InsurTech

Dimana Tempat Metaverse di dunia Asuransi Jiwa?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui bahwa para pebisnis di seluruh dunia saat ini sedang sibuk untuk mempelajari dan mendalami teknologi Metaverse. 

Hal ini dipicu ketika Mark Zuckerberg pendiri Facebook pada bulan Oktober 2021 lalu  untuk pertama kalinya mengumumkan perubahan nama perusahaannya Facebook menjadi METAVERSE. Ada apa?

Menurut Wikipedia, Metaverse adalah jaringan dunia virtual 3D yang berfokus pada koneksi sosial. Dalam futurisme dan fiksi ilmiah, sering digambarkan sebagai iterasi hipotesis Internet sebagai dunia virtual universal tunggal yang difasilitasi oleh penggunaan headset virtual dan augmented reality.

Beberapa jenis usaha mulai dari dunia hiburan, Pendidikan, industri, Kesehatan dan termasuk industri keuangan termasuk asuransi mulai melihat peluang penggunaan Metaverse untuk pengembangan bisnis mereka.

Agar tidak ketinggalan, kali ini kami akan membuat dua tulisan tentang Metaverse. Pertama, tentang Metaverse untuk General Insurance atau asuransi umum. Kedua, tentang Metaverse dari sisi asuransi jiwa.

Seperti yang sudah kita ketahui dan saksikan bahwa perubahaan teknologi itu akan terjadi dan pasti terjadi. Masalah bisa atau bisa tapi masalah kapan.

Bagi mereka yang sigap dan cepat untuk  memanfaatkan teknologi itu, mereka adalah pemenang.

Tulisan ini kami sarikan dari media online https://www.businessleader.co.uk yang baru saja di upload beberapa hari yang lalu.

Kami berharap semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda tertarik silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Metaverse, masa depan, konsep teknologi digital. 

Tulisan ini dibuat dari wawancara dengan dengan Josh Hart, Chief Product and Technology Officer di perusahaan insurtech YuLife. Yang memberikan wawasan yang menarik tentang dunia insurtech dan peran yang harus dimainkan oleh metaverse di industri asuransi.

Peran apa yang harus dimainkan metaverse di dunia Insurtech?

Metaverse memiliki potensi besar untuk memainkan peran transformatif dalam meningkatkan daya tarik produk asuransi. Misalnya, aplikasi YuLife dibangun seperti game dan berpusat pada ‘Yuniverse’, sebuah virtual. dunia di mana pengguna dapat ‘naik level’ melalui pencarian, duel, dan tantangan untuk mengakses zona baru dan meningkatkan jumlah YuCoin mereka.

Dengan cara ini, gagasan dunia virtual di mana setiap pengguna memiliki avatar dan bersaing dengan teman dan kolega sangat membantu membuat produk YuLife menarik, terutama bagi pengguna yang lebih muda dan milenium. 

Pada saat yang sama, penting untuk diingat bahwa kesuksesan ini bergantung pada keterkaitan dunia digital dan fisik. Menggunakan metaverse untuk menginspirasi perubahan perilaku positif perlu memiliki beberapa dampak pada kesejahteraan kehidupan nyata orang agar relevan.

Apa aplikasi potensial lainnya yang ada untuk Metaverse?

Metaverse dapat memperkaya setiap bagian dari kehidupan kita, tetapi fokusnya harus pada peningkatan kesejahteraan kita di dunia nyata, daripada hanya sebagai pelarian. Di era Web 3.0, metaverse diatur untuk menjadi bagian penting dari pengalaman online baru yang terdesentralisasi – mengubah hidup kita dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan media sosial selama beberapa dekade terakhir.

Di luar sektor keuangan, metaverse dapat berdampak pada semua jenis bisnis. Dalam dunia ritel, overlay berbasis realitas virtual dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman di dalam toko pembeli, memberi pelanggan informasi real-time tentang produk yang mereka lihat. 

Individu sekarang dapat memperoleh NFT augmented reality, dan YuLife baru-baru ini melihat melalui akuisisi RTFKT oleh Nike bahwa pakaian dan pakaian olahraga adalah salah satu batas berikutnya untuk produk yang sangat dipersonalisasi.

Apakah teknologi selalu memainkan peran penting dalam dunia asuransi?

Di kalangan industri asuransi, teknologi dan inovasi adalah tren yang masih baru, itulah sebabnya banyak stagnasi di seluruh sektor. 

Ketika YuLife didirikan, berfokus pada asuransi jiwa karena menyadari bahwa setelah berabad-abad tanpa inovasi ada hal yang signifikan di pasar asuransi jiwa. 

Selama bertahun-tahun, asuransi jiwa hanya memberikan jaminan kematian; YuLife ingin asuransi jiwa fokus pada kehidupan, dan memanfaatkan teknologi terbaru – AI, pengembangan aplikasi, dan metaverse – pasti akan menjadi kunci dalam mewujudkan tujuan itu.

Bukan kebetulan bahwa startup insurtech adalah salah satu vertikal terpanas di bidang teknologi saat ini. 

Kebutuhan untuk berinovasi sangat luas dan permintaan untuk asuransi tinggi, dan teknologi dapat mendukung berbagai fungsi baru yang perusahaan asuransi melihat kebutuhan untuk mengadopsi, seperti kebijakan underwriting dinamis berdasarkan data pelanggan yang diproses dengan cerdas. 

Penggunaan teknologi dalam asuransi sedang meningkat dan YuLife berharap untuk melihat tren itu berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.

Tren apa yang ada saat ini industri Insurtech?

YuLife saat ini menyaksikan dorongan yang signifikan menuju underwriting yang lebih cerdas. Perusahaan asuransi saat ini dapat mengumpulkan sejumlah besar data tentang pemegang polis dan kebiasaan serta perilaku mereka, yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan wawasan yang lebih besar mengenai risiko individu / kelompok secara berkelanjutan. 

Memanfaatkan kumpulan data besar ini akan memungkinkan perusahaan asuransi untuk bernegosiasi lebih baik dengan reasuransi dan mencerminkan risiko lebih akurat. Bentuk baru underwriting dinamis dan cerdas ini telah dibahas selama bertahun-tahun, tetapi aplikasinya sekarang akhirnya membuahkan hasil.

Pengalaman pengguna yang berpusat pada pelanggan adalah fokus utama lainnya, dan telah berlangsung selama beberapa tahun. 

Petahana semakin banyak berinvestasi dalam mengembangkan produk SaaS agar sesuai dengan kecepatan yang ditetapkan oleh startup insurtech. Peran insurtechs dalam hubungan mereka dengan petahana bukan tentang mengabaikan apa yang sudah ada di sana, tetapi memanfaatkannya. 

Semakin banyak perusahaan akan mulai memanfaatkan perusahaan asuransi warisan yang ada ke tingkat yang lebih besar, karena menghormati kemampuan mereka untuk menangani klaim dan mengelola neraca besar dari perspektif aktuaria sangat kuat. Tantangannya adalah tentang bagaimana mengubah peran pemain yang ada daripada langsung menggantikannya.

Tren masa depan seperti Apa yang Anda harapkan untuk dilihat di industri asuransi jiwa?

Pertama, YuLife berharap untuk melihat lebih banyak reasuransi melihat ke arah bentuk-bentuk data baru ke tingkat yang lebih besar ketika mencoba untuk memodelkan kewajiban mereka. Potensi penyimpanan kumpulan data ini tidak terbatas dan data dapat digunakan untuk mengembangkan produk yang lebih baik, lebih menarik, dan lebih personal.

Kedua, kita akan melihat insentif yang lebih kuat untuk melihat individu mengurangi risiko sendiri, secara proaktif mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko mereka terhadap perusahaan asuransi mereka (dan juga mendapat manfaat dari gaya hidup yang lebih sehat sebagai bagian dari proses).

Ketiga, melibatkan pengalaman digital akan menjadi norma. Perusahaan asuransi besar sedang membangun kembali penawaran mereka dan ini akan mengarah pada peningkatan besar dalam aksesibilitas digital. Pikirkan perbedaan dalam bagaimana bank-bank jalanan berfungsi sebelum dan sesudah menjadi norma untuk menawarkan aplikasi perbankan. Setelah diharapkan bahwa fungsi dapat dilakukan pada gesekan layar smartphone, tidak akan ada jalan kembali.

Akhirnya, semakin banyak produk asuransi akan langsung menargetkan pengguna, daripada menargetkan broker. Sangat penting untuk mengamankan pembelian pengguna dan, seperti semua produk keuangan, penawaran perusahaan asuransi harus melibatkan pemegang polis setiap hari agar dianggap diinginkan.

Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker, a Smart Insurance Broker.

Source: https://www.businessleader.co.uk/how-can-insurance-find-its-place-in-the-metaverse/

 


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!