InsurTech

Bagaimana metaverse akan mengubah Asuransi Umum?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Agar kita tidak ketinggalan mari kita bahas tentang Metaverse, teknologi informasi digital yang sedang mengguncang dunia saat ini.

Secara garis besar, teknologi yang membentuk metaverse dapat mencakup realitas virtual (VR) — ditandai dengan dunia maya yang terus ada bahkan ketika Anda tidak bermain — serta augmented reality yang menggabungkan aspek dunia digital dan fisik.

Namun, tidak mengharuskan ruang-ruang itu diakses secara eksklusif melalui VR atau AR. Dunia virtual, seperti aspek Fortnite yang dapat diakses melalui PC, konsol game, dan bahkan ponsel, bisa bermetamorfosis.

Sejak beberapa tahun terakhir, kita sudah mulai banyak mendengar tentang Metaverse dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi bisnis termasuk perusahaan asuransi komersial. Namun, penting untuk diingat bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membangun realitas baru ini.

 

Dibutuhkan merek, bisnis, individu, dan masyarakat untuk menuangkan pekerjaan dan uang ke dalam proyek ini. Tapi itu adalah proyek yang banyak pertimbangan mendasar harus dipertimbangkan untuk memastikan bahwa metaverse dan mungkin metaverse asuransi tumbuh subur.

Dalam tulisan kali ini, kami akan membahas dampak Metaverse terhadap asuransi umum (general insurance).

Sudah dapat dipastikan bahwa Metaverse dalam waktu singkat akan mempengaruhi dan merubah cara kerja dari industri asuransi umum. Agar tidak ketinggalan maka setiap pelaku industri asuransi umum perlu melakukan antisipasi dengan memahami Metaverse dan menggunakannya untuk kemajuan perusahaan.

Tulisan ini kami sarikan dari media online https://generalliabilityinsure.com/. Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Bagaimana Metaverse akan mengubah asuransi komersial?

Metaverse adalah jaringan lingkungan virtual yang akan menciptakan serangkaian risiko yang sama sekali baru bagi bisnis dan perusahaan asuransi saat mereka memasuki dunia maya yang berkembang ini.

Di bawah ini beberapa jawaban untuk umum yang bertanya bagaimana Metaverse akan mengubah asuransi komersial?

  1. Apa itu Digitalisasi Gelombang Kedua?
  2. Apa Arti Penggabungan Aset Dengan Produk Untuk Perusahaan Asuransi?
  3. Bagaimana Perusahaan Asuransi Bisnis Bisa Masuk ke Metaverse?
  4. Bagaimana Perusahaan Asuransi Bisnis Bisa Masuk ke Metaverse?

 

  1. Apa itu Digitalisasi Gelombang Kedua?

Dunia telah berada di jalur menuju digitalisasi lengkap sejak awal 1990-an. Misalnya, pada tahun 1991, jaringan seluler 2G pertama diluncurkan, dan itu diikuti oleh 5G 28 tahun kemudian, yang memperluas digitalisasi. 

Dengan adanya kemajuan berarti bahwa lebih banyak lingkungan, peristiwa, dan objek lain kita sekarang perlu didigitalkan dengan cepat jika belum, seringkali dalam berbagai format.

Digital Twins adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konten digital dan born-digital. Jadi, ke depan, bagi Metaverse untuk menangkap tidak hanya produksi di masa depan yang dinamis, kontemporer, dan mungkin, ada kebutuhan untuk semakin mendigitalkan elemen dari masa lalu.

Ada urgensi yang mendorong kebutuhan untuk membawa produk, konten, dan layanan ke platform on-demand untuk pelanggan terlepas dari apakah mereka memilih untuk terhubung dengannya melalui internet atau menggunakan beberapa jenis perangkat keras berkelanjutan lainnya.

Organisasi seperti yang menawarkan asuransi komersial harus menjalani apa yang disebut sebagai transformasi digital yang cepat di semua aspek personel, produk, budaya, dan layanan bisnis yang ditawarkan.

Jadi bagaimana Metaverse akan mengubah asuransi komersial? Kesempatan untuk menampilkan produk asuransi dan asuransi komersial ke pasar digital adalah sekarang. Perusahaan asuransi yang tidak melakukannya hari ini akan berakhir dengan mengejar ketinggalan ketika tiba saatnya untuk berpartisipasi dan mungkin mengambil keuntungan dari Metaverse.

  1. Apa Arti Penggabungan Aset Dengan Produk Untuk Perusahaan Asuransi?

Realitas Virtual (Virtual Reality)

Kita telah melihat inovasi pasar berlomba menuju evolusi aset dengan menggunakan avatar, model 3D, lingkungan spasial, dan realitas campuran. Kelas aset dapat bekerja sama dengan metadata untuk membantu membuat profil bisnis dan individu, yang kemudian akan mengisi Metaverse.

Tentu, banyak format yang mungkin dapat dimengerti oleh proprietary atau mungkin platform-spesifik. Meskipun ini akan dengan cepat meningkatkan inovasi, Metaverse juga akan menjadi portable, dan ada kebutuhan untuk interoperabilitas aset dan konten di antara mereka.

Dalam industri asuransi komersial, misalnya, aspek penting dari portabilitas akan mencakup penerbitan dan transparansi dokumentasi, mengidentifikasi secara unik untuk bisnis, dan penilaian risiko yang diporting ke Metaverse.

Semua ini perlu beroperasi dengan mulus, sehingga memungkinkan bisnis untuk mengajukan sesuatu seperti asuransi kompensasi pekerja atau asuransi kewajiban bisnis hampir seluruhnya melalui Metaverse karena semua informasi yang dibutuhkan sudah ada di sana.

Kemampuan untuk secara langsung mentransfer aset dari satu platform ke platform lainnya tanpa menggunakan layanan perantara akan menjadi kekuatan utama Metaverse, terutama ketika datang untuk menyediakan produk asuransi.

Penjamin asuransi harus bekerja dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang diperluas yang menggunakan model data umum untuk Metaverse. Model data umum yang ditingkatkan, seperti yang dikembangkan oleh Microsoft, menambahkan pendekatan holistik untuk manajemen data di Metaverse, yang, jika diadopsi oleh orang lain, akan membantu memperluas ekosistem.

  1. Bagaimana Metaverse akan mengubah asuransi komersial? 

Namun, agar hal ini bisa terwujud, perlu ada kerja sama dan kolaborasi lebih lanjut antara pemerintah, perusahaan asuransi, nirlaba, bank, dan entitas besar lainnya.

Metaverse juga harus lintas platform, yang berarti bahwa ia harus dapat bekerja di seluruh mitra dengan mulus. Hanya sekali yang terjadi bahwa pemilik bisnis akan dapat mengajukan permohonan asuransi, mendapatkan persetujuan, dan membuat klaim tanpa meninggalkan Metaverse.

Di sisi lain, perusahaan asuransi akan dapat bekerja dengan sejumlah besar data, menganalisis risiko dan menetapkan premi berdasarkan jumlah risiko yang terlibat. Ketika dipasangkan dengan kecerdasan buatan, ini akan bekerja lebih cepat daripada saat ini.

  1. Bagaimana Perusahaan Asuransi Bisnis Bisa Masuk ke Metaverse?

Metaverse sekarang ini masih dalam masa pertumbuhan. Sebagian besar perusahaan asuransi tidak akan melihat manfaat dan melompat langsung ke Metaverse karena belum terlihat prospeknya.

Namun, perusahaan asuransi secara umum, tentunya ingin mengembangkan strategi bagaimana mereka bisa mentransfer kegiatan mereka ke dunia maya sehingga bisnis mereka kompatibel dengan realitas virtual yang akan datang.

Mungkin hanya dalam tiga tahun, kita akan mulai melihat jumlah pekerjaan yang meroket di ribuan industri di Metaverse; banyak dari industri ini akan menjadi baru tetapi akan membutuhkan asuransi. 

Jika ada, perusahaan asuransi yang berpotensi menghasilkan triliunan dari peluang ini, tetapi hanya jika mereka menjadi yang pertama memulainya. 

Saat ini, strategi tersebut tampaknya bertujuan untuk membangun Metaverse di sekitar merk Anda. Itu berarti menciptakan keterlibatan berbasis pengguna dengan pengalaman digital yang imersif. 

Secara sederhana, perusahaan asuransi akan  mengotomatisasi, merampingkan, dan mendigitalkan setiap bagian dari proses. Banyak perusahaan asuransi sudah mengambil pendekatan ini, dan mereka yang melakukannya akan berada di depan.

Menciptakan analogi virtual dari produk asuransi bisa menjadi langkah pertama menuju penjualan asuransi bisnis sebagai produk dibandingkan dengan layanan di Metaverse. Dengan begitu, bisnis yang membuka toko di Metaverse atau individu yang mencari asuransi pribadi dapat membeli produk asuransi berdasarkan seberapa baik paket untuk menawarkan mereka bank terbaik untuk uang mereka.

 

Bagaimana Metaverse Akan Mengubah Asuransi Komersial?

Pasar ekonomi berbasis virtual akan bernilai lebih dari seratus miliar dolar. Mengingat bahwa itu sudah bernilai $ 50 miliar, jika tidak mengambil keuntungan dari potensi yang ditawarkan oleh Metaverse akan berarti bahwa perusahaan asuransi akan seperti perusahaan asuransi di masa lalu, akan berjuang untuk mengikuti teknologi.

Tidak seperti di masa lalu, ini bukan lagi pilihan karena Metaverse akan berkembang dengan atau tanpa perusahaan asuransi Anda!

Tulisan ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker. A smart insurance broker.

Untuk semua keperluan Asuransi Anda, selalu gunakan jasa L&G Insurance Broker!

Source: https://generalliabilityinsure.com/how-will-the-metaverse-change-commercial-insurance.html


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top