Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia –Minggu Ke 2 Desember

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu kedua di bulan Desember 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Gempa Bogor Guncang, 77 Rumah Rusak dan Pemkab Bogor Berencana Relokasi Korban

Gempa berkekuatan magnitudo 4,0 yang melanda Bogor pada Jumat (8/12/2023) tidak hanya mengejutkan warga, tetapi juga meninggalkan dampak serius pada sejumlah bangunan di wilayah tersebut.

Sebanyak 77 rumah di Pamijahan, Kabupaten Bogor, mengalami kerusakan signifikan akibat gempa yang berpusat di 25 kilometer barat daya Kota Bogor tersebut. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menyatakan bahwa 77 kepala keluarga dengan total 260 jiwa terdampak. Kerusakan melibatkan 52 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, dan 7 unit rumah rusak berat.

Bupati Iwan Setiawan bersama Pj. Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin telah melakukan peninjauan langsung terhadap wilayah terdampak, terutama di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan pada Sabtu (9/12/2023). Dalam kunjungan tersebut, bantuan berupa bahan pokok seperti telur, beras, dan minyak goreng, serta velbed untuk tempat tidur sementara, telah diberikan kepada para korban gempa.

Selain bantuan bahan pokok, pemkab Bogor juga memberikan bantuan infrastruktur seperti kamar mandi dan toilet untuk warga terdampak. Iwan Setiawan mengungkapkan komitmennya untuk memfasilitasi semua warga yang terkena dampak bencana ini dengan menyediakan makanan bergizi dan bantuan lainnya.

Dalam menghadapi situasi ini, Pemkab Bogor merencanakan relokasi para korban. Hal ini diusulkan karena sebagian besar warga terdampak bencana tinggal di tanah yang memiliki status HGU PTPN. Iwan Setiawan menyatakan pemikiran untuk memberikan opsi relokasi kepada warga yang terkena dampak, dan jika mereka setuju, Pemkab Bogor akan menyiapkan lahan di wilayah Cigudeg.

Meskipun gempa bumi tersebut tidak menelan korban jiwa, Pemkab Bogor berencana menetapkan status darurat bencana. Keputusan ini diambil untuk mengoptimalkan penanganan terhadap para korban bencana melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Source: https://depok.tribunnews.com/2023/12/10/260-jiwa-terdampak-gempa-bumi-di-pamijahan-bogor-77-rumah-rusak 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi PAREQ (Property All Risks and Earthquake)
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Business Insurance
  5. Liability Insurance

 

Kecelakaan Maut di Bantul, Yogyakarta. Minibus Terperosok ke Jurang, Satu Orang Tewas, 13 Orang Luka-Luka

Pada Sabtu (9/12/2023) siang, sebuah kecelakaan maut terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kejadian tragis ini menyisakan duka, dengan satu orang tewas dalam insiden kecelakaan tunggal di Jalur Cinomati, Jalan Pleret-Pathuk, Bantul.

Sebuah minibus dengan nomor polisi N 7602 TA, yang membawa 17 penumpang, mengalami kecelakaan mematikan ini ketika sedang melaju dari arah Kapanewon Dlingo menuju arah Wonolelo, Kapanewon Pleret. Kepala Seksi Humas Kepolisian Resor Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengungkapkan bahwa sebelum mencapai lokasi kecelakaan, sopir sudah kehilangan kendali, dan akhirnya, minibus terperosok ke jurang.

Menurut Kepala Kepolisian Sektor Pleret, AKP Wiyadi, dugaan sementara menunjukkan bahwa minibus mengalami rem blong karena kampas rem terbakar. “Medannya susah. Jadi minibus dari atas mau ke bawah atau turun. Diduga karena blong karena direm terus dan terbakar (kampas rem),” ujar Wiyadi.

Dalam tragedi ini, korban meninggal adalah Endrianik (37), seorang perempuan asal Malang, Jawa Timur. Jumlah penumpang sebanyak 17, di mana 3 dinyatakan sehat, 1 tewas, dan 13 lainnya mengalami luka yang memerlukan perawatan medis. Dua korban luka dirawat di RS Permata Husada, Kapanewon Pleret, sedangkan 11 lainnya dilarikan ke RS Nur Hidayah, Kapanewon Jetis.

Kepolisian menyoroti kondisi jalur Cinomati yang dianggap tidak aman bagi kendaraan berukuran besar. Iptu Jeffry memperingatkan masyarakat untuk tidak melalui jalur ini jika tidak benar-benar hafal dan memahami medannya. Kejadian ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalur-jalur yang rawan di wilayah tersebut.

Source: https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/12/10/054806578/kronologi-kecelakaan-maut-di-bantul-minibus-berisi-17-orang-masuk-jurang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Kendaraan
  5. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

 

Kecelakaan Kerja Operator Grader Tewas Terlindas di Kalimantan

Sebuah kecelakaan kerja yang memilukan terjadi di area PT Abadi Jaya Laxmindo (AJL), Desa Wilas, Kecamatan Kelumpang Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada Minggu (10/12/2023) sekitar pukul 01.00 Wita. Joni Bokko (44), seorang operator grader berpengalaman asal Kalimantan Timur, menjadi korban tewas dalam insiden tragis ini.

Berdasarkan keterangan Kasi Humas Polres Kotabaru, Ipda Agus Riyanto, kecelakaan tersebut terjadi ketika Joni Bokko bekerja sebagai operator grader 07 di perusahaan tersebut. Sebelum kejadian, Joni sempat beristirahat setelah mengoperasikan grader, namun kembali melanjutkan pekerjaannya setelah merasa cukup istirahat.

Saat menghidupkan mesin, grader yang dikemudikan Joni secara tiba-tiba mundur dan kemudian maju ke depan. Kondisi ini membuatnya terkejut, dan dalam upaya untuk melindungi diri, Joni berusaha melompat turun. Sayangnya, kaki Joni tersangkut, dan dia terjatuh, diikuti oleh roda belakang grader yang melindasnya.

Agus Riyanto menjelaskan bahwa saksi yang mendengar teriakan Joni segera mendatangi lokasi kejadian. Joni ditemukan tergeletak di belakang grader, dan meskipun pertolongan segera diberikan, namun nyawanya tak dapat diselamatkan.

Insiden ini menyoroti pentingnya kepatuhan terhadap protokol keselamatan kerja dan perluasan langkah-langkah keamanan di tempat kerja, terutama saat beroperasi dengan alat berat. Kita berduka atas kehilangan Joni Bokko dan berharap kecelakaan serupa dapat dihindari di masa depan.

Source: https://banjarmasin.tribunnews.com/2023/12/11/tewas-kecelakaan-di-kotabaru-kalsel-begini-kronologis-operator-asal-kaltim-terlindas-roda-grader 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kecelakaan Kerja
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pekerja
  4. Asuransi Third Party Liability

 

Kebakaran Hebat di Peternakan Ayam, 30.000 Ekor Ayam Mati Terpanggang di Grobogan. Rugi Hingga 1,5 M

Sebuah musibah kebakaran hebat melanda sebuah peternakan ayam di Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada malam Minggu (10/12/2023). Kebakaran tersebut merenggut nyawa sebanyak 30.000 ekor ayam dan menghanguskan seluruh kandang ayam petelur milik Margono (41), seorang warga Desa Bandungharjo. Informasi ini pertama kali disampaikan oleh Kapolsek Toroh, AKP Saptono Widyo.

Kebakaran tersebut pertama kali terdeteksi oleh warga sekitar pada pukul 22.30 WIB. Kepulan asap dan kobaran api yang menjulang tinggi dari bagian barat kandang ayam membuat beberapa saksi terkejut. Saat kejadian, dua pekerja kandang ayam sedang beristirahat setelah menyelesaikan tugas memberi pakan ayam.

“Segera setelah melihat api, beberapa warga berteriak meminta bantuan dan memberitahukan kepada kedua pekerja kandang yang sedang tertidur,” ujar Saptono melalui telepon pada Senin (11/12/2023). Meskipun warga berusaha memadamkan api secara manual, namun kobaran api yang sudah membesar sulit untuk dikendalikan. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Toroh dan diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan.

Dua unit pemadam kebakaran segera dikerahkan untuk memadamkan api yang mengamuk. Meskipun upaya pemadaman dilakukan selama kurang lebih dua jam, kandang ayam seluas 5000 meter persegi dengan kerangka baja ringan dan lantai bambu tetap ludes terbakar. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meskipun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar. Saat ini, dugaan sementara menunjukkan kemungkinan adanya korsleting sebagai penyebab kebakaran.

Source: https://regional.kompas.com/read/2023/12/11/181021478/kandang-di-grobogan-ludes-terbakar-30000-ayam-mati-terpanggang-rugi-rp-15-m 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Hewan Ternak
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Liability
  4. Business Interruption Insurance
  5. Asuransi Kebakaran
  6. Asuransi Bisnis

 

Pelaku Perampokan Uang Senilai Rp 225 Juta dan Emas Seberat 300 gram Ternyata Anggota Polisi

Sebuah peristiwa perampokan yang menghebohkan terjadi di Kota Sorong, Papua Barat Daya, ketika seorang anggota polisi, Aipda Junaidin (44), diduga terlibat dalam perampokan uang senilai Rp 225 juta dan emas seberat 300 gram. Kejadian ini membawa dampak besar dan mencengangkan, karena pelaku yang seharusnya menjaga keamanan malah terlibat dalam aksi kriminal yang menggegerkan warga Sorong.

Pelaku, Aipda Junaidin, berhasil diringkus oleh tim Jatanras Polrestabes Makassar di Kawasan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (9/12) sekitar pukul 01.00 WIT. Penangkapan ini merupakan hasil kerja keras tim yang berhasil melacak keberadaan pelaku hingga ke kota lain.

Menurut Kanit Jatanras Polresta Sorong Kota, Ipda Wahyu Wira Kusuma, Aipda Junaidin melarikan diri ke Makassar setelah melakukan perampokan di Sorong. Tim berhasil menemukannya sedang berada di Cafe Popsa, Losari, Makassar, dan langsung mengamankannya untuk dilakukan interogasi lebih lanjut.

Dalam interogasi, Aipda Junaidin mengakui perbuatannya yang terjadi di Jalan Malinda KPR Polisi, Km 10, Kota Sorong, pada Sabtu (2/12). Dalam aksinya tersebut, pelaku berhasil menggasak uang senilai Rp 225 juta dan emas seberat 300 gram. Keberanian pelaku yang notabene sebagai penegak hukum menjadi sebuah ironi tersendiri.

Berdasarkan laporan korban yang tidak disebutkan identitasnya, kejadian bermula ketika korban pulang ke rumah usai mengantar istrinya berobat. Kepada keterkejutan korban, pintu samping rumah dan kamarnya telah dibongkar oleh pelaku. Hasil perampokan tersebut melibatkan uang tunai dan emas yang bersifat sangat berharga bagi korban.

Tim kepolisian awalnya mendapatkan petunjuk dari laporan korban dan melakukan penyidikan intensif melalui rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian. Hasilnya, teridentifikasilah pelaku yang ternyata adalah seorang anggota Polri, Aipda Junaidin.

Dalam perkembangannya, tim berhasil memantau pergerakan pelaku dan mengetahui bahwa Aipda Junaidin telah meninggalkan Kota Sorong dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan. Keberhasilan tim dalam menangkap pelaku membawa harapan untuk membawa kasus ini ke jalur hukum yang tepat dan memberikan keadilan kepada korban.

Peristiwa ini juga menjadi peringatan penting bahwa tindakan kriminal tidak memandang latar belakang profesi atau jabatan seseorang. Semua pihak, termasuk aparat kepolisian, harus tetap menjunjung tinggi integritas dan ketaatan pada hukum demi terciptanya masyarakat yang aman dan tertib.

Source: https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-7083568/polisi-rampok-duit-rp-225-juta-300-gram-emas-di-sorong-ditangkap-di-makassar 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Harta Benda 
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

 

Kebakaran Kapal TB Bina Sarana 82 di Perairan Meranti, Riau. Seorang ABK Masih Hilang 

Riau, Senin (11/12) – Kapal TB Bina Sarana 82 menjadi saksi peristiwa tragis ketika terbakar di perairan Meranti, Pulai Mendol, Kabupaten Pelalawan. Dalam kejadian tersebut, seorang Anak Buah Kapal (ABK) hingga kini masih belum ditemukan. Laporan kebakaran ini diterima oleh Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Pekanbaru, Budi Cahyadi, pada Selasa (12/12) pagi.

Menurut keterangan Budi, kapal yang terbakar membawa 11 orang penumpang. Kejadian tersebut terjadi pada 11 Desember 2023, sekitar pukul 23.00 WIB. Saat ini, 10 orang penumpang berhasil dievakuasi dan dinyatakan selamat, sementara seorang ABK masih dalam pencarian oleh petugas penyelamat.

Basarnas Pekanbaru telah menurunkan Tim Rescue Unit Siaga SAR Meranti, yang terdiri dari enam orang, untuk melakukan pencarian terhadap satu korban yang masih belum ditemukan. Data penumpang Kapal TB Bina Sarana 82 mencakup nama-nama seperti Said Jaya sebagai nakhoda, dan ABK lainnya, termasuk Tomi Hapriansyah, Antoni, Hasbul Hadi, Alfonsos Lawen Kuky, Roni, Filial Mugabe, Muhammad Iqbal Qoswara, dan Rian Setiawant.

“Rusli,” seorang ABK, menjadi fokus pencarian dalam upaya penyelamatan yang terus berlangsung. Keberlanjutan operasi SAR ini menjadi harapan bagi keluarga dan semua pihak yang terdampak, semoga korban dapat segera ditemukan dengan selamat.

Source: https://www.jpnn.com/news/kapal-terbakar-di-perairan-meranti-1-abk-hilang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull 
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Search and Rescue Insurance

 

Mobil Pickup Bermuatan Sandal Oleng dan Tabrak Pohon, Pengemudi Tergencet Kabin

Sebuah kecelakaan dramatis terjadi di Lamongan pada Senin (11/12/2023), ketika mobil pickup muat sandal yang dikemudikan oleh Setiawan Rudi Iswanto, warga Sukodadi, Lamongan, mengalami oleng dan menabrak pohon di tepi jalan poros nasional Lamongan-Babat. Kecelakaan ini membuat pengemudi tergencet di dalam kabin mobil, namun evakuasi yang dilakukan berjalan dengan dramatis dan pengemudi akhirnya berhasil diselamatkan.

Mobil pickup dengan nomor polisi AE 3292 SJ dikemudikan oleh Setiawan, oleng dan melaju zig-zag tak terkendali sebelum akhirnya menabrak pohon di Desa Karangtinggil, Kecamatan Babat. Rizki (45), seorang saksi, menyampaikan bahwa truk bermuatan sandal tersebut bergerak dari arah Babat menuju Sukodadi. Saat oleng, sopir terlihat mencoba menguasai kendaraan dengan kecepatan tinggi.

“Pada saat itu, pickup kelihatan melaju kencang dan sempat oleng,” ungkap Rizki. Pengemudi tidak mampu mengendalikan setir, sehingga mobil keluar badan jalan dan berhenti setelah menabrak pohon besar di pinggir jalan.

Ketika mobil menabrak pohon, pengemudi terjepit di dalam kabin pickup. Warga sekitar dan petugas polisi segera memberikan bantuan, dan setelah beberapa upaya, korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis lebih lanjut. Korban mengalami luka parah pada bagian kepala.

Menanggapi kejadian tersebut, Kanit Gakkum Satlantas Polres Lamongan, Ipda Hadi Siswanto, menyatakan bahwa kecelakaan ini bersifat tunggal dan diduga disebabkan oleh kecepatan tinggi sehingga pengemudi kehilangan kendali, akhirnya menabrak pohon di bahu jalan.

Source: https://jatim.tribunnews.com/2023/12/12/kecelakaan-di-lamongan-pickup-muat-sandal-ngebut-hingga-tabrak-pohon-sopir-tergencet 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Pengangkutan Barang
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Kecelakaan Diri
  5. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012