Financial Risk

Bagaimana cara mendapatkan Trade Credit Insurance (TCI)?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Belakang ini kami banyak menerima permintaan dari klien lama maupun klien baru mengenai jaminan asuransi Trade Credit Insurance (TCI). Hal ini mungkin disebabkan karena risiko industri perdagangan lokal maupun internasional semakin meningkat akibat dari pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung.

Sebagai broker asuransi dan konsultan asuransi yang banyak bermain di sektor keuangan atau financial risks, kami ingin membagikan informasi dan pengetahuan kepada Anda agar anda paham manfaat dari TCI dan bagaimana cara mendapatkan jaminan asuransi ini.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini, silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda. 

Trade Credit Insurance (TCI)  dalam bahasa Indonesia disebut dengan asuransi kredit perdagangan, asuransi kredit bisnis, asuransi kredit ekspor, atau asuransi kredit adalah polis asuransi dan produk manajemen risiko yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan lembaga kredit ekspor pemerintah kepada badan usaha yang ingin melindungi piutang mereka dari kerugian akibat risiko kredit tersebut akibat dari wanprestasi yang berlarut-larut atau akibat kebangkrutan dari pelanggannya. 

Manfaat utama dari asuransi kredit perdagangan adalah untuk memfasilitasi perdagangan internasional. Kredit perdagangan ditawarkan oleh pedagang kepada pelanggan mereka sebagai alternatif pembayaran di muka atau pembayaran tunai dengan syarat pengiriman, memberikan waktu kepada pelanggan untuk menghasilkan pendapatan dari penjualan untuk membayar produk atau layanan. Kondisi Ini mengharuskan vendor untuk menanggung risiko non-pembayaran. 

Untuk transaksi domestik dan juga dalam transaksi ekspor, risiko akan meningkat ketika undang-undang, peraturan pemerintah, informasi dan komunikasi bea cukai dan reputasi pelanggan tidak sepenuhnya dipahami oleh pedagang. Selain peningkatan risiko kegagalan pembayaran, perdagangan internasional juda mendatangkan masalah akibat dari perbedaan waktu antara pengiriman produk dan ketersediaan barang untuk dijual. 

Piutang fungsinya sama dengan pinjaman atau dan modal yang diinvestasikan yang sering kali dipinjam oleh vendor. Piutang belum aman sampai ia dibayar. Jika hutang pelanggan merupakan kredit yang sudah diasuransikan, aset yang berisiko itu menjadi lebih aman, sama seperti gedung yang sudah diasuransikan. 

Aset ini kemudian dapat dijadikan sebagai jaminan oleh lembaga pemberi pinjaman dan berdasarkan aset ini digunakan untuk membiayai transaksi dan untuk menghasilkan lebih banyak produk. Oleh karena itu, asuransi kredit perdagangan adalah alat pembiayaan perdagangan.

Asuransi kredit perdagangan dibeli oleh perusahaan untuk mengasuransikan piutang mereka dari kerugian akibat kebangkrutan debitur. Produk TCI tidak tersedia untuk perorangan. Biaya (premi) untuk ini biasanya dibebankan setiap bulan, dan dihitung sebagai persentase penjualan untuk bulan itu atau sebagai persentase dari semua piutang yang belum dibayar.

Pemegang polis harus menerapkan batas kredit pada setiap pembelinya untuk penjualan yang akan diasuransikan kepada pembeli tersebut. Tarif premi mencerminkan risiko kredit rata-rata dari portofolio pembeli yang diasuransikan. Selain itu, asuransi kredit juga dapat mencakup transaksi tunggal atau perdagangan hanya dengan satu pembeli.

Mekanisme Asuransi Kredit Perdagangan

Dengan memiliki asuransi kredit perdagangan, Anda dapat dengan leluasa mengelola risiko komersial dan politik perdagangan yang berada di luar kendali Anda. Asuransi kredit perdagangan dapat membantu Anda merasa aman dalam memberikan lebih banyak kredit kepada pelanggan yang saat ini atau mengejar pelanggan baru yang lebih besar yang sebelumnya tampak terlalu berisiko.

Berikut ini prosedur penerbitan jaminan TCI:

  • Berkonsultasi dengan broker asuransi Anda
  • Pemeriksaan Kesehatan Keuangan Pelanggan – Asuransi akan menganalisis kelayakan kredit dan stabilitas keuangan pelanggan Anda.
  • Batas kredit dihitung – Setiap pelanggan memiliki batas jumlah maksimum yang akan diganti rugi jika pelanggan tersebut gagal membayar.
  • Bisnis seperti biasa – Anda berdagang dengan pelanggan Anda saat ini sesuai keinginan, dengan risiko dijamin sampai batas maksimum. 
  • Pembaruan batas perdagangan – Penyedia asuransi Kredit Perdagangan akan memberitahu Anda penyesuaian batas karena mungkin dinaikkan atau dikurangi saat kondisi berubah.
  • Membangun bisnis – Anda yaitu dengan memeriksa kelayakan kredit calon pelanggan baru dan mengkonfirmasi persetujuan atau menjelaskan jika permintaan Anda ditolak.
  • Membuat klaim – Jika pelanggan gagal membayar, maka Anda memberikan Asuransi Kredit Perdagangan memberikan informasi lengkap. Kami menyelidiki dan mengganti kerugian Anda untuk jumlah yang diasuransikan jika persyaratan polis telah dipenuhi. 

Manfaat Asuransi Kredit Perdagangan

  • Perlindungan – Pada akhirnya, akan ada penggantian dari uang yang hilang karena kredit macet
  • Ketenangan Pikiran – Merasa aman karena mengetahui bahwa tagihan Anda dilindungi
  • Daya Saing – Ini membantu Anda tetap kompetitif dengan memungkinkan Anda menawarkan kredit terbuka ketika pesaing Anda tidak bisa
  • Pendanaan – Ini membantu dalam mengamankan pembiayaan perdagangan yang meningkatkan hubungan perbankan dan akses ke keuangan
  • Profitabilitas – Tingkatkan profitabilitas dengan meningkatkan eksposur Anda ke lebih banyak pelanggan secara aman
  • Arus Kas – Ini melengkapi dan meningkatkan prosedur kontrol kredit yang ada untuk meningkatkan Penjualan 
  • Informasi – Anda mendapatkan akses mengenai kondisi pelanggan yang lebih besar yang mengarah pada keputusan risiko yang seimbang
  • Pertumbuhan – Ini memfasilitasi ekspansi dengan keamanan dan memungkinkan Anda untuk menangani klien baru dengan percaya diri dan meningkatkan jalur kredit ke yang sudah ada 

Trade Credit Insurance dan Pandemi 

Baca Juga :   Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Asuransi Uang

Pandemi semakin meningkatkan ketidakpastian dan proteksionisme dalam perdagangan global yang akan meningkatkan permintaan asuransi kredit perdagangan. Sementara beberapa perusahaan asuransi sendiri banyak yang terkena dampak krisis, serangkaian solusi yang beragam tersedia untuk perusahaan.

Seperti sektor keuangan, perusahaan asuransi kredit perdagangan juga terkena imbas krisis Covid-19. Dengan ekspektasi tren kerugian yang meningkat jangka pendek, cadangan ganti rugi mungkin perlu dibuat. Selera pasar setelah Covid-19 mungkin sedikit berbeda dari apa yang kita lihat dalam dekade terakhir.

Karena resikonya yang tinggi dan kompleksnya proses untuk memberikan jaminan asuransi ini, tidak banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menjual TCI. Jika Pun ada asuransi yang bisa, mereka sangat selektif dan menerapkan beberapa syarat rumit dan ketat.

Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi Trade Credit Insurance adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi yang berpengalaman di bidang financial risks.

Broker asuransi sebagai konsultan akan membantu Anda mengumpulkan informasi yang diperlukan kemudian menyusun dan mempresentasikan kepada beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan dukungan. 

Broker asuransi juga yang akan membantu Anda ketika terjadi klaim. Mereka yang akan berhadapan dengan perusahaan asuransi dan menjelaskan kondisi yang terjadi sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka di Indonesia yang bisa diandalkan untuk asuransi trade credit adalah L&G Insurance Broker.

Untuk urusan seluruh kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top