Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – November Minggu Ke-4

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu keempat di bulan November 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Kecelakaan 2 Pesawat Tempur Super Tucano di Lereng Gunung Bromo, 4 Perwira Dinyatakan Meninggal

Duka mendalam menyelimuti kota Pasuruan dan keluarga korban setelah dua pesawat Super Tucano jatuh dalam tragedi yang tak terduga. Empat perwira pemberani, yang sedang menjalankan tugas negara, harus mengakhiri perjalanan mereka dengan nasib tragis. Kedua pesawat itu mengalami kecelakaan di dua lokasi berbeda, meninggalkan tanda tanya besar di benak masyarakat.

Hingga saat ini, penyebab pasti dari kejadian mengerikan ini masih belum terungkap, meskipun kedua pesawat dinyatakan layak terbang. Evakuasi keempat korban telah dilakukan dengan penuh kesedihan, dan jenazah mereka disemayamkan di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, menanti pemakaman di TMP Kota Malang dan Magetan.

Awal Mula Penemuan Pesawat

Cerita dimulai dengan suara keras benturan benda ke tanah, yang membuat warga yang beraktivitas di lereng Gunung Bromo terkejut. Tanpa diduga, mereka menjadi saksi peristiwa langka, jatuhnya dua pesawat tempur milik TNI AU sekaligus.

Pada sekitar pukul 12.00 WIB, kejadian itu menyedot perhatian warga yang kemudian mengabadikan momen itu dalam rekaman video. Video tersebut menyebar melalui media sosial, menyampaikan kejadian mencekam ini ke seluruh negeri.

Di salah satu lokasi jatuhnya pesawat, beberapa warga bahkan berada cukup dekat dengan bangkai pesawat yang terbakar. Suasana dramatis terlihat dalam rekaman video pendek, di mana bangkai pesawat yang masih terbakar itu tiba-tiba meledak, menciptakan kepanikan di antara warga.

Sebuah video berdurasi 9 detik menunjukkan momen meledaknya pesawat, disertai dengan teriakan dan seruan untuk menjauh dari lokasi tersebut. Kejadian ini menciptakan suasana tegang di antara warga yang khawatir akan ledakan susulan.

Kronologi 

TNI AU memastikan bahwa dua pesawat Super Tucano, milik Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, jatuh di Pasuruan selama misi latihan. Keempat pesawat sedang menjalankan latihan profisiensi formasi, sebuah rutinitas yang biasa dilakukan oleh penerbang TNI AU.

Pada pukul 10.51 WIB, keempat pesawat itu lepas landas. Sayangnya, saat berada di angkasa, keempat pesawat itu kehilangan kontak pada pukul 11.18 WIB. Hanya dua pesawat yang berhasil kembali ke pangkalan.

Menurut Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati, keempat pesawat itu bergabung dalam formasi setelah lepas landas, namun beberapa saat kemudian memasuki kondisi cuaca buruk. Dua pesawat berhasil keluar dari awan, sementara dua lainnya hilang.

Akibat kecelakaan tersebut, empat awak pesawat dinyatakan meninggal, yaitu Mayor Yuda Pnb A Seta, Kolonel Pnb Subhan, Kolonel Adm Widiono, dan Letkol Pnb Sandhra Gunawan. Proses evakuasi mereka menghadapi tantangan serius karena lokasi sulit dijangkau.

Kini, keempat jenazah perwira ditempatkan di Skadron 21 Lanud Abdulrachman Saleh, menanti pelepasan secara militer yang dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat. Masyarakat menyampaikan duka yang mendalam, sementara TNI AU bersiap untuk menyelidiki penyebab pasti dari tragedi ini, memberikan penghormatan terakhir kepada pahlawan yang gugur.

Source: https://www.detik.com/jatim/berita/d-7041825/5-fakta-kecelakaan-pesawat-super-tucano-kronologi-hingga-identitas-korban 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Hull Insurance
  3. Liability Insurance
  4. Aviation Workers’ Compensation
  5. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Kebakaran Meratakan 13 Rumah Warga di Kabupaten Semarang, Diduga Penyebabnya Karena Lilin yang Menyala

Dusun Plasan Jangglengan, RT 05 RW 07, Desa Dadapayam, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, menjadi saksi ketidakberuntungan saat 13 rumah milik 10 keluarga terbakar pada Sabtu (18/11/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Meskipun beruntung tidak ada korban jiwa, namun 32 orang terpaksa mengungsi karena kebakaran meratakan rumah warga yang mayoritas berkonstruksi semi permanen.

Menurut Kepala Dusun Plasan Jangglengan, Kasyadi, sumber api bermula dari lilin yang dinyalakan oleh warga ketika listrik padam. “Kejadian ini terjadi saat listrik mati. Warga menyalakan lilin, namun sayangnya, lilin tersebut malah menjadi pemicu kebakaran,” ungkap Kasyadi. Sulitnya akses dan jarak yang jauh dari sumber air membuat pemadam kebakaran menghadapi kendala saat berusaha memadamkan api. “Jalan menuju rumah warga sempit, dan air sulit dijangkau, sehingga proses pemadaman terhambat,” tambahnya. Saat ini, para korban kebakaran sementara mengungsi di rumah saudara yang berdekatan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang, Anang Sukoco, menyatakan bahwa upaya pemadaman melibatkan enam mobil pemadam dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga. “Api berhasil dipadamkan pada Minggu (19/11/2023) sekitar pukul 01.00 WIB,” jelasnya.

Para korban kebakaran, antara lain, Catur Wahono (4 jiwa), Didik Suparyo (4 jiwa), Sutarto (3 jiwa), Nuri (3 jiwa), Wiyono (5 jiwa), Widodo (3 jiwa), Pujiyanto (5 jiwa), Sutarno (4 jiwa), Sarini, dan Ramelan.

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, langsung mengunjungi lokasi kejadian untuk memberikan bantuan dan menyatakan kepedulian terhadap korban kebakaran. “Kita semua prihatin dengan kejadian ini dan semoga para korban diberi ketabahan dan kekuatan,” ujarnya. Beliau juga menjanjikan dukungan dalam pemenuhan kebutuhan warga serta harapan agar proses pembangunan kembali rumah yang terbakar dapat segera dilaksanakan. Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap angin kencang, mengingat musim kemarau ekstrem yang dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Source: https://regional.kompas.com/read/2023/11/19/115850478/13-rumah-di-kabupaten-semarang-terbakar-gara-gara-lilin-32-orang-mengungsi 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Kebakaran
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Harta Benda Pribadi

 

Kecelakaan Kereta Probowangi dan Mobil Elf di Lumajang, 11 Orang Dinyakatan Meninggal Dunia dan 4 Orang Luka Berat

Kecelakaan tragis melibatkan Kereta Api (KA) Probowangi dan mobil Isuzu Elf N 7646 T terjadi di pelintasan tanpa palang pintu di Dusun Prayuwana, Desa Ranupakis, Klakah Lumajang, pada Minggu (19/11/2023) sekitar pukul 19.53 WIB. Kecelakaan tersebut menyebabkan mobil Elf mengalami kerusakan parah setelah tertabrak oleh kereta api.

Plh Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daops 9, Anwar Yuli Prasetyo, menyatakan bahwa kejadian tragis ini terjadi ketika Elf tiba-tiba memasuki pelintasan yang tidak dilengkapi dengan palang pintu. “Minibus Elf ini tiba-tiba masuk ke pelintasan tanpa palang pintu,” ungkap Anwar.

Dampak dari kecelakaan tersebut tidak hanya terbatas pada kendaraan dan penumpangnya. KA Probowangi mengalami keterlambatan selama 13 menit, sementara minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas ke RSUD dr Haryoto. Anwar menyesalkan insiden tersebut dan mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melintasi perlintasan sebidang KA.

Menurut Anwar, sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, pengguna jalan wajib memberikan hak utama kepada kereta api. “Pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat,” tambahnya.

Sayangnya, kecelakaan ini menyisakan duka mendalam, dengan 11 orang yang dinyatakan meninggal dunia. Jenazah korban telah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang. Anggota Lantas Polres Lumajang, Aiptu Supastianto, menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut, enam laki-laki dan lima perempuan telah dinyatakan meninggal dunia. Sementara empat orang lainnya mengalami luka berat dan dirawat di rumah sakit.

Tragedi ini mengingatkan kita semua akan pentingnya kehati-hatian dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, khususnya di daerah perlintasan tanpa palang pintu yang dapat menjadi tempat rawan kecelakaan.

Source: https://news.detik.com/berita/d-7046277/fakta-fakta-kecelakaan-kereta-api-elf-di-lumajang-yang-tewaskan-11-orang 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Karyawan PT Siam Cement Group (SCG) Sukabumi Ditemukan Tewas Didalam Mesin

Sebuah tragedi menyelimuti PT Siam Cement Group (SCG) ketika seorang pekerja tewas dalam kecelakaan kerja yang terjadi di Jalan Pelabuhan II, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, pada Senin (13/11/2023). Korban bernama Andri (22), pekerja dari Tim Helper RBI shift 2, berasal dari Kampung Cigoong, RT 04, Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung.

Kecelakaan terjadi ketika Tim Helper RBI shift 2, yang terdiri dari Andi dan Andri, berusaha melepas lampu penerangan di atas mesin produksi multi-cyclone pada hari Senin. Andi berada di posisi merilis kabel, sementara Andri (korban) menggulung kabel di area terpisah, membuat mereka tidak dapat melihat satu sama lain. Saat rekan korban menyadari bahwa Andri tidak ada di tempatnya dan tidak merespons panggilan, pencarian segera dilakukan.

Tim Mekanik PT Semen Jawa, bersama tim medis klinik PT Semen Jawa, tim inafis Polres Sukabumi Kota, Polsek Gunungguruh, BPBD Kabupaten Sukabumi, serta Babinsa Desa Wangunreja dan Gunungguruh, bergabung dalam upaya evakuasi korban yang dimulai pada pukul 21.45 WIB. Sayangnya, korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa dan langsung dibawa ke RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi untuk dilakukan autopsi.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Peramas Wajananawat, menyampaikan rasa duka cita dan menginformasikan bahwa prioritas utama perusahaan saat ini adalah memberikan dukungan kepada keluarga korban dan memberikan kompensasi yang layak, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku. Wajananawat juga menekankan komitmen perusahaan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Meskipun kronologi kecelakaan masih dalam penyelidikan, Kapolsek Gunungguruh, Polres Sukabumi Kota, Iptu Imam Suyaman, menjelaskan bahwa posisi korban saat ditemukan sudah berada di dalam mesin dan dalam keadaan meninggal dunia. Korban, Andri, mengalami luka di bagian kepala dan tangan bagian kirinya putus. Pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan meminta keterangan dari saksi-saksi yang berada di lokasi kejadian.

Source: https://radarsukabumi.com/berita-utama/pekerja-tewas-kecelakaan-kerja-pt-scg-sukabumi-berikan-kompensasi-penuh-dan-tingkatkan-sop/ 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga 
  4. Asuransi Tanggung Jawab Pekerja (Workers’ Compensation)

 

Aksi Brutal Perampok dengan Celurit di Indomaret, Uang Rp 12 Juta Raib

Aksi perampokan brutal kembali terjadi di kawasan Karang Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebuah Indomaret menjadi sasaran komplotan perampok yang menggunakan celurit sebagai senjata mereka. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengungkapkan bahwa tiga pelaku perampokan itu menodong dua pegawai Indomaret dan mengancam mereka dengan celurit.

Pada jumpa pers Senin (20/11/2023), Bintoro menjelaskan bahwa para perampok langsung menyatroni Indomaret dengan menekan para pegawai agar membuka brankas. “Ketika pelaku yang berjumlah tiga orang datang menyatroni Indomaret, mereka langsung menodongkan celurit sambil mengancam para pegawai supaya membuka brankas,” ujarnya.

Dalam kondisi terancam, pegawai Indomaret akhirnya terpaksa membuka brankas secara perlahan. Para pelaku dengan cepat merampas sejumlah uang yang tersimpan di dalam brankas dan laci toko. “Dari aksi itu, mereka menggasak uang sebesar Rp 12 juta,” ungkap Bintoro. Selain uang, para perampok juga tidak ragu mengambil ponsel milik dua pegawai yang berjaga.

Setelah melancarkan aksinya, para pelaku segera melarikan diri dari Indomaret sambil menenteng celurit yang mereka bawa. “Mereka langsung lari usai melakukan aksinya. Mereka membawa uang belasan juta rupiah dan dua buah HP,” kata Bintoro.

Perlu diketahui, serangan perampokan ini terjadi pada 23 Oktober 2023, dan saat ini Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan masih memburu satu pelaku bernama Ipul. Sementara itu, dua pelaku lainnya, KA (28) dan PR (27), sudah berhasil ditangkap. KA ditangkap di wilayah Tangerang Selatan, sementara PR berhasil ditangkap di Cibinong, Jawa Barat. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 365 Ayat 1 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 12 tahun.

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/11/20/18052671/komplotan-perampok-todongkan-celurit-ke-pegawai-indomaret-agar-dibukakan 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Properti
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik

 

Kapal Pengangkut Pupuk, KM Cahaya Mulia II, Terbakar di Kalimantan Tengah: Suara Ledakan Terdengar Sebelumnya

Sebuah kejadian dramatis terjadi di perairan Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), ketika kapal kayu pengangkut pupuk, KM Cahaya Mulia II, tiba-tiba terbakar. Sebelum peristiwa tragis ini, suara ledakan misterius terdengar di sekitar kapal, memicu kekhawatiran di kalangan warga setempat.

Kabid Pemadaman, Penyelamatan, dan Sarana Prasarana, Dwi Agus Suhartono, memberikan insight terkait insiden ini kepada detikcom pada Senin (21/11/2023). “Menurut keterangan warga di lapangan, tetapi kami tidak bisa mengonfirmasi identitasnya, tetapi dia memang berada di sekitar lokasi kejadian terdengar ada suara ledakan,” ungkap Agus.

Peristiwa dramatis ini terjadi di Pelabuhan Pariwisata Tanjung Puting, Perairan Kumai Pangkalan Bun pada Senin (20/11) sekitar pukul 05.00 WIB. Agus menyampaikan bahwa kapal tersebut sedang memuat 10 anak buah kapal (ABK) dan telah bersandar selama dua hari menunggu untuk dibongkar muatan pupuk. Saat kejadian, kapal diketahui dalam keadaan kosong, dan seluruh ABK berada di darat.

Informasi kebakaran kapal diterima oleh pihak berwenang sekitar pukul 05.25 WIB. Saat aparat tiba di lokasi, kapal sudah bergeser ke arah Sungai Kumai karena terbawa arus. Proses pemadaman baru dimulai setelah berhasil membawa KM Cahaya Mulia II ke tepi, dengan bantuan kapal tugboat KPLP yang kebetulan berada di dekatnya.

“Kapal KPLP berusaha mendekati kapal Cahaya Mulia II dan digeser ke seberang Pelabuhan Panglima Utar Kumai untuk dilaksanakan kegiatan pemadaman,” jelas Agus.

Pemadaman yang melibatkan satu unit mobil pemadam, bersama dukungan TNI-Polri di lapangan, berlangsung selama 2 jam 30 menit hingga pukul 08.46 WIB. Namun, karena kondisi yang tidak memungkinkan, personel damkar akhirnya ditarik kembali.

Sementara itu, Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono belum dapat memberikan kronologi lengkap mengenai kebakaran kapal tersebut. Pihak berwenang masih tengah melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti dari peristiwa tragis ini.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7048012/kapal-pengangkut-pupuk-terbakar-di-kobar-warga-sempat-dengar-ledakan 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Marine Cargo
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kebakaran
  5. Business Interruption Insurance

 

Tabrakan Beruntun 3 Mobil di Malang Alami Kerusakan Parah

Kecelakaan beruntun mengguncang kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang, pada Senin malam (20/11/2023), menjelang tengah malam. Tiga kendaraan terlibat dalam insiden tersebut, namun beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Meskipun demikian, kejadian ini menyebabkan kemacetan parah dalam arus lalu lintas di sekitar area kuliner tersebut.

Kepala Unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota, Ipda Isrofi, menjelaskan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 23.30 WIB, di sekitar Rumah Sakit Permata Bunda, Soekarno-Hatta. Kendaraan yang terlibat meliputi Pajero dengan nomor polisi N 1376 BJO, Toyota Avanza dengan nomor polisi N 1096 HU, dan Daihatsu Sigra dengan nomor polisi N 1063 HF.

Peristiwa ini dimulai dengan mobil Pajero yang dikemudikan oleh Hadiwijaya (29) dari Surabaya, melaju dari selatan ke utara. Pajero kemudian menabrak bagian belakang mobil Avanza yang dikemudikan oleh Syari (19), mahasiswi asal Subang, Jawa Barat. Akibat dari tabrakan ini, Pajero tak terkendali dan oleng ke kanan, memasuki lajur timur menuju arah berlawanan.

Isrofi menjelaskan, “Mobil Mitsubishi Pajero tetap melaju ke arah selatan yang selanjutnya kembali oleng ke kanan, ke arah timur hingga melewati taman pembatas tengah jalan raya, sampai memasuki lawan arus, lalu kembali terjadi kecelakaan lalu lintas dengan seorang pengemudi mobil Sigra yang dikemudikan oleh Febrian (34).”

Mobil Pajero melaju kencang dan menghantam bagian depan mobil Sigra yang melaju dari utara ke selatan. Peristiwa ini baru berakhir setelah Pajero menabrak minibus Daihatsu Sigra. Meskipun kecelakaan beruntun ini mengakibatkan kerusakan pada ketiga kendaraan, beruntungnya tidak ada korban jiwa atau luka.

Dugaan awal menunjukkan bahwa pengemudi Pajero mungkin kurang waspada saat melaju dengan kecepatan tinggi, terutama di jalan yang memiliki sedikit tikungan. Polisi tidak menemukan indikasi pengaruh miras atau obat-obatan terlarang dalam kecelakaan ini.

Meski tidak ada korban luka, ketiga mobil yang terlibat mengalami kerusakan. Mobil Pajero mengalami goresan di bodi kanan dan kerusakan di bodi depan kanan. Toyota Avanza mengalami kerusakan parah di bodi belakang, pecahnya kaca bodi belakang, dan kerusakan bodi depan. Sementara itu, mobil Sigra mengalami kerusakan bodi depan.

Ketiga kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan saat ini berada di bawah penanganan unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota. Kasus ini masih dalam proses penyelidikan untuk memahami penyebab pasti dari kecelakaan beruntun yang terjadi di malam itu.

Source: https://daerah.sindonews.com/read/1256735/704/3-kendaraan-tabrakan-beruntun-di-jalan-soekarno-hatta-malang-tak-ada-korban-jiwa-1700536267 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kendaraan
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Tanggung Gugat Pihak Ketiga

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by Otoritas Jasa Keuangan KEP-667/KM.10/2012
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses hanya 24jam
(Marine Open Policy)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses hanya 24jam
Asuransi Marine Cargo Lebih Untung Dengan MOP
(Marine Open Policy)
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!