Asuransi Mobil

Mulai Berdatangan, Seperti Apa Jaminan yang Didapatkan dari Asuransi Mobil Listrik?

Asuransi Mobil Listrik

Liga Asuransi – Pada awal abad 1800an, inovator di Hungaria, Belanda, dan Amerika Serikat – termasuk pandai besi dari Vermont mulai bermain-main dengan konsep kendaraan bertenaga baterai dan menciptakan beberapa mobil listrik skala kecil pertama. Dan sementara Robert Anderson, seorang penemu Inggris, mengembangkan gerbong listrik mentah pertama sekitar waktu yang sama, baru pada paruh kedua abad ke-19 para penemu Prancis dan Inggris membuat beberapa mobil listrik praktis pertama.

Di Amerika Serikat sendiri, mobil listrik pertama yang sukses memulai debutnya sekitar tahun 1890 berkat William Morrison, seorang ahli kimia yang tinggal di Des Moines, Iowa. Kendaraan enam penumpangnya yang mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 14 mil per jam tidak lebih dari gerobak listrik, tetapi itu membantu memicu minat pada kendaraan listrik.

Selama beberapa tahun berikutnya, kendaraan listrik dari berbagai produsen mobil mulai bermunculan di seluruh AS. Kota New York bahkan memiliki armada lebih dari 60 taksi listrik. Pada tahun 1900, mobil listrik berada pada masa kejayaannya, terhitung sekitar sepertiga dari semua kendaraan di jalan raya. Selama 10 tahun berikutnya, mereka terus menunjukkan penjualan yang kuat.

Saat ini, industri otomotif berbasis listrik mulai berdatangan secara luas ke negara belahan dunia lain seperti Indonesia, Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan tanpa emisi yang menjadi salah satu alternatif yang dapat menekan angka polusi udara. Seperti halnya mobil berbahan bakar minyak, mobil listrik dilengkapi dengan panel indikator yang berfungsi sebagai sarana informasi penting bagi pengemudi untuk mengetahui kondisi kendaraan secara langsung saat berkendara sehingga pengemudi merasa nyaman dan aman serta dapat melakukan tindakan dengan cepat dan tepat ketika terjadi sesuatu pada kendaraanya, misalnya untuk mengetahui kecepatan laju kendaraan, indikator kapasitas baterai, jarak yang masih dapat ditempuh, suhu motor, indikator lampu utama, lampu sein, dan indikator lainnya.

Mengetahui teknologi masa depan itu sebagai energi yang terbarukan dan ramah lingkungan, pemerintah  Indonesia menuju ke arah sana, yaitu dengan menggulirkan program mobil listrik (battery electric vehicle/BEV), Namun, dengan teknologi mobil listrik, pemerintah juga harus mempersiapkan secara matang, jangan sampai justru celaka di tengah jalan. Masalahnya, masuk ke era mobil listrik itu, ibarat kita pindah dari planet Bumi kemudian pergi ke Mars, dengan karakteristik cuaca, alam, atmosfer yang sangat berbeda.

Dengan teknologi yang masih tergolong baru khususnya di Tanah Air dan dengan melihat risiko berbahaya yang ada,, di sini lah asuransi dibutuhkan sebagai penjamin bagi penggunanya sewaktu-waktu.

Mayoritas perusahaan asuransi di Eropa dan Amerika sekarang sudah  mengasuransikan mobil listrik. Terlepas dari beberapa kesulitan pada masa-masa awal otomotif listrik, perusahaan seperti Aviva, LV, Direct Line, dan Admiral semuanya telah mengintegrasikan EV ke dalam sistem penawaran mereka.

Ini adalah berita bagus bagi pengemudi karena membantu mengasuransikan mobil listrik semudah mengasuransikan kendaraan bensin / diesel. Beberapa produsen kendaraan menyediakan paket asuransi sebagai pilihan kepada pelanggan, seperti pada kendaraan mesin pembakaran internal tradisional (ICE).

Jika perusahaan asuransi umum tidak menawarkan premi atau layanan yang Anda butuhkan, perusahaan asuransi mobil listrik spesialis dapat menawarkan polis yang lebih disesuaikan untuk kendaraan emisi rendah.

Baca Juga :   Bagaimana cara mengurus klaim asuransi mobil yang mudah dan cepat

Dengan semua opsi ini, Sekarang Anda dapat lebih mudah menemukan asuransi mobil listrik daripada saat EV pertama kali hadir di jalanan. Anda dapat mengunjungi MoneySuperMarket atau Bandingkan Pasar untuk membandingkan kutipan dari penyedia yang berbeda.

Pemulihan ke titik tagihan terdekat jika Anda kehabisan tagihan di Inggris. Kami juga memiliki armada kendaraan yang kami gunakan dalam kemitraan dengan AFF, perusahaan bantuan pengisian kendaraan listrik pinggir jalan nasional, yang dapat mengisi ulang kendaraan Anda dan membawa Anda kembali ke jalan. Ini tidak akan memengaruhi NCD Anda dan tidak ada kelebihan yang harus dibayarkan.

Liverpool Victoria adalah salah satu contoh perusahaan berbasis di Inggris yang menawarkan asuransi electrical vehicle,  coverage yang mereka tawarkan juga tidak kalah menarik. Diantaranya adalah:

    1. Penutup untuk kabel pengisi daya, kotak dinding, dan adaptor untuk kerusakan yang tidak disengaja, kebakaran, dan pencurian
    2. Penutup baterai untuk kerusakan yang tidak disengaja, kebakaran, dan pencurian – meskipun Anda menyewanya secara terpisah dari mobil
    3. Pembaruan bulanan melalui udara (OTA) tercakup sebagai standar saat Anda mengasuransikan kendaraan listrik Anda dengan perusahaan, jika Anda atau pemilik sebelumnya membayar untuk peningkatan kinerja tambahan yang memengaruhi kecepatan atau akselerasi, kami perlu mengetahuinya. Anda hanya perlu memberi tahu perusahaan hanya sekali
    4. Garansi seumur hidup untuk perbaikan (saat menggunakan layanan perbaikan yang kami rekomendasikan, selama Anda memiliki kendaraan. Hanya tenaga kerja, tidak termasuk suku cadang)

Anda juga akan mendapatkan fitur brilian yang sama seperti yang Anda harapkan dari asuransi mobil reguler seperti dari sampul Eropa hingga kunci yang hilang dan banyak lagi, Coverage lain yang tak kalah dibutuhkan antara lain adalah:

    1. Penutup kerusakan yang tidak disengaja
    2. Menggaruk atau penyok mobil listrik Anda? Kami membayar untuk perbaikan jadi sebaik sebelum kecelakaan
    3. Janji pengemudi yang tidak diasuransikan
    4. Jika pengemudi lain tidak diasuransikan dan kecelakaan itu bukan kesalahan Anda, Anda tetap tidak menerima diskon klaim dan tidak ada kelebihan yang harus dibayar – selama Anda memiliki rincian kendaraan dan pengemudi lain
    5. European Cover, Dapatkan tingkat perlindungan yang sama seperti yang Anda miliki di Inggris Raya di Uni Eropa hingga 180 hari dalam setahun
    6. Janji vandalisme, Jika mobil listrik Anda dirusak dan Anda harus mengklaim, Anda akan tetap mendapatkan diskon tanpa klaim – Anda hanya perlu membayar kelebihan Anda
    7. Penggantian kursi mobil anak, akan ada penggantian kursi mobil anak Anda jika mobil Anda mengalami kecelakaan – meskipun tidak ada kerusakan yang terlihat
    8. kunci baru, Jika kunci Anda hilang atau dicuri. Anda tidak perlu khawatir

Asuransi Electrical Vehicle Insurance adalah solusinya. Dengan biaya premi yang ditentukan, anda dapat mendapatkan jaminan yang begitu luas. Dengan demikian pemilik kendaraan berlistrik akan menjadi lebih tenang jika terjadi kecelakaan yang dapat menimpa mereka dikemudian hari.

Meskipun saat ini belum banyak perusahaan yang menawarkan asuransi mobil bertenaga listrik di Tanah Air, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya teknologi yang ramah lingkungan ini akan menggantikan teknologi pendahulunya.

Artikel ini dipersembahkan oleh L&G Risk Broker Asuransi – a Smart Broker Insurance.

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top