Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-3 Agustus 2023

Liga Asuransi – Halo risk takers, di minggu ketiga bulan Agustus 2023 ini kembali kita mengumpulkan beberapa berita mengenai kejadian kecelakaan di Indonesia, yang pantas mendapatkan perhatian bagi kita semua agar semakin waspada bahwa risiko bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja. Kecelakaan merupakan sebuah kejadian yang tidak bisa kita perikirakan kapan dan dimana akan terjadi, dan juga akan menimpa siapa saja. Tapi kecelakaan bisa kita minimalisir akibatnya dengan selalu mengedepankan aspek keselamatan. Ketika keselamatan menjadi prioritas utama, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 7 pilihan berita kecelakaan yang akan memberikan wawasan dan pengertian lebih mendalam tentang betapa pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu waspada dan lindungi diri Anda serta orang-orang terdekat. Bersama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca dan semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam menjaga keselamatan kita semua.

Tragedi Kematian Mahasiswi S2 IPB dalam Kebakaran Lab Saat Meneliti Tesis

Seorang mahasiswi S2 dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Laila Atika Sari (26), mengalami nasib tragis setelah laboratorium tempat dia sedang melakukan penelitian terbakar. Pada saat kejadian, Laila tengah fokus pada penelitian tesisnya.

“Penelitiannya berkaitan dengan tesis. Benar, (Laila) sedang menjalani tahap akhir studinya,” ungkap Yatri Indah Kusumastuti, Kepala Biro Komunikasi IPB, kepada wartawan di IPB Dramaga pada Senin (21/8/2023).

Yatri juga berbicara tentang pandangan kampus terhadap Laila. Menurutnya, Laila diakui sebagai mahasiswi berprestasi di bidang akademik.

“Keberhasilan Laila dalam akademik sangat diperhitungkan. Dia menerima beasiswa setiap bulan dan juga mendapat dukungan finansial untuk penelitiannya,” katanya.

Laila, yang merupakan mahasiswi S2 di Fakultas Peternakan, Ilmu Nutrisi Pakan, tengah melakukan penelitian tentang analisis lemak dalam pakan.

“Laboratorium tidak mengalami kerusakan total akibat kebakaran, meskipun beberapa peralatan mengalami kerusakan akibat kontak dengan api. Namun, bangunan fisiknya tidak terkena dampak api,” jelas Yatri.

Sebelumnya, Yatri menjelaskan bahwa IPB sedang melakukan evaluasi terhadap semua laboratorium setelah kejadian tragis ini. Ada sekitar 300 laboratorium di IPB yang akan dievaluasi.

“Kami telah membentuk tiga tim, pertama adalah tim investigasi untuk memahami penyebab pasti peristiwa ini, agar kejadian serupa tidak terulang. Kami berharap insiden ini menjadi yang pertama dan terakhir, tidak terjadi lagi di IPB,” ungkap Yatri Indah Kusumastuti kepada wartawan di IPB Dramaga.

“Selain itu, kami juga membentuk tim untuk mengevaluasi semua laboratorium di IPB. Dalam kampus ini terdapat 300 laboratorium yang harus memastikan keamanannya,” tambahnya.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6887967/mahasiswi-s2-ipb-tewas-akibat-lab-terbakar-sedang-penelitian-tesis 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Properti
  5. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  6. Asuransi Harta Benda

 

Kapal Dewi Noor Tenggelam di Kepulauan Seribu. 3 Orang Tewas, 1 Orang Dalam Pencarian

Kecelakaan tragis terjadi saat Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, mengakibatkan tiga penumpang tewas dan satu lainnya masih dalam pencarian. Insiden ini mengguncang banyak orang, dan inilah fakta-fakta terbaru tentang bagaimana kejadian tersebut berlangsung.

Pada Sabtu (19/8/2023), KM Dewi Noor 1 mengalami tenggelam di Kepulauan Seribu. Menurut Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzil, kapal yang membawa 15 penumpang tersebut awalnya berangkat dari Pantai Mutiara menuju Pulau Sepa, Kepulauan Seribu, pada pukul 01.00 WIB.

Namun, tragisnya, kapal tersebut tenggelam di perairan antara Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari sekitar pukul 04.00 WIB. Tim SAR gabungan yang menggunakan kapal patroli milik Polair dan TB Mitra Jaya 21 segera beraksi untuk mengevakuasi para penumpang.

Dalam kecelakaan tersebut, ada 15 penumpang yang berada di KM Dewi Noor 1. Salah satu penumpang, Aan (47), dinyatakan meninggal dunia dan dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati.

Selanjutnya, dua korban meninggal lainnya awalnya hilang setelah kapal tenggelam, sehingga total tiga orang tewas dalam insiden ini.

Kendati ada usaha pencarian, pada Senin (21/8/2023), Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli, mengumumkan bahwa dua penumpang berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu orang lainnya masih dalam pencarian.

Sementara penyebab tenggelamnya KM Dewi Noor 1 masih dalam penyelidikan, Fazzli menjelaskan bahwa cuaca saat itu cukup baik dan kondusif. Kapal tersebut memiliki muatan material bangunan dan biasanya melintas di perairan Kepulauan Seribu. Penumpang yang berada di kapal sebagian besar adalah para pekerja bangunan.

Sementara penyebab pasti insiden ini masih dalam penelitian, peristiwa ini telah mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan dalam setiap perjalanan laut.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6888212/kapal-dewi-noor-tenggelam-di-kepulauan-seribu-kronologi-dan-data-korban 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Kecelakaan Pribadi
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

 

Tergulingnya Truk Bermuatan Susu Kaleng di Pantura Indramayu: Warga Berebut Produk Reject yang Berserakan

Truk yang membawa muatan susu cair dalam kaleng mengalami kecelakaan dan terguling di jalur Pantura wilayah Desa Langut, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada hari Senin (21/8/2023). Isi susu kaleng berserakan di jalan.

Warga dengan antusias mendekati dan berebut susu kaleng tersebut. Rekaman video kerumunan warga yang berbondong-bondong mendatangi dan berebut susu kaleng ini menjadi viral di media sosial. Sejumlah warga terlihat membawa pulang susu kaleng dalam karung besar atau plastik.

Pihak pemilik muatan susu kaleng tidak merasa keberatan dengan tindakan warga. Susu kaleng yang berhamburan di jalan diketahui merupakan produk yang tidak layak untuk dijual atau biasa disebut sebagai produk “reject”.

“Muatan itu sudah tidak bisa kami manfaatkan lagi karena banyak yang bocor dan pecah. Ini adalah produk reject. Oleh karena itu, ketika warga datang mengambilnya, kami biarkan saja,” ujar Darsim, perwakilan dari perusahaan produsen susu tersebut.

Darsim bahkan merasa bersyukur melihat kerumunan warga yang datang untuk mengambil susu kaleng yang berserakan. Dengan adanya tindakan tersebut, mereka tidak perlu repot membersihkan jalanan dari tumpahan susu kaleng.

“Pada awalnya, kami bingung bagaimana menyingkirkan barang-barang sisa itu. Jika kami yang mengambilnya, itu hanya akan menjadi sampah. Namun, kami sangat bersyukur warga membantu membersihkan jalanan, sehingga kami tidak perlu repot membersihkannya sendiri,” tambah Darsim.

Darsim menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan penyortiran barang setelah truk pengangkut susu kaleng tersebut mengalami kecelakaan. Hasilnya, sekitar 30 persen dari muatan tersebut dinilai tidak layak untuk dijual dan diperbolehkan warga mengambilnya. Sedangkan 70 persen sisanya yang masih dalam kondisi baik tetap aman.

Mengenai insiden kecelakaan, dilaporkan bahwa truk yang membawa muatan susu kaleng itu sebelumnya berasal dari Jawa Timur dan sedang dalam perjalanan menuju Cikarang. Diduga sopir mengantuk sehingga kehilangan kendali dan menabrak median jalan. Truk akhirnya terguling ke sisi kiri jalan.

“Peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa atau luka. Pengemudi dan penumpang hanya mengalami shock,” ungkap Kepala Polres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, melalui Kepala Satuan Lalu Lintas, AKP Bagus Yudo.

Truk yang mengalami kecelakaan tersebut dievakuasi ke Markas Polsek Lohbener. “Kasus ini sekarang sedang ditangani oleh unit Laka Lantas Satlantas Polres Indramayu,” jelas Bagus.

Source: https://rejabar.republika.co.id/berita/rzrhcs432/truk-muatan-susu-kaleng-terguling-di-indramayu-warga-rebutan 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
  3. Asuransi Marine Cargo
  4. Asuransi Kecelakaan Pribadi

 

Truk dan Pikap Bertabrakan Hebat di Magetan, 2 Sopir Terjepit, 2 Balita Luka-luka

Insiden tabrakan hebat antara truk molen dengan pikap AE 8133 FE terjadi di Jalan Ringroad Timur yang berada di Desa Bibis, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur pada siang hari Senin (21/8/2023).

Kedua pengemudi kendaraan tersebut harus dievakuasi dengan peralatan khusus setelah terperangkap dalam bodi kendaraan akibat kecelakaan tersebut. Menurut Kasubag Humas Polres Magetan, AKP Budi Kuncahyo, kejadian ini berawal saat mobil pikap melaju dari arah Sukomoro menuju Desa Kentangan, namun bertabrakan dengan truk molen yang datang dari arah berlawanan.

“Berdasarkan dugaan, truk molen bergerak terlalu ke kanan dan menabrak kendaraan pikap,” jelasnya saat dihubungi melalui telepon pada Senin (21/8/2023).

AKP Budi Kuncahyo juga menjelaskan bahwa setelah menabrak pikap, truk molen yang oleng berhenti setelah menabrak pohon di sisi kanan jalan.

Tabrakan tersebut menyebabkan kedua kendaraan mengalami kerusakan serius pada bagian depan, sementara kedua sopir kendaraan tersebut terperangkap dalam bodi kendaraan yang rusak parah.

“Kedua sopir terperangkap dalam bodi kendaraan. Proses evakuasi memakan waktu sekitar 1 jam, kami melibatkan tim dari BPBD Kabupaten Magetan dalam upaya evakuasi,” tambahnya.

Tidak hanya kedua sopir yang terluka, dua balita yang menjadi penumpang di mobil pikap yang dikemudikan oleh M (31) dari Desa Ngampel, Mejayan, Kabupaten Madiun, juga mengalami luka-luka pada kepala, tangan, dan kaki.

“Dua balita berusia 6 dan 5 tahun yang menjadi penumpang dalam mobil pikap juga mengalami luka. Semua korban sudah dievakuasi dan sedang menjalani perawatan medis,” ungkap Budi Kuncahyo.

Source: https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/21/212529678/truk-dan-pikap-adu-banteng-di-magetan-2-sopir-terjepit-bodi-kendaraan-2 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kecelakaan 
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
  4. Dan Lain-Lain

 

Karyawan PT Persada Agro Sawita Mengalami Kecelakaan Kerja, Tubuhnya Terbakar 50 Persen

Kecelakaan kerja terjadi di Pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Persada Agro Sawita (PAS), Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu. Akibat kejadian itu dua orang pekerja mengalami luka bakar serius di sekujur tubuh.

Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya mengatakan insiden itu terjadi pada Rabu (16/8). Saat itu kedua korban yang bernama M Firmansyah Panjaitan (18), dan Roby Rahmansyah (21) sedang bekerja di ruang sterilizer atau ruang perebusan buah kelapa sawit.

“Saat sedang bekerja kedua korban membuka pintu sterilizar bagian atas perebusan buah kelapa sawit. Tiba-tiba dari pintu sterilizer keluar buah kelapa sawit yang masih panas dan mengenai kedua korban,” kata Dody kepada JPNN.com Kamis (17/8). 

Akibat terkena buah sawit yang panas itu, kedua korban kritis karena sekujur tubuhnya mengalami luka bakar. 

Korban bernama M Firmansyah Panjaitan mengalami luka bakar pada bagian wajah, leher, dada, perut, kedua lengan tangan, kedua lutut kaki, dengan luas luka bakar 54 persen.

“Saat ini kedua korban sedang dirawat di rumah sakit Syafira Pekanbaru,” beber Dody.

Dia menambahkan bahwa hingga saat ini terkait kecelakaan kerja itu sedang dalam proses penyelidikan.

Source: https://www.jpnn.com/news/pekerja-pt-pas-inhu-alami-kecelakaan-kerja-tubuhnya-terbakar-50-persen-lihat?page=2 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Tragedi Kebakaran Hotel di Panglima Polim, Jakarta Selatan, Menewaskan Tiga Orang

Kebakaran dahsyat melanda sebuah hotel di area Panglima Polim, Jakarta Selatan pada malam Kamis, 17 Agustus 2023.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa dampaknya sangat mengerikan, dengan tiga orang dilaporkan tewas dalam peristiwa kebakaran yang menimpa hotel tersebut.

Lokasi kejadian adalah di Jalan Panglima Polim V, tepatnya di Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 23.50 WIB.

Petugas pemadam kebakaran, Sukur Sawarno, menyatakan bahwa sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi situasi ini.

“Korban yang meninggal berjumlah tiga orang, satu di antaranya seorang pria bernama Hilal, 42 tahun. Selain itu, dua wanita juga menjadi korban yang identitasnya masih belum diketahui,” ucap Suwarno pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Bukan hanya nyawa yang terenggut, melainkan juga tiga orang mengalami luka dalam peristiwa ini, yakni Triyana (25), Nadia (23), dan Firmansyah (27).

Ketiga korban luka segera mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Pihak hotel menyatakan bahwa kebakaran berasal dari lobi lantai dua.

Dugaan awal menunjukkan bahwa kebakaran mungkin dipicu oleh rokok dan merambat ke barang-barang di sekitarnya.

Api merajalela karena bangunan tersebut kekurangan ventilasi, sehingga lantai dua dan tiga dipenuhi asap. Beruntungnya, akhirnya api berhasil dipadamkan.

Source: https://disway.id/read/719888/innalillahi-tiga-orang-tewas-dalam-insiden-kebakaran-di-hotel-panglima-polim-jaksel 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Kesehatan
  5. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Ibu Rumah Tangga Korban Perampokan Sadis di Kota Solok, Perhiasan Berharga Raib Dibawa Pelaku

Kejadian perampokan kejam terjadi di Kota Solok pada dini hari Jumat (18/8), menargetkan seorang ibu rumah tangga bernama Beta Herti alias Inyak Eti (60) yang tinggal di Kelurahan 9 Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadilan, S.Si, M.Sc, M.Si, mengonfirmasi insiden tersebut.

“Setelah menerima laporan, tim Satuan Reserse Kriminal langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan segera melakukan penyelidikan serta pengumpulan bukti oleh Unit Identifikasi dari Satreskrim Polres Solok Kota,” ujar AKBP Ahmad Fadilan, S.Si.

Dari hasil penyelidikan di lokasi kejadian, diketahui bahwa pelaku memasuki paviliun rumah korban. Setelah melakukan tindakan kekerasan dan merampok perhiasan berharga milik korban, pelaku melarikan diri dari rumah melalui pintu depan di sebelah kiri. Pelaku masuk ke dalam rumah dengan membuka jendela kaca nako tanpa ada penghalang berupa besi.

Meskipun pelaku masih dalam pengejaran dan sedang diinvestigasi oleh pihak kepolisian, apabila ada warga yang mengetahui peristiwa ini, diminta untuk memberikan informasi kepada polisi agar pelaku dapat diungkap.

Awalnya, korban Beta Herti dirawat di RSUD M. Natsir Kota Solok, tetapi karena luka-lukanya parah, pada siang harinya dia dirujuk ke RSUP M. Djamil Kota Padang untuk perawatan lebih intensif.

Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadilan, memberikan himbauan agar perempuan tidak terlalu menarik perhatian dengan memakai perhiasan, baik di dalam maupun saat berada di luar rumah, guna mencegah tindakan kriminal.

Keluarga korban menyatakan bahwa perampokan tersebut menyebabkan berbagai perhiasan emas milik korban, termasuk liontin, gelang, dan cincin dengan total berat lebih dari 25 gram, raib diambil oleh perampok.

Polisi dari Polsek Kota Solok sedang melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait perampokan ini. Keluarga berharap agar pelaku segera ditangkap dan diadili sesuai dengan tindakan yang dilakukannya.

Source: https://jarbatnews.com/hukum-dan-kriminal/perampokan-sadis-beraksi-di-kota-solok-seorang-ibu-rumah-tangga-terkapar-dipukul-pelaku/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Barang Berharga 
  3. Asuransi Properti
  4. Asuransi Kesehatan

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012