Asuransi Pertambangan

Mengapa Asuransi Public Liability Insurance penting untuk industri pertambangan?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap semoga bisnis Anda berjalan lancar. 

Mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai manajemen risiko dan asuransi. Kali ini kita akan membahas risiko tanggung jawab hukum di sektor pertambangan. 

Sebagai broker asuransi yang berfokus pada industri pertambangan, kami sering mendapatkan permintaan asuransi tanggung jawab hukum dari beberapa perusahaan.

Di antara mereka, beberapa mengatakan mereka membutuhkan jaminan asuransi tanggung jawab publik untuk memenuhi persyaratan kontrak. 

Mereka tidak melihat bahwa perlindungan asuransi publik jauh lebih penting dari itu karena jika kontraktor atau pemilik melakukan kesalahan dan kelalaian di area pertambangan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang substansial, cedera, kecacatan, dan bahkan kematian bagi pihak ketiga, mereka akan menghadapi tuntutan yang sangat besar.

Pada artikel ini, kita akan membahas ini secara lengkap. Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan kolega Anda sehingga mereka juga mengerti seperti Anda.

Asuransi tanggung jawab publik sangat penting untuk melindungi pemilik atau kontraktor pertambangan. Dalam industri seperti pertambangan, risiko kecelakaan tidak hanya tinggi, tetapi jumlah kemungkinan kerusakannya sangat besar. 

Biaya kerusakan ini (berpotensi termasuk hilangnya pendapatan berkelanjutan untuk tambang) bisa mengejutkan.

Indonesia kaya akan potensi pertambangan mulai dari batu bara, nikel, bauksit, emas, bijih besi, dan lain-lain. Ini memiliki banyak area pertambangan yang perlu dilindungi oleh polis asuransi tanggung jawab publik. 

Pengertian Asuransi Tanggung Jawab Publik (Public Liability Insurance)

Public Liability Insurance atau asuransiTanggung jawab publik adalah asuransi untuk bisnis dari semua ukuran di berbagai industri, termasuk pertambangan. Ini mencakup jika publik mengklaim bahwa mereka telah terluka atau properti mereka rusak karena kegiatan bisnis Anda.

Jenis asuransi ini dirancang untuk melindungi pemilik bisnis dari klaim yang mengakibatkan proses hukum. Jika klaim menjadi masalah hukum, polis akan menanggung biaya pengeluaran ini, termasuk kompensasi yang harus Anda bayarkan.

Klaim tanggung jawab publik dapat muncul dari beberapa keadaan, tetapi kelalaian adalah pemicu utamanya. Pelanggan mungkin tersandung pada permukaan yang tidak rata di tempat Anda, atau anggota masyarakat dapat melukai diri mereka sendiri pada peralatan Anda. 

Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa otoritas, pemilik proyek, atau organisasi mungkin mengharuskan Anda memiliki besarnya jaminan asuransi tanggung jawab publik dengan jumlah tertentu. 

Oleh karena itu, kebijakan tidak hanya melindungi Anda dari kesalahan sebelumnya – tetapi juga dapat membantu Anda mengamankan peluang bisnis baru.

Bagaimana cara kerja asuransi tanggung jawab publik?

Apa pun bidang pekerjaan penambangan yang Anda jalani selalu memiliki risiko. Jika bisnis Anda melibatkan interaksi dengan anggota masyarakat, ada kemungkinan ada yang tidak beres.

Jika seseorang berpikir kegiatan bisnis Anda telah merugikan mereka, ada kemungkinan mereka akan menuntut kompensasi – dan jika Anda terbukti bertanggung jawab secara hukum, Anda dapat diperintahkan untuk membayar sejumlah uang yang serius. 

Di situlah asuransi tanggung jawab publik masuk. Dengan asuransi, penyedia Anda akan membayar biaya tambahan apa pun, menjaga keuntungan Anda tetap aman.

Jika Anda tidak memiliki public liability insurance, apa yang akan terjadi?

Anda harus membayar semua biaya tersebut jika Anda tidak memiliki asuransi. Pengacara bisa mahal, dan pembayaran kompensasi bisa mencapai jutaan – dan tanpa asuransi, semua itu harus keluar dari dana perusahaan langsung dari saku Anda. 

Tanpa asuransi, klaim ini dapat dengan cepat menjadi bangkrut: semua yang telah Anda kerjakan dapat lenyap dalam semalam.

Tetapi jika Anda diasuransikan, Anda hanya perlu membayar sedikit kelebihan beberapa ratus dolar untuk klaim apa pun. Perusahaan asuransi Anda akan menangani sisanya, melindungi bisnis Anda selama bertahun-tahun.

Apa Tanggung Jawab Hukum bagi pemilik tambang dan mineral?

Kepemilikan tambang dan mineral biasanya dianggap sebagai aset, tetapi dalam beberapa kasus, itu juga bisa menjadi kewajiban/beban yang potensial.

Wilayah pertambangan memiliki potensi mineral  dan  batubara dan tidak terikat oleh pembatasan administratif pemerintah yang merupakan bagian dari rencana tata ruang nasional.

Istilah memiliki arti hukum tertentu, paling baik digambarkan sebagai “seluruh ruang yang mengandung mineral di dalamnya.” Dalam banyak kasus, kepemilikan kamar akan terus berlanjut bahkan setelah penghapusan semua mineral. Hak kamar ini dapat mengakibatkan kewajiban kepada pihak ketiga.

Di bawah ini adalah ringkasan dari beberapa masalah potensial dalam kewajiban pertambangan – meskipun setiap kasus perlu dipertimbangkan berdasarkan kemampuannya sendiri.

Statutory Nuisance

Setiap tempat di dalam suatu negeri seperti itu yang dianggap membahayakan kesehatan atau gangguan dianggap sebagai gangguan hukum. 

Beberapa Otoritas Lokal telah mempertimbangkan bahwa penurunan yang disebabkan oleh runtuhnya tambang memenuhi definisi itu (di mana publik memiliki akses ke tanah yang runtuh).

Di Indonesia mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia, nomor 3, 2O2O, tentang pertambangan mineral dan batubara. 

Private Nuisance

Gangguan pribadi melibatkan campur tangan dengan penggunaan dan kenikmatan pihak ketiga atas tanah mereka.

Salah satu gangguan tersebut bisa jadi adalah kekecewaan permukaan yang dimiliki oleh pihak ketiga. Terkadang pemilik mineral memiliki hak untuk mengecewakan permukaan; jika tidak, itu mungkin gangguan pribadi.

Apa yang telah terjadi pada tanah sejak pemisahan kepemilikan mineral mungkin juga relevan – pemilik tanah menikmati hak dukungan tanah mereka dalam keadaan alami dari tanah yang berdekatan dan subjacent. 

Namun, tanah tidak dalam keadaan alami jika memiliki struktur yang dibangun di atasnya. Hak dukungan untuk bangunan harus dipertimbangkan dengan cermat.

Negligence and Trespass

Inti dari kelalaian adalah kecaman hukum terhadap tindakan yang dapat diperkirakan berbahaya.

Tidak seperti gangguan, kelalaian tidak berubah pada pertimbangan penggunaan yang wajar tetapi pada adanya tugas perawatan dan pelanggaran tugas yang menyebabkan kerusakan yang dapat diperkirakan secara wajar. Penggugat dalam kelalaian mungkin tidak perlu membuktikan minat pada tanah tersebut.

Pelanggaran adalah campur tangan yang salah dengan hak kepemilikan seseorang dalam properti, misalnya, melalui kontaminasi dari tambang.

Public nuisance

Klaim gangguan publik bisa muncul. Gangguan publik adalah tindak pidana yang digolongkan sebagai berikut:

“Seseorang bersalah atas gangguan publik … yang a) melakukan suatu tindakan yang tidak dijamin oleh hukum, atau b) menghilangkan untuk melaksanakan kewajiban hukum, jika efek dari tindakan atau kelalaian tersebut adalah untuk membahayakan kehidupan, kesehatan, properti, moral, atau kenyamanan publik, atau untuk menghalangi publik dalam menjalankan atau menikmati hak-hak yang umum bagi semua subjek Yang Mulia.”

Occupiers’ Liability 

Berusaha mengatur tanggung jawab penghuni tempat. Tugas perawatan dibebankan pada orang-orang dengan kontrol fisik atas tempat tersebut.

Pengunjung daripada pelanggar mengharuskan penghuni untuk berhati-hati seperti, dalam semua keadaan kasus ini, masuk akal untuk melihat bahwa pengunjung akan cukup aman dalam menggunakan tempat untuk tujuan di mana ia diundang atau diizinkan oleh penghuni untuk berada di sana. Namun, tidak ada tugas perawatan yang akan muncul di mana bahayanya akan sepenuhnya jelas bagi pengunjung yang masuk akal.

Seorang penghuni dapat mengecualikan tugas perawatan mereka kepada pengunjung dengan kontrak atau pemberitahuan.

Environmental Protection 

Bagian ini berkaitan dengan lahan yang terkontaminasi. Rezim tanah yang terkontaminasi adalah rezim hukum untuk perbaikan tanah yang terkontaminasi yang menyebabkan tingkat risiko yang tidak dapat diterima.

“Tanah yang terkontaminasi” didefinisikan sebagai setiap tanah yang tampaknya bagi otoritas lokal di mana wilayahnya berada dalam kondisi seperti itu karena zat di dalam, di atas, atau di bawah tanah yang:

(a) kerusakan signifikan sedang disebabkan, atau ada kemungkinan besar cedera tersebut dipaksakan; atau

(b) polusi signifikan dari perairan yang dikendalikan sedang didorong, atau ada kemungkinan besar polusi tersebut dihasilkan.

Rezim tidak menjadikannya sebagai tindak pidana untuk mencemari tanah. Tujuan keseluruhan pemerintah adalah untuk memastikan bahwa kontaminasi dibersihkan.

Kepatuhan dengan Public Liability Insurance

Di negara tertentu seperti Australia, pemegang area pertambangan harus mempertahankan public liability insurance untuk mengganti kerugian pemegang terhadap tindakan atau kerusakan yang timbul dari operasi eksplorasi atau penambangan.

Pemegang harus memberikan sertifikat kepada Departemen Energi dan Pertambangan (DEM) yang membuktikan bahwa asuransi tanggung jawab publik saat ini dipertahankan mengikuti Peraturan 81 Peraturan Pertambangan 2020. 

Sertifikat harus diberikan kepada DEM mengikuti peraturan sebelum operasi dimulai pada rumah petak dan setiap tahun setelah itu.

Public liability insurance certificates akan dicatat pada Daftar Penambangan. 

Bagaimana cara mendapatkan Public Liability Insurance untuk pertambangan di Indonesia?

Risiko tanggung jawab hukum untuk bisnis pertambangan bisa sangat besar. Oleh karena itu, hanya sedikit perusahaan asuransi di Indonesia yang dapat menyediakan asuransi jenis ini.

Selain itu, risiko tanggung jawab hukum memiliki karakteristik unik: ini adalah kombinasi dari masalah hukum atau hukum, jaminan, dan kompensasi. 

Untuk itu, diperlukan pendampingan dari ahli asuransi yang berpengalaman di bidang asuransi liabilitas.

Broker asuransi adalah ahli asuransi yang ada di pihak Anda. Mereka membantu Anda merancang program asuransi yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Broker asuransi akan menempatkan risiko Anda ke beberapa perusahaan asuransi lokal dan luar negeri sambil menegosiasikan tarif premi yang paling kompetitif.

Tugas penting broker asuransi adalah membantu Anda menyelesaikan klaim kecelakaan dari tanggal kejadian hingga pembayaran klaim.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka dan berpengalaman di bidang asuransi liabilitas di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G hari ini!

Source:

  1. https://www.energymining.sa.gov.au/industry/minerals-and-mining/mining/mining-compliance/public-liability-insurance
  2. https://www.phoenixins.com.au/news/what-types-of-insurance-are-required-in-the-mining-industry/#:~:text=Getting%20public%20liability%20insurance%20is,have%20this%20type%20of%20insurance.
  3. https://www.moneysupermarket.com/business-insurance/what-is-public-liability-insurance/
  4. https://www.stephens-scown.co.uk/specialist-sectors/mining-minerals-and-waste/owning-land-with-mines-and-minerals-potential-liabilities/

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012