Asuransi Marine Cargo

Menavigasi Risiko Dan Asuransi Untuk Transportasi Dan Penyimpanan Emas Di Indonesia

Liga Asuransi – Para pengambil risiko yang terhormat, apa kabar? Saya harap bisnis Anda berjalan dengan baik.

Sebagai broker asuransi senior, kali ini saya ingin mendalami risiko transportasi dan penyimpanan emas. Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silakan bagikan dengan teman-teman Anda sehingga mereka mengerti sebanyak yang Anda lakukan.

Dalam lanskap perdagangan global yang terus berkembang, hanya sedikit aset yang bersinar seterang dan sekonsisten emas. Terkenal karena daya pikat abadi dan nilai intrinsiknya, emas berdiri sebagai simbol kekayaan, stabilitas, dan perlindungan terhadap ketidakpastian ekonomi. Ketika negara-negara berjuang untuk pertumbuhan ekonomi dan investor mencari jalan dengan nilai abadi, potensi bisnis emas muncul sebagai mercusuar di bidang keuangan.

Signifikansi Pasar Emal Global:

Emas, sering disebut sebagai “raja logam,” melampaui batas dan budaya, memberikan pengaruh besar pada dinamika ekonomi dunia. Perannya melampaui sekadar perhiasan untuk menjadi landasan sistem keuangan, jangkar untuk mata uang, dan alat diversifikasi untuk portofolio investasi. Pada saat turbulensi ekonomi, emas secara historis membuktikan ketahanannya, bertindak sebagai tempat berlindung yang aman bagi investor yang mencari perlindungan dari volatilitas pasar.

Kondisi Bisnis Emas Indonesia:

Terletak di dalam permadani pasar emas global yang rumit, Indonesia muncul sebagai pemain kunci, diberkahi dengan permadani kekayaan mineral yang kaya. Negara kepulauan ini menawarkan beragam deposit emas, menarik perhatian dari para pemangku kepentingan domestik dan internasional. Seiring kemajuan teknologi dan praktik pertambangan terus berlanjut, Indonesia menemukan dirinya berada di perhubungan peluang untuk pertumbuhan di sektor emas.

Kebutuhan akan perlindungan di Bisnis Emas:

Sementara daya pikat emas tidak dapat disangkal, perjalanan mengekstraksi dan memanfaatkan logam mulia ini bukan tanpa tantangan. Bisnis emas, baik di Indonesia maupun di panggung global, memiliki segudang risiko — mulai dari volatilitas pasar dan ketidakpastian geopolitik hingga masalah lingkungan dan seluk-beluk operasional. Mengenali dan mengatasi risiko ini sangat penting tidak hanya untuk stabilitas perusahaan individu tetapi juga untuk kesehatan dan keberlanjutan industri secara keseluruhan.

Menavigasi Jalan di Depan:

Ketika para pemangku kepentingan dalam bisnis emas memetakan arah mereka dalam lanskap yang dinamis ini, kebutuhan akan manajemen risiko yang kuat dan langkah-langkah perlindungan menjadi semakin jelas. Dari mengamankan rantai pasokan dan memperkuat keamanan siber hingga mematuhi peraturan yang berkembang dan mempromosikan praktik berkelanjutan, perlindungan bisnis emas merupakan bagian integral dari kemakmuran jangka panjangnya.

Dalam bab-bab berikutnya, kita akan menyelidiki dunia multifaset manajemen risiko emas, mengeksplorasi seluk-beluk menjaga sumber daya berharga ini di era perubahan yang cepat. Bergabunglah dengan kami dalam perjalanan ini saat kami mengungkap lapisan peluang dan tantangan yang menentukan potensi bisnis emas, baik secara global maupun dalam permadani Indonesia yang semarak.

 

RESIKO YANG MUNCUL DARI PENYIMPANAN KEKAYAAN EMAS DI INDONESIA

Dalam lanskap keuangan pribadi yang terus berubah, tren yang terlihat diam-diam mengubah cara individu di Indonesia menjaga dan menumbuhkan kekayaan mereka. Dalam keberangkatan dari jalan investasi konvensional, semakin banyak orang beralih ke daya tarik abadi emas sebagai kendaraan pilihan untuk deposisi kekayaan. Pergeseran seismik ini bukan hanya preferensi keuangan tetapi refleksi dari sentimen yang lebih luas – pengakuan nilai intrinsik emas dan kemampuan uniknya untuk mengatasi badai ketidakpastian ekonomi.

Emas sebagai penyimpan nilai:

Di dunia di mana lanskap ekonomi dapat tidak dapat diprediksi dan dinamis, emas telah muncul sebagai penyimpan nilai yang teguh. Investor dan penabung sama-sama tertarik pada stabilitas yang ditawarkan emas, bertindak sebagai lindung nilai terhadap inflasi, fluktuasi mata uang, dan volatilitas pasar. Di Indonesia, daya tarik ini semakin didorong oleh afinitas sejarah dan budaya untuk emas, ditenun ke dalam jalinan tradisi dan upacara, menjadikannya gudang kekayaan yang nyata dan tepercaya.

Perubahan Lanskap Manajemen Kekayaan:

Tren penyetoran kekayaan dalam emas mencerminkan perubahan paradigma dalam strategi manajemen kekayaan. Ketika individu mencari alternatif untuk instrumen investasi tradisional, emas menampilkan dirinya tidak hanya sebagai aset berwujud tetapi juga abadi. Kemudahan aksesibilitas, likuiditas, dan potensi apresiasi nilai jangka panjang menempatkan emas sebagai pilihan menarik bagi mereka yang menavigasi kompleksitas pasar keuangan modern.

Diversifikasi dan Mitigasi Risiko:

Di era yang ditandai oleh ketidakpastian ekonomi dan tantangan global, diversifikasi adalah kunci untuk portofolio keuangan yang tangguh. Emas, dengan korelasinya yang rendah terhadap aset lain, menyediakan sarana mitigasi risiko yang efektif. Masyarakat Indonesia, menyadari pentingnya melindungi kekayaan mereka dari pasang surut pasar keuangan tradisional, semakin beralih ke emas sebagai komponen strategis dari portofolio investasi mereka yang terdiversifikasi.

Fasilitasi Teknologi:

Era digital semakin memicu tren ini, sehingga semakin nyaman bagi individu di Indonesia untuk berpartisipasi dalam pasar emas. Dengan munculnya platform digital dan inovasi fintech, memperoleh dan mengelola emas menjadi lebih mudah diakses dari sebelumnya. Fasilitasi teknologi ini tidak hanya mendemokratisasikan akses ke emas tetapi juga berkontribusi pada meningkatnya kesadaran akan emas sebagai bentuk deposisi kekayaan yang layak dan nyaman.

Masa Depan Emas:

Ketika tren penyetoran kekayaan dalam emas mendapatkan momentum di Indonesia, ini menandai masa depan emas bagi lanskap keuangan negara. Apakah termotivasi oleh keinginan untuk stabilitas, afinitas budaya, atau pengakuan nilai abadi emas, individu di Indonesia merangkul emas sebagai landasan strategi pelestarian kekayaan mereka. Dalam bab-bab berikutnya, kita akan menggali lebih dalam implikasi dari tren ini dan mengeksplorasi bagaimana hal itu membentuk lanskap manajemen kekayaan dan bisnis emas di Indonesia.

 

KEHARUSAN UNTUK FASILITAS TRANSPORTASI DAN PENYIMPANAN EMAS YANG KUAT 

Karena permintaan emas sebagai nilai kekayaan yang tersimpan mengalami peningkatan yang signifikan, infrastruktur penting yang mendukung transportasi dan penyimpanan logam mulia yang aman ini menjadi yang terpenting. Kami menyelidiki mengapa, bagaimana, di mana, siapa, dan kapan aspek penting ini mengungkap pemahaman komprehensif tentang ekosistem yang diperlukan untuk memfasilitasi pergerakan dan penyimpanan emas yang mulus.

  1. Mengapa Transportasi dan Penyimpanan yang Kuat Sangat Penting?
  • Pelestarian Nilai: Daya pikat abadi emas terletak pada kemampuannya untuk mempertahankan nilai dari waktu ke waktu. Untuk menegakkan karakteristik ini, sistem transportasi dan penyimpanan yang aman dan efisien sangat penting untuk melindungi dari pencurian, kerusakan, atau potensi risiko lainnya selama transit atau saat dalam penyimpanan.
  • Likuiditas Pasar: Infrastruktur transportasi dan penyimpanan yang terorganisir dengan baik meningkatkan likuiditas pasar. Investor dan pedagang dapat dengan percaya diri berpartisipasi di pasar emas, mengetahui bahwa logistik untuk memperoleh dan menjual emas dapat diandalkan dan efisien.
  1. Bagaimana seharusnya infrastruktur dikembangkan?
  • Integrasi Teknologi: Memanfaatkan teknologi modern, seperti sistem pelacakan yang aman dan blockchain, dapat meningkatkan transparansi dan keterlacakan pengiriman emas. Ini memastikan bahwa setiap langkah proses transportasi dapat diverifikasi dan aman.
  • Kemitraan Strategis: Kolaborasi antara lembaga keuangan, perusahaan logistik, dan pakar keamanan sangat penting. Membangun kemitraan strategis dapat menciptakan jaringan komprehensif yang membahas berbagai persyaratan pengangkutan dan penyimpanan emas dengan aman.
  1. Di mana fasilitas ini harus ditempatkan?
  • Dekat dengan Pusat Keuangan: Fasilitas transportasi dan penyimpanan emas idealnya terletak di atau dekat pusat keuangan untuk memfasilitasi transaksi yang cepat dan nyaman. Ini memastikan bahwa emas dapat bergerak mulus antara investor, lembaga keuangan, dan platform perdagangan.
  • Pertimbangan Keamanan: Lokasi yang dipilih untuk fasilitas penyimpanan harus memprioritaskan keamanan. Kedekatan dengan penegakan hukum dan langkah-langkah keamanan yang kuat dapat mencegah potensi ancaman, memastikan keamanan emas yang disimpan.
  1. Siapa Pemain Kunci dalam Ekosistem ini?
  • Perusahaan Logistik dan Transportasi: Perusahaan logistik yang mapan memainkan peran penting dalam pergerakan fisik emas. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pengiriman emas ditangani dengan presisi dan mematuhi protokol keamanan yang ketat.
  • Penyedia Penyimpanan Khusus: Entitas yang berspesialisasi dalam solusi penyimpanan aman sangat penting. Ini bisa berupa brankas khusus atau fasilitas penyimpanan yang dilengkapi dengan sistem keamanan canggih dan diawaki oleh para profesional terlatih.
  1. Kapan Infrastruktur Harus Diimplementasikan?
  • Urgensi Implementasi: Mengingat meningkatnya permintaan emas sebagai nilai kekayaan yang tersimpan, pengembangan infrastruktur transportasi dan penyimpanan yang kuat sensitif terhadap waktu. Perhatian segera terhadap persyaratan ini sangat penting untuk mendukung dan mempertahankan pasar yang berkembang.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Implementasi harus menjadi proses yang berkelanjutan, dengan komitmen untuk perbaikan berkelanjutan. Penilaian rutin dan pembaruan protokol keamanan, teknologi, dan proses operasional diperlukan untuk beradaptasi dengan tantangan yang berkembang dan menjaga integritas infrastruktur.

 

MENJAGA PERJALANAN BARANG BERHARGA 

Karena permintaan emas sebagai nilai kekayaan yang tersimpan meningkat, fokus pada pembangunan fasilitas transportasi dan penyimpanan yang kuat meningkat. Namun, dengan nilai signifikan yang melekat pada logam mulia ini, perjalanan dari satu titik ke titik lain dan penyimpanan berikutnya menimbulkan sejumlah risiko. Memahami dan mengurangi risiko ini sangat penting untuk menjaga integritas transaksi emas dan memastikan keamanan aset yang disimpan.

Risiko selama Transportasi Emas:

Pencurian Fisik dan Perampokan:

  1. Risiko: Nilai intrinsik emas yang tinggi membuatnya menjadi target pencurian dan perampokan selama transportasi.
  2. Mitigasi: Pengawalan bersenjata, kendaraan lapis baja yang aman, dan strategi transportasi rahasia dapat mencegah dan meminimalkan risiko pencurian fisik.

Tantangan Logistik:

  1. Risiko: Keterlambatan, kecelakaan, atau gangguan logistik selama transportasi dapat menimbulkan ancaman bagi pergerakan emas yang tepat waktu dan aman.
  2. Mitigasi: Menerapkan perencanaan logistik yang cermat, memanfaatkan sistem pelacakan canggih, dan memiliki rencana darurat untuk kejadian tak terduga dapat mengatasi tantangan logistik.

Ancaman Keamanan Siber:

  1. Risiko: Di era digital, ancaman dunia maya seperti peretasan atau penipuan elektronik dapat membahayakan keamanan transaksi elektronik yang terkait dengan transportasi emas.
  2. Mitigasi: Menggunakan langkah-langkah keamanan siber yang kuat, termasuk komunikasi terenkripsi dan platform digital yang aman, membantu melindungi dari ancaman dunia maya.

Risiko selama Penyimpanan Emas:

Perampokan dan Akses Tidak Sah:

  1. Risiko: Fasilitas penyimpanan rentan terhadap pencurian dan akses yang tidak sah, terutama jika langkah-langkah keamanan tidak ketat.
  2. Mitigasi: Memanfaatkan brankas keamanan tinggi, kontrol akses biometrik, dan sistem pengawasan, dan mempekerjakan personel keamanan terlatih membantu mencegah akses yang tidak sah.

Pencurian internal:

  1. Risiko: Karyawan di dalam fasilitas penyimpanan dapat menimbulkan risiko pencurian internal jika tidak diperiksa atau dipantau dengan benar.
  2. Mitigasi: Menerapkan kontrol akses yang ketat, melakukan penyaringan karyawan secara teratur, dan menumbuhkan budaya integritas dapat mengurangi risiko pencurian internal.

Bencana Alam dan Bahaya Lingkungan:

  1. Risiko: Fasilitas penyimpanan mungkin rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, banjir, atau kebakaran, yang menimbulkan risiko bagi keamanan emas yang disimpan.
  2. Mitigasi: Memilih lokasi penyimpanan dengan risiko lingkungan rendah, menerapkan infrastruktur tahan bencana, dan memiliki perlindungan asuransi yang komprehensif untuk mengatasi dampak bencana alam.

Fluktuasi Pasar:

  1. Risiko: Nilai emas dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, berdampak pada stabilitas keuangan fasilitas penyimpanan atau lembaga keuangan yang menawarkan layanan penyimpanan emas.
  2. Mitigasi: Diversifikasi investasi, secara teratur menilai kondisi pasar, dan menawarkan opsi penyimpanan yang fleksibel dapat membantu mengelola risiko yang terkait dengan fluktuasi pasar.

Risiko Peraturan dan Kepatuhan:

Risiko: Perubahan peraturan atau persyaratan kepatuhan dapat berdampak pada legalitas dan operasi fasilitas penyimpanan emas.

Mitigasi: Tetap mendapat informasi tentang perubahan peraturan, menjaga kepatuhan terhadap standar industri, dan mengadaptasi praktik operasional untuk memenuhi persyaratan hukum sangat penting.

 

PERAN PENTING PERTANGGUNGAN ASURANSI DALAM TRANSPORTASI DAN PENYIMPANAN EMAS 

Perlindungan asuransi memainkan peran penting dalam mengurangi risiko inheren yang terkait dengan transportasi dan penyimpanan emas. Sifat rumit dari industri emas, ditambah dengan nilai signifikan yang melekat pada logam mulia ini, menggarisbawahi pentingnya asuransi komprehensif untuk menjaga terhadap potensi kerugian finansial dan memastikan ketahanan seluruh ekosistem.

  1. Perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan fisik:

Nilai intrinsik emas yang tinggi menjadikannya target utama pencurian, perampokan, atau kerusakan selama transportasi. Perlindungan asuransi memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian fisik atau kerusakan aset emas, memastikan bahwa setiap peristiwa tak terduga tidak mengakibatkan kemunduran keuangan yang tidak dapat dibatalkan.

  1. Mengurangi Risiko Pencurian:

Pentingnya: Baik dalam perjalanan atau penyimpanan, risiko pencurian menjadi perhatian yang signifikan. Asuransi bertindak sebagai alat mitigasi risiko kritis, menawarkan kompensasi finansial jika terjadi pencurian. Ini melindungi kepentingan pemilik emas dan menumbuhkan kepercayaan pada keamanan seluruh rantai pasokan emas.

  1. Mengatasi Risiko Operasional dan Logistik:

Pentingnya: Tantangan operasional, kecelakaan, atau gangguan logistik selama transportasi dapat berdampak pada pergerakan emas yang tepat waktu dan aman. Pertanggungan asuransi menyediakan jaring pengaman, menawarkan dukungan keuangan untuk menutupi kerugian yang terjadi akibat peristiwa tak terduga tersebut, memungkinkan bisnis untuk pulih dan melanjutkan operasi.

  1. Menjaga Terhadap Bahaya Lingkungan:

Pentingnya: Bencana alam, seperti banjir, kebakaran, atau gempa bumi, menimbulkan ancaman bagi keselamatan emas yang disimpan. Cakupan asuransi untuk bahaya lingkungan memastikan bahwa setiap kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa tersebut dikompensasi secara finansial, memungkinkan pemulihan dan rekonstruksi fasilitas penyimpanan.

  1. Stabilitas Keuangan di Tengah Fluktuasi Pasar:

Pentingnya: Nilai emas tunduk pada fluktuasi pasar, yang dapat berdampak pada stabilitas keuangan fasilitas penyimpanan atau lembaga keuangan yang menawarkan layanan penyimpanan emas. Perlindungan asuransi menyediakan penyangga keuangan, membantu bisnis mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh volatilitas pasar dan memastikan operasi yang berkelanjutan.

  1. Mengurangi Risiko Peraturan dan Kepatuhan:

Pentingnya: Perubahan peraturan atau persyaratan kepatuhan dapat berdampak pada legalitas dan operasi transportasi dan penyimpanan emas. Cakupan asuransi yang dirancang untuk mengatasi risiko peraturan memastikan bahwa bisnis dapat beradaptasi dengan lanskap hukum yang berkembang tanpa menghadapi konsekuensi keuangan yang parah.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Investor:

Pentingnya: Cakupan asuransi yang kuat tidak hanya melindungi kepentingan keuangan bisnis tetapi juga menanamkan kepercayaan pada investor dan pemangku kepentingan. Mengetahui bahwa aset mereka dilindungi terhadap berbagai risiko, investor lebih cenderung berpartisipasi aktif di pasar emas, berkontribusi terhadap pertumbuhannya secara keseluruhan.

  1. Memfasilitasi Inovasi dan Pertumbuhan:

Pentingnya: Pertanggungan asuransi bertindak sebagai katalis untuk inovasi dan pertumbuhan dalam industri emas. Bisnis, percaya diri dalam strategi mitigasi risiko mereka, dapat mengeksplorasi teknologi baru, memperluas operasi, dan beradaptasi dengan tren yang muncul, berkontribusi pada dinamika keseluruhan dan keberlanjutan pasar emas.

Pertanggungan asuransi adalah landasan dalam strategi manajemen risiko untuk transportasi dan penyimpanan emas. Ini menyediakan jaring pengaman finansial yang diperlukan bagi bisnis untuk menavigasi kompleksitas industri, menanamkan kepercayaan di kalangan investor, dan memastikan pertumbuhan dan ketahanan pasar emas yang berkelanjutan. Karena permintaan emas sebagai nilai kekayaan yang tersimpan terus meningkat, pentingnya cakupan asuransi yang kuat tidak dapat dilebih-lebihkan dalam menjaga integritas dan keberlanjutan seluruh ekosistem emas.

 

MENGAPA UNTUK RISIKO TRANSPORTASI DAN PENYIMPANAN EMAS ANDA MEMBUTUHKAN BROKER ASURANSI?

Melibatkan layanan broker asuransi sangat penting dalam konteks asuransi transportasi dan penyimpanan emas karena beberapa alasan:

Keahlian Khusus:

Sifat Kompleks Risiko Emas: Transportasi dan penyimpanan emas melibatkan risiko unik dan kompleks yang mungkin tidak sepenuhnya dipahami oleh individu tanpa pengetahuan khusus. Broker asuransi dengan keahlian dalam industri logam mulia dapat memberikan wawasan tentang risiko spesifik yang terkait dengan emas, memastikan bahwa cakupan asuransi disesuaikan untuk mengatasi nuansa ini.

Akses ke beragam kebijakan:

Jaringan Broker: Broker asuransi  biasanya memiliki jaringan dan hubungan yang luas dengan berbagai penyedia asuransi. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengakses beragam polis asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik transportasi dan penyimpanan emas, memastikan bahwa bisnis dapat memilih cakupan yang selaras dengan profil risiko unik mereka.

Penilaian Risiko yang Disesuaikan:

Solusi yang Disesuaikan: Pialang asuransi dapat melakukan penilaian risiko menyeluruh untuk bisnis yang terlibat dalam transportasi dan penyimpanan emas. Pendekatan yang dipersonalisasi ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan risiko spesifik yang dihadapi oleh klien, yang mengarah pada pembuatan rencana asuransi khusus yang secara memadai mengatasi masalah ini.

Analisis Komparatif:

Perbandingan Kebijakan: Broker asuransi dapat membandingkan kebijakan dari penyedia yang berbeda, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti batas cakupan, pengecualian, dan premi. Analisis komparatif ini memastikan bahwa bisnis dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang cakupan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Bantuan Advokasi dan Klaim:

Dukungan Klaim: Jika terjadi klaim, broker asuransi bertindak sebagai advokat untuk tertanggung. Mereka memfasilitasi komunikasi antara klien dan perusahaan asuransi, memastikan bahwa proses klaim lancar, dan bahwa klien menerima kompensasi yang adil untuk kerugian yang ditanggung.

Kepatuhan terhadap Peraturan:

Peraturan Pelayaran: Industri emas tunduk pada berbagai peraturan, dan persyaratan asuransi dapat bervariasi berdasarkan lokasi geografis dan jenis operasi. Broker asuransi dapat membantu bisnis menavigasi kompleksitas peraturan, memastikan bahwa mereka memenuhi standar kepatuhan asuransi dan menghindari potensi masalah hukum.

Pemantauan dan penyesuaian berkelanjutan:

Lanskap Risiko Dinamis: Lanskap risiko untuk transportasi dan penyimpanan emas dapat berkembang seiring waktu. Broker asuransi memberikan dukungan berkelanjutan dengan terus memantau tren industri, perubahan peraturan, dan risiko yang muncul. Hal ini memungkinkan mereka untuk merekomendasikan penyesuaian cakupan asuransi agar tetap selaras dengan kebutuhan bisnis yang terus berkembang.

Efisiensi Waktu dan Sumber Daya:

Merampingkan Proses: Melibatkan broker asuransi merampingkan proses pengadaan asuransi. Broker dapat menangani kompleksitas pemilihan kebijakan, negosiasi, dan dokumen, memungkinkan bisnis untuk fokus pada operasi inti mereka tanpa beban mengelola seluk-beluk transaksi asuransi.

Penghematan:

Keterampilan Negosiasi: Broker asuransi adalah negosiator yang terampil dan dapat bekerja untuk mengamankan persyaratan dan premi yang paling menguntungkan bagi klien mereka. Ini berpotensi menghasilkan penghematan biaya untuk bisnis, membuat asuransi lebih hemat biaya tanpa mengorbankan cakupan.

Singkatnya, pengetahuan khusus, koneksi industri, dan advokasi yang disediakan oleh pialang asuransi membuat layanan mereka penting dalam bidang transportasi emas dan asuransi penyimpanan. Dengan memanfaatkan keahlian broker asuransi, bisnis dapat meningkatkan strategi manajemen risiko mereka, mengakses cakupan yang disesuaikan, dan menavigasi kompleksitas lanskap asuransi dengan percaya diri.

Salah satu broker asuransi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada transportasi dan penyimpanan emas adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda di Indonesia, silakan hubungi L&G sekarang!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012