Asuransi Konstruksi

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang jaminan Riot Strike Civil Commotion (RSCC) dari asuransi Construction/Erection All Risks (CAR/EAR)

Liga Asuransi – Setiap bisnis memerlukan biaya, dan demikian juga dengan  industri konstruksi. Ada kebutuhan untuk berinvestasi untuk alat dan bahan. Uang perlu dikeluarkan  untuk iklan dan memasarkan bisnis kepada klien baru dan proyek untuk dikerjakan.

Pada dasaranya tidak ada yang mau menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu dikeluarkan, tetapi jika dengan setiap biaya itu, Anda dapat melihat dan merasakan apa yang Anda dapatkan sebagai imbalan. Anda berfikir bahwa itu wajar.

Tapi kenapa ketika Anda menganalisa semua biaya itu, Anda tiba-tiba berpikir, “mengapa saya harus mengeluarkan biaya asuransi konstruksi untuk proyek saya?” – Padahal selama ini Anda tidak pernah mengajukan klaim. Sepertinya uang dikeluarkan akan sia-sia saja.

Lantas, mengapa Anda sangat membutuhkan asuransi konstruksi?

Meskipun Anda tidak pernah mengalami kecelakaan proyek di masa lalu, bukan berarti kecelakaan tidak akan terjadi di masa mendatang. Tidak ada orang yang sempurna, dan beberapa kecelakaan tidak bisa dihindari. Dan beberapa kecelakaan tersebut dapat menyebabkan biaya tak terduga yang besar dan berpotensi tidak terjangkau.

Klaim ganti rugi yang dialami oleh orang-orang yang terluka karena aktivitas proyek dapat dengan mudah menghabiskan milyaran rupiah. Apalagi jika gedung yang sedang dibangun ambruk. Klaim sebesar itu dapat mengakibatkan bisnis yang tidak diasuransikan bisa mengalami kebangkrutan.

Sebagai konsultan manajemen resiko dan sebagai broker asuransi spesialis untuk industri konstruksi. kami ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman kami kepada Anda seputar asuransi proyek.

Untuk bisa mendapatkan jaminan yang maksimal dari polis asuransi CAR/EAR/TPL terlebih dahulu harus dimodifikasi dengan menambahkan beberapa klausula. Penambahan klausula yang tepat hanya bisa didapatkan dengan bantuan broker asuransi.

Kali ini kami akan membahas salah satu klausula tambahan dan perluasan jaminan atau penjelasan tambahan dari polis asuransi CAR/EAR//TPL standard yang diterbitkan. Kali ini kami akan menjelaskan klausula berikut:

RIOT, STRIKE AND CIVIL COMMOTION EXTENSION (RSCC)

In consideration of the payment of the after mentioned additional premium it is hereby agreed and declared that, notwithstanding anything in the within written Policy contained to the contrary, the insurance under this policy shall, subject to the special conditions hereinafter contained extend to include :

Loss of or damage to the property insured (including loss or damage due to the fire or explosion) directly caused by persons taking part in riots or civil commotions or by strikers or locked out workers or by persons taking part in labour disturbances or by persons of malicious intent acting on behalf of or in connection with any political organization.

Also loss of or damage to the property insured (including loss or damage due to fire or explosion) directly caused by the action of any lawfully constituted Authority in connection with the foregoing perils only.

PROVIDED ALWAYS that all the Conditions of this Policy shall apply (except in so far as they may be hereby expressly varied), and that any reference therein to loss or damage by fire shall be damaged by fire shall be deemed to apply also to loss or damage directly caused by any of the peril which this insurance extends to include by virtue of this endorsement.

TERJEMAHAN BEBAS

PERLUASAN KERUSAKAN, PEMOGOKAN DAN PERLUASAN MASYARAKAT

Dalam pertimbangan pembayaran premi tambahan yang disebutkan di atas, dengan ini disepakati dan dinyatakan bahwa, terlepas dari apa pun dalam Polis tertulis yang bertentangan, asuransi berdasarkan Polis ini akan, dengan tunduk pada persyaratan khusus yang selanjutnya tercantum, meliputi:

Kehilangan atau kerusakan harta benda yang diasuransikan (termasuk kerugian atau kerusakan akibat kebakaran atau ledakan) yang secara langsung disebabkan oleh orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan atau kerusuhan sipil atau oleh pemogok atau pekerja yang terkunci atau oleh orang-orang yang ikut serta dalam gangguan ketenagakerjaan atau oleh orang-orang dari niat jahat yang bertindak atas nama atau sehubungan dengan organisasi politik mana pun.

Juga kerugian atau kerusakan pada properti yang diasuransikan (termasuk kerugian atau kerusakan karena kebakaran atau ledakan) yang secara langsung disebabkan oleh tindakan dari Otoritas yang dibentuk secara sah sehubungan dengan bahaya yang disebutkan di atas saja.

SELALU DISEDIAKAN bahwa semua Ketentuan Polis ini akan berlaku (kecuali sejauh mungkin dengan ini secara tegas bervariasi), dan bahwa setiap referensi di dalamnya untuk kehilangan atau kerusakan oleh api akan rusak oleh api akan dianggap berlaku juga untuk kehilangan atau kerusakan yang secara langsung disebabkan oleh salah satu risiko yang termasuk dalam asuransi ini berdasarkan pengesahan ini.

PENJELASAN TAMBAHAN

  1. Kerusuhan didefinisikan sebagai berikut:
    • Kumpulan tiga orang atau lebih di tempat umum yang melakukan tindakan bersama dengan cara yang bergejolak dan tidak teratur untuk tujuan yang sama (terlepas dari keabsahan tujuan tersebut).
    • Gangguan perdamaian yang melanggar hukum oleh kumpulan yang biasanya terdiri dari tiga orang atau lebih yang bertindak dengan tujuan yang sama dengan cara kekerasan atau kekacauan yang mengancam atau meneror publik atau sebuah institusi.
  1. Pengadilan telah mendefinisikan kerusuhan dengan berbeda-beda. Misalnya, ada yang mendefinisikan sebagai ‘pengumpulan tiga orang atau lebih’ dengan ‘tujuan bersama’ untuk melakukan ‘tindakan yang melanggar hukum [dengan maksud untuk menggunakan] kekerasan atau kekerasan. Ini juga telah didefinisikan sebagai membutuhkan’ keributan ”atau gangguan ‘pada saat aksi.
  2. Keributan sipil didefinisikan sebagai pemberontakan publik oleh sejumlah besar orang yang, bersama-sama, menyebabkan kerugian bagi orang atau harta benda.
  3. Sifat lokal dari bahaya ‘kerusuhan’ atau ‘keributan sipil’ terkadang menimbulkan kekerasan lokal atau sementara yang melanggar hukum
    • Kerusuhan dan kerusuhan sipil adalah murni ‘gangguan rumah tangga’.
    • Mereka ‘pada dasarnya semacam gangguan rumah tangga. . . seperti yang terjadi di antara sesama warga negara atau dalam batas satu komunitas. “
    • Agar gangguan dapat digolongkan sebagai keributan sipil, ‘agen yang menyebabkan kekacauan harus berkumpul bersama dan menyebabkan gangguan dan keributan.’
    • Bersifat lokal dari bahaya ‘kerusuhan’ atau ‘keributan sipil’ terkadang menimbulkan kekerasan lokal atau sementara yang melanggar hukum.
  1. Pada umumnya memahami arti istilah … termasuk gangguan atau keributan publik sebagai elemen penting. Vandalisme, pembakaran, atau tindakan lain yang bersifat destruktif, bukan merupakan kerusuhan jika dilakukan jauh dari pandangan publik dengan maksud agar tidak teramati.
  2. Ambiguitas atau ketidakpastian dalam polis asuransi harus diselesaikan dengan perusahaan asuransi dan… jika diizinkan secara semantik, kontrak akan diberikan konstruksi yang secara adil akan mencapai tujuannya untuk memberikan ganti rugi atas kerugian yang terkait dengan asuransi.
  3. Tujuan dari asuransi konstruksi ini adalah untuk melindungi pertanggungan secara wajar dalam situasi di mana perusahaan asuransi yang mengontrol bahasa polis. Efeknya berbeda, tergantung pada apakah bahasa yang akan ditafsirkan ditemukan dalam klausul yang menyediakan jaminan atau dalam satu jaminan yang membatasi. Sementara klausul pertanggungan ditafsirkan secara luas untuk memberikan perlindungan sebesar mungkin bagi tertanggung, klausul pengecualian ditafsirkan secara sempit terhadap pihak asuransi.
Baca Juga :   Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terjadi Kecelakaan Pada Proyek Konstruksi?

CATATAN

Berdasarkan pengalaman dengan beberapa perusahaan asuransi, sering sekali mencari cara untuk tidak membayar klaim daripada alasan memberikan perlindungan. Sementara penyebab “kerusuhan” dan “keributan sipil” tampaknya menjadi penyebab banyak kerusakan yang seharusnya menghasilkan penggantian klaim, pengacara perusahaan asuransi sering memperdebatkan ketentuan dan definisi untuk mencegah pemegang polis menerima pertanggungan untuk peristiwa yang mungkin tidak hanya menarik perhatian publik, yang kebetulan terjadi di dekat kerusuhan atau keributan sipil.

TUGAS BROKER ASURANSI UNTUK ASURANS PROYEK

Setiap proyek konstruksi unik dan memiliki risiko sendiri, dan oleh karena itu penting untuk berkonsultasi dengan broker asuransi yang dapat membantu memberikan masukan dan pertimbangan keadaan dan resiko dari setiap proyek saat sebelum memprores jaminan asuransi.

Broker asuransi yang spesialis di bidang konstruksi mereka adalah ahli resiko proyek dengan keahlian dan pengetahuan tertentu. Pengalaman bekerja dengan banyak risiko konstruksi memberikan peranan dan fungsi yang unik dalam pasar asuransi, mereka biasanya memiliki gelar profesi asuransi bertaraf internasional dan terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan beberapa bentuk pengalaman dalam industri konstruksi.

Keterampilan khusus yang dimiliki oleh broker asuransi ini memungkinkan kontraktor atau insinyur untuk percaya diri dalam menerima masukan dan penjelasan  dalam memahami klausul asuransi dan memastikan risiko dipertimbangkan dan diasuransikan secara memadai.

Keahlian teknis dan profesional di bidang resiko konstuksi sangat penting, karena kontraktor dan insinyur mungkin tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai hukum yang memadai.

Asuransi pada hakikatnya adalah sumber pembiayaan untuk membayar kerugian, jika dan saat kerugian terjadi. Ini mewakili kepentingan moneter dari kerugian tersebut.

Broker asuransi yang akan bernegosiasi ke beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan back up dan menegosiasikan terms and conditions dan premi asuransi yang paling kompetitif.

Tugas utama broker asuransi lainnya adalah membantu Anda dalam menyelesaikan klaim jika terjadi. Broker asuransi yang akan penyusun laporan, menegosiasi dengan pihak loss adjuster hingga klaim asuransi disetujui. Kemudian membantu realisasi pembayaran klaim dari perusahaan asuransi.

Berikut ini beberapa jenis asuransi yang dibutuhan oleh proyek konstruksi:

  1. Bid Bond
  2. Performance Bond
  3. Payment Bond
  4. Construction Erection All Risks and Third Party Liability
  5. Comprehensive General Liability
  6. Workmen’s Compensation Assurance (WCA)
  7. Construction Plant and Equipment (CPE) Insurance
  8. Marine Cargo and Land Transit Insurance
  9. Motor Vehicle Insurance
  10. Personal and Health Insurance
  11. Lain-lain

Untuk semua kebutuhan asuransi proyek Anda, selalu gunakan jasa Broker asuransi!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top