Asuransi Liability

Public Liability Insurance: Asuransi Yang Perlu Dimiliki Oleh Setiap Rumah Sakit/Medical Center

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap Anda dan keluarga Anda baik-baik saja.

Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang manajemen risiko dan asuransi; Kali ini, kita akan membahas potensi kecelakaan di rumah sakit dan pusat medis. 

Sebagai seorang broker asuransi senior, saya tertarik untuk membahas resiko ini karena belakangan sering sekali terjadi kecelakaan di rumah sakit yang menyebabkan ada korban cidera, cacat dan bahkan sampai meninggal dunia.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini selahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda. 

Kebutuhan akan rumah sakit dan layanan medis meningkat karena populasi yang menua, penyakit kronis, kemajuan teknologi, pertumbuhan populasi, dan keadaan darurat kesehatan masyarakat. 

Karena permintaan untuk layanan ini terus meningkat, rumah sakit dan pusat medis harus memiliki cakupan asuransi yang memadai untuk melindungi diri dari potensi risiko dan kewajiban.

Hampir setiap orang dari kita telah mengunjungi rumah sakit untuk berbagai tujuan, menemani orang yang kita cintai untuk perawatan medis, mengunjungi teman-teman yang dirawat di rumah sakit, atau bahkan mendapatkan perawatan medis. 

Tetapi tidak semua dari kita menyadari beberapa potensi risiko di rumah sakit yang dapat membahayakan kita atau orang lain. 

Untuk memberi Anda wawasan tentang potensi risiko dan kecelakaan di rumah sakit dan pusat medis, cerita berikut menggambarkan konsekuensi dari kecelakaan tersebut.

Ahmad sedang berjalan melewati lobi rumah sakit ketika dia tiba-tiba terpeleset di lantai yang basah dan jatuh dengan keras. Jatuh menyebabkan kakinya patah dan membuatnya tidak bisa berjalan tanpa bantuan. Ahmad dilarikan ke ruang gawat darurat, di mana dia dirawat karena luka-lukanya, tetapi dia tidak akan pernah sepenuhnya pulih dari kecelakaan itu dan dibiarkan cacat permanen.

Frustrasi dan marah, Ahmad mengajukan klaim terhadap rumah sakit karena kelalaian dalam menjaga lingkungan yang aman bagi tamu mereka. Dia menyewa seorang pengacara, dan bersama-sama, mereka mulai mencari kompensasi untuk tagihan medisnya, kehilangan upah, dan rasa sakit dan penderitaan.

Manajemen rumah sakit membantah melakukan kesalahan dan menolak untuk menawarkan penyelesaian kepada Ahmad. Kasus ini dibawa ke pengadilan, dan setelah pertempuran hukum yang panjang, juri memutuskan mendukung Ahmad dan memberinya sejumlah besar uang untuk kerusakannya.

Meskipun menang, kehidupan Ahmad tidak pernah sama. Dia berjuang dengan kecacatannya, harus bergantung pada orang lain untuk perawatannya, dan terpaksa melepaskan karirnya. Kegagalan rumah sakit untuk menjaga lingkungan yang aman sangat berdampak pada hidupnya, dan kompensasi yang dia terima tidak akan pernah bisa sepenuhnya menebus apa yang telah hilang.

 

MEMAHAMI LAYANAN RUMAH SAKIT DAN PUSAT MEDIS 

Rumah sakit dan pusat medis adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan berbagai layanan medis kepada pasien. Fasilitas ini biasanya dikelola oleh tim profesional medis, termasuk dokter, perawat, dan staf pendukung, yang bekerja sama untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit dan cedera.

Beberapa layanan yang ditawarkan rumah sakit dan pusat medis mungkin termasuk perawatan darurat, operasi, pengujian diagnostik, rehabilitasi, dan perawatan jangka panjang. Fasilitas ini juga dapat mengkhususkan diri dalam bidang perawatan kesehatan tertentu, seperti pediatri, kardiologi, atau onkologi.

Rumah sakit dan pusat medis membutuhkan peralatan, persediaan, dan infrastruktur yang signifikan untuk beroperasi secara efektif. Ini termasuk peralatan medis, seperti mesin pencitraan dan instrumen bedah, dan infrastruktur administrasi, seperti sistem rekam medis elektronik dan perangkat lunak penagihan.

Mengingat sifat operasi mereka dan potensi risiko yang terlibat dalam menyediakan perawatan medis, rumah sakit, dan pusat medis biasanya diminta untuk membawa berbagai polis asuransi, termasuk asuransi Public Liability , untuk melindungi diri mereka sendiri dan pasien mereka dari kecelakaan atau insiden yang tidak terduga.

 

POTENSI KECELAKAAN DI RUMAH SAKIT DAN PUSAT MEDIS 

Rumah sakit dan pusat medis dapat terlibat dalam berbagai kegiatan yang dapat menyebabkan cedera atau kerusakan properti pada pihak ketiga, termasuk tamu. Beberapa contoh kegiatan ini dapat mencakup:

  • Terpeleset dan jatuh.

Rumah sakit dan pusat medis memiliki fasilitas yang luas dengan banyak lantai dan kamar, yang dapat meningkatkan risiko tergelincir, tersandung, dan jatuh. Tamu mungkin terluka jika tergelincir di lantai basah atau tersandung benda yang salah tempat.

  • Malpraktek medis

Profesional medis di rumah sakit dan pusat medis harus memberikan perawatan yang memenuhi standar tertentu. Jika seorang profesional medis gagal memenuhi standar ini dan seorang pasien terluka atau terbunuh, rumah sakit atau pusat medis mungkin bertanggung jawab.

  • Kerusakan peralatan

Rumah sakit dan pusat medis menggunakan berbagai peralatan, seperti instrumen bedah, mesin pencitraan, dan ventilator. Rumah sakit atau pusat medis mungkin bertanggung jawab jika peralatan ini tidak berfungsi dan menyebabkan cedera atau kerusakan properti pada pihak ketiga.

  • Kecelakaan transportasi

Rumah sakit dan pusat medis dapat menyediakan layanan transportasi untuk pasien, seperti ambulans atau bus antar-jemput. Jika kecelakaan terjadi selama transportasi dan pihak ketiga terluka, rumah sakit atau pusat medis mungkin bertanggung jawab.

  • Infeksi

Rumah sakit dan pusat medis bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sanitasi untuk mencegah penyebaran infeksi jika tamu tertular infeksi saat berada di rumah sakit, rumah sakit atau pusat medis mungkin bertanggung jawab.

 

MENGAPA  RUMAH SAKIT MEMBUTUHKAN ASURANSI PUBLIC LIABILITY ?

Rumah sakit membutuhkan asuransi Public Liability  untuk melindungi diri dari konsekuensi keuangan dari kecelakaan dan tuntutan hukum yang mungkin timbul dari operasi mereka. 

Asuransi Tanggung Jawab Liability  memberikan perlindungan untuk cedera tubuh dan kerusakan properti yang disebabkan oleh pihak ketiga seperti pasien, pengunjung, vendor, dan anggota masyarakat lainnya yang melakukan kontak dengan rumah sakit.

Rumah sakit menghadapi berbagai risiko yang dapat menyebabkan cedera atau kerusakan properti pada pihak ketiga. Misalnya, terpeleset dan jatuh, malfungsi peralatan, kecelakaan transportasi, dan infeksi adalah semua risiko potensial yang harus dikelola rumah sakit. Jika seseorang terluka atau menderita kerusakan properti karena salah satu insiden ini, mereka dapat meminta pertanggungjawaban rumah sakit dan mencari kompensasi.

Tanpa asuransi Public Liability , rumah sakit mungkin harus membayar biaya-biaya ini dari kantong mereka, yang bisa sangat mahal dan secara signifikan berdampak pada stabilitas keuangan mereka. Asuransi Public Liability  memberi rumah sakit perlindungan finansial dengan menanggung biaya biaya hukum, penyelesaian atau penilaian yang diakibatkan oleh tuntutan hukum, dan biaya terkait kecelakaan lainnya.

Asuransi Public Liability  sangat penting bagi rumah sakit untuk melindungi diri dari konsekuensi keuangan dari kecelakaan dan tuntutan hukum yang timbul dari operasi mereka. Ini memberikan perlindungan untuk cedera tubuh dan kerusakan properti yang disebabkan oleh pihak ketiga dan membantu rumah sakit mengelola risiko yang terkait dengan operasi mereka.

 

MENGAPA OPERATOR RUMAH SAKIT MEMBUTUHKAN JASA BROKER ASURANSI?

Mengatur asuransi dengan menghubungi perusahaan asuransi secara langsung atau melalui agen tidak disarankan karena dapat mengakibatkan terbatasnya nilai pertanggungan, biaya premi yang tidak kompetitif, penggunaan perusahaan yang kurang aman, dan tidak adanya bantuan penyelesaian klaim.

Operator rumah sakit membutuhkan broker asuransi untuk membantu mereka mendapatkan polis asuransi yang tepat untuk melindungi bisnis mereka. Broker asuransi memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas di industri asuransi. Mereka dapat memberikan saran berharga tentang jenis polis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik operator rumah sakit.

Beberapa alasan mengapa operator rumah sakit membutuhkan broker asuransi adalah:

  • Keahlian

Pialang asuransi memiliki pengetahuan luas tentang industri asuransi dan dapat memberikan saran ahli tentang jenis polis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik operator rumah sakit. Mereka juga dapat membantu dengan penilaian risiko dan merekomendasikan langkah-langkah untuk mengurangi risiko.

  • Pilihan Asuransi

Broker asuransi memiliki akses ke berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi. Mereka dapat membantu operator rumah sakit membandingkan kebijakan dan memilih kebijakan yang memberikan cakupan terbaik dengan harga paling kompetitif.

  • Kebijakan yang Disesuaikan

Broker asuransi dapat membantu operator rumah sakit menyesuaikan polis asuransi mereka dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat membantu mengidentifikasi kesenjangan dalam cakupan dan merekomendasikan opsi asuransi tambahan untuk memastikan operator rumah sakit terlindungi secara memadai.

  • Manajemen Klaim

Broker asuransi dapat membantu operator rumah sakit dengan proses klaim, termasuk mempersiapkan dan mengajukan klaim, bernegosiasi dengan perusahaan asuransi, dan memastikan bahwa klaim diselesaikan dengan cepat dan efisien.

  • Timesaving

Bekerja dengan broker asuransi dapat menghemat waktu operator rumah sakit dengan menangani rincian polis asuransi, memungkinkan mereka untuk fokus pada pengelolaan operasi rumah sakit mereka.

Broker asuransi dapat memberi operator rumah sakit keahlian, opsi asuransi, kebijakan khusus, manajemen klaim, dan manfaat hemat waktu. Dengan bekerja sama dengan broker asuransi, operator rumah sakit dapat memperoleh polis asuransi yang tepat untuk melindungi bisnis mereka dan mengelola risiko secara efektif.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012