Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia –Minggu Ke 3 Desember

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu ketiga di bulan Desember 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Sopir Bus PO Handoyo Jadi Tersangka Kecelakaan di Tol Cipali, 12 Penumpang Meninggal Dunia

Sebuah tragedi kecelakaan mengejutkan melibatkan bus PO Handoyo di Tol Cipali telah menewaskan 12 penumpang dan menjadikan Rinto Katana (28), sopir bus tersebut, sebagai tersangka. Rinto, yang berasal dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengakui bahwa kejadian tragis ini tidak diinginkannya.

“Semua itu nggak disengaja, ya mungkin memang kelalaian dari saya,” ujar Rinto, seperti dilaporkan oleh detikJabar pada Minggu (17/12/2023).

Bus PO Handoyo terguling, menutup ruas jalan Tol Cipali arah Jakarta, dan menyebabkan kemacetan panjang. Dalam kecelakaan itu, bus membawa 20 penumpang, sebagian besar di antaranya terpental keluar bus, sementara yang lain terhimpit di dalamnya.

“Sementara sopir diamankan di Markas Polres Purwakarta dengan kondisi luka ringan. Para korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat dan bus sudah dievakuasi,” ungkap Tompo.

Jumlah korban meninggal dunia terdiri dari tiga laki-laki dan sembilan perempuan. Selain itu, tujuh penumpang lain mengalami luka ringan, terdiri dari lima laki-laki dan dua perempuan.

Insiden ini tidak hanya merenggut nyawa, tetapi juga meninggalkan trauma mendalam bagi keluarga korban dan semua yang terlibat. Keputusan untuk menetapkan Rinto sebagai tersangka menunjukkan seriusnya pihak berwenang dalam menangani kasus ini, sementara masyarakat menantikan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap penyebab pasti kecelakaan tragis ini.

Source: https://otomotif.tempo.co/read/1810292/kecelakaan-bus-po-handoyo-di-tol-cipali-tewaskan-12-orang-ini-penyebabnya 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Kendaraan
  4. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
  5. Asuransi Gugatan Hukum

 

Kecelakaan Maut di Probolinggo, Mahasiswa dan Bocah Tewas dalam Bentrokan Motor dan Truk Tanah

Kecelakaan maut mengguncang Jalan Raya Desa Condong, Gading, Kabupaten Probolinggo, menelan korban jiwa seorang mahasiswa dan seorang bocah. Keduanya tewas dalam insiden yang melibatkan motor dan truk tronton. Korban identifikasi bernama Hayyi (37), seorang mahasiswa dan Sekretaris Panitia Pemungutan Suara (PPS) asal Desa Pandan Laras, Krucil, Probolinggo. Sementara korban kedua adalah MNZ (6) warga Desa Tambelang, Kecamatan Krucil, yang menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit.

Abdul Latief, seorang saksi mata, menyampaikan bahwa kecelakaan itu terjadi ketika truk diduga mengalami rem blong dan menabrak dua motor di depannya sekitar pukul 11.00 WIB. Korban-korban tergeletak di tanah, dan sayangnya, salah satu di antaranya dinyatakan meninggal di lokasi kejadian.

“Kalau kronologi pastinya tidak tahu, tapi pas saya sampai sudah ada 3 orang tergeletak dan yang 1 orang kayaknya sudah meninggal dunia dan 2 orang lagi terkapar dengan luka parah di kepala dan kaki,” kata Latif.

Truk yang terlibat kecelakaan akhirnya terguling, menyebabkan muatan materialnya berserakan di sekitar lokasi. Material tersebut ternyata merupakan uruk tol.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Probolinggo, Ipda Aditya Wikrama, mengungkapkan bahwa pengemudi truk yang terlibat kecelakaan bernama Sudi Prayitno (40), warga Wringinanom, Gresik. Aditya menyebut bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh rem truk yang blong.

Aditya menambahkan bahwa saat ini pihak berwenang tengah melakukan evakuasi kendaraan dan membersihkan tanah muatan truk yang menyumbat jalan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan dan memungkinkan proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) berjalan lancar.

“Sementara korban 2 orang yang meninggal di lokasi kejadian. Untuk lain-lainnya, kami mohon waktu karena masih evakuasi dan melakukan olah TKP, nanti akan kami kabari lagi secepatnya,” ungkap Aditya.

“Sedangkan dua korban lainnya yang merupakan orang tua dari anak yang meninggal saat ini masih menjalani perawatan. Kalau untuk sopir dump truk sudah kami amankan dan akan kami periksa dan tindaklanjuti,” pungkasnya.

Source: https://www.detik.com/jatim/berita/d-7096327/truk-muat-tanah-urukan-tol-di-probolinggo-tabrak-pemotor-2-orang-tewas 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Alat Berat
  4. Asuransi Kendaraan
  5. Asuransi Pengangkutan Barang  
  6. Asuransi Tanggung Gugat Pihak Ketiga

 

Karyawan PT Koninis Fajar Mineral Alami Kecelakaan Kerja, Kaki Putus Akibat Terbaliknya Dump Truck

Seorang karyawan PT Koninis Fajar Mineral (KFM) yang terlibat dalam operasional pertambangan bijih nikel di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, mengalami kecelakaan kerja yang tragis. Muh Ikbal (37), pengemudi dump truck, mengalami kecelakaan ketika kendaraannya terbalik, menyebabkan kaki kanannya putus.

Insiden tersebut terjadi di jalan koridor PT KFM, Kecamatan Bunta, sekitar pukul 10.00 Wita pada Sabtu (16/12/2023). Ikbal mengemudikan dump truck muatan ore nikel milik subkontraktor PT EIM jenis Shacman. Kecelakaan diduga terjadi ketika truk kehilangan kendali dan terbalik.

Kapolsek Bunta, Syukri Larau, menyampaikan bahwa tim dari kepolisian dan manajemen keselamatan PT EIM segera merespons kejadian tersebut. Korban dievakuasi ke Puskesmas Bunta untuk mendapatkan perawatan medis.

“Kami segera melakukan evakuasi korban ke Puskesmas Bunta untuk mendapatkan perawatan medis,” ungkap Syukri Larau. Ikbal, yang saat ini masih sadar, mengalami kecelakaan yang sangat parah. Kaki kanannya putus, sedangkan kaki sebelah kirinya mengalami luka parah.

Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) telah dilakukan oleh pihak kepolisian, dan keterangan saksi-saksi di lokasi juga sedang dikumpulkan untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Kecelakaan kerja ini menyoroti pentingnya implementasi protokol keselamatan di lingkungan pertambangan guna mencegah insiden serupa dan menjaga kesejahteraan para pekerja.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7093227/pekerja-tambang-pt-kfm-banggai-alami-kecelakaan-kerja-kaki-korban-putus 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Kargo (Pengangkutan Barang)
  4. Asuransi Alat Berat (Heavy Equipment)

 

Kebakaran Gudang Tiner di Surabaya, 6 Orang Mengalami Luka Bakar dan Hanguskan Belasan Kendaraan

Pada Senin malam, sebuah gudang tiner di Jalan Kalianak 55 Madya I, Surabaya, dilanda kebakaran yang memerlukan upaya besar untuk dipadamkan. Command Center 112 Surabaya mencatat laporan kebakaran pada pukul 20.00 WIB dan berhasil memadamkan api pada Selasa dini hari pukul 03.17 WIB.

Dalam operasi pemadaman tersebut, 24 unit pemadam kebakaran, enam unit rescue, dan lima unit tangki air dikerahkan. Meskipun api berhasil dipadamkan, enam orang, termasuk pemilik gudang, mengalami luka bakar dan dilarikan ke RSUD dr. Soetomo pada Senin malam.

Selain korban luka, seorang anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya juga mengalami luka sobek di jari kanan dan dilarikan ke rumah sakit pada Selasa dini hari.

Api juga menyebabkan kerugian material, menghanguskan tiga unit pikap, tiga unit truk, dan sebelas unit motor yang terparkir di dalam gudang. Hanya dua unit pikap dan satu truk yang berhasil diselamatkan dari kobaran api. Penyebab pasti kebakaran ini masih belum diketahui.

Source: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2023/kebakaran-gudang-tiner-di-kalianak-surabaya-berhasil-dipadamkan-belasan-kendaraan-hangus-terbakar/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kendaraan
  5. Business Interruption Insurance
  6. Asuransi Perlindungan Hukum

 

Kecelakaan Kerja di Tugboat: Dua ABK Tewas Setelah Pemeriksaan Tongkang Berujung Fatal

Dua Anak Buah Kapal (ABK) Tugboat (Tb) Bintang Karisma, yaitu M (30) dari Provinsi Lampung dan AF (24) dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengalami kecelakaan kerja yang fatal di muara Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Peristiwa tragis itu terjadi pada Sabtu (16/12/2023) sekitar pukul 08.23 WIB. Kecelakaan diduga terjadi saat keduanya memeriksa tongkang yang ditariknya, yang berada dalam posisi miring.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa kecelakaan bermula setelah Tb Bintang Karisma 5 selesai melakukan proses bongkar muat di kapal Cang Hai Bing Hai di muara Teluk Sampit. Setelah itu, kapal melanjutkan perjalanan menuju Sampit, menarik sebuah tongkang. Namun, dalam perjalanan, tongkang yang ditarik berada dalam posisi miring.

Melihat kondisi tersebut, M memutuskan untuk memeriksa tongkang tersebut hingga memasuki lambungnya. Sayangnya, M yang masuk tanpa alat pengaman ditemukan dalam kondisi lemas dan terkapar. Melihat rekannya dalam bahaya, AF berusaha menyelamatkannya, namun malah mengalami nasib serupa.

Kapten Tugboat Bintang Karisma 5 segera melaporkan kejadian ini kepada petugas TNI AL setempat. Dua ABK tersebut kemudian dievakuasi, namun sayangnya, keduanya sudah dalam kondisi tidak bernyawa. Kasus ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwajib untuk mengungkap penyebab pasti dan memastikan tindakan selanjutnya.

Source: https://www.radarsampit.com/berita/dua-abk-tugboat-tewas-kecelakaan-kerja-di-teluk-sampit.html 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Kecelakaan Kerja
  5. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Diduga Malpraktik Atas Kasus Cabut Gigi yang Viral

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung memberikan respons terkait kontroversi yang muncul terkait dugaan malpraktik cabut gigi yang berujung pada kematian pasien, yang sedang menjadi viral di media sosial. Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, Iwan Abdul Rachman, menyampaikan rasa duka cita atas kepergian pasien dan berharap semoga beliau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Iwan Abdul Rachman menegaskan bahwa rumah sakit telah melakukan upaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di rumah sakit. Beliau menyayangkan adanya pembuatan konten di media sosial tanpa klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit.

Kronologi kejadian malpraktik tersebut diawali dari unggahan di Instagram oleh pemilik akun @latashaqntas. Dalam unggahan tersebut, diceritakan pengalaman keluarganya yang menjalani operasi gigi bungsu di RSHS. Pascaoperasi, pasien mengalami henti detak jantung beberapa menit setelah bius, dan kondisi tersebut berujung pada koma dan perawatan di Unit Perawatan Intensif Neonatal (NICU).

Pemilik akun menyampaikan dugaan adanya kesalahan dalam memberikan anestesi yang berujung pada kondisi kritis pasien. Hingga saat ini, pihak keluarga meminta pertanggungjawaban atas insiden tersebut.

Dalam pernyataannya, Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung memohon dukungan dan doa serta menegaskan komitmen rumah sakit untuk senantiasa memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Kontroversi ini menjadi sorotan publik dan menyoroti pentingnya transparansi serta akuntabilitas dalam layanan kesehatan.

Source: https://www.koranmandala.com/news/49789/rshs-bandung-buka-suara-terkait-dugaan-malpraktek-cabut-gigi-bungsu-berujung-maut/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Tanggung Jawab Profesional
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Kritis atau Rawat Inap

 

Kecelakaan Kerja Pekerja Proyek Pengaspalan di Ponorogo. Rem Blong, Pekerja Alami Luka Serius Hingga Masuk ICU 

Seorang pekerja proyek pengaspalan menuju wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, mengalami kecelakaan kerja yang serius. Korban bernama Sadi, seorang warga Kabupaten Jombang, kini tengah menjalani perawatan intensif di ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Harjono.

Kecelakaan terjadi pada Sabtu malam, 16 Desember 2023, di Dukuh Bentis, Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Saat itu, Sadi mengendalikan alat berat pengaspalan jenis TR, yang mengalami masalah rem yang blong.

Dalam upaya menghindari masuk ke jurang karena kondisi jalan yang menurun tajam, Sadi memilih untuk mempertahankan kendaraan ke arah kiri jalan. Meskipun berhasil melompat keluar sebelum kendaraan menabrak, Sadi mengalami luka serius, termasuk pendarahan hidung, retakan pada rahang kanan dan kiri, serta retakan pada kening dengan adanya penggumpalan di bagian otak belakang.

Kapolsek Ngebel, Iptu Tutut Ariyanto, menjelaskan bahwa kondisi jalan yang menurun dan rem yang blong menyebabkan insiden tersebut. Korban segera dilarikan ke RSUD dr. Harjono Ponorogo untuk perawatan lebih lanjut. Meskipun proyek pengaspalan sementara berhenti, proyek tersebut belum sepenuhnya dievakuasi karena alat berat masih berada di selokan.

Kecelakaan ini menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan kerja di lingkungan konstruksi dan perlunya tindakan pencegahan lebih lanjut untuk menghindari kecelakaan serupa di masa mendatang.

Source: https://jatim-timur.tribunnews.com/2023/12/17/alat-berat-alami-rem-blong-pekerja-proyek-aspal-ngebel-ponorogo-luka-berat 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Alat Berat (Heavy Equipment)
  5. Asuransi Proyek Konstruksi

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012