Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal di Indonesia 2023 – Februari Minggu 2

Liga Asuransi – Para pembaca yang budiman apa kabar? Kami kembali hadir dalam menyajikan berita-berita kecelakaan atau tragedi yang kami rangkum untuk Anda.

Seperti biasa kami akan menyajikan informasi terupdate untuk Anda, yang kami rangkum dalam 7 pilihan berita kecelakaan fatal bulan Februari.

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik saat berkendara ataupun melakukan aktivitas sehari-hari, karena risiko yang tidak diinginkan dapat terjadi kapan saja.

Banjir Bandang Bondowoso: Lokasi, Dugaan Penyebab, hingga Data Kerusakan

Jakarta – Banjir bandang menerjang Bondowoso, Jawa Timur. Peristiwa bencana alam tersebut terjadi sejak Minggu malam kemarin.

Dilansir detikJatim, banjir bandang itu membuat puluhan rumah rusak. Gubernur Jawa Timur Khofifah juga telah mengunjungi lokasi banjir bandang Bondowoso. Berikut informasi selengkapnya.

Titik Banjir Bandang Bondowoso

Banjir Bondowoso terjadi di wilayah Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Banjir tersebut melanda perumahan warga hingga dipenuhi material kayu.

“Benar. Ini saya lagi di lokasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan, Minggu (12/2/2023) malam.

Detik-detik Banjir Bandang Bondowoso

Banjir bandang menerjang kawasan Ijen, Bondowoso. Salah seorang warga mengungkapkan detik-detik saat air bercampur lumpur dan material lainnya itu tiba-tiba menerjang permukiman.

“Airnya berasal dari luapan sungai, lalu masuk ke permukiman,” kata Sujono (56), salah satu warga Desa Kalisat, Senin (13/2/2023) dini hari.

Ia mengatakan jika aliran sungai tiba-tiba membesar. Air langsung menerjang permukiman warga, terutama yang berada di dekat sungai.

“Air bercampur kayu, bambu, dan material lainnya mulai masuk permukiman sekitar jam 7 malam. Warga mulai panik dan berlarian,” ucap Sujono.

Saat terjadi banjir bandang, listrik di perumahan warga seketika padam. Banyak warga yang kemudian lari sambil berusaha menyelamatkan diri dalam kondisi gelap gulita.

“Ya, orang-orang jadi makin panik, berlarian di tengah gelap. Banyak yang terjatuh. Mudah-mudahan banjir ini tak ada korban,” jelasnya.

Dugaan Penyebab Banjir Bandang Bondowoso

Kondisi banjir paling paling parah terjadi di Kampung Baru, Kalisat. Material sungai terdiri dari kayu, bambu, dan benda lainnya menerjang puluhan rumah.

Material itu terbawa aliran sungai yang meluap. Banjir tersebut diduga akibat dari hujan deras sejak siang hari, Minggu (12/2/2023) yang terjadi di kawasan Gunung Suket atau Raung.

Data Kerusakan

Kalaksa BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan mengatakan pihaknya terus melakukan pendataan akibat banjir bandang Bondowoso. Banjir ini berdampak pada puluhan rumah hingga bangunan umum.

“Kami terus melakukan asesmen, serta masih melakukan pendataan dampak dari banjir ini,” jelas Kalaksa BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan, seperti dilansir detikJatim, Minggu (12/2/2023) malam.

Berikut data sementara kerusakan akibat banjir bandang Bondowoso.

Desa Sempol: 70 rumah rusak

Kampung Baru, Desa Kalisat: 13 rumah terdampak

Bangunan umum di dua desa rusak, mulai dari:

– 4 sekolah

– Musala

– Kamar mandi umum

– Kantor KUA Kecamatan Ijen.

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat banjir bandang Bondowo. Daerah yang paling parah diterjang banjir bandang adalah di Kampung Baru, Kalisat.

Penetapan Tanggap Darurat Banjir Bandang Bondowoso

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto dan Pangdam V/Brawijaya serta sejumlah pejabat provinsi terkait, mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang Ijen, Bondowoso. Khofifah juga menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari pertama.

“Sesuai standar penanganan ketika terjadi bencana alam, 14 hari pertama adalah masa tanggap darurat,” kata Khofifah, Senin (13/2/2023).

Khofifah mengatakan, kunjungannya itu ingin melihat langsung penanganan lokasi terdampak banjir bandang Bondowoso. Hal itu termasuk penanganan para korban yang juga ikut terdampak.

“Saya hanya ingin memastikan dan melihat langsung dari dekat lokasi serta bagaimana proses penanganannya,” ucap Khofifah.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6566923/banjir-bandang-bondowoso-lokasi-dugaan-penyebab-hingga-data-kerusakan

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Bencana alam
  • Asuransi Kendaraan
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Perjalanan
  • Dan lainnya

 

BMKG Ungkap Gempa Jayapura Termasuk Black Swan Earthquakes, Apa itu?

 

Jakarta, CNN Indonesia — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan rangkaian gempa Jayapura termasuk black swan earthquakes.

Berdasarkan data BMKG, periode Kamis (2/2) hingga Minggu (12/2), Jayapura sudah diguncang 1.181 kali gempa dengan 176 di antaranya dapat dirasakan.

“Secara pribadi menurut saya, fenomena Gempa Jayapura tmsk ‘Black Swan Earthquakes’,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam kicauannya di akun Twitter, Minggu (12/4).

“Belum terpetakan dengan detil sumbernya, di luar prediksi para ahli, berdampak merusak dan membuat cemas masyarakat, peristiwa gempa yang langka – jarang terjadi,” lanjutnya.

Daryono mengungkap gempa Jayapura Magnitudo 5,4 ini mirip dengan gempa Ambon dengan Magnitudo 6,5 pada September 2019.

“Aktivitas gempanya sangat banyak, bersifat merusak, fenomena yang termasuk langka, tidak terprediksi para ahli, belum terpetakan sumber gempanya dgn detil.”

Meski demikian, Daryono menyatakan deret gempa Jayapura ini pasti akan tuntas.

“Gempa Jayapura pasti akan selesai, itu earthquake sequence, multi fault aktif & triggered off fault seismicity, pernh tjd di Ambon-Haruku akhir 2019 sebyk 2500 lebih gempa tjd, menteror & bbrp bulan kemudian selesai krn akumulasi stressnya sdh release semua. selesai. kmd aman,” tuturnya.

Mengutip makalah ‘How big, how bad, how often: are extreme events accounted for in modern seismic hazard analyses?’ karya Ivan G. Wong (2013), fenomena gempa ‘angsa hitam’ pernah terjadi di beberapa wilayah.

“‘black swan’ telah menjadi istilah umum untuk menggambarkan suatu peristiwa yang mengejutkan, berdampak besar, dan di belakang sering dirasionalkan secara tidak tepat,” ucapnya, mengutip Taleb (2010).

Wong mencontohkannya dengan gempa M 9,2 di Sumatera (2004) dan gempa M 9,0 di Tohoku-Oki, Jepang (2011).

“Gempa bumi dapat dianggap sebagai ‘peristiwa ekstrem’ atau ‘black swan’ dalam hal ukurannya karena dalam 200 tahun terakhir, kurang dari 10 gempa telah mencapai M 9,0 atau lebih besar,” urai dia.

Kedua gempa tersebut juga dapat dianggap ekstrim karena hilangnya nyawa secara signifikan (masing-masing 200.000 dan 20.000 kematian].

Source:  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230213075221-199-912196/bmkg-ungkap-gempa-jayapura-termasuk-black-swan-earthquakes-apa-itu

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Gempa Bumi
  • Asuransi Kendaraan
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Perjalanan
  • Dan lainnya

 

Pekerja Pabrik Pengolahan Jagung Ditemukan Tewas Dalam Mesin Conveyor di Lamongan, Kecelakaan Kerja?

 

TRIBUNMATARAMAN.COM – Jasad seorang pekerja perusahaan pengolahan jagung di Kecamatan Brondong, kabupaten Lamongan, ditemukah di dalam mesin conveyor, Senin (13/2/2023) sore. 

Pekerja yang malang itu adalah Fajar Muharram (30).

Insiden yang terjadi pada pukul 17.00 WIB itu membuat kaget para pekerja yang mendapati jasad Fajar di dalam mesin conveyor. 

Sebelum kejadian, seorang saksi, Ilham Jihad Utama (27)  sesama pekerja  di PT Esa Sarwa Guna Adinata di Desa Telogorento Kecamatan Brondong, saat istirahat di dust room, sekitar pukul 16.54 WIB melihat korban keluar dari ruang office menuju ke ruang conveyor sendirian.

Korban saat menuju ruang conveyor sambil membawa wadah sampel untuk mengembalikan sampel quality.

Saat itu saksi mengetahui mesin conveyor mati. 

“Saat korban menuju ruang conveyor mesin sudah dalam keadaan mati,” kata Ilham saat memberikan kesaksian pada polisi, Senin (13/2/2023).

Kemudian pada pukul 17.00 WIB, operator menyalakan conveyor kembali untuk proses cooling atau cleaning.

Namun saksi Ilham mendengar suara mesin ada yang ganjil tidak seperti biasanya. Ia mendengar suara mesin cukup keras dan tidak wajar 

Penasaran, saksi Ilham langsung mengecek conveyor, dan saksi terhentak kaget saat melihat tubuh korban masuk ke dalam mesin conveyor.

Saksi ilham kemudian langsung bergegas mematikan mesin. Namun korban warga Desa Brengkok Kecamatan Brondong tersebut didapati sudah dalam keadaan meninggal.

Insiden ini oleh saksi dilaporkan petugas keamanan (Satpam) perusahaan yakni, Khoirunnaim (35).

Kejadian berlanjut dilaporkan ke Polsek Brondong. Kapolsek Brondong, AKP  M. Lukman Hadi didampingi Kanit Reskrim, Bripka Dadang, anggota Aipda Saputro, Bripka Dani  dan  serta anggota Koramil Serda Rofi’i ke TKP untuk mengevakuasi korban.

“Anggota Sat Reskrim masih melakukan penyelidikan terkait insiden kecelakaan kerja yang mengakibatkan seorang pekerja meninggal,” kata Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro, Senin (13/2/2023) malam.

Petugas malam ini masih memintai keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban yang masuk dalam mesin itu.

Apakah ada unsur kelalaian atau penyebab lain. Semua masih dalam penanganan.

Source: https://mataraman.tribunnews.com/2023/02/13/pekerja-pabrik-pengolahan-jagung-ditemukan-tewas-dalam-mesin-conveyor-di-lamongan-kecelakaan-kerja

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi BPJS Tenaga Kerja
  • Asuransi Personal Accident
  • Dan lainnya

 

Kecelakaan Kerja, 1 Pekerja Subkon Pertamina Adera Tewas, 1 Patah Tulang, Kasus dalam Penyelidikan Polres Pali

 

PALI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kecelakaan kerja kembali terjadi. Kali ini kecelakaan di bidang Miyak dan Gas (Migas) yang mengakibatkan seorang pekerja tewas. Korban kecelakaan kerja merupakan seorang pekerja Subkon Pertamina Adera.

Kecelakaan kerja tersebut menimpa korban bernama Efriadi (35), warga asal Desa Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI. Efriadi dinyatakan tewas atas kecelakaan tersebutu.

Kecelakaan tersebut berada di Kawasan operasional Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali terjadi pada Jumat 10 Februari 2023.

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi RIG NRem -04 yang beroperasi di sumur BNG-34, Pertamina Hulu Rokan Field Adera yang berada di Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi.

Disampaikan Pjs Field Manager Pertamina Adera, Irdham Rahman bahwa pihaknya ikut berbela sungkawa kepada keluarga korban. Terkait kejadian kecelakaan tersebut, pihaknya langsung menghentikan pekerjaan dan meminta seluruh kru untuk melakukan Safety Stand Down.

“Kami atas nama pribadi dan perusahaan turut berduka cita dan turut mendoakan almarhum semoga mendapat tempat yang terbaik di Sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Untuk penyebab kejadian, sedang diinvestigasi,” katanya melalui keterangan pers.

Atas informasi kecelakaan kerja tersebut, Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin mengatakan, jika pihaknya masih melakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap insiden yang menewaskan Efriadi dan satu rekannya mengalami patah tulang.

“Kita masih melakukan penyelidikan dan pendalaman terhadap insiden ini,” kata Khairu.

Terpisah, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan juga turut menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut.

“Sesaat setelah kejadian tim Pertamina langsung melakukan evakuasi korban dengan harapan korban dapat diselamatkan, tapi takdir berkata lain,” ucap Anggono.

Ia mengungkapkan, bahwa pihak SKK Migas dan PEP Adera Field akan terus melakukan proses penanganan lebih lanjut atas kejadian ini.  

“Fokus kami adalah penanganan insiden dan korban. Tapi, melihat kondisi seperti saat ini pendampingan kepada keluarga korban juga menjadi fokus utama kami,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan apresiasi atas tindakan cepat tanggap dari PEP Adera Field dalam penanganan insiden kecelakaan yang terjadi.

Ia menjelaskan, hulu migas menerapkan PTK 005 tahun 2018, terkait aturan keselamatan kerja dan lindung lingkungan.

“Tapi, dengan upaya menjaga ketahanan energi nasional yang masif dan agresif, resiko tidak dapat dihindari termasuk kejadian semacam ini,” tukasnya.

Source : https://jambiindependent.disway.id/read/659294/kecelakaan-kerja-1-pekerja-subkon-pertamina-adera-tewas-1-patah-tulang-kasus-dalam-penyelidikan-polres-pali/15 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi BPJS Tenaga Kerja
  • Asuransi Personal Accident
  • Dan lainnya

 

Bus Rombongan Siswa SMPN 3 Garut Kecelakaan di Purworejo

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMPN 3 Garut terlibat kecelakaan di Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2023). Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng.

Purworejo – Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMPN 3 Garut terlibat kecelakaan di Purworejo, Jawa Tengah. Bus yang ditumpangi para siswa yang akan study tour itu tabrakan dengan dua sepeda motor. Akibat kecelakaan itu seorang pemotor tewas tertimpa bus yang terguling dalam peristiwa itu.

Kecelakaan antara bus pariwisata dengan nomor polisi D 7764 AS dengan dua sepeda motor dengan nomor polisi AA 3968 WD dan AA 3586 BL terjadi di Jalan Daendels tepatnya di depan rest area Pejagran, Desa Pejagran, Kecamatan Ngombol, Purworejo pada Minggu (12/2/2023) malam.

Akibat kecelakaan itu, satu orang pengendara motor tewas tertimpa bus. Sementara pemotor lain mengalami patah tulang.

“Yang meninggal di lokasi atas nama Riyan Prasetiyo (21) warga Desa Pasaranom, Kecamatan Grabag, Purworejo. Yang pengendara motor satunya yang patah kaki atas nama Khoirul Muhtamam (24) warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rusdianto saat ditemui detikJateng di lokasi.

Eko menjelaskan, sebelum peristiwa itu terjadi, bus pariwisata yang dikemudikan oleh Ujang Amiludin (43) warga Desa Kertarahayu, Kecamatan Jatiwaras, Tasik Malaya melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan sedang. Mendekati lokasi kejadian, bus bergerak ke kanan dengan maksud hendak mendahului kendaraan yang melaju searah di depannya.

Laka Lantas Bus VS Pemotor di Jalan Daendels Purworejo, Minggu (12/2/2023) malam. Foto: Rinto Heksantoro/detikJateng

“Pada saat berada di sebelah kanan pas marka jalan bertabrakan dengan dua sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan,” jelasnya.

Tak hanya bertabrakan, bus yang membawa rombongan wisata SMP N 3 Garut itu juga terguling dan menimpa dua sepeda motor. Sebanyak 17 penumpang bus mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

“Jumlah penumpang bus 58 dan yang luka-luka ada 17 sudah dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.

Akibat kecelakaan itu, arus lalu-lintas di jalur Daendels sempat tersendat. Untuk mengevakuasi bus, petugas mengerahkan beberapa jeep rescue dan mobil derek.

Source:  https://www.detik.com/jateng/berita/d-6565205/bus-rombongan-siswa-smpn-3-garut-kecelakaan-di-purworejo

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Perjalanan
  • Dan lainnya

 

Bukan Korsleting, Kebakaran Pasar Sentral Makassar yang Hanguskan 931 Kios

 

MAKASSAR, KOMPAS.com – Berdasarkan hasil uji Laboratorium Forensik (Labfor), Polresta KPPP Pelabuhan menyatakan Pasar Sentral Makassar terbakar karena ‘open flame’ atau api terbuka. Hal tersebut ditegaskan Kepala Polresta KPPP Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto ketika dikonfirmasi, Kamis (9/2/2023). 

Dia mengaku baru saja mendapat hasil Labfor Polda Sulsel terkait kebakaran Pasar Sentral. “Ada dua fakta terungkap dari hasil pemeriksaan Labfor Polda Sulsel. Pertama, awal mula api pertama kali muncul di kios nomor 39 yang merupakan penjualan kaos anak-anak milik Ibu Rospina. Kedua penyebab kebakaran karena open flame atau api terbuka,” ungkapnya.

Yudi menjelaskan open flame atau api terbuka itu bisa dari puntung rokok, obat nyamuk, atau  sumber api yang lainnya. Namun tidak ditemukan adanya bahan kimia di lokasi kebakaran seperti bensin maupun bahan bakar lainnya. “Jadi bukan karena korsleting, tapi api terbuka. Kita masih melakukan pendalaman terkait kebakaran tersebut. 

Di mana kita sudah periksa 18 orang saksi dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” jelasnya. Sebelumnya telah diberitakan, sebanyak 931 kios di Blok B Selatan Pasar Sentral hangus terbakar, Selasa (27/12/2022) sekitar pukul 19.00 Wita. 

Terbakarnya Pasar Sentral itu di tengah hujan deras mengguyur Kota Makassar. Saat itu api cepat membesar dan menjalar ke kios-kios yang terbuat dari bahan kayu dan seng. Selain itu, barang dagangan rata-rata terbuat dari bahan tekstil. 

Warga sekitar yang melihat kobaran api berupaya melakukan pemadaman sambil menunggu armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar tiba di lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.28 Wita, setelah puluhan armada dikerahkan.

Source: https://makassar.kompas.com/read/2023/02/09/130503378/bukan-korsleting-kebakaran-pasar-sentral-makassar-yang-hanguskan-931-kios

 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Asuransi Property All Risk
  • Dan lainnya

 

Kapal Tunda Sinar Pawan 1 Tenggelam di Perairan Kendawangan, 7 Selamat 2 Hilang

 

Kendawangan (Suara Ketapang) – Sebuah kapal tunda Sinar Pawan I tenggelam di Perairan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Minggu (12/2/2023).

Kepala Kantor SAR Pontianak I Made Junetra mengatakan, kapal tunda itu membawa sembilan kru. Kapal itu tenggelam karena dihantam cuaca buruk.

“Sebelum tenggelam kapal tersebut hendak melakukan pengisian muatan, loading bauksit namun di tengah perjalanan kapal dihadang cuaca buruk, tidak mampu bertahan kapal kemudian tenggelam dan ponton yang ditarik terdampar di pesisir Kendawangan,” paparnya.

I Made Junetra memaparkan, kapal tersebut membawa sembilan awak. Tujuh orang berhasil diselamatkan oleh TB. Bojoma I sedangkan dua lainnya masih dalam pencarian.

 

“Tim rescue kami telah menuju lokasi tenggelam, satu tim rescue pos SAR Ketapang dengan satu unit rigid inflatable boat serta peralatan pendukung , bersama dengan Tim SAR gabungan serta pihak perusahaan bersama- sama melakukan pencarian terhadap dua ABK yang masih belum ditemukan,” paparnya.

Berikut Data Korban (ABK) : 

Kondisi selamat tujuh orang.

  1. Fauzan (Juru Mudi) 
  2. Triaji Mega (Masinis 3)
  3. Teguh (Masinis 2)
  4. Mardin( Mualim 1)
  5. Rudi (KKM) 
  6. Siri (Oiler)
  7. Erlindo (Koki)

Dalam pencarian 2 orang.

  1. Wardi (Kapten)
  2. Rio (Jurumudi 2)

Source : https://ketapang.suarakalbar.co.id/2023/02/kapal-tunda-sinar-pawan-1-tenggelam-di.html 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012