Asuransi Umum

Tugas dan peran Broker Asuransi dalam kondisi Pandemik COVID-19

Liga Asuransi – Wabah virus corona sebutan COVID-19 telah memaksa semua jenis perusahaan untuk mengevaluasi dampak pandemi ini terhadap bisnis mereka. Mereka harus bergerak cepat dengan informasi yang ada sambil mencoba memperkirakan akan seperti apa perkembangan selanjutnya. Pada saat yang sama, mereka juga harus membuat rencana yang baru ketika bisnis mereka sudah bisa kembali beroperasi secara normal.

Untuk mengatasi kondisi ini perusahaan memerlukan jasa dari sebuah perusahaan broker asuransi yang handal. Untuk membimbing mereka membuat perencanaan manajemen resiko yang tepat untuk keselamatan usaha mereka. 

Pada saat pembuatan rencana pasti terdapat banyak ketidakpastian dan kesenjangan informasi manajemen resiko. Krisis seperti ini membutuhkan respons dan pendekatan manajemen risiko yang tepat.

Sikap terhadap krisis sebesar ini ditentukan oleh tersedianya informasi berkualitas tinggi dan tepat waktu. Krisis yang berkembang dengan cepat seperti ini, cara mitigasi risiko bisa berubah setiap hari. Setiap risiko baru yang diidentifikasi dan tindakan yang diambil menuntut pertimbangan yang cermat  dan rencana mitigasi risiko yang lebih besar.

Pada kondisi seperti ini seharusnya broker asuransi mempunyai kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka dengan menjadikan narasumber yang kompeten bagi klien-klien dan calon klien mereka.

Broker asuransi  memainkan peran penting dalam mengidentifikasi informasi baru, menyaringnya, dan menerjemahkan serta menyampaikannya dengan cara membuka wawasan dan ide untuk dapat ditindaklanjuti oleh klien. Coronavirus memberi kesempatan kepada broker asuransi untuk menunjukkan nilai lebihnya agar klien mendapat informasi yang memadai dan bisa beroperasi selama krisis ini. 

Berikut adalah lima cara broker dapat melakukan ini secara efektif:

  1. Menyediakan sumber ilmu pengetahuan tentang manajemen risiko dan asuransi, salah satunya dengan caranya melalui website perusahaan. Melakukan promosi di media sosial yang dengan mudah dapat diakses oleh klien dan orang lain untuk mengetahui informasi penting yang terbaru. Pembaruan ini harus tersedia untuk umum
  2. Mengupayakan untuk mendapat informasi dari para pakar dan ahli yang berkaitan dengan bidang industri milik milik klien. Jadikan website dan media sosial sebagai sumber informasi bagi klien. 
  3. Menyediakan informasi khusus untuk setiap industri dari klien anda agar pimpinan departemen memprioritaskan pengkinian informasi dan tetap mengikuti perkembangan situasi. Tugas seorang broker asuransi untuk memperhitungkan seluruh risiko dari kliennya.
  4. Buat gugus tugas untuk mengatasi masalah khusus yang mungkin dihadapi oleh klien. Gugus tugas ini terdiri dari berbagai profesional berpengalaman yang tersedia dan mampu menjawab pertanyaan apa pun. 
  5. Berkomunikasi di semua tahapan krisis, termasuk pembaruan politik, perubahan layanan kesehatan, kebijaksanaan dalam keuangan, implikasi pajak, dan banyak lagi. Pada titik tertentu, semua nasabah broker asuransi akan menghadapi situasi seperti ini. Untuk menghadapi tuntutan ini, broker asuransi harus dapat memposisikan dirinya sebagai narasumber yang tepat yang dapat memberikan ketenangan kepada para pemimpin bisnis ketika saatnya tiba untuk mengatasi masalah yang diberikan.
Baca Juga :   Bagaimana cara Asuransi Gedung dan Pabrik yang kosong?

Setiap upaya perusahaan harus disesuaikan dengan kebutuhan, pelanggan, dan kemampuannya sendiri. Broker asuransi harus tetap proaktif dan melengkapi diri dengan informasi berharga dan berguna yang dapat membantu klien mereka membuat keputusan yang lebih baik karena mereka akan menghadapi tantangan berat seperti ini. 

Jika broker asuransi dapat melakukan peran ini dengan baik, ini akan menjadi peluang bagi mereka untuk menunjukkan keahlian mereka dengan menjadikan konsultan dan sumber informasi yang dapat diandalkan dan memperkuat status mereka sebagai mitra bisnis sejati bagi klien mereka.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top