Personal Accident

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Personal Accident Insurance

Liga Asuransi – Kecelakaan adalah suatu kejadian atau peristiwa yang tidak terduga. Hal ini tentunya dapat terjadi kepada kita kapan saja dan dimana saja. Dilansir dari Kompas.com, terdapat 107.500 kasus kecelakaan berkendara di Tanah Air pada tahun 2019, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 3.828 kasus. Ada banyak kasus kecelakaan yang melibatkan personal seperti halnya kecelakaan pekerja dalam proyek konstruksi, luka, dan lain-lain yang mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda. Masalah ini merupakan hal yang sangat rumit, apabila pihak yang mengalami kecelakaan tidak memiliki policy / perlindungan yang dapat menyelamatkan diri dan orang terdekatnya.

Untuk mengatasi hal ini, broker asuransi bisa membantu menyediakan asuransi kecelakaan diri, yang mana asuransi kecelakaan diri adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan orang yang diasuransikan dimana pihak yang dipertanggungkan akan memberikan santunan finansial kepada yang terakhir atau keluarganya jika terjadi cacat / kematian permanen yang disebabkan secara langsung dan hanya karena kecelakaan. Anda akan menemukan polis asuransi kecelakaan dari beberapa perusahaan asuransi di Tanah Air. Jika terjadi cedera akibat kecelakaan yang memerlukan penanganan segera, polis akan menjamin pertanggungan biaya dalam kasus ini. Jumlah penggantian ini sangat berguna dalam situasi seperti itu. Beberapa polis memiliki perlindungan risiko terhadap kematian karena kecelakaan dari orang yang dipertanggungkan. Ada jaminan untuk kecacatan akibat kecelakaan. Paket ini sering kali tersedia sebagai add-on dengan polis asuransi rumah atau mobil. 

Manfaat Perlindungan

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri kepada Nasabah adalah memberikan perlindungan apabila terjadi kecelakaan kerja dan kematian. Jika terjadi hal buruk di luar pekerjaan tidak akan ditanggung pihak asuransi. Berbeda dengan perlindungan Asuransi Jiwa, perusahaan asuransi akan memberikan manfaat jika hal buruk terjadi pada Nasabah.

Di Indonesia, manfaat Asuransi Kecelakaan biasanya melekat pada produk Asuransi Jiwa. Jika Anda menginginkan Asuransi Kecelakaan Diri, pilih Asuransi Jiwa yang memberikan perlindungan kerja. Dengan demikian, Anda memperoleh perlindungan ganda.

Jenis-jenis Asuransi Kecelakaan Diri

Di bawah ini adalah jenis-jenis polis Asuransi Kecelakaan Diri terdiri dari :

  • Individual Personal Accident Insurance.

adalah suatu polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ditujukan khusus Tertanggung secara Individu yaitu untuk 1 orang Tertanggung dengan 1 limit pertanggungan.

  • Group Personal Accident Insurance.

adalah suatu polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ditujukan khusus untuk penutupan atas beberapa orang, minimal 25 peserta.

Penutupan ini dapat dilakukan secara Name Policy atau Unnamed Policy

  • Name Policy: disebutkan nama-nama Peserta satu persatu termasuk limit pertanggungannya.
  • Un-named Policy: Tidak disebutkan Nama-nama Peserta, hanya jumlah peserta saja
  • Family Personal Accident Insurance.

adalah suatu polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ditujukan khusus untuk penutupan atas satu keluarga, yang terdiri dari ayah, Ibu dan Anak.

  • Student Personal Accident Insurance.

adalah suatu polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ditujukan khusus untuk penutupan atas para pelayar / siswa sekolah. Dengan komposisi jaminan.

Masa Jaminan dibagi dalam 2 jenis, yaitu :

  • Cover A : Jaminan ini mulai berlaku sejak si anak meninggalkan rumah untuk sekolah, selama jam pelajaran di Sekolah, termasuk pelajaran tambahan, sampai si anak kembali kerumah dari sekolah.
  • Cover  B :  Jaminan 24 jam terus menerus.
  • Trip Guard Personal Accident Insurance.

adalah suatu polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ditujukan khusus untuk penutupan atas Tertanggung yang hendak melaksanakan/melakukan perjalanan.

 

Periode pertanggungan disesuaikan dengan lamanya perjalanan yang akan di lakukan, dan dapat diperpanjang maksimal 1 kali perpanjangan untuk jangka waktu yang sama.

Perlindungan ganda telah diterapkan oleh PRULink Assurance Account atau PRUSafe Guard. Produk milik Prudential Indonesia ini adalah Asuransi Jiwa terkait investasi dengan pembayaran premi secara berkala. Produk memberikan fleksibilitas untuk mengubah jumlah pertanggungan dan investasi sewaktu-waktu, plus menambahkan Asuransi Tambahan atau Riders (kecelakaan, rawat inap, kondisi kritis) sesuai kebutuhan Nasabah. Sehingga manfaat perlindungan Asuransi Jiwa, kecelakaan, dan investasi dapat saling melengkapi.

Risiko

Tentu setiap pekerjaan memiliki risiko masing-masing. Risiko yang dimaksud di Asuransi Kecelakaan Diri adalah pekerjaan yang bersinggungan langsung terhadap hal berisiko tinggi atau berbahaya, seperti memasang camera trap di hutan Sumatera, meneliti keanekaragaman hayati di kedalaman laut, bekerja di area konstruksi dan pertambangan, bekerja di lepas pantai (offshore), teknisi listrik, dan masih banyak lagi pekerjaan berisiko tinggi.

Memang, terkadang ada Nasabah yang tidak merasa pekerjaannya berisiko tinggi. Untuk meyakinkan Anda, coba ajukan pertanyaan ke diri sendiri. Anda tulang punggung keluarga atau pencari nafkah utama di rumah? Apa tugas pekerjaan Anda? Pekerjaan Anda salah satu yang disebutkan di atas? Jika ya, ada baiknya melindungi diri sendiri dan keluarga dengan asuransi.

Masa Perlindungan

Asuransi Jiwa memiliki masa perlindungan lebih lama dibanding Asuransi Kecelakaan. Tetapi Asuransi Jiwa yang fokus terhadap risiko kerja memberikan masa perlindungan 15-20 tahun saja. Masa perlindungan akan mempengaruhi Premi dan Uang Pertanggungan (UP).

Evakuasi

Evakuasi adalah manfaat penting dari Asuransi Kecelakaan. Sekadar contoh, Anda mengalami kecelakaan kerja di pedalaman hutan atau offshore, dokter di sekitar lokasi tidak dapat menangani karena tidak memiliki fasilitas kesehatan memadai.

Sebagai broker asuransi yang spesialis dibidang asuransi kecelakaan, mereka sudah ahli mengenai seluk-beluk asuransi personal accident. Pengalaman mereka dalam menangani berbagai asuransi kecelakaan dan penyelesaian klaim. Dan memiliki gelar profesi sebagai ahli asuransi bertaraf internasional dan terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda. Sekali lagi untuk mendapatkan jaminan asuransi proyek Anda selalu gunakan jasa broker asuransi. Hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top