Asuransi Pengiriman Barang

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Asuransi Marine Cargo

Liga Asuransi – Pertumbuhan ekonomi dunia yang semakin meningkat tentunya diikuti oleh majunya pemikiran masyarakat terutama dalam usaha perniagaan. Di Indonesia sendiri, pengangkutan barang merupakan kegiatan yang sangat crucial dimana konektivitas antar pulau sangat dibutuhkan demi pemerataan. 

Namun, risiko yang mungkin didapatkan selama proses berjalannya proses pengirimana kargo akan semakin tinggi terlebih jika medan yang dihadapi juga berbahaya. Risiko ini dapat timbul dalam berbagai bentuk, seperti kerusakan alat-alat, terganggunya transportasi, rusaknya proyek hasil pembangunan, kehilangan barang-barang berharga dan lain-lain. Lembaga asuransi atau pertanggungan dalam kondisi tersebut mempunyai fungsi sebagai lembaga yang akan mengambil alih setiap risiko yang mungkin timbul atau dihadapi. Risiko ini tentunya dapat merugikan baik finansial, hingga nyawa anda sewaktu Oleh karena itu, perlu adanya asuransi penjamin yang dapat mengcover segala jenis risiko tersebut. 

Sebelum mengenal asuransi cargo lebih lanjut, berdasarkan sejarah, perkembangan asuransi pengangkutan atau marine cargo (melalui laut dan darat) mulai diselenggarakan di Italia pada sekitar abad 12. Para pedagang bangsa Italia tiba di Inggris sekitar abad ke-12 dan 14 dengan membawa kebiasaan perdagangan mereka termasuk asuransi ini.

Para pedagang dan para pelautnya biasa membicarakan bisnis tersebut di kedai-kedai kopi dimana kopi merupakan minuman kegemaran baru bagi mereka. Dan salah satu kedai kopi yang ternama antara lain milik Edward Llyod di tepi muara sungai Thames yang dibukanya sekitar tahun 1680.

Edward Lloyd cukup cerdik dimana untuk menarik pengunjungnya diciptakan pelayanan khusus dengan menyediakan alat-alat tulis, dan dari bekas-bekas coretan tersebut dikumpulkan dan membuat sebuah majalah informasi tentang kapal-kapal yang akan berlayar dan tiba di London serta berita musibah dan situasi di berbagai pelabuhan lainnya di luar negeri. Kemudian dia menerbitkan buletin yang diberi nama Lloyd News yang kemudian terakhir menjadi sebuah terbitan surat kabar Lloyd List yang diterbitkan tahun 1734 setelah ia meninggal.

Asuransi marine cargo adalah kelas asuransi properti yang mengasuransikan properti saat dalam perjalanan terhadap kerugian atau kerusakan yang timbul dari bahaya yang terkait dengan navigasi laut atau udara dan selanjutnya jalur darat dan darat. Undang-undang tidak secara khusus menyebutkan perjalanan udara atau transit darat murni. 

Sederhananya, Asuransi Kargo Laut melindungi barang-barang Anda dari segala kehilangan atau kerusakan saat dalam perjalanan di laut. Meskipun setiap polis mungkin berbeda pada detailnya, poin utama dari asuransi angkutan laut adalah untuk melindungi Anda dan perusahaan Anda dari pendapatan yang menderita.

Ada beberapa jenis polis asuransi kargo yang harus Anda pertimbangkan. Lihat daftar besar jenis asuransi pengiriman ini di blog Cerasis (sumber daya lain yang sangat baik untuk pengirim dan profesional logistik). Mengetahui jenis kebijakan mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda memerlukan pengetahuan tentang ruang lingkup penuh pekerjaan Anda, dan risiko yang terlibat dalam gerakan dan industri spesifik Anda.

Karena Asuransi Kargo Laut melindungi barang di atas lautan, ini melindungi keuntungan Anda dari kebakaran dan kerugian. Bahkan menutupi kerusakan akibat cuaca. Musim badai sedang menimpa kita, dan dengan badai baru-baru ini yang melanda laut dan kerugian di Hawaii, perlindungan ekstra terhadap angin dan hujan yang berbahaya adalah ide yang bagus untuk bisnis apa pun. Laut yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang karena terlempar dan berdesak-desakan di dalam wadah.

Lindungi aset Anda dari awal. Ada beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kerusakan barang Anda. Mengemas barang Anda dengan benar sebelum memulai perjalanannya akan sangat membantu dalam melindungi Anda dari kerugian.

KLAUSUL INSTITUTE CARGO (A)

  • Resiko

Meliputi semua risiko kehilangan atau kerusakan materi pelajaran, kecuali dikecualikan oleh ketentuan klausul

  • Rata-rata umum

Meliputi biaya rata-rata umum dan biaya penyelamatan

Asuransi ini memberi Anda ganti rugi atas segala risiko yang diasuransikan di sini, terhadap tanggung jawab yang timbul berdasarkan Klausul Bentrokan Baik Menyalahkan dalam kontrak pengangkutan.

KLAUSUL INSTITUTE CARGO (B)

  • Resiko

Meliputi kehilangan atau kerusakan pada pokok masalah yang diasuransikan yang secara wajar disebabkan oleh:

    • kebakaran atau ledakan
    • kapal atau pesawat yang terdampar di darat tenggelam atau terbalik
    • Pembalikan atau tergelincirnya angkutan tanah
    • tabrakan dengan benda luar
    •  membuang atau mencuci ke laut
    • masuknya air ke dalam bejana

PENGECUALIAN

  1. Dalam hal apapun asuransi ini tidak akan ditanggung. Kerugian kerusakan atau biaya yang diakibatkan oleh kesalahan yang disengaja dari Tertanggung
  • kebocoran biasa, penurunan berat atau volume biasa, atau keausan biasa dari materi yang diasuransikan
  • Kerugian kerusakan atau biaya yang disebabkan oleh ketidakcukupan atau ketidaksesuaian pengepakan atau persiapan dari materi yang diasuransikan untuk menahan insiden biasa dari transit yang diasuransikan dimana pengepakan atau persiapan dilakukan oleh Tertanggung atau karyawannya atau sebelum pemasangan asuransi ini
  • kerugian kerusakan atau biaya yang disebabkan oleh sifat buruk atau sifat dari subjek yang diasuransikan
  • Kerugian kerusakan atau biaya yang disebabkan oleh keterlambatan, meskipun keterlambatan tersebut disebabkan oleh risiko yang diasuransikan
  • kerusakan yang disengaja atau penghancuran yang disengaja dari materi yang diasuransikan atau bagiannya oleh tindakan salah seseorang atau beberapa orang
  • kerugian kerusakan atau biaya yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh atau timbul dari penggunaan senjata atau perangkat apa pun menggunakan atom atau fisi nuklir dan / atau fusi atau reaksi sejenis lainnya atau gaya atau materi radioaktif.
  • Ketidaklayakan kapal atau kerajinan atau ketidaksempurnaan kapal atau kerajinan untuk pengangkutan yang aman pokok masalah yang diasuransikan, dimana Tertanggung mengetahui rahasia ketidaklayakan atau ketidaksempurnaan tersebut, di waktu saat materi yang diasuransikan dimuat di dalamnya
  • Penanggung mengesampingkan setiap pelanggaran dari jaminan tersirat tentang kelayakan kapal dan kesesuaian kapal untuk membawa masalah yang diasuransikan ke tujuan.
  • Dalam kasus apa pun asuransi ini tidak akan menanggung kerugian atau biaya yang disebabkan oleh
  • Perang pemberontakan revolusi perang saudara, atau pertikaian sipil yang timbul darinya, atau tindakan bermusuhan oleh atau melawan kekuatan yang berperang
  •  Pengekangan atau penahanan penangkapan penyitaan, dan konsekuensinya atau upaya apa pun di sana
  • asuransi ini tidak akan menanggung biaya kerusakan atau kerugian disebabkan oleh pemogok, pekerja yang tidak dapat bekerja, atau orang-orang yang terlibat dalam gangguan ketenagakerjaan, kerusuhan 
  • disebabkan oleh tindakan terorisme apapun yang merupakan tindakan siapa pun yang bertindak atas nama, atau sehubungan dengan, apa pun organisasi yang melakukan kegiatan-kegiatan yang diarahkan pada penggulingan atau pengaruh, dengan kekerasan atau kekerasan, dari pemerintah mana pun yang dibentuk secara hukum atau tidak
  • Masalah yang disebabkan oleh setiap orang yang bertindak karena motif politik, ideologis, atau agama

Sebagai kesimpulan, pengangkutan barang termasuk kegiatan beresiko tinggi, oleh karena itu jaminan asuransi pengangkutan menjadi kebutuhan penting. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan jaminan asuransi yang terbaik, premi yang kompetitif, jaminan yang luas termasuk institute coal clause dan administrasinya yang sederhana. Solusinya adalah dengan mengkonsultasikan perusahaan Anda dengan broker Asuransi. 

Karena perusahaan asuransi yang bisa menyediakan jaminan ini terbatas, maka untuk mendapatkan jaminan yang berkualitas perlu bantuan dari perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang asuransi pengangkutan barang. Hubungi broker asuransi andalan sekarang juga!

Baca Juga :   12 Hal yang perlu Anda ketahui tentang Incoterm Freight On Board (F.O.B) dan Hubungannya dengan Asuransi Pengiriman Barang (Marine Cargo)
Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top