Ulas Berita

7 Berita Kecelakaan Pilihan Minggu ke 2 September 2020

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Kecelakaan adalah peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga sebelumnya yang menyebabkan terjadinya cidera, kematian dan kerusakan barang. Kecelakaan dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan terhadap apa saja.

Setelah lebih dari tiga bulan kami menyajikan informasi mengenai manajemen resiko dan asuransi. Mulai minggu ini setiap hari Rabu kami akan menyampaikan informasi mengenai berita-berita kecelakaan terkini yang kami ambilkan dari sumber berita online yang credible.

Kami berharap dengan adanya artikel ini akan semakin mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati di dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Utamakan keselamatan. Safety first.

Untuk setiap berita akan kami ulas secara singkat tentang aspek manajemen resiko dan unsur asuransi untuk diambil hikmahnya agar kecelakaan seperti itu dapat dihindari, dikurangi dampak kerugian atau dicarikan solusinyan yang terbaik.

Semoga bermanfaat.

  1. Ini Penampakan Dua Kendaraan yang Tewaskan 6 Orang di Tuban

detikNews  Selasa, 08 Sep 2020 15:37 WIB

Toyota Kijang dan truk yang membuat 6 orang tewas telah diamankan. Dua kendaraan itu diamankan di gudang penyimpanan barang bukti Satlantas Polres Tuban.

Dua kendaraan itu adalah Kijang tua berwarna merah bernopol K 8824 BE dan truk warna Colt Diesel juning bernopol S 8252 HJ.

Detikcom yang mencoba mendekat di sekitar barang bukti itu masih merasakan bau anyir darah korban tewas yang masih tersisa di bangkai mobil nahas itu.

“Masih bau darah, ya,” kata salah satu warga di sekitar gudang bangkai kendaraan laka lantas Polres Tuban, Selasa (8/9/2020).

Kondisi mobil Kijang buatan tahun 1994 yang ditumpangi enam orang keluarga dan satu tetangga itu hancur pada sisi bagian kanan. Bahkan pintu kanan sopir itu copot dan nempel di badan truk.

“Pintu Kijang tempat duduk driver itu terlepas dari bodi dan nyangkut di samping badan truk. Mungkin saking kerasnya benturan. Bagian kanan kijang ringsek hingga atapnya,” ujar Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono di lokasi kejadian.

TKP di Jalan Tuban-Bancar Km 12-13 Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu Tuban menjadi saksi bisu musibah yang menimpa warga Dingil Kecamatan Jatirogo ini. Coretan cat putih di aspal jalan, oleh petugas unit laka Satlantas Tuban juga masih terlihat jelas.

Polisi kini masih terus berupaya mengungkap penyebab kecelakaan ini. Tim gabungan korlantas dan dirlantas hingga polres Tuban diterjunkan dalam proses olah TKP.

“Masih proses penyelidikan dan olah TKP saat ini. Jenazah sudah dimakamkan tadi malam.” tandas Ruruh.

Tinjauan manajemen resiko dan asuransi

Dari berita ini belum dapat dipastikan penyebab kecelakaan. Kecelakaan di jalan raya adalah kecelakaan dengan frekwensi tertinggi di bandingkan dengan kecelakaan lain. Penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor kesalahan dan kelalaian. Selain itu ada faktor kondisi kendaraan dan kondisi jalan raya serta kondisi alam.

Dari informasi diatas kami memperkirakan penyebab kecelakaan kemungkinan akibat kelalaian karena pengemudi tidak bisa menghindari tabrakan yang demikian keras. Dalam keadaan normal pengemudi akan bisa mengerem atau membanting stir untuk menghindari tabarakan.

Faktor berikutnya bisa jadi karena faktor kondisi kendaraan yang sudah cukup tua. Rem dan setir tidak bekerja dengan baik sehingga pengemudi tidak bisa menghindari tabrakan.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor
    • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH)
    • Asuransi Kecelakaan Jalan Raya dari Jasa Raharja
    • Asuransi Personal Accident
    • Asuransi Kesehatan
    • Asuransi Jiwa

 

  1. Kronologi Mobil Hangus Terbakar di Jalur Menuju Suramadu Sisi Bangkalan

07 Sep 2020, 18:00 WIB

Liputan6.com, Surabaya – Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra membenarkan ada sebuah peristiwa kecelakaan tunggal sebuah mobil hangus terbakar setelah menabrak pohon yang terjadi di akses jalur menuju jembatan Suramadu sisi Bangakalan, sekitar 13.00 WIB, Senin (7/9/2020).

Menurut Rama, berdasarkan data yang diterima oleh pihaknya, mobil Toyota Ayla beropol L 1366 WZ yang dikendarai oleh Taufik (36) warga Asemrowo, Surabaya mengalami kecelakaan tunggal menabrak pohon, kemudian terbakar.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Menurut informasi penyebab kecelakaan adalah kecelakaan tunggal. Tidak disebabkan oleh faktor lain seperti tabrakan dengan kendaraan lain. Jika melihat kondisinya, mobil masih dalam kondisi relatif baru.

Melihat kondisi diatas besar kemungkian penyebab kecelakaan adalah karena faktor manusia dalam hal ini pengemudi. Pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraan sehingga menabrak pohon yang akhirnya mobil terbakar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraan antara lain, mengantuk, kelelahan, mengemudi dalam keadaan mabuk, tidak fokus dan lain-lain.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor
    • Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH)
    • Asuransi Kecelakaan Jalan Raya dari Jasa Raharja
    • Asuransi Personal Accident

 

  1. Jatuh dari Gendongan Kakak Saat Kebakaran, Bocah 10 Tahun Tewas Terbakar

detikNews Selasa, 08 Sep 2020 15:22 WIB

Zidan (10) seorang bocah di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tewas dalam kebakaran di rumahnya. Dia jatuh dari gendongan kakak saat api membesar.

Kabakaran rumah itu terjadi di Jalan Jelawat RT 02 kelurahan Sidomulyo, Samarinda, Kaltim, Selasa (8/9/2020) siang. Zidan sedang tidur saat kebakaran terjadi.

Sang kakak sempat menyelamatkan adiknya. Namun karena api telah membesar dan melahap lantai dua bangunan itu, membuat Zidan yang berada di gendongan terlepas.

“Kakak korban sempat menolong korban namun saat itu api sudah membakar sebagian lantai dua rumah mereka, ia pun sempat mengajak sang adik melompat dari lantai dua rumahnya untuk menyelamatkan diri,” kata Roni Ismed (28) tetangga korban.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Di musim kemarau seperti sekarang ini sering sekali terjadi kebakaran. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan mengering akibat panas yang lama medan menjadi mudah terbakar.

Salah satu faktor utama terjadinya kebakaran adalah arus pendek atau korsleting listrik. Disebabkan oleh kondisi kabel dan sambungannya yang tidak baik  yang menyebabkan percikan api yang kemudian membakar bahan-bahan yang ada didekatnya. Penyebab kebakaran berikutnya adalah faktor kelalaian dan kesalahan manusia.

Dari peristiwa diatas terlihat bahwa setelah terjadi kebakaran di rumahnya sang kakak telah berusaha menyelamatan diri dan adiknya. Sayang dia gagal menolong adiknya dan terjatuh ke dalam kobaran api yang menyebabkan adiknya meninggal. Dalam kondisi yang berat dan mendadak seperti ini memang sangat sulit untuk mengambil tindakan yang terbaik untuk melakukan penyelamatan. Apalagi bagi anak kecil.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Polis Asuransi Standar Kebakaran Indonesia
    • Asuransi Jiwa
    • Asuransi Kecelakaan Diri

 

  1. Imbas Kebakaran di Bali Mester Jatinegara, 60 Orang Mengungsi

detikNews Senin, 07 Sep 2020 21:48 WIB

Sebanyak 60 orang mengungsi sementara imbas kebakaran di permukiman padat di Kelurahan Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur. Kebakaran ini melalap 11 rumah tinggal warga serta satu 1 bengkel.

“Jumlah pengungsi yang kehilangan tempat tinggal ada sekitar 60 jiwa,” kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Senin (7/9/2020).

Bangunan yang terbakar berada di RT 05 yang dihuni 40 orang dalam 20 kepala keluarga (KK). Lalu juga ada di RT 07 dengan warga yang terdampak sebanyak 20 orang dari 9 KK.

Gatot mengatakan luas area yang terbakar di Gang Nur Jatinegara Barat IV RW 03 mencapai 1.150 meter persegi. Gatot menyebut kebakaran akibat korsleting.

“Penyebab korsleting listrik,” jelasnya.

Gatot menjelaskan api berasal dari lantai dua rumah salah satu warga. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran mencapai Rp 1,6 miliar.

Saat ini api sudah padam. Tidak ada laporan adanya korban jiwa dalam kejadian ini.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Di musim kemarau seperti sekarang ini sering sekali terjadi kebakaran. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan mengering akibat panas yang terlalu lama menjadi bahan tersebut mudah terbakar.

Salah satu faktor utama terjadinya kebakaran adalah arus pendek atau korsleting listrik. Disebabkan oleh kondisi kabel dan sambungannya yang tidak baik  yang menyebabkan percikan api yang kemudian membakar bahan-bahan yang ada didekatnya. Penyebab kebakaran berikutnya adalah faktor kelalaian dan kesalahan manusia.

Di kota yang padat penduduk seperti di Jakarta, jika terjadi kebakaran di salah satu rumah, besar kemungkinan kebakaran akan menjalar ke rumah yang lain yang berdekatan. Kondisi bangunan di kawasan padat penduduk pada umumnya terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Kayu, triplek, plastik dan bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya.

Untuk mengurangi bahaya kebakaran pemerintah bersama masyarakat diharapkan meningkatkan usaha pencegahan kebakaran dengan memperhatikan penggunaan listrik agar terpasang dengan baik. Terutama kwalitas kabel, stok kontak, penyambung kabel yang tidak sesuai dengan kapasitas dan kegunaanya.

Baca Juga :   7 Berita Asuransi Pilihan Minggu 1 Oktober 2020

Penyediaan sarana pemadam kebakaran yang mudah dijangkau dan pelatihan cara penggunaanya oleh petugas atau orang yang ditugaskan merupakan solusi terbaik. Salah satu contoh untuk pencegah kebakaran adalah seperti yang dilakukan oleh pemilik dan pengelola gedung bertingkat, pabrik, proyek besar dan lain-lain.

Mereka mempunyai “fire team” team pemadam kebakaran sendiri. Mempunyai peralatan pemadam kebakaran mulai dari hydrant, pompa, sprinkler, team pemadam kebakaran lengkap dengan penanggung jawab, anggota, prosedur jika terjadi kebakaran serta jalur evakuasi untuk penyelamatan. Jika di setiap RT atau RW dibuat team pemadam kebakaran yang terlatih dan dilengkapi dengan sarana pemadam kebakaran yang memadai seperti hand dan mobile fire extinguisher untuk mengatasi kebakaran yang lebih besar.

Selain itu sarana pemadam kebakaran milik pemerintah yang terdekat dari lokasi yang selalu siap siaga untuk  memadam api untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Polis Asuransi Standar Kebakaran Indonesia
    • Asuransi Property All Risks
    • Asuransi Kendaraan Bermotor
    • Asuransi Commercial All Risks
    • Business Interruption Insurance
    • Lain-lain

 

  1. 2 Orang Hilang Akibat Speedboat Terbakar di Kalbar, Pria-Bocah Perempuan

detikNews Selasa, 08 Sep 2020 10:33 WIB. Speedboat rute Sepok Laut menuju Kakap terbakar di perairan Kuala Punggur, Desa Sepok Laut, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar). Dua orang hilang akibat peristiwa itu.

Speedboat itu terbakar pada Selasa (8/9/2020) dini hari. Dua orang menjadi korban dalam kecelakaan ini, yakni Susanto (27) dan seorang bocah perempuan bernama Bulat (4).

“Dua orang menjadi korban dalam kecelakaan speedboat terbakar ini. Kedua orang tersebut berada dalam speedboat yang terbakar, dan saat ini kedua korban masih dalam pencarian tim SAR Gabungan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak Yopi Haryadi.

Menurut Yopi, pencarian dilanjutkan dengan menyisir permukaan air. Bila memungkinkan, akan dilakukan penyelaman.

“Tim SAR gabungan masih melihat perkembangan di lapangan. Saat ini tim masih melakukan penyisiran permukaan. Untuk penyelaman, kami rencanakan jika kondisi memungkinkan. Tentunya faktor keselamatan penyelam juga perlu diperhatikan,” tuturnya.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Salah satu penyebab kecelakaan kapal adalah kebakaran atas rangka kapal. Penyebabnya bisa dari beberapa faktor antara lain, dari bahan bakar, mesin, korsleting listrik, muatan atau bisa juga peyebab yang datang dari luar. Karena kapal ini tenggelam sehingga bisa diketahui penyebab kebaran yang terjadi.

Speed boat adalah jenis kapal kecil yang biasanya menggunakan mesin tempel yang dipasang dibagian belakang. Tangki bahan bakar biasanya diletakkan tidak jauh dari mesin. Tergantung kwalitas konstruksi speed boad, sering kali tangki bahan bakar terbuat dari jerigen plastik sederhana yang rawan bocor.

Speed boat menjadi andalan sarana angkutan di daerah pesisir, aliran sungai sampai ke pedalaman. Menjadi sarana angkutan manusia dan barang. Kondisi kekuatan badan speed boat sangat beragam. Mulai dari yang menggunakan standard tinggi sampai dengan kondis yang sudah lapuk dan rawan kecelakan.

Dari sudah pandang asuransi, speed boat termasuk jenis kapal yang tidak begitu diminati karena resikonya tinggi dan rawan kecelakaan. Kemudian kurang memenuhi standard operasional kelengkapan kapal yang memadai dan perizinan.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Asuransi Rangka Kapal
    • Asuransi Protection and Indemnity (P&I)
    • Asuransi Awak Kapal
    • Asuransi Marine Cargo

 

  1. Kapal Pengangkut Kelapa di Jambi Tenggelam Dihantam Ombak Besar, ABK Selamat

detikNews Sabtu, 22 Agu 2020 19:12 WIB. Sebuah kapal motor pengangkut kelapa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, tenggelam setelah dihantam ombak besar di perairan laut timur Sumatera Jambi. Kapal motor Hikmah Jaya itu terbalik tepat di perbatasan Jambi-Riau.

“Kapal ini pengangkut buah kelapa. Kapal itu mengalami karam setelah dihantam ombak tinggi sehingga kapal kemasukan air dan tenggelam,” kata pejabat Humas Kantor SAR Jambi Lutfi Mulyawan kepada detikcom, Sabtu (22/8/2020).

Kapal itu diketahui tenggelam sekitar pukul 15.30 WIB. Kapal yang diisi 1 nakhoda dan 3 ABK (anak buah kapal) itu tenggelam ketika mengangkut kelapa dari Jambi dan akan dibawa ke daerah Batam.

Petugas gabungan dari Basarnas dan Polairud Jambi berhasil menyelamatkan para ABK dan nakhoda kapal ketika kapal mulai karam.

“Tiga ABK bernama Rendi, Rusdi, dan Ucok, lalu nakhodanya bernama Rahman. Semuanya berhasil diselamatkan. Mereka semua kini sudah dievakuasi petugas,” ujar Lutfi.

Saat ini petugas SAR dan polisi sudah membawa tiga ABK dan nakhoda kapal motor Hikmah Jaya ke pelabuhan. Kapal motor yang tenggelam pun juga bisa diselamatkan untuk ditarik kembali dari laut Jambi. Hanya, kelapa yang diangkut berserakan di perairan.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan ini antara lain adalah:

    • Asuransi Rangka Kapal
    • Asuransi Protection and Indemnity (P&I)
    • Asuransi Awak Kapal
    • Asuransi Marine Cargo

 

  1. Ganti Direksi Tak Cukup Jadi Solusi Maraknya Kecelakaan Proyek

detikFinance Senin, 19 Mar 2018 12:35 WIB, Jakarta – PT Waskita Karya (Persero) Tbk kembali jadi sorotan setelah terjadi kecelakaan proyek Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput yang digarap perusahaan. Ramai sudah terdengar wacana penggantian direksi perusahaan. Cukupkah langkah tersebut?

Ketua Umum Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4I) Lazuardi Nurdin menilai bahwa sebenarnya persoalan tidak hanya ada di lingkup direksi. Tapi dia mencakup keseluruhan. Artinya kepatuhan akan keselamatan konstruksi harus diikuti oleh seluruh bagian dari perusahaan konstruksi.

“Kan sebenarnya direksi perusahaan kontraktor setelah kejadian itu kan mereka sudah berbenah. Tapi kan nggak cukup hanya direksi yang berbenah,” ujarnya ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Andai pun direksi diganti, itu tidak akan menuntaskan kecelakaan proyek konstruksi, karena dalam pelaksanaan proyek banyak yang terlibat. Mungkin yang paling bertanggungjawab memang direksi, tapi elemen lainnya mesti diperhatikan.

“Nggak bisa hanya direksi yang berbenah, ke bawah nggak berbenah. Konsultan pengawas juga harus, jangan cuma ngawasin progres saja. Dia juga harus ngawasain pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3),” lanjutnya.

Namun kata dia keputusannya tetap ada di bawah wewenang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk menentukan apakah akan mengganti direksi perusahaan milik negara di sektor konstruksi tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengajukan rekomendasi sanksi dan teguran kepada Menteri BUMN terkait sejumlah kecelakaan konstruksi beberapa waktu lalu oleh BUMN-BUMN karya. Rekomendasi sanksi tersebut mencakup teguran keras hingga penggantian direksi pada BUMN karya terkait.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

Proyek konstruksi yang dibangun oleh perusahaan BUMN biasanya dalam skala besar, baik dari segi ukuran maupun dari segi biaya. Demikian juga dengan tingkat kesulitan proyek juga cukup tinggi. Oleh karena itu manajemen proyek dan pelaksanaan proyek dituntut untuk dibuat dengan standard tinggi.

Tingkat kecelakaan terhadap proyek yang dibangun oleh BUMN belakangan ini cukup sering terjadi. Baik dari proyek pembangun jalan tol, jembatan, bendungan, pelabuhan dan sarana infrastruktur lainnya.

Secara umum penyebab kecelakaan proyek antara lain adalah faktor manusia dalam bentuk kesalahan dan kelalaian. Ini berkaitan dengan tingkat profesionalisme kerja. Meliputi pengetahuan, pengalaman dan sikap kerja.

Untuk memastikan mereka yang terlibat di dalam pekerjaan proyek adalah mereka yang mempunyai kwalikasi kerja yang cukup dan memadai adalah dengan melakukan pelatihan intensif untuk setiap bidang-bidang pekerjaan. Bagi yang sudah memenuhi persyaratan mereka diberi sertifikat kompetensi kerja.

Selain karena faktor manusia, kecelakaan proyek juga bisa disebabkan oleh kwalitas peralatan konstruksi dan material yang digunakan. Semakin tinggi kwalitasnya maka semakin rendah kemungkinan terjadinya kecelakaan. Selain itu ada pula faktor alam seperti cuaca hujan, banjir, badai, topan, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi dan lain-lain.

Jaminan asuransi yang berkenaan dengan kecelakaan proyek antara lain adalah:

    • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
    • Jaminan Pembayaran (Payment Bond)
    • Professional Liability Insurance
    • Construction Erection All Risks (CAR/EAR)
    • Third Party Liability Insurance
    • Marine Cargo Insurance
    • Construction Plant and Equipment
    • Workmen’s Compensation Assurance (BPJSTK)
    • Property All Risks Insurance
    • Lain-lain

Demikian beberapa berita tentang kecelakaan untuk minggu ini beserta tinjauan manajemen resiko dan asuransi yang berkaitan dengan masing-masing kecelakaan.

Mengurus klaim asuransi tidak mudah. Diperlukan keahlian khusus untuk memahami jaminan asuransi, menyediakan informasi, menjelaskan kepada pihak loss adjuster dan bernegosiasi dengan perusahaan asuransi.

Cara terbaik untuk mengasuransikan asset dan diri Anda adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi. Hubungi broker asuransi andalan anda sekarang juga!

Istagram: @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top