Ulas Berita

7 Berita Kecelakaan Pilihan Minggu ke 16 September 2020

  1. Geger Kecelakaan Mobil di Tanah Abang, 3 Orang Jadi Korban

DetikNews Selasa, 15 September 2020 07.25 WIB

Sebuah mobil Nissan March mengalami kecelakaan di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mobil tersebut menyeruduk tiga orang dan juga 4 motor.

Kecelakaan itu terjadi pada Senin (14/9) sekitar pukul 17.30 WIB. Kecelakaan bermula ketika mobil melaju dari arah timur di Jalan Layang Karet.

“Sesampainya di turunan Layang Karet depan Warung Padang, hilang kendali hingga menabrak pejalan kaki, gerobak dan beberapa motor yang sedang parkir di pinggir jalan tersebut,” jelas Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji dalam keterangan kepada wartawan, Senin (14/9/2020).

Lilik Sumardji mengatakan, kecelakaan diakibatkan karena pengemudi Nissan March kurang konsentrasi saat berkendara.

“Pengemudi kendaraan Nissan March B-1088-PVJ kurang hati-hati dan konsentrasi dalam berkendara,” kata Lilik.

Mobil tersebut kemudian menabrak 3 korban, hingga beberapa motor yang terparkir di pinggir jalan tersebut. Polisi menyebut ada 4 motor yang diseruduk pengemudi saat itu.

Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang terluka. Ketiga korban adalah Agung Sutrisno (28) seorang pejalan kaki, pedagang ketoprak bernama Abdul Kodir dan tukang parkir bernama Faisal Yusuf (46).

“Ketiga korban dirawat di RS AL Mintoharjo,” katanya.

Selain itu, polisi juga mencatat ada 4 unit motor yang ikut diseruduk mobil tersebut. Mobil tersebut sedang diparkir di dekat warung makan.

Akibat kecelakaan tersebut, gerobak ketoprak pun hancur. Barang-barang berserakan di pinggir jalan, sementara roda gerobak terlepas.

Salah seorang korban terlihat tergeletak di dekat gerobak. Satu korban lainnya tergeletak di depan warung makan Padang.

Akibat kejadian itu, mobil Nissan March mengalami kerusakan di bagian bumper depan. Sementara polisi meminta keterangan dan menyita barang bukti berupa STNK dan kendaraan dari pengemudi.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan
  • Asuransi Kecelakaan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi properti
  • Asuransi Kecelakaan Jalan Raya dari Jasa Raharja

 

  1. Ruko di Pasar Baru Bekasi Terbakar, Asap Hitam Mengepul ke Atas

BEKASI – Salah satu ruko di Pasar Baru Bekasi Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur terbakar. Api melumat sebagian ruko yang berada di samping pasar dekat Terminal Induk Kota Bekasi itu.

Pantauan di lokasi, kebakaran hebat itu melumat setu ruko Pasar Baru Bekasi. Sejumlah kendaraan pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi pun dikerahkan.

Asap hitam terlihat mengepul ke atas diiringi angin yang begitu kencang. Sebagian pedagang terlihat kocar-kacir menyelamatkan dagangan mereka.

Api yang mulanya kecil dengan cepat melalap bangunan yang berada di Pasar Baru itu. Selain mobil pemadam, terlihat juga satu buah ambulan di siapkan di lokasi kejadian.

Belum di ketahui penyebab kebakaran yang melanda Pasar Baru Kota Bekasi ini. Angin yang berhembus kencang membuat tim pemadam kebakaran Kota Bekasi kesulitan untuk menjinakkan api.

Menurut Bontot (45) yang merupakan pedagang sayuran di Pasar Baru Bekasi menyebutkan kebakaran awal berawal dari lantai satu.

“Kebakaran langsung gede tadi, karena memang angin cukup kencang juga,” kata dia di lokasi.

Sementara, Bontot mengaku tak mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran itu. “Gak tau, api udah gede aja, kita pada lari nyari air, tapi gak kejagan (teratasi),” kata dia.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Polis Asuransi Standar Kebakaran Indonesia
  • Asuransi Property All Risks
  • Business Interruption Insurance
  • Asuransi Stock
  • Asuransi kecelakaan
  • Asuransi Kesehatan
  • Lain-lain

 

  1. Dua Sepeda Motor Terlibat Kecelakaan di Jalur Kediri-Blitar, Empat Tewas

Empat orang tewas dalam kecelakaan maut antara dua sepeda motor di Kota Kediri. Kecelakaan di Kediri itu terjadi pengendara sepeda motor Honda Supra dan motor Honda Tiger, di Jalan Kapten Tendean, Ngronggo atau jalan yang menghubungkan Kediri dan Blitar.

Diduga kedua motor bertabrakan dari arah berlawanan. Namun hingga kini polisi masih menyelidiki kronologi kejadian yang terjadi, Senin (24/8/2020) sekitar pukul 22.30 WIB, dengan memeriksa saksi mata dan kamera CCTV di sekitar kejadian.

Dari empat korban kecelakaan diketahui 1 orang langsung tewas di TKP, sedangkan 3 lainnya meninggal saat perawatan di RS Gambiran Kota Kediri, akibat luka cukup parah.

“Dalam kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 4 orang MD tersebut, tentunya kita mengimbau agar masyarakat senantiasa mematuhi aturan berlalu lintas. Hasil olah TKP, keterangan saksi, serta pemeriksaan CCTV di sekitar lokasi akan dipadukan guna kepentingan proses penyidikan laka lantas tersebut,” jelas Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana, Selasa (25/8/2020).

Senada dengan Kapolresta Miko, Kasatlantas Polresta Kediri AKP Arpan juga menjelaskan bahwa anggotanya masih melakukan penyelidikan baik di TKP maupun identitas korban kecelakaan.

“Mohon waktu, anggota kami masih melakukan olah TKP, sebagian identitas korban telah diketahui dan keluarga telah dikabari. Sementara itu dulu ya mas, ini anggota semalaman masih di TKP,” tandasnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi Kecelakaan
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kecelakaan Jalan Raya dari Jasa Raharja

 

  1. Maling Bawa Kabur Mobil, Uang, dan Emas Milik PNS di Aceh Besar

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Rumah M. Karisma (36) seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) warga Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar dibobol maling, Minggu (6/ 9/2020) sekitar pukul 04.30 WIB. Akibatnya sebuah dompet berisikan uang jutaan rupiah dan cincin emas seberat 3 manyam berhasil dibawa kabur pelaku. Tidak hanya itu, satu unit mobil Toyota Avanza BK 1108 FZ yang terparkir di garasi rumah juga ikut dibawa pelaku. Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH melalui Kapolsek Peukan Bada Iptu Iskandar Muda mengatakan pelaku masuk ke dalam rumah korban melalui jendela samping yang masih belum ada kuncinya.

“Setelah berhasil masuk, pelaku mengambil kunci mobil yang terletak di ruang tamu dan tidak lama kemudian istri korban terbangun dari tidur karena mendengar suara remot mobil berbunyi,” ungkap Iptu Iskandar dalam keterangan yang diberikan kepada anteroaceh.com, Senin (7/9/2020) pagi. Lalu, lanjutnya istri korban membangunkan suaminnya M Karisma dan saat itu mobil sudah dalam keadaan hidup dan langsung keluar dari garasi rumah. Korban sempat mengira yang mengambil mobilnya saat itu adalah adiknya, namun setelah dihubungi adiknya mengaku bukan dirinya. “Korban langsung mengejar dengan menggunakan sepeda motor namun saat itu ia kehilangan jejak pelaku,” pungkas Iptu Iskandar.

Baca Juga :   7 Berita Kecelakaan Fatal Minggu ke-2 Oktober 2020

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi pencurian
  • Asuransi mobil
  • Asuransi barang berharga
  • Lain-lain

 

  1. 3 Kapal Tabrakan Beruntun di Kalteng, 1 Nahkoda Hilang

DetikNews Kamis, 10 September 2020 13.51 WIB

Sampit – Sedikitnya tiga kapal mengalami tabrakan beruntun di Sungai Mentaya Perairan, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng). Seorang nakhoda kapal tugboat bernama Saipul Bahri (60) dinyatakan hilang.

“Kejadiannya di sekitar Indo Balambit. Nakhoda dinyatakan hilang. Saat ini masih dilakukan pencarian oleh tim,” kata Kepala Badan SAR Nasional Pos Sampit Suprapto di Sampit, Kamis (10/9/2020) seperti dilansir Antara.

Suprapto menjelaskan kecelakaan beruntun itu terjadi Rabu (9/9) sekitar pukul 20.00 WIB. Kapal yang terlibat tabrakan adalah KM Surya Pertiwi dengan tongkang dan tugboat AIK GADIS/TK.GS5.

Kronologi kecelakaan itu masih didalami. Namun informasi awal menyebutkan, KM Surya Pertiwi hilang kendali kemudian menabrak tongkang. Kerasnya tabrakan membuat tongkang tersebut melaju dan menabrak tugboat AIK GADIS/TK.GS5 yang dikemudikan Saipul Bahri.

Kerasnya benturan diduga membuat tugboat tersebut miring dan akhirnya tenggelam. Tiga anak buah kapal berhasil selamat, sedangkan Saipul Bahri tidak ditemukan dan dinyatakan hilang.

“Perkiraan sementara penyebabnya adalah hujan deras, kabut, dan arus deras sehingga KM Surya Pertiwi menabrak tongkang, lalu tongkang menabrak tugboat. Tugboat menjadi miring hingga akhirnya tenggelam,” kata Suprapto.

Usai kejadian, rekan-rekan korban dibantu warga melakukan pencarian tapi sang nakhoda belum juga ditemukan. Kejadian itu kemudian dilaporkan kepada pihak berwajib dan Pos SAR Sampit.

Saat ini tim gabungan terdiri atas Rescue Pos SAR Sampit, Ditpolair Polda Kalteng, Pos TNI-AL, KSOP Sampit dan masyarakat sekitar. Tim berbekal berbagai peralatan, seperti kapal dan peralatan pendukung lainnya.

Luasnya area dan derasnya arus Sungai Mentaya menjadi tantangan bagi tim gabungan dalam melakukan pencarian. Tim akan bahu-membahu menyisir perairan sekitar lokasi kejadian untuk mencari korban.

“Cuaca saat ini mendung. Mudah-mudahan pencarian berjalan lancar dan korban bisa segera ditemukan. Kita bersama-sama melakukan upaya yang terbaik,” ujar Suprapto.

Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Cipali yang Menewaskan 2 Orang dan 4 Lainnya Luka Berat

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

  • Asuransi Rangka Kapal
  • Asuransi Protection and Indemnity (P&I)
  • Asuransi Awak Kapal
  • Asuransi Marine Cargo

 

  1. Kecelakaan Kerja, 4 Pekerja Proyek RSI Unisma Meninggal

Bisnis.com, MALANG — Sebanyak empat orang pekerja dilaporkan meninggal dunia seusai mengalami kecelakaan kerja pada saat melakukan proses pembangunan gedung sembilan lantai Rumah Sakit Islam Universitas Islam Malang (RSI Unisma) di Kota Malang, Jawa Timur.

“Kurang lebih ada 10 korban, sesuai keterangan saksi. Empat meninggal dunia, dan enam luka berat,” kata Azi, Selasa (8/9/2020).

Dari empat orang korban meninggal tersebut, dua orang merupakan warga Kecamatan Jabung, satu orang warga Kecamatan Pakis, dan satu lainnya berasal dari Kecamatan Ngantang. Tiga kecamatan tersebut, berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Azi menjelaskan bahwa peristiwa yang merenggut nyawa empat orang korban itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Penyidik telah melakukan identifikasi pada lokasi kecelakaan kerja dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi.

Menurutnya, pihak kepolisian hingga saat ini masih melakukan penyelidikan mendalam terkait penyebab jatuhnya lift proyek dari lantai keempat gedung tersebut. Pihak kepolisian masih belum bisa mengambil kesimpulan apakah ada faktor kesalahan manusia.

“Indikasi human error masih belum tahu. Diduga tali sling [lift proyek] putus. Kami akan dalami lebih lanjut,” ujar Azi.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi kecelakaan kerja
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi Plant and Machinery
  • Professional Indemnity Insurance
  • Construction Erection All Risks (CAR/EAR)
  • Third Party Liability Insurance
  • Workmen’s Compensation Assurance (BPJSTK)

 

  1. Basement RSUD Soetomo, Surabaya Terbakar.

CNN Indonesia, Senin 14 September 2020

Surabaya, CNN Indonesia — Ruang basement di Gedung Oncology RSUD dr Soetomo, Surabaya, dilaporkan terbakar Senin (14/6), pukul 15.20 WIB. Sejumlah pasien sempat dievakuasi.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Kobaran api pun berhasil dipadamkan dengan cepat.

Direktur penunjang medik, RSUD dr Soetomo, Hendrian Dwikoloso Soebagjo mengatakan, kebakaran terjadi di ruang panel bawah tanah.

“Sangat singkat, kira-kira 15 menit. Di bagian basement Gedung Oncology RSUD Dr Soetomo,” kata Hendrian.

Meski begitu ia mengaku belum tahu penyebab kebakaran. Ia menyebut ruang tersebut, merupakan bangunan yang digunakan oleh pihak proyek atau kontraktor yang tengah melakukan pembangunan di Soetomo.

“Penyebabnya belum tahu. Tapi di situ bukan milik kami, adalah milik dari proyek yang sedang membangun di gedung rawat jalan di RSUD dr Soetomo,” ujarnya.

Soal kerugian Hendrian belum bisa menjelaskannya secara detail. Tapi, kata dia, sejumlah barang terbakar, antara lain kabel, cat dan barang-barang proyek lainnya.

“Yang terbakar adalah peralatan proyek itu, di dalamnya terbakar,” katanya.

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Pelayanan rumah sakit juga tak terdampak. Meski begitu sejumlah pasien dan karyawan yang berada di Gedung Oncology sempat dievakuasi untuk keamanan.

“Ada asap maupun api, kita dengan prosedur melakukan evakuasi secepat mungkin untuk menghindari hal-hal yang bisa membahayakan. baik itu pasien, karyawan dan semuanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Gubeng, Surabaya, Kompol Palma F Fahlevi, mengatakan bahwa dugaan awal penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Meski begitu ia tetap akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

“Untuk memastikan bahwa kejadian ini merupakan memang korsleting listrik, selanjutnya kami akan membuat laporannya,” kata Palma.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi kebakaran Indonesia
  • Asuransi kendaraan
  • Asuransi properti
  • Asuransi kecelakaan
  • Asuransi Plant and Machinery
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Jiwa

Demikian beberapa berita tentang kecelakaan untuk minggu ini beserta tinjauan manajemen resiko dan asuransi yang berkaitan dengan masing-masing kecelakaan.

Mengurus klaim asuransi tidak mudah. Diperlukan keahlian khusus untuk memahami jaminan asuransi, menyediakan informasi, menjelaskan kepada pihak loss adjuster dan bernegosiasi dengan perusahaan asuransi.

Cara terbaik untuk mengasuransikan asset dan diri Anda adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi. Hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga!

 

 

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top