Serba Serbi Asuransi

Perekonomian Mulai Pulih, Masyarakat Tajir Mulai Belanja Asuransi

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, kabar baik kembali datang dari industri asuransi. Berdasarkan penelitian baru-baru ini, masyarakat khususnya mereka yang berada pada kalangan menengah keatas makin sadar dengan kebutuhannya akan asuransi, hal ini tentu sejalan dengan keadaan ekonomi yang kian membaik, Sejumlah indikator menunjukkan produk-produk pilihan orang kaya tumbuh pada kuartal 1/2021

Melansir dari Bisnis.com,  Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menjelaskan bahwa kepercayaan konsumen, termasuk di segmen masyarakat kelas kakap mulai meningkat. Hal tersebut terjadi pada kuartal I/2021 dan terus berlanjut pada kuartal II/2021 ini.

Menurut Bhima, orang-orang kaya yang sebelumnya banyak menabung sudah mulai banyak menggeserkan dananya ke investasi dan asuransi. Produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit-linked menjadi pilihan orang berdompet tebal.

Memang mereka melihat situasi ekonomi, pemulihan ini menjadi momentum untuk masuk ke dalam produk asuransi yang digabungkan dengan investasi, kayanya mulai populer lagi,” ujar Bhima kepada Bisnis, Selasa (8/6/2021) malam.
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa pada kuartal I/2021 perolehan premi industri mencapai Rp57,45 triliun. Jumlahnya tumbuh 28,5 persen (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan sebelumnya senilai Rp44,72 triliun. 

Apabila ditinjau dari jenis pembayarannya, pada kuartal I/2021 sumber premi terbesar berasal dari premi tunggal yang mencapai Rp30,61 triliun atau melesat 59,9 persen (yoy) dari Rp19,14 triliun. Premi reguler tercatat senilai Rp26,64 triliun atau naik 4,9 persen (yoy) dari Rp25,57 triliun, posisinya tersalip oleh premi tunggal. 

Menurut Bhima, data itu cukup menunjukkan adanya kecenderungan orang-orang kaya membeli asuransi. Misalnya, premi tunggal yang berarti premi dibayar sekaligus di awal, biasanya dibeli oleh masyarakat kelas atas.

“Saya melihat pelajaran paling penting selama masa pandemi ini bahwa kesehatan itu sangat mahal biayanya, artinya orang-orang kaya yang masih punya uang itu justru akan memburu asuransi lebih tinggi dibandingkan masa sebelum Covid-19, untuk mengantisipasi risiko kesehatan. Ditambah minat berinvestasinya meningkat,” ujar Bhima. 

Selain itu, dia menilai bahwa deposan-deposan kelas kakap lebih nyaman dengan layanan keuangan di perbankan, sehingga banyak di antara mereka memilih membeli asuransi melalui kanal bancassurance. Sejalan, data AAJI pun menunjukkan adanya kenaikan pendapatan premi dari kanal tersebut. 

Dilihat dari sisi saluran distribusi, pertumbuhan terbesar terjadi di kanal bancassurance. Perolehan premi kanal itu pada kuartal I/2021 mencapai Rp30,47 triliun, melesat hingga 55,9 persen (yoy) dari sebelumnya Rp19,54 triliun. Perolehan premi kuartal I/2021 dari saluran alternatif mencapai Rp10,8 triliun atau tumbuh 35 persen (yoy), sedangkan dari kanal keagenan senilai Rp16,15 triliun terkoreksi 5,8 persen (yoy).

Semoga berita yang kami bagikan diatas dapat membangun semangat baru dan harapan bagi Anda khususnya sebagai pelaku industri asuransi. 

Tak lupa kami ingatkan, untuk mendapatkan jaminan asuransi umum terbaik, selalu gunakan jasa Broker asuransi yang merupakan ahli asuransi yang mendapat izin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membantu para nasabah yang memerlukan jaminan asuransi. Broker asuransi akan merancang polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, bernegosiasi dengan beberapa perusahaan asuransi dan membantu penyelesaian klaim asuransi jika terjadi.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker. Untuk semua keperluan asuransi perusahaan Anda hubungi sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

Baca Juga :   2,8 Juta Nasabah Tutup Polis Asuransi Unit Link, Ada Apa?

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top