nasihat tentang persyaratan dan dokumen yang diperlukan, dan memastikan bahwa perusahaan asuransi menangani klaim Anda dengan cepat dan efisien.

  • Layanan Berkelanjutan

Broker asuransi menyediakan layanan berkelanjutan kepada klien mereka. Mereka dapat membantu memperbarui polis asuransi, mengubah detail polis, memberikan saran untuk menambahkan cakupan tambahan, atau menjawab pertanyaan dan kekhawatiran yang Anda miliki mengenai asuransi perjalanan Anda.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka di Indonesia yang fokus pada penyediaan asuransi perjalanan adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012