InsurTech

Hal-hal yang Diperhatikan dalam Pengembangan Insurtech

Pengembangan platform insurtech memang bisa dikatakan mengalami pertumbuhan yang positif, mengingat saat ini semuanya berorientasi pada platform digital. Insurtech yang merupakan kependekan dari Insurance Technology merupakan pengembangan asuransi dengan menggunakan teknologi terbaru yang saat ini adalah digital dan kemudahan aksesnya. Insurtech sering dikaitkan dengan fintech atau Financial Technology yang memiliki kesamaan bergerak di sektor keuangan seperti Insurtech.

Munculnya beberapa platform insurtech baru di Indonesia ini seolah-olah menjawab berbagai unek-unek atau keluhan masyarakat terhadap asuransi. Platform Insurtech mengisi celah kekurangan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat. Bagusnya, munculnya insurtech yang baru dan bukan berasal dari perusahaan asuransi, memicu perusahaan asuransi juga ikut berbenah terhadap segala bentuk layanan mereka. Dari mulai memperbaiki customer service tapi juga memperbaiki customer experience. Dan akhirnya sedikit demi sedikit, perusahaan asuransi juga mulai menguatkan posisi mereka di digital juga.

Beberapa yang harus diperhatikan ketika membangun insurtech, diantaranya adalah:

  1. Kemudahan akses

Banyak sekali model gadget yang saat ini digunakan masyarakat luas untuk akses menuju internet. Mulai dari laptop, smartphone, dan tablet, atau bahkan smart watch. Sebagai pengembang platform digital, semestinya memperhatikan beberapa gadget yang digunakan masyarakat tersebut. Kita ambil contoh mudah, jika kami melihat dari beberapa website yang kami kelola, tingkat kunjungan dari perangkat mobile mendominasi tingkat kunjungan, diikuti perangkat desktop (laptop/PC) diperingkat kedua, dan tablet diposisi terakhir. Hal seperti itu tentunya menunjukkan bahwa masyarakat saat ini lebih banyak yang akses menuju internet hanya dengan menggunakan mobile device mereka, bukti bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang mudah diakses dimanapun mereka berada. Oleh karena itu, perlu bagi beberapa pengembang insurtech, perlu diperhatikan juga bahwa jangan hanya terfokus pada bentuk website saja, tetapi juga pertimbangkan untuk menyiapkan mobile application juga. Atau minimal website yang tentunya mobile friendly, sehingga mudah dibaca dan diakses dari perangkat mobile.

  1. Kecepatan akses

Di jaman yang serba cepat, mobilitas yang serba cepat, dibutuhkan akses yang cepat juga ke berbagai layanan yang ada. Baik akses masuk ke mobile application ataupun website. Buatlah website dan mobile application dengan kecepatan buka (loading speed) yang secepat mungkin, karena itu akan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi. Punya produk yang bagus, tapi kecepatan bukanya lambat, tentunya orang akan bosan, dan meninggalkan aplikasi tersebut.

  1. Keamanan data

Baik Insurtech maupun Fintech, merupakan bisnis yang melibatkan banyak data-data yang sensitif. Misalkan nama lengkap, nama ibu kandung, alamat, nomor telepon, bahkan data kartu kredit juga tersimpan didalamnya. Tidak terbayang ketika data itu bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Iklan-iklan spam banyak menganggu nasabah, dan yang menyeramkan adalah bisa terjadi pencurian data kartu kredit dan digunakan untuk transaksi oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut yang tentunya sangat merugikan nasabah. Dan banyak model kejahatan yang lain yang bisa saja terjadi. Sekali platform anda kebobolan dengan masalah keamanan data, selesai sudah. Hal yang anda bangun dan impikan sebelumnya akan jatuh karena tingkat kepercayaan masyarakat akan turun. Dan butuh usaha yang lebih keras untuk memperbaikinya. Maka itu, siapkan beberapa lapis keamanan data insurtech anda, supaya data nasabah anda aman.

  1. Digital marketing
Baca Juga :   Bancassurance Di Era Digital

Ketika pengembang insurtech sudah memiliki website yang memadai, mobile application yang canggih, kecepatan akses yang bagus, dan keamanan data yang bagus, masih belum sempurna jika tidak ada masyarakat yang mengetahui. Untuk itu juga perlu dilakukan digital marketing.

Banyak teknik digital marketing yang bisa dilakukan, diantaranya adalah

  • Search Engine Optimisation

Menggunakan search engine untuk memasarkan produk kita merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebuah upaya untuk memposisikan website kita di posisi terdepan di search engine, dengan harapan masyarakat lebih mudah menemukan dan mengunjungi website kita.

  • Search Engine Ads

Untuk mendapatkan posisi yang bagus dengan SEO, memang memerlukan usaha dan waktu, karena semuanya itu dilakukan secara organik. Untuk memepercepat website kita berada di halaman pertama search engine, bisa juga kita gunakan Search Ads. Tapi perlu dicatat, bukan berarti ketika kita menggunakan search ads, akan mempengaruhi peringkat website kita dari sisi SEO, karena itu sudah berbeda algoritma.

  • Social Media Optimisation

Memiliki akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, LinkedIn merupakan hal yang wajib ada. Sekarang adalah eranya bersosialisasi melalui media sosial. Masyarakat banyak menghabiskan waktu di sosial media. Oleh karena itu, kita juga harus ada di setiap bentuk sosial media diatas.

Dengan merawat dan menjalankan akun sosial media secara teratur, akan meningkatkan engagement antara masyarakat terhadap pemilik akun. Sehingga dengan sosial media, kita bisa menggunakan sebagai media berkomunikasi kepada masyarakat, dan juga memberitahukan jika ada promo.

  • Social Media Ads

Untuk memperluas jangkauan sosial media, kita juga bisa gunakan Social Media Ads. Kita bisa pilih jenis audience yang sesuai dengan produk kita, dan kita bisa jangkau masyarakat yang lebih luas lagi, dan dengan audience yang tertarget.

Insurtech memang menjadi peluang yang masih bisa dikembangkan baik oleh perusahaan asuransi, broker asuransi, atau dari luar kalangan asuransi. Dan itu akan terus mendapatkan perbaikan, penambahan fitur, sehingga nantinya insurtech di Indonesia menjadi semakin lengkap. Dan masyarakat pun bisa menikmati layanan asuransi dimanapun dan kapanpun.

Artikel ini dipersembahkan oleh Ligasys, Smart Broker Insurance

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top