Bank Garansi

Inilah yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jaminan Kontra Bank Garansi

Liga Asuransi – Pembaca yang luar biasa, bagaimana kabar Anda? Mari kita lanjutkan pelajaran kita mengenai Kontra Bank Garansi.

Untuk Anda ketahui bahwa permintaan untuk kontra bank garansi di Indonesia saat ini semakin tinggi sejalan dengan program hemat biaya dan proses yang lebih sederhana.

Kontra Bank Garansi adalah produk turunan dari Surety Bond. Kontra Bank Garansi adalah Bukti Jaminan atas Jaminan Bank yang diterbitkan oleh Bank untuk kepentingan “Kontraktor” (Pokok) dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan perjanjian pokok “Pemilik Pekerjaan” (Obligee) dengan Prinsipal, dan apabila Prinsipal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketentuan kontrak,  maka Asuransi (Surety) akan membayar 100% kepada Bank atas klaim Penjaminan Bank yang diajukan oleh obligee/Bouwheer.

Selanjutnya Surety berhak menuntut penggantian atas pencairan Kontra Bank Garansi oleh Bank karena Bank Garansi yang diberikan oleh obligee/Bouwheer.

Penjaminan bank loket dimaksudkan untuk memudahkan Prinsipal memenuhi salah satu Syarat yang ditentukan oleh Pemilik Proyek atau Pemberi Kerja untuk Pengikut Tender, Pelaksanaan Proyek Pembangunan, Jaminan Uang Muka, Jaminan Dalam Pemeliharaan Proyek Pembangunan yang sedang atau telah selesai, Kontrak Pengadaan Barang/Jasa,  dengan biaya dan persyaratan yang lebih kompetitif dibandingkan dengan Perbankan.

Kontra Bank Garansi VS Bank Garansi

Dari segi bentuk dan fungsi sebenarnya tidak ada perbedaan antara kontra bank garansi dan bank garansi. Keduanya dikeluarkan oleh bank.

Perbedaannya adalah dalam hal arus kas dan jaminan. Bank garansi biasanya dikeluarkan oleh bank dan Anda sebagai pokok (kontraktor yang membutuhkan) diwajibkan untuk menyediakan dana dari nilai keamanan yang diperlukan. Dana tersebut disimpan dalam bentuk deposito selama periode keamanan. Atau sebagai penggantinya juga bisa berupa aset tetap berupa sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Sementara untuk kontrak bank garansi, dana yang ditahan bukan dana Anda, melainkan dana perusahaan asuransi atau jaminan dari perusahaan asuransi ke bank. Dengan demikian Anda tidak perlu menyimpan dana Anda di bank selama masa proyek. Bahkan jika ada jauh lebih sedikit. Jadi, dalam hal arus kas Anda akan sangat terbantu.

Jenis jaminan kontra bank garansi meliputi:

  1. Jaminan Penawaran / Jaminan Tender
  2. Ikatan Kinerja
  3. Jaminan Pembayaran Di Muka
  4. Jaminan Pemeliharaan

Informasi yang diperlukan untuk penerbitan Kontra Bank Garansi  

  1. Mengisi Formulir Permohonan kontra bank garansi  sambil menyertakan dokumen-dokumen:
    • Company Profile
    • Copy akte Perusahaan dan perubahannya (bila ada).
    • Laporan keuangan 2 (dua) tahun terakhir yang sudah diaudit, kecuali bagi Perusahaan baru.
    • Daftar pekerjaan-pekerjaan yang sedang dalam pelaksanaan.
    • Daftar pekerjaan-pekerjaan yang telah diselesaikan.
    • Struktur Organisasi dan daftar personalia.
    • Copy Surat Izin Usaha (UP, UJK).
    • Daftar peralatan yang dimiliki.
    • Undangan tender (bagi Pemohon Jaminan Tender).
    • Surat Penunjukan Pemenang dan Kontrak atau Surat Perintah Kerja SPK (bagi Pemohon Jaminan Pelaksanaan).
    • Surat Perjanjian Pemborong atau kontrak (bagi Pemohon Jaminan Uang Muka).
    • Berita acara serah terima pekerjaan I (bagi Pemohon Jaminan Pemeliharaan).
    • Surat Perjanjian Ganti Rugi/Indemnity Letter (formulir dari PT. Asuran  ) yang telah ditandatangani dan disahkan di hadapan Notaris.
  1. Membayar biaya jasa sesuai tarif yang telah ditentukan
    • Prosedur Klaim  kontra bank garansi 
    • Klaim (pencairan) hanya bisa dilakukan oleh OBLIGEE.
    • ALUR PENCAIRAN KONTRA BANK GARANSI 

Arus proses pencarian kontra bank garansi 

  • Principal melakukan Wanprestasi karena tidak melakukan proyek sesuai dengan Perjanjian Tender atau Kontrak Kerja.
  • Obligee sebagai penerima Jaminan Bank Garansi  mengajukan klaim (pencairan) dengan disertai dokumen wanprestasi dari Principal kepada Bank yang menerbitkan Bank Garansi .
  • Bank segera memberitahukan kepada Surety yang menjamin Bank Garansi  dalam waktu 2 hari setelah Bank menerima Surat Pencairan dari Obligee.
  • Surety segera memberitahukan kepada Principal atas pemberitahuan adanya pencairan Bank Garansi.
  • Apabila dalam waktu 14 (empat belas) hari Surety tidak memberi konfirmasi atas pencairan Bank Garansi  tersebut, maka Bank dapat segera mencairkan Bank Garansi  sehingga dapat mengurangi plafon Surety yang ada di Bank.
  • Surety akan mengajukan hak Subrogasi atas pembayaran pencairan Bank Garansi yang telah dilakukan oleh Bank kepada Obligee.

Bagaimana cara mendapatkan Kontra Bank Garansi?

Walaupun manfaatnya besar akan tetapi proses penerbitannya tidak sederhana. Anda perlu bantuan ahli asuransi yang mempunyai hubungan baik dengan bank. Tidak mudah untuk “mengawinkan” kedua pihak yang mempunyai prinsip kerja yang berbeda.

Ahli asuransi yang paling pas untuk mengurus kontra bank garansi adalah Broker Asuransi yang berpengalaman. Broker asuransi adalah konsultan asuransi yang berada di pihak Anda bukan di pihak asuransi.

Broker asuransi akan membantu Anda sejak awal persiapan dokumen, memilih-milih perusahaan asuransi yang tepat, menghubungi pihak bank sekaligus negosiasikan biaya bank dan premi asuransi.

Broker asuransi yang akan membantu Anda sampai diterbitkannya Kontra Bank Garansi oleh bank dalam jangka waktu yang ditentukan.

Salah satu broker asuransi yang ahli di bidang penerbitan Kontra Bank Garansi adalah L&G Insurance Broker. L&G telah sukses menerbitkan ribuan sertifikat Surety Bond dan Kontra Bank Garansi. Dari nilai jaminan puluhan juta hingga ratusan miliar rupiah.

Untuk semua kebutuhan Surety Bond dan Bank Garansi Anda, hubungi L&G sekarang juga!


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!