Asuransi Properti

Bagaimana cara mendapatkan asuransi terbaik untuk rumah Mewah?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Setelah sebelumnya kami banyak membahas tentang resiko dan jaminan asuransi untuk perusahaan, kini saatnya kami juga membahas tentang jaminan asuransi untuk perorangan. 

Dalam uraian berikut ini, Anda akan melihat seperti apa jaminan asuransi yang pas untuk rumah mewah beserta dengan isinya. 

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan segera kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Sebagai broker asuransi atau konsultan asuransi kami tertarik untuk membahas masalah ini karena ada kecenderungan pembangunan rumah mewah semakin meningkat tapi sayangnya jaminan asuransi yang memadai untuk melindungi aset dengan nilai yang begitu besar itu belum banyak tersedia.

 Jika mengacu kepada ukuran di Amerika, rumah yang masuk dalam kelompok rumah mewah atau rumah Sultan adalah rumah dengan nilai minimal USD 750,000 atau sekitar Rp. 10,000,000,000. Yang mana di Indonesia rumah dengan harga seperti itu jumlah banyak sekali, baik yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Serpong, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Makassar dan di kota-kota besar lainnya. 

Untuk rumah dengan nilai sebesar itu, terus terang jaminan polis asuransi standar yang ada belum dapat memberikan perlindungan yang memadai. Karena rumah mewah selain kualitas bangunannya yang tinggi dan isi didalamnya terdapat barang-barang mewah milik pribadi seperti barang elektronik, jam tangan, barang antik, seni, dan perhiasan perlu jaminan asuransi yang maksimal. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah program asuransi khusus untuk rumah mewah milik para Sultan.

Selain itu kini ada juga kecenderungan rumah juga difungsikan sebagai kantor akibat dari kebijaksanaan Work From Home (WFH) akibat dari wabah COVID-19. Rumah direnovasi menjadi ruang kantor dan dilengkapi dengan peralatan kantor. Nilai rumah dan isinya meningkat.

Sebagai dampak dari kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesat, semakin mudah bagi seseorang untuk meraih sukses dalam bisnis dan karir, mereka bisa menjadi kaya raya dalam usia yang masih sangat muda. Mereka sukses menjadi youtuber, content creator, production house, instagram, e-commerce, marketplace, import/export, software house dan banyak pengusaha ekonomi kreatif lainnya yang menghasilkan pendapatan miliaran rupiah setiap bulannya. 

Jumlah orang kaya seperti ini jumlahnya ribuan di seluruh Indonesia. Mereka sekarang mendapat panggilan kehormatan sebagai seorang “Sultan”

Sebagai imbalan atas kesuksesan mereka, para Sultan ini membeli rumah mewah lengkap dengan segala fasilitas yang canggih. Mereka juga memiliki barang-barang mewah dan mahal yang disimpan di dalamnya. Selain itu mereka juga mempunyai mobil mewah dalam jumlah yang banyak. 

Dilihat dari sudut manajemen resiko, dengan memiliki aset yang nilainya sedemikian besar, para Sultan menghadapi beberapa resiko yang jika tidak dikelola dengan baik dapat mendatangkan kerugian kepada mereka. 

Untuk membantu para Sultan dalam mengamankan harta-benda mereka, sebagai ahli broker asuransi atau konsultan asuransi kami ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan kami di seputar resiko yang dapat menimpa mereka setiap saat. 

Polis asuransi rumah biasa yang ada saat ini belum cukup untuk memberikan perlindungan yang maksimal. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah program asuransi khusus yang dapat menjamin berbagai resiko yang timbul yang berkaitan dengan kepemilikan rumah mewah dan sekaligus dapat  menjamin isi rumah.

Untuk mengetahui tantangan dalam menyusun program asuransi untuk rumah mewah, berikut ini kami tuliskan beberapa hal penting:

  • Nilai Pertanggungan yang besar

Nilai pertanggungan tinggi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan asuransi. Karena biasanya perusahaan asuransi mempunyai keterbatasan dalam menerima besarnya nilai yang diasuransikan. Sehingga perusahaan asuransi tidak bisa memberikan jaminan asuransi secara langsung. Mungkin perusahaan asuransi akan menyusun jaminan reasuransi terlebih dahulu atau dengan mengajak beberapa perusahaan asuransi untuk menjamin.

  • Jaminan Asuransi yang lebih luas 

Polis asuransi rumah  mewah jaminannya seharusnya jauh lebih luas dari jamin polis asuransi biasa. Untuk bisa memberikan jaminan yang lebih luas perlu beberapa informasi tambahan, analisa resiko yang lengkap sehingga perusahaan asuransi memahami potensi resiko yang ada.

  • Apa saja manfaat asuransi Rumah Mewah?
Baca Juga :   Mengapa Anda kini semakin memerlukan jaminan Homeowners Insurance?

Dengan adanya asuransi rumah berarti investasi dan aset Anda terlindungi jika terjadi kecelakaan yang tak terduga. 

Dengan adanya Polis asuransi rumah dan isinya dapat memberikan ketenangan pikiran jika terjadi sesuatu yang tidak terduga – seperti kebakaran, perampokan, pencurian, badai, ledakan, gempa bumi, pohon tumbang, angin topan, banjir, tanah longsor atau kebakaran  Anda dapat mengklaim biaya perbaikan dan kehilangan yang terjadi kepada perusahaan asuransi.

Dengan adanya jaminan asuransi, Anda tidak perlu membayar seluruh biaya kerusakan untuk memperbaiki rumah Anda. Perusahaan asuransi yang akan mengganti. 

  • Jaminan Atas isi rumah 

Jaminan asuransi seharusnya tidak hanya atas bangunan dan fasilitasnya akan tetapi juga atas harta benda yang menjadi harta kesayangan pemilik rumah mewah, seperti barang-barang pribadi yang mahal.

  • “All Risks”

Jaminan asuransi yang terbaik untuk rumah Sultan adalah dengan kondisi “All Risks”. Artinya apa pun kecelakaan dan kehilangan yang terjadi dan tidak secara khusus dikecualikan, polis akan menjamin antara lain:

    • Biaya penggantian 

Jika anda dapat memilih untuk mengasuransikan barang-barang Anda berdasarkan nilai pasar (Actual Market Value) atau berdasarkan “biaya penggantian” Replacement Value. Menggunakan prinsip biaya penggantian (replacement value) jauh lebih baik karena perusahaan asuransi akan mengganti Anda dengan barang-barang baru sebagai pengganti barang lama yang rusak atau hilang.  Misalnya  satu set furniture kamar tidur yang rusak diganti dengan yang baru. Sementara dengan menggunakan nilai tunai aktual Anda hanya akan mendapatkan penggantian setelah adanya biaya penyusutan sehingga Anda anda terpaksa harus mengeluarkan uang untuk membeli furniture yang baru.

    • Tanggung Jawab Hukum 

Jaminan asuransi tanggung jawab hukum penting bagi pemilik rumah mewah yang memiliki aset dengan nilai yang signifikan karena Anda memiliki banyak potensi akan menimbulkan terjadinya timbulnya gugatan dari pihak ketiga. Selain itu Anda juga bisa menjadi sasaran empuk dan target yang menarik untuk mendapatkan tuntutan hukum.

Polis asuransi rumah mewah atau rumah  Sultan dapat juga diperluas dengan  memberikan jaminan tanggung jawab hukum, sama seperti polis standar, dan Anda dapat memilih batas pertanggungan. Jaminan polis tanggung jawab hukum juga dapat memberikan biaya pembelaan hukum untuk Anda. 

Asuransi tanggung jawab hukum juga dapat memberikan perlindungan atas cedera pribadi (untuk pencemaran nama baik, fitnah dan pencemaran nama baik) yang biasanya hanya tersedia melalui polis asuransi tanggung jawab hukum khusus.

    • Asuransi banjir 

Polis asuransi rumah yang standar tidak termasuk asuransi banjir. Dengan paket asuransi “All Risks” jaminan akibat banjir dapat dijamin. Selain resiko banjir resiko lain yang berkaitan dengan banjir seperti angin topan, badai, tanah longsor dan kerusakan karena air juga dapat dijamin dengan perluasan jaminan banjir. 

    • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami

Indonesia termasuk ke dalam kawasan yang rawan terjadinya gempa bumi. Oleh karena itu asuransi rumah mewah seharusnya juga menjamin resiko gempa bumi. Jaminan asuransi bisa digabungkan ke dalam asuransi “All Risks”

    • Pencurian dan Pembongkaran

Jaminan ini penting untuk melindungi barang-barang yang berada di dalam rumah atau sering disebut dengan “contents’. Berisi barang-barang berharga yang rawan untuk dicuri dan dirampok.

    • Menggunakan Jasa Broker Asuransi 

Broker asuransi dengan pengetahuan dan pengalamannya dapat merancang program asuransi yang luas sehingga memberikan perlindungan maksimal kepada pemilik rumah mewah.

Broker asuransi mempunyai hubungan yang luas di dalam industri asuransi sehingga bisa bernegosiasi dengan beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Selain itu broker asuransi juga berperan sebagai Advocate atau pengacara jika terjadi klaim asuransi. Broker asuransi yang maju mewakili pemilik rumah untuk mendapatkan penggantian klaim.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker. Mereka sudah berpengalaman mengasuransikan berbagai object bangunan, pabrik, hotel, mall dan rumah mewah di seluruh Indonesia.

Untuk asuransi rumah Anda hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top