Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-1 November

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu pertama di bulan November 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

 

Sebuah Bus Bawa 20 Penumpang Gagal Ngerem Sehingga Mengakibatkan Kecelakaan Beruntun di Sulawesi Selatan

Kisah tragis terjadi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, saat sebuah bus yang membawa sekitar 20 penumpang, sebuah mobil boks, dan seorang dump truck terlibat dalam kecelakaan beruntun. Insiden mengerikan ini menyebabkan sopir mobil boks mengalami luka-luka, mengingatkan kita akan pentingnya keamanan di jalan raya.

Peristiwa mengerikan ini terjadi di Kampung Ballewe, Desa Binuang, Barru, pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober lalu. Semuanya dimulai ketika sebuah truk, yang sedang dalam perjalanan dari Makassar menuju Parepare, melakukan manuver putar arah yang berisiko. Truk, dengan panjangnya yang mencolok, maju-mundur dalam usahanya untuk berbalik arah. Situasi ini menarik perhatian pengendara lain di jalan.

Kemudian, sebuah mobil boks dan seorang pengendara motor yang datang dari arah Parepare, memutuskan untuk berhenti dan memberikan jalan bagi proses berbalik arah truk yang sedang berlangsung. Mereka melakukan tindakan yang seharusnya aman dan bertanggung jawab. Namun, saat mereka menunggu, sebuah bus mendekati dari belakang dengan kecepatan tinggi dan kurangnya perhatian pada situasi jalan. Ketika situasinya mendesak, sopir bus mencoba menghindari pengendara motor dengan bermanuver ke kanan.

Saat bermanuver, bus ini tidak dapat menghindari benturan dengan mobil boks dan truk yang sedang berputar arah. Tabrakan mengerikan ini menyebabkan kerusakan serius pada ketiga kendaraan tersebut. Meskipun keadaannya mengerikan, berita baiknya adalah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Penumpang di dalam bus, sekitar 20 orang, beruntung tidak mengalami luka serius.

Namun, sopir mobil boks tidak seberuntung itu. Meskipun selamat dari kejadian tersebut, dia mengalami luka-luka yang memerlukan perawatan medis. Setelah menerima perawatan yang diperlukan di rumah sakit, sopir tersebut telah diperbolehkan untuk pulang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Barru, AKP Malik, mengungkapkan bahwa sopir bus mengakui bahwa kecelakaan tersebut tidak dapat dihindari karena dia terlambat menyadari situasi yang berkembang di depannya. Akibatnya, upaya pengereman yang dilakukan kurang efektif dan tiba-tiba. Seperti yang diungkapkan oleh AKP Malik, “Dia sempat ngerem, tapi ngeremnya tiba-tiba. Sopirnya itu bahasanya, remnya tidak terlalu makan.”

Kejadian ini harus menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya keselamatan di jalan raya. Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, dan seringkali dapat dihindari dengan berhati-hati, mematuhi peraturan lalu lintas, dan memberikan perhatian penuh saat mengemudi. Meskipun kita beruntung bahwa tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, peristiwa ini harus mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga keamanan di jalan raya dan meminimalkan risiko saat berkendara. Semoga semua pihak dapat belajar dari insiden ini dan berupaya untuk mencegah kecelakaan serupa di masa depan. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama kita semua.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7009165/bus-bawa-20-penumpang-hingga-truk-kecelakaan-beruntun-di-barru 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Public Liability

 

Kebakaran Hebat 2 Sekolah di Kabupaten Ende NTT, Mengalami Kerugian Hingga Rp2,6 Miliar

Kabupaten Ende baru-baru ini diguncang oleh peristiwa tragis ketika dua sekolah, SMP Negeri 1 dan 2 Ende, mengalami kebakaran pada Kamis, 26 Oktober 2023. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Mensy Tiwe, mengungkapkan bahwa kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp2,6 miliar. Rinciannya, SMP Negeri 1 Ende mengalami kerugian sekitar Rp 1,8 miliar, sementara SMP Negeri 2 Ende mengalami kerugian sebesar Rp 800 juta.

Menurut Mensy Tiwe, kebakaran tersebut menghanguskan perpustakaan dan dua ruang kelas di SMP Negeri 1 Ende, sementara di SMP Negeri 2 Ende, satu ruang kelas, satu gudang, dan beberapa toilet putri menjadi korban. Hal ini menjadi pukulan besar bagi pendidikan di wilayah tersebut.

Upaya untuk mengatasi kerugian ini tidak hanya dilakukan oleh pihak sekolah, tetapi juga melibatkan pemerintah daerah dan pusat. Mensy Tiwe berharap agar respons cepat dari semua pihak dapat memungkinkan sekolah ini kembali beroperasi pada tahun ajaran baru 2023/2024.

Mensy Tiwe juga telah membawa masalah ini ke DPRD Ende untuk mendapatkan perhatian bersama antara legislatif dan eksekutif dalam merumuskan rencana pembangunan di bidang pendidikan pada tahun 2024. Harapannya, dukungan dari lembaga legislatif akan membantu menjadikan pemulihan sekolah-sekolah ini sebagai prioritas pembangunan di sektor pendidikan.

Selain itu, Mensy Tiwe telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perpustakaan untuk memastikan siswa dari SMP Negeri 1 Ende tetap memiliki akses ke perpustakaan. Dia berharap jadwal pemakaian perpustakaan ini dapat diatur sehingga tidak tumpang tindih dengan masyarakat umum.

Meskipun musibah ini telah menghadang mereka, Mensy Tiwe memberikan pesan kuat kepada sekolah dan para siswa. Dia berharap agar mereka tidak larut dalam kesedihan, karena banyak pihak yang akan membantu menangani masalah ini. Masyarakat, pemerintah, dan para pendidik bersatu untuk memastikan bahwa masa depan pendidikan di Kabupaten Ende tetap cerah.

Source: https://flores.tribunnews.com/2023/10/31/kerugian-kebakaran-smpn-1-dan-2-ende-rp-26-miliar-dinas-p-dan-k-minta-prioritas-dibangun 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Pendidikan
  4. Asuransi Kecelakaan Pribadi
  5. Asuransi Bisnis
  6. Asuransi Liability

 

Kapal Marcopolo Bermuatan Kelapa dan Ratusan Boks Ikan Segar Terbalik Setelah Tabrak Karang di Perairan Sumenep

Perairan Sumenep baru-baru ini menjadi saksi dari kejadian yang mengejutkan ketika kapal kargo KM Marcopolo mengalami kecelakaan serius. Kapal ini membawa muatan berharga dalam bentuk kelapa dan ratusan boks ikan segar, namun, takdir berkata lain saat kapal tersebut menabrak karang di perairan Pulau Sadulang Besar, Kecamatan Sapeken, Sumenep.

Kecelakaan yang terjadi pada Minggu dini hari, 29 Oktober 2023, ketika kapal melakukan perjalanan dari Pulau Pagerungan Kecil menuju Banyuwangi. Kapal yang sedang dalam perjalanan membawa muatan berharga ini tiba-tiba menabrak karang ketika melintas di selat antara Pulau Sadulang Kecil dan Pulau Sapeken, yang terletak di selatan Sadulang Besar. Tabrakan tersebut mengakibatkan kapal terbalik dan muatannya tumpah ke dalam laut.

Petugas yang berwenang segera merespons insiden ini. Kapten kapal dan lima anggota kru lainnya, bersama dengan muatan kapal yang beratnya sekitar 10 ton, termasuk kelapa dan boks ikan segar, berhasil dievakuasi dan diamankan ke kapal lain yang datang membantu.

Menurut Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, “Sekira pukul 00.00 WIB dini hari, Kapal pengangkut barang berangkat dari Pulau Pagerungan Kecil untuk menuju Kabupaten Banyuwangi.” Namun, insiden ini mengubah jalannya perjalanan kapal secara mendadak dan mendramatisasi pengalaman pelayaran.

Kecelakaan kapal ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang kerentanan yang dihadapi oleh kapal-kapal yang mengangkut muatan berharga di perairan yang berbahaya. Selain itu, ini juga menggarisbawahi pentingnya keselamatan dalam pelayaran laut dan kewaspadaan dalam menghindari risiko seperti ini. Semoga perbaikan dan pemulihan dapat dilakukan secepat mungkin, sehingga kapal KM Marcopolo dan muatannya dapat kembali ke keadaan normal dan melanjutkan perjalanan mereka.

Source: https://www.detik.com/jatim/berita/d-7008444/kapal-muat-kelapa-dan-ikan-terbalik-di-perairan-sumenep-usai-tabrak-karang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Cargo
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Freight Forwarders Liability
  4. Asuransi Marine Hull

 

Perampok Bersenjata Api Curi Emas 1 kg dan Uang Rp5 Juta di Bojonegoro

Pada Senin, 30 Oktober 2023, sebuah insiden perampokan berdarah mengguncang Pasar Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. Dua perampok bersenjata api, beraksi dengan cepat dan berhasil menggondol harta berharga senilai fantastis dari Toko Emas Barokah.

Peristiwa perampokan ini tak hanya mengejutkan, tetapi juga membuat gempar masyarakat setempat. Dari aksi gemilangnya, kedua perampok dengan kendaraan sepeda motor tersebut berhasil menggasak sekitar 1 kilogram emas murni dan uang tunai senilai Rp 5 juta. Sebuah kejadian yang pasti akan menjadi pembicaraan utama di seluruh wilayah.

Kasus perampokan ini dilaporkan ke Polsek Sukosewu pada Senin siang sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, kejadian sebenarnya diperkirakan terjadi pada pukul 09.15 WIB. Polisi segera bertindak cepat dengan melakukan olah data di tempat kejadian perkara (TKP), yaitu di Toko Emas Barokah.

Toko Emas Barokah adalah milik seorang pria bernama Rokhim dan terletak di stan pasar Desa Klepek, Sukosewu. Sementara pemilik toko berasal dari Dusun Bungkal, Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Sehari-hari, toko ini dijaga oleh anak pemiliknya, Aan.

Saat kejadian, anak pemilik toko sedang bersiap-siap untuk menutup toko, seperti yang biasanya dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Beberapa barang berharga sudah dikemas dan siap untuk dibawa pulang ke Desa Mayangkawis, Balen.

Namun, kejadian mengerikan terjadi beberapa menit sebelum toko ditutup. Dua individu misterius datang dan memarkir sepeda motor mereka berdekatan dengan toko milik korban. Tanpa peringatan, mereka mendekati pemilik toko dan dengan tiba-tiba menodongkan senjata api langsung ke wajahnya. Terancam oleh senjata api, pemilik toko tidak dapat berbuat banyak.

Dalam hitungan menit, para perampok berhasil merampas emas berharga yang sudah siap dibawa oleh pemilik toko. Selain itu, mereka juga mengambil uang tunai sekitar Rp 5 juta. Total kerugian mencapai sekitar Rp 400 juta.

Kapolsek Sukosewu, Inspektur Satu Usodo, telah membenarkan kasus perampokan tersebut. Menurutnya, polisi telah mengidentifikasi pelaku, termasuk melalui data dari kamera CCTV. Mereka sedang berupaya keras untuk mengungkap kasus ini dan membawa para pelaku ke dalam hukum. Kejadian ini akan terus menjadi fokus utama dalam beberapa waktu ke depan.

Source: https://www.ngopibareng.id/read/perampok-bersenjata-api-gasak-emas-1-kg-di-bojonegoro 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Bisnis 
  4. Asuransi Barang Berharga 

 

Insiden Tragis Jembatan Kaca ‘The Geong’ Banyumas Pecah, Salah Satu Korban Jatuh dari Ketinggian 15m ke Jurang dan Meninggal Dunia

Kabar mengenai insiden tragis di jembatan kaca The Geong, yang berlokasi di Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas, telah menciptakan gelombang kontroversi. Pemilik wahana unik ini, yang diberi nama Edi Suseno (63), sekarang harus menghadapi konsekuensi hukum setelah dianggap lalai dalam tragedi pecahnya jembatan kaca yang berakibat fatal dengan satu wisatawan tewas.

Kepolisian Resort Kota Banyumas, dalam hal ini diwakili oleh Kombes Edy Suranta Sitepu, Kapolresta Banyumas, telah melakukan penyelidikan yang mendalam terkait insiden tersebut. Hasil penyelidikan tersebut membuka fakta bahwa pemilik wahana, Edi Suseno, memiliki bagian dalam kelalaian yang menyebabkan peristiwa mengerikan tersebut terjadi.

“Sesuai hasil pemeriksaan terhadap pengelola, Edi Suseno, saat ini kami telah menetapkannya sebagai tersangka dan telah melakukan penahanan,” ujar Kombes Edy Suranta Sitepu seperti yang dilaporkan oleh detikJateng pada Senin, 30 Oktober 2023.

Edi Suseno adalah orang yang mendesain wahana jembatan kaca The Geong dengan kreasi pribadinya. Namun, perlu dicatat bahwa wahana tersebut tidak memiliki izin resmi dan belum melewati uji kelaikan yang diperlukan.

Akibat kelalaiannya, Edi Suseno kini dihadapkan pada pasal 359 dan 360 KUHP yang mengatur tentang kelalaian yang menyebabkan kehilangan nyawa. Ancaman hukuman untuk tindakan seperti ini mencapai lima tahun penjara, dan saat ini, proses penyidikan sedang berlangsung untuk mengungkap semua detail yang lebih dalam.

Peristiwa tragis pecahnya jembatan kaca terjadi di jembatan The Geong di Hutan Pinus Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Saat kejadian berlangsung, ada empat wisatawan yang tengah berfoto-foto di jembatan tersebut.

Salah satu saksi mata, Sunarto, menggambarkan momen mengerikan itu sebagai ledakan seperti suara kaca pecah yang disusul dengan deburan keras. Akibatnya, satu wisatawan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit, sementara yang lain mengalami luka-luka serius dan harus dirawat di Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto.

Source: https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-7009964/jembatan-kaca-pecah-hingga-wisatawan-tewas-pemilik-jadi-tersangka 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  5. Asuransi Bisnis 

 

Karyawan PT Natural Artha Resources (NAR) Alami Luka Bakar Serius Karena Truk yang Dikendarainya Terbakar Hebat

Pada Senin, 30 Oktober 2023, Kabid Naker Kabupaten Tebo, Ali Bato, mengkonfirmasi bahwa Pengawas Ketenagakerjaan (wasnaker) telah memulai penyelidikan terkait insiden tragis yang melibatkan PT Natural Artha Resources (NAR), sebuah perusahaan tambang batubara.

Kasus ini bermula dari kecelakaan kerja yang dialami oleh M Sidik, seorang warga Desa Suo-suo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo. Peristiwa ini telah menyisakan luka mendalam di hati masyarakat setempat.

“Kisah yang menimpa M Sidik benar-benar mengkhawatirkan. Pada bulan April 2023, mobil truk yang dikendarainya terbakar hebat, menyebabkan luka bakar serius,” ungkap Ali Bato, Kabid Naker Kabupaten Tebo.

Pihak Pengawas Ketenagakerjaan telah mengambil tindakan untuk mengungkap kebenaran di balik kecelakaan ini. Mereka telah berupaya sebanyak dua kali memanggil PT NAR untuk klarifikasi, namun sayangnya perusahaan tersebut tidak pernah merespons dengan baik. Oleh karena itu, wasnaker memutuskan untuk melanjutkan penyelidikan ini.

Saat ini, Sidik sendiri masih dalam proses pemulihan, meskipun beberapa bagian tubuhnya mengalami cacat permanen akibat luka bakar yang dialaminya. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Tebo berupaya untuk memastikan bahwa Sidik mendapatkan hak dan santunan yang seharusnya dari PT NAR.

“Proses hukum sedang berjalan, dan kami berharap agar PT NAR bertanggung jawab penuh atas kecelakaan ini,” tegas Ali Bato.

Penyelidikan ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam memotivasi perusahaan-perusahaan tambang untuk meningkatkan standar keselamatan dan kesejahteraan bagi para pekerja mereka. Saat ini, masyarakat Kabupaten Tebo, Sidik, dan keluarganya menantikan dengan harap agar keadilan segera ditegakkan, dan tanggapan resmi dari PT NAR menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Source: https://jambilink.com/kecelakaan-tragis-di-tambang-batubara-pt-nar-pengawas-ketenagakerjaan-turun-tangan/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Kendaraan

 

Truk Batubara vs Truk Material Tabrakan dan Sopir Truk Batubara Meninggal Dunia

Pada dini hari Selasa, 31 Oktober 2023, kawasan Jalan WR Supratman, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu menjadi saksi kecelakaan tragis yang menyisakan duka. Kecelakaan ini melibatkan dua truk, truk batubara dan truk material bangunan, yang bertabrakan dan menyebabkan satu korban tewas di tempat kejadian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lokasi, truk batubara dikemudikan oleh Asrul, seorang pengemudi asal Bengkulu Utara, dalam perjalanan menuju Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu. Sementara itu, truk material bangunan dikendarai oleh Buyung, dengan penumpangnya, Robi, yang datang dari Kabupaten Kepahiang dan menuju Putri Hijau, Bengkulu Utara. Kecelakaan mengerikan ini terjadi ketika truk pengangkut material bangunan melewati jalan sebelah kanan, menyebabkan tabrakan di tempat kejadian yang mengakibatkan Asrul, pengemudi truk batubara, kehilangan nyawanya.

Korban-korban kecelakaan segera dilarikan ke Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu. Sayangnya, Asrul harus berpulang ke Rahmatullah. Meskipun sempat dilarikan ke RSHD Kota Bengkulu, keluarganya memutuskan untuk membawa jenazahnya ke Pesisir Sumatera Barat pada pukul 04.00 WIB pagi.

Saat ini, kedua truk masih berada di tempat kejadian, dan pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi terkait peristiwa tersebut. Kecelakaan lalu lintas ini juga mengakibatkan kemacetan di sekitar area kejadian, tetapi petugas kepolisian dengan sigap berusaha untuk mengurai kemacetan tersebut.

Kita semua diingatkan tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Semoga kecelakaan serupa tidak akan terulang di masa depan, dan mari bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya.

Source: https://madu.tv/kecelakaan-truk-batubara-vs-truk-material-di-kota-bengkulu-menyebabkan-1-orang-tewas/#google_vignette 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan 
  2. Asruansi Pengangkutan Barang
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Kesehatan

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!