Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023– Januari Minggu Ke Empat

Liga Asuransi – Para pembaca setia, Selamat Tahun baru 2023. Semoga di tahun ini bisnis Anda berjalan lancar dan terus berkembang. 

Seperti biasa kami akan selalu menyajikan informasi terupdate untuk Anda. Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan silahkan bagikan informasi ini ke rekan-rekan Anda, agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda

11 Orang Termasuk 2 Anak-anak Tewas dari Kebakaran Mobil di Thailand

Bangkok – Kecelakaan mobil van parah terjadi di Thailand menewaskan 11 orang termasuk dua anak-anak. Dilaporkan ada 1 orang yang selamat atas insiden mengerikan itu.

Dilansir AFP, Senin (23/1/2023), kecelakaan tersebut bermula saat mobil van yang membawa 12 orang sedang melakukan perjalanan dari Amnat Charoen ke Bangkok pada Sabtu (21/1) malam. Mobil itu tiba-tiba berbelok keluar dari jalan raya di Nakhon Ratchasima.

Kolonel Polisi Yingyos Poldej mengatakan bahwa seorang pria berhasil memanjat keluar jendela. Tetapi penumpang lainnya terjebak dan tewas dalam kobaran api.

Yingyos mengatakan van tersebut menggunakan bahan bakar minyak dan gas bertekanan. Tetapi laporan awal menemukan bahwa tangki bensin tidak bocor.

“Kami menduga kebakaran itu disebabkan oleh bahan bakar,” katanya sambil menambahkan mereka masih menyelidiki apa yang menyebabkan kendaraan tersebut keluar jalur.

Korban yang selamat, Thanachit Kingkaew, seorang siswa berusia 20 tahun. Dia mengaku tengah tertidur saat kecelakaan itu terjadi. Kingkaew kemudian tersentak bangun setelah mendengar seseorang berteriak.

“Saya bangun dan hal berikutnya yang saya tahu, van itu terbalik. Saya tidak melihat apa yang terjadi,” katanya.

“Setelah kecelakaan itu, api mulai melahap seluruh van mulai dari belakang,” imbuh Kingkaew.

“Saya mulai menendang jendela dan berhasil merangkak melalui lubang kecil. Segera setelah itu, van itu meledak,” katanya lagi.

Nikhom Seaun, seorang sukarelawan dengan tim penyelamat lokal, mengatakan van itu meledak hanya beberapa detik setelah dilalap api.

“Butuh waktu kurang dari 30 detik untuk membakar seluruh van,” katanya.

“Saya tidak bisa berbuat apa-apa dengan pemadam api yang saya miliki. Van itu kemudian meledak tiga sampai empat kali,” imbuh Seaun.

Source :  https://news.detik.com/internasional/d-6530360/11-orang-termasuk-2-anak-anak-tewas-dari-kebakaran-mobil-di-thailand

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Kendaraan bermotor
  • Asuransi Mobil
  • Dan lainnya

Kebakaran di Area Kumuh di Seoul, 500 Orang Dievakuasi

Seoul – Sekitar 500 orang harus dievakuasi pada Jumat (20/1) waktu setempat setelah kebakaran melanda area kumuh di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Puluhan rumah dilaporkan hancur akibat kebakaran tersebut, namun belum ada laporan korban jiwa.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (20/1/2023), otoritas pemadam kebakaran setempat melaporkan bahwa api pertama muncul sekitar pukul 06.27 waktu setempat di area Desa Guryong, Seoul bagian selatan, yang menjadi lokasi tempat tinggal 660 keluarga.

Disebutkan sejumlah pejabat dinas pemadam kebakaran Seoul bahwa sekitar 40 rumah yang ada di area seluas 1.700 meter persegi mengalami kehancuran akibat kebakaran tersebut. Sekitar 290 personel dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kebakaran, dengan dibantu 10 helikopter dan para personel kepolisian.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

Presiden Yoon Suk Yeol tengah berada di Davos, Swiss, untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia. Namun menurut juru bicaranya, Kim Eun Hye, Presiden Yoon telah memerintahkan upaya menyeluruh untuk meminimalisasi kerusakan dan mengerahkan semua petugas pemadam dan peralatan yang tersedia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Lee Sang Min juga menginstruksikan para pejabat setempat untuk mencegah kerusakan sekunder dan melindungi warga sekitar.

Desa Guryong yang merupakan salah satu area kumuh terakhir yang tersisa di Seoul, yang menjadi simbol kesenjangan di negara dengan perekonomian terbesar keempat di Asia tersebut. Desa Guryong terletak tepat di sebelah distrik Gangnam yang makmur dan mencolok.Area kumuh itu juga rawan dilanda kebakaran, banjir dan bencana alam lainnya, dengan kebanyakan rumah warga dibangun dengan kardus dan kayu. Warga setempat juga mudah terpapar masalah keamanan dan kesehatan.

Rencana pembangunan kembali dan relokasi hanya mengalami sedikit kemajuan di tengah upaya tarik-menarik selama puluhan tahun antara pemilik tanah, warga dan pemerintah.

Wali Kota Seoul Oh Se Hoon telah mengunjungi area kumuh itu dan meminta para pejabat menyusun langkah untuk merelokasi yang terdampak kebakaran.

Source : https://news.detik.com/internasional/d-6525495/kebakaran-di-area-kumuh-di-seoul-500-orang-dievakuasi

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Property All Risk
  • Dan Lainnya

 

Kronologi Kecelakaan Kerja di PT Maltex Ngoro Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Korban Muhammad Efendi (28) warga Dusun Glatik, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto merupakan karyawan PT Multi Anugrah Lestari Texindo (PT Maltex) bagian produksi. Jasad korban ditemukan tak utuh setelah mengalami kecelakaan kerja.

Korban bekerja di Kalender Mika A-2 PT Maltex, pabrik penghasil spongsit yang berada di kawasan Ngoro Industri Persada (NIP), Dusun Kesono, Desa Candi Harjo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Korban bekerja di lantai A-2 yang merupakan bagian masak mika.

Kasi Humas Polres Mojokerto, Ipda Tri Hidayati mengatakan, jika pada, Sabtu (21/1/2023) kemarin, korban masuk sip 2 yakni mulai masuk kerja pukul 15.00 WIB. “Sedangkan saksi 2 bekerja di lantai bawah bagian mixing,” ungkapnya, Minggu (22/1/2023).

Mika tersebut harus dimasak sebanyak tiga kali, hasil produksi mika masakan dari lantai A-2 tersebut turun ke bagian mixing. Mika pertama turun ke lantai bawah, lanjut Kasi Humas, sedangkan hasil produksi mika kedua tidak turun ke bawah sehingga saksi melapor ke bagian mesin.

“Asisten Formen (bagian mesin) tersebut kemudian memangil-manggil korban namun tidak menjawab, saat memanggil korban melalui telepon juga tidak menjawab. Sehingga asisten formen tersebut naik ke atas, ke lantai 2 untuk mencari korban,” katanya.

Kasi Humas menjelaskan, jika keberadaan korban tidak juga ditemukan setelah dicari ke tempat korban bekerja di lantai A-2. Namun mesin yang dioperasikan korban dalam kondisi kotor sehingga hal ini dilaporkan ke petugas karena asisten formen tersebut curiga.

“Saat membuka mesin dengan maksud menurunkan hasil produksi mika tidak bisa keluar semua, seperti ada yang nyangkut dalam mesin. Pada saat memeriksa mesin produksi mika tersebut, ditemukan serpihan tulang dan gumpalan daging yang jadi satu dengan mika hasil produksi,” jelasnya.

Kasi Humas menjelaskan, Kanit Reskrim bersama anggota piket reskrim dan piket patroli mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) setelah mendapatkan informasi terkait kecelakaan kerja di PT Maltex tersebut. Tak berselang lama, petugas Identifikasi Satreskrim Polres Mojokerto melakukan olah TKP.

“Jasad korban sudah tidak utuh, di TKP hanya ditemukan serpihan tulang dan daging. Dugaannya masih dalam penyelidikan. Petugas sudah melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi, kasus kecelakaan kerja di PT Maltex saat ini ditanggani Satreskrim Polres Mojokerto,” tegasnya.

Sebelumnya, Kecelakaan kerja menimpa korban Muhammad Efendi (28) warga Dusun Glatik, Desa Watesnegoro , Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Korban yang merupakan karyawan PT Multi Anugrah Lestari Texindo (PT Maltex) bagian produksi ini tewas, Sabtu (21/1/2023).

Korban tewas saat bekerja di bagian produksi pabrik penghasil spongsit yang berada di kawasan Ngoro Industri Persada (NIP), Dusun Kesono, Desa Candi Harjo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Kecelakaan kerja tersebut diketahui sekira pukul 20.45 WIB.

Source : https://beritajatim.com/peristiwa/kronologi-kecelakaan-kerja-di-pt-maltex-ngoro-mojokerto/ 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Personal Accident
  • Dan lainnya

 

Sejumlah Wilayah Aceh Terendam Banjir

JAKARTA – Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh sebelah utara dilanda banjir pada akhir minggu pertama Januari 2023. Genangan tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur beberapa kabupaten, seperti Aceh Timur, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen. Banjir masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (22/1).  

Banjir merendam beberapa daerah di Kabupaten Aceh Timur pada Sabtu (21/1), pukul 07.00 waktu setempat atau WIB. Hujan deras yang terjadi sejak Jumat menyebabkan debit air Sungai Simpang Jernih meluap. Dua desa atau gampong, yaitu Desa Pante Kera dan Rantau Pajang, di Kecamatan Simpang Jernih terendam banjir. 

Sebanyak 104 KK terdampak dan 5 KK mengungsi saat banjir dengan tinggi muka air 40 – 80 cm menggenangi rumah warga. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan potensi adanya peningkatan tinggi muka air. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat dan kesiapsiagaan untuk evakuasi warga. 

Banjir Pidie dan Pidie Jaya

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Pidie melaporkan hujan intensitas tinggi menyebabkan debit air beberapa sungai meluap pada Jumat lalu (20/1), pukul 11.15 WIB. Sungai atau krueng yang dimaksud antara lain Krueng Tiro, Krueng Paloh, Krueng Lala, Krueng Rubee dan Krueng Rukoh. 

Sejumlah desa atau gampong yang tersebar di 21 kecamatan terendam banjir dengan tinggi muka air 30 hingga 70 cm. 

Kecamatan terdampak antara lain Kecamatan Pidie, Sakti, Kembang Tanjong, Peukan Baro, Indra Jaya, Padang Tiji, Grong-grong, Delima, Mutiara Timur, Mutiara Barat, Muara Tiga, Keumala, Titeu, Glumpang Tiga, Batee, Glumpang Baro, Simpang Tiga, Mila, Kota Sigli, Tiro dan Tangse.

Bencana ini mengakibatkan 1.095 KK atau 3.336 warga mengungsi sementara waktu. Pihak BPBD setempat masih terus melakukan pendataan warga terdampak banjir yang meluas ini. Sejauh ini tidak ada dampak korban jiwa.

Personel di lokasi terdampak telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi dan pemberian pelayanan dasar kepada warga terdampak. 

Sementara itu, banjir juga berdampak di wilayah tetangga, yaitu Kabupaten Pidie Jaya. Hujan intensitas tinggi turut mengguyur wilayah ini hingga debit air beberapa sungai meluap. BPBD Kabupaten Pidie Jaya menginformasikan Sungai Mereudu, Beuracan, Ulim dan Putu meluap pada Jumat (20/1), pukul 21.00 WIB. 

Delapan kecamatan terdampak di wilayah Pidie Jaya. Kecamatan yang terendam banjir antara lain Kecamatan Ulim, Panteraja, Bandar Dua, Meurah Dua, Meureudu, Bandar Baru, Trienggadeng dan Jangka Buya. 

BPBD Kabupaten Pidie Jaya terus melakukan pemutakhiran pendataan di lokasi terdampak. Data sementara tercatat sebanyak 47 KK atau 90 warga mengungsi, sedangkan warga terdampak di sejumlah kecamatan tersebut mencapai 6.776 KK atau 17.628 warga.

BPBD bersama dinas sosial setempat mengoperasikan dapur umum untuk mereka yang berada di pengungsian maupun yang bertahan di rumah-rumah. 

Hingga hari ini, banjir masih merendam beberapa wilayah terdampak. 

Pada hari ini hingga esok, Senin (23/1), pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Potensi cuaca dengan intensitas tersebut berpeluang terjadi di wilayah yang saat ini terdampak banjir dan wilayah-wilayah lain di Provinsi Aceh. 

Mengantisipasi potensi risiko yang diakibatkan bencana hidrometeorologi, warga dapat melakukan upaya kesiapsiagaan dini. Siapkan tempat-tempat evakuasi sementara berbasis komunitas. Lakukan evakuasi secara aman dan efektif apabila kondisi genangan atau tinggi muka air mulai membahayakan. Apabila tidak dapat melakukan evakuasi, segera hubungi petugas untuk membantu proses evakuasi.  

Source : https://bnpb.go.id/berita/sejumlah-wilayah-aceh-terendam-banjir- 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Banjir
  • Asuransi Bencana Alam
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Dan lainnya

2 Truk Kontainer Kecelakaan di Tol Jagorawi Arah Jakarta, Ada Korban Tewas

Jakarta – Kecelakaan lalulintas melibatkan truk terjadi di Tol Jagorawi arah Jakarta. Dilaporkan ada korban meninggal dunia.

Melalui Twitternya, TMC Polda Metro Jaya melaporkan kecelakaan antar truk itu terjadi Selasa (24/1/2023) pukul 05.25 WIB.

“Telah terjadi kecelakaan antara 2 truk kontainer dari arah Tol Jagorawi mendekat keluar Kodam Jaya. Korban tutup usai,”cuit TMC Polda Metro Jaya.

Petugas di lokasi bersama dengan Jasa Marga tengah melakukan penanganan. Lalin di tiga jalur bisa dilewati.

“Kecelakaan sedang dalam penanganan petugas Polri dan PT Jasa Marga. Situasi arus lalu lintas sudah bisa dilewati 3 lajur,” imbuhnya.

Source:  https://news.detik.com/berita/d-6530700/2-truk-kontainer-kecelakaan-di-tol-jagorawi-arah-jakarta-ada-korban-tewas

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Pengangkutan Barang
  • Asuransi Liability
  • Asuransi Heavy Equipment
  • Dan lainnya

 

Toko Cat di Cikarang Terbakar, 20 Mobil Damkar Diterjunkan 

BEKASI, KOMPAS.com – Satu unit bangunan toko cat dua lantai yakni Sinar Warna habis terbakar di Jalan Teuku Umar RT 01 RW 02, Desa Gandasari, Cikarang Barat, Bekasi, pada Senin (23/1/2023). 

Komandan Peleton Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Salimi menyebut, sebanyak 20 mobil pemadam diterjunkan karena nyala api sangat besar dan kobaran merambat dengan cepat. 

“Ada 20 unit mobil pemadam yang dikerahkan dengan rincian 10 unit dari Pemda Bekasi, 2 dari Cikarang Utara, 2 dari pos Taman Kebalen, 4 dari Mako Cikarang barat. 

Sementara 2 lainnya unit ambulan dari PMI,” ujar Salimi dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin. 

Salimi mengatakan, pihaknya mendapat laporan soal peristiwa kebakaran itu pukul 04.05 WIB. Petugas yang mendapat laporan pun langsung terjun ke lokasi. “Unit berangkat pukul 04.08 WIB dan tiba di lokasi pukul 04.11 WIB,” jelas Salimi. 

Setelah kurang lebih 5 jam berjibaku, petugas akhirnya berhasil menjinakkan api. Pihak Damkar sendiri belum memerinci berapa total kerugian dan penyebab dari musibah kebakaran tersebut. “Tidak ada korban jiwa dan korban luka. Penyebab dan berapa kerugian akibat musibah itu juga belum diketahui,” jelas Salimi.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/23/15443491/toko-cat-di-cikarang-terbakar-20-mobil-damkar-diterjunkan

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Property All Risk
  • Asuransi Pergudangan
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

 

Truk Air Mineral Tabrak Truk Semen di Tol Dalam Kota, Satu Pengemudi Tewas di Tempat

JAKARTA, KOMPAS.com – Dua truk terlibat kecelakaan di Tol Dalam Kota, tepatnya KM 3.650, Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 03.37 WIB. Pengemudi salah satu truk meninggal dunia di tempat. 

Kepala Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sutikno mengungkapkan, truk yang terlibat kecelakaan adalah truk tronton berpelat BL 8646 AK bermuatan semen dan truk ringan berpelat B 9129 KYT bermuatan air mineral. 

“Menurut keterangan pengemudi truk tronton, kedua truk melaju dari Bogor mengarah ke Jakarta,” ujar Sutikno melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa pagi. “Di KM 3.650, tepat di lajur tiga, truk ringan menabrak belakang truk tronton,” lanjut dia. 

Berdasarkan analisis petugas di lapangan, pengemudi truk ringan tak bisa menjaga jarak sehingga ketika truk di depannya mengerem, truk di belakangnya tidak bisa mengantisipasi. Tabrakan belakang pun tak terhindarkan. 

Sak semen dan kemasan air mineral yang diangkut oleh kedua truk itu berhamburan ke jalanan. Pengemudi truk ringan bermuatan air mineral bernama Baharudin tewas di lokasi kejadian. Adapun, rekan Baharudin bernama Kurnidin dan Faisal mengalami luka berat. 

Kasus kecelakaan lalu lintas itu kini diserahkan ke Unit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur untuk diselidiki. Kecelakaan tersebut sempat membuat arus lalu lintas di Tol Dalam Kota menuju pusat kota mengalami kemacetan. 

Tetapi, petugas langsung membersihkan ceceran semen dan kemasan air mineral agar jalan bisa kembali dilintasi.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/24/09011911/truk-air-mineral-tabrak-truk-semen-di-tol-dalam-kota-satu-pengemudi-tewas

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Pengangkutan Barang
  • Asuransi Heavy Equipment
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

Informasi ini disajikan oleh: Broker Asuransi L&GThe Smart Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!