Asuransi Pertambangan

Apa saja jenis asuransi yang dibutuhkan untuk Tambang dan Pabrik Nikel?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Berbicara tentang manajemen risiko dan asuransi memang tidak ada habisnya karena setiap kegiatan bisnis selalu memiliki risiko.

Beberapa risiko tidak dapat dihindari, dan harus ditanggung. Namun di sisi lain, beberapa risiko dapat ditransfer ke pihak lain, yang disebut transfer risiko. Mekanisme transfer risiko disebut pertanggungan asuransi.

Untuk kesuksesan sebuah bisnis, sebisa mungkin setiap risiko yang ada harus dialihkan sehingga beban risiko tidak semua menjadi tanggung jawab Anda. Namun, dibutuhkan kerja keras untuk berbagi risiko; Untuk itu, diperlukan pendampingan dari tenaga ahli asuransi.

Bisnis Nikel 

Seperti yang kita ketahui, saat ini terjadi pergeseran penggunaan kendaraan bermotor dari kendaraan berbasis bahan bakar fosil ke kendaraan yang menggunakan tenaga listrik, atau disebut kendaraan listrik.

Bahan utama untuk kendaraan listrik adalah baterai listrik yang terbuat dari nikel. Untuk kebutuhan tersebut, saat ini terdapat aktivitas yang begitu tinggi di industri pertambangan nikel, mulai dari kegiatan pertambangan, proses feronikel, perkapalan dan pembangunan pabrik baterai, serta industri pendukung lainnya.

Miliaran dolar telah dan akan digelontorkan untuk merealisasikan rencana ini.

Di sebuah balik kesempatan, selalu ada risiko; Ada risiko bisnis yang tidak bisa dikendalikan oleh pelaku usaha. Akan ada risiko fisik, seperti kecelakaan, bencana alam, dan kerusuhan.

Bayangkan jika investasi pabrik nikel dengan nilai ratusan juta dolar tiba-tiba hancur oleh ledakan dari salah satu tangki kimia. Atau kebakaran parah yang merusak mesin dan bangunan karena korsleting listrik. Sebuah bangunan pabrik bergeser dan terkubur oleh tanah longsor.

Apa dampak dari kecelakaan ini? Kerugian jutaan dolar!

Misalnya, Pada Januari 2023 lalu, PT Gunbuster Nickel Industry Indonesia mengalami ledakan, yang memaksa pabrik untuk berhenti beroperasi untuk reparasi dan memicu ribuan karyawan untuk memprotes.

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin membahas analisis risiko dan program asuransi yang diperlukan untuk industri pertambangan dan pengolahan nikel.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan kolega Anda sehingga mereka mengerti seperti yang Anda pahami.

Memahami Potensi Industri Nikel

Sebagai produsen nikel terbesar di dunia dan negara dengan cadangan nikel yang sangat besar, Indonesia menyadari peluang ekonomi yang diberikan perkembangan ini dan semakin berfokus untuk menarik investasi dalam kapasitas produksi di sepanjang rantai pasokan EV.

Strategi nikel Indonesia harus dilihat dari peran penting mineral dalam transisi energi. Strategi nikel Indonesia merupakan bagian dari strategi pembangunan berbasis komoditas negara.

Indonesia bertujuan untuk menarik investasi di smelter dan pabrik pengolahan dan dengan demikian menambah nilai pada cadangan nikelnya dibandingkan dengan hanya mengekspor bijih nikel.

Selama beberapa tahun terakhir, negara ini telah mengembangkan rantai pasokan baja yang terintegrasi penuh dan ingin menjadi pusat produksi baterai.

Produk nikel terkait baja dan baterai sangat berbeda dan umumnya membutuhkan bahan baku nikel lainnya, proses manufaktur, dan pabrik. Produksi katoda baterai biasanya membutuhkan produk Kelas 1 yang mengandung minimal 99,8 persen nikel.

Meskipun Indonesia kaya akan sumber daya bijih laterit yang merupakan bahan baku yang cocok untuk produk Kelas 2 yang digunakan dalam produksi baja, Indonesia tidak memiliki sumber daya bijih sulfida, yang umumnya cocok untuk memproduksi nikel Kelas 1.

Bagaimana cara memproses bijih nikel selangkah demi selangkah?

Agar kita dapat memahami risiko yang dihadapi oleh industri nikel, mulai dari pertambangan hingga produksi, kita perlu memahami proses kerja industri nikel. Dengan demikian, kita dapat menganalisis risiko, membuat manajemen risiko, dan mengatur program asuransi.

  1. Pertambangan

Nikel dari bijih laterit diekstraksi melalui metalurgi ekstraktif. Ini diekstraksi dari bijihnya melalui metode pemanggangan konvensional yang menghilangkan kelembaban bijih. Selanjutnya, nikel oksida dihilangkan dengan tungku reduksi, secara dramatis mengurangi air yang terikat bahan kimia. Menghasilkan 75% bentuk nikel murni.

Nikel yang ditambang dari bijih laterit ditambang dari berbagai kedalaman di bawah permukaan menggunakan peralatan penggerak bumi yang besar. Jenis bijih lain yang mengandung nikel, bijih sulfidic, biasanya ditemukan dalam kombinasi dengan bijih tembaga dan ditambang di bawah tanah.

Tambang adalah tempat kerja yang berbahaya, jadi Anda perlu menerapkan prosedur keselamatan yang tepat atau berisiko membahayakan pekerja. Saat Anda melakukan onboarding kontraktor Anda, pastikan mereka menerima orientasi yang berkualitas. Ada berbagai bahaya dalam penambangan nikel dan penambangan logam pada umumnya.

Jenis kecelakaan yang dapat terjadi selama penambangan:

  • Ledakan yang disebabkan oleh peledakan lokasi penambangan.
  • Penggalian dan pengangkutan bijih nikel ke timbunan
  • Tabrakan antar peralatan
  • Cedera tubuh dan kematian
  • Bahaya alam, banjir, kerusakan air, topan, gempa bumi, letusan gunung berapi
  • Polusi dan kontaminasi
  • Lain

 

  1. Washing nickel ore

Bijih nikel laterit terutama ada dalam endapan sapropelik, dan kandungan nikel laterit meningkat dengan kedalaman. Bijih nikel mentah selalu disertai dengan tanah liat dan kotoran. Proses pencucian bijih dapat menghilangkan tanah liat dan kotoran sebelum operasi penghancuran dan penerima manfaat, yang meningkatkan efisiensi operasi dan membantu mendapatkan konsentrat nikel bermutu tinggi.

Peralatan cuci bijih yang digunakan dalam bijih laterit terutama adalah mesin cuci sekrup bahan kasar dan halus. Ini dapat membantu Anda mewujudkan pencucian, klasifikasi, dan dewater bijih nikel laterit dengan -10mm atau 3/8″ sekaligus.

Dibandingkan dengan mesin cuci bijih lainnya, mesin cuci sekrup dapat mempertahankan lebih banyak produk berukuran halus karena desain unik unit pemulihan pasir, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi pencucian.

  1. Crushing ore with optimal crushing equipment-cone crushers

Proses penghancuran diperlukan karena ketika bijih nikel laterit mentah digali, sering disertai dengan batuan kolumnar dengan pelapukan yang tidak lengkap dan ukuran besar.

Setelah dihancurkan, blok besar bijih nikel akan dikurangi menjadi ukuran kecil, yang idealnya menghindari pemblokiran mesh layar.

Cone crusher adalah mesin terbaik untuk menghancurkan bijih nikel. Prinsip penghancuran laminasi membuat bentuk partikel produk merata dan sangat baik. Dalam prosesnya, penghancur kerucut primer dapat mengurangi ukuran material menjadi -5 inci, dan kemudian penghancur kerucut kepala pendek berkurang menjadi -1/2″ panjangnya.

Berbagai jenis ruang penghancur melakukan kemampuan beradaptasi yang tinggi. Dan fitur yang paling menonjol adalah perpindahan kepalanya yang besar memungkinkan volume aliran material yang lebih besar di setiap lingkaran.

  1. Grinding the nickel ore by ball mills

Setelah dihancurkan oleh penghancur kerucut, bijih nikel digiling hingga -100 mesh di pabrik bola.

Pabrik bola digunakan untuk bijih gerinda basah atau kering dan bahan baku lainnya; Ini dapat memberikan penggilingan akhir yang terkontrol dan menghasilkan pakan flotasi dengan ukuran yang seragam. Ini dioperasikan dalam sirkuit tertutup dengan perangkat pengukuran ukuran partikel dan siklon kontrol ukuran, yang dapat mengirim bahan ukuran yang benar ke flotasi.

  1. Wet magnetic separation and froth flotation

Pemisahan magnetik basah diterapkan untuk mendapatkan pirhotit yang terpisah. Setelah proses itu, pyrrhotite dengan -100 tidak memenuhi persyaratan flotasi buih, yang berarti bahwa itu harus dikurangi menjadi -200 mesh dalam ball mill, dan klasifikasi dapat dicapai dengan layar dan siklon.

  1. Magnetic separation and froth flotation of nickel ore

Langkah selanjutnya adalah mengirim -200 mesh pyrrhotite ke peralatan flotasi buih yang dapat menghasilkan konsentrat nikel 3%. Tapi itu bukanlah akhir; Bijih nonmagnetik kiri harus dikirim ke serangkaian sel flotasi yang lebih kasar dan lebih bersih, dan dari situ, Anda bisa mendapatkan sekitar 31% konsentrat tembaga.

Dan akhirnya, tailing juga dapat digunakan untuk memulihkan nikel dengan dikirim ke sel flotasi lain; Dengan demikian, konsentrat tersebut digabungkan dengan konsentrat nikel 3% untuk menghasilkan konsentrat nikel 12%.

  1. Rotary kiln -electric furnace reduction process

Bijih nikel mengandung sejumlah besar kelembaban, sehingga pengeringan diperlukan. Pengering putar biasanya digunakan untuk menghilangkan air bebas dari bijih nikel yang dihancurkan. Setelah bijih nikel dikeringkan, bijih tersebut diproses dalam rotary kiln untuk menghilangkan kelembaban yang terikat secara kimiawi dan komponen oksida dari bijih tersebut. Proses itu disebut pra-reduksi. Untuk menghindari pembentukan olivin di atas 800 °C, rencana akhir adalah mengendalikannya pada 770 °C di rotary kiln.

  1. Calcining nickel ore

Peleburan Reduksi Setelah diproses oleh rotary kiln, nikel selanjutnya dikurangi dan dilebur dalam tungku listrik.

Saat menyelesaikan langkah peleburan, bahan akan dimasukkan ke dalam pendingin putar di ujung silinder dan didinginkan secara langsung. Produk nikel akhir dibuang di ujung yang lain dengan menghujani material melalui aliran udara dingin atau menyemprotkan air ke permukaan eksternal silinder.

Pengembangan tambang nikel laterit perlu mempertimbangkan perbedaan jenis bijih nikel, kandungan kobalt, dan pasokan lokal bahan bakar, air, listrik, dan reagen kimia.

Dari perspektif global, Pre-reduction Rotary Kiln &Electric Furnace Reduction masih dominan dalam pengembangan tambang nikel laterit.

  1. Extraction and refining

Ekstraksi nikel dari bijih mengikuti rute yang sama dengan tembaga, dan dalam beberapa kasus, proses dan peralatan serupa digunakan.

Perbedaan signifikan dalam peralatan adalah penggunaan refraktori suhu yang lebih tinggi dan peningkatan pendinginan yang diperlukan untuk mengakomodasi suhu operasi yang lebih tinggi dalam produksi nikel.

Proses spesifik tergantung pada apakah bijih itu sulfida atau laterit. Dalam kasus sulfida, reaksi oksigen dengan besi dan belerang dalam bijih memasok sebagian dari panas yang dibutuhkan untuk peleburan. Bijih oksida, di sisi lain, tidak menghasilkan panas reaksi yang sama, sehingga perlu penggunaan energi dari sumber lain untuk peleburan.

The risks and accidents of Nickle processing plants

Terlepas dari potensi bahaya selama proses penambangan dan pengangkutan bijih nikel ke lokasi pabrik pengolahan, kini kita melihat kembali potensi risiko dan kecelakaan yang dapat terjadi dalam proses pengolahan bijih nikel.

Berikut beberapa risiko yang bisa terjadi:

  1. Fire, explosion, lightning, hit by vehicles and heavy equipment.

Kebakaran di pabrik nikel dapat terjadi karena bahan kimia yang disimpan secara luas digunakan untuk pemrosesan nikel. Korsleting listrik juga dapat menyebabkan kebakaran. Perlu diketahui bahwa pabrik pengolahan nikel membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar.

Selain itu, kebakaran juga bisa disebabkan oleh sumber api dari luar pabrik, seperti semak belukar, sampah, dan lainnya.

Explosion

Ledakan dapat disebabkan oleh reaksi kimia atau sifat bahan kimia yang mengandung bijih nikel yang dapat bereaksi dengan bahan lain.

Lightning

Tergantung pada lokasinya, setiap bangunan memiliki risiko tersambar petir, dekat dengan daerah hujan dengan curah hujan tinggi.

Hit by a vehicle.

Karena bijih nikel diangkut oleh truk-truk besar dalam jumlah besar, maka kendaraan bisa lepas kendali dan menabrak bangunan pabrik, gudang, dan fasilitas pendukung lainnya.

  1. Natural disasters (earthquakes, volcanic eruptions, floods, landslides, hurricanes)

Secara umum, lokasi pabrik pengolahan nikel berada di daerah dengan risiko gempa yang tinggi. Selain itu, juga berada di daerah rawan banjir dan longsor.

  1. Melee

Kegiatan pabrik pengolahan nikel membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga berpotensi terjadi gesekan yang menyebabkan kerusuhan antara sesama pekerja dan pengusaha.

Selain itu, ada juga potensi gesekan dengan warga sekitar pabrik akibat dampak kehadiran pabrik yang menyebabkan gangguan seperti pencemaran air, udara, dan suara.

  1. Engine Breakdown due to operations

Komponen mekanik dan listrik dari pabrik pengolahan nikel dapat rusak selama operasi. Banyak penyebabnya antara lain kesalahan operator, masalah perawatan, beban tinggi, arus listrik tidak stabil, dan lain-lain.

  1. Lawsuits

Masyarakat sekitar dapat menuntut perusahaan secara hukum atas kesalahan dan kelalaian yang menyebabkan kerusakan, kehilangan, cedera kecelakaan, dan kematian.

Misalnya, karena timbunan, aliran air tertanggung menyebabkan banjir yang merusak rumah warga. Warga menggugat perusahaan untuk mengganti kerugian yang dideritanya.

  1. Employee Work Related Accidents

Hampir setiap saat, ada potensi kecelakaan kerja yang menyebabkan cedera, penyakit, kecacatan, bahkan kematian.

  1. Loss of income due to accidents

Kegiatan perusahaan dapat berhenti karena kecelakaan yang dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Akibatnya, perusahaan kehilangan pendapatan yang diharapkan.

What are the types of Insurance for Nickle Plant?

Program asuransi yang komprehensif diperlukan untuk mengamankan investasi dan mengatasi  dampak lingkungan yang begitu besar.

Berikut adalah beberapa jenis asuransi yang diperlukan oleh perusahaan pertambangan dan pengolahan nikel;

 

Bagaimana cara mengatur asuransi untuk Nickle Mining and Plant di Indonesia?

Penambangan Nickle dan pabrik nikel adalah investasi besar dengan risiko tinggi. Hanya beberapa perusahaan asuransi yang dapat melindungi pabrik nikel.

Perlu keahlian unik dalam merancang pertanggungan asuransi yang paling sesuai dan menempatkannya di banyak perusahaan asuransi, lokal dan internasional.

Untuk itu, Anda membutuhkan bantuan dari ahli asuransi dengan pengalaman luar biasa dalam risiko pertambangan.

Pialang asuransi adalah ahli asuransi yang bekerja untuk keuntungan Anda. Mereka merancang program asuransi yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda—bernegosiasi dengan beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan jaminan maksimal dengan biaya premi yang paling kompetitif.

Dan tugas paling kritis dari broker asuransi adalah bahwa jika terjadi kecelakaan, broker akan membantu Anda menyelesaikan kompensasi klaim dari saat kejadian hingga realisasi pembayaran dari perusahaan asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka di Indonesia dengan banyak pengalaman di bidang mining risk adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi tambang Anda, hubungi L&G hari ini!

Sources:

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!