Asuransi Bencana Alam

Ini dia Tinjauan Aspek Asuransi dari Gempa Turki 30 Oktober 2020

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Minggu ini kembali kami sajikan kabar menggemparkan yang menimpa Turki beberapa hari yang lalu tepatnya pada Jumat, 30 Oktober 2020 yang melanda pantai Aegean Turki dan utara pulau Yunani Samo. Adapun gempa pada tersebut merobohkan bangunan di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki. Getaran gempa bumi bermagnitudo 7 skala richter itu begitu luas sehingga dapat dirasakan dalam wilayah yang luas seperti di Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara.

Kerusakan akibat gempa bumi ini sebagian besar terjadi pada kawasan pemukiman yang terletak pada tanah lunak, seperti di pesisir pantai dan cekungan dengan dataran aluvial yang lunak. Sehingga menyebabkan kerusakan pada Tercatat hingga Selasa, 4 Oktober 2020 gempa tersebut juga telah menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang di kota Izmir. Dan yang lebih mengerikan, gempa ini juga sempat memicu tsunami kecil di distrik Seferihisar. Berdasarkan analisis data ini dikeluarkan, sudah terjadi lebih dari 100 aktivitas gempa susulan atau aftershock sejak terjadinya gempa utama (mainshock) dengan magnitudo terbesar M 5,1.

Secara teori, Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Bencana ala mini relatif sering terjadi di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang terletak pada pertemuan  empat lempeng tektonik dunia, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Australia, lempeng Pasifik, dan lempeng Filipina. Lempeng Australia dan lempeng Pasifik merupakan jenis lempeng samudera yang bersifat lentur, sedangkan lempeng Eurasia berjenis lempeng benua yang bersifat rigid dan kaku. Pertemuan lempeng tektonik tersebut menyebabkan terjadinya penunjaman serta patahan aktif di dasar lautan dan di daratan. Aktivitas zona tumbukan dan patahan-patahan tersebut berpotensi memicu terjadinya gempa bumi.

Sumber: padangkita.com

Gempa bumi akan terjadi, tapi kita tidak tahu persis kapan. Ketahuilah  bahwa fenomena alam ini dapat menyebabkan banyak kerusakan pada rumah dan barang-barang Anda. Anda bahkan mungkin harus keluar dari rumah Anda saat sedang diperbaiki atau dibangun kembali. Polis asuransi pemilik rumah, penyewa, dan kondominium tidak mencakup kerusakan akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tanah longsor. Asuransi gempa dapat membantu membayar sebagian kerugian Anda. Kali ini kami akan membagikan  informasi seputar asuransi gempa bumi.

Pengalaman menunjukkan bahwa kehancuran akibat bencana dapat dikurangi secara drastis jika semua kita lebih siap menghadapi bencana. Dalam hal ini pengetahuan yang tepat bagi keluarga dan masyarakat sekitar khususnya yang tinggal di daerah rawan sangatlah penting. Namun, perlu diketahui bahwa bencana ini dapat menimbulkan risiko yang sangat besar bagi anda, oleh karena itu perlu adanya jaminan

Asuransi gempa bumi menanggung beberapa kerugian dan kerusakan yang dapat ditimbulkan gempa bumi terhadap rumah, harta benda, dan bangunan lain di properti Anda. Jika Anda memiliki hipotek, Anda harus memiliki asuransi pemilik rumah. Tetapi Anda tidak harus membeli asuransi gempa bumi.

Ada batasan tentang apa yang dibayarkan oleh asuransi gempa bumi. Tujuan dari asuransi gempa bumi adalah untuk membantu memasang kembali atap di atas kepala Anda. Itu tidak menggantikan semua yang hilang.

Baca Juga :   Banjir Besar di China 2021, Seperti Apa Dampaknya bagi Industri Asuransi Dunia?

Anda dapat membeli asuransi gempa bumi untuk menutupi kerusakan pada harta benda Anda dan untuk membayar biaya tinggal di tempat lain selama rumah sewaan Anda sedang diperbaiki. bisa membeli asuransi gempa bumi untuk menanggung kerusakan barang-barang Anda. membayar untuk tinggal di tempat lain saat kondominium Anda sedang diperbaiki. Anda mungkin juga memerlukan asuransi untuk membantu membayar penilaian asosiasi kondominium Anda untuk memperbaiki bangunan Anda. Selain itu, Anda dapat membeli asuransi gempa bumi untuk melindungi kerusakan rumah dan harta benda Anda. Itu juga dapat membayar untuk tinggal di tempat lain sementara rumah mobil Anda sedang diperbaiki.

 

Pengecualian 

Setiap polis asuransi tentunya memiliki pengecualian. Mengutip dari insurance.ca.gov, Berikut adalah beberapa kebijakan yang perlu Anda ketahui.

  • Api

Asuransi gempa bumi biasanya tidak mencakup apa pun yang sudah ditanggung oleh polis pemilik rumah Anda. Misalnya, kebijakan pemilik rumah Anda mencakup kerusakan akibat kebakaran, bahkan jika gempa bumi menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, kebijakan gempa Anda tidak mencakup kerusakan akibat kebakaran.

 

  • Tanah

Biasanya, asuransi gempa bumi tidak menanggung kerusakan pada tanah Anda, seperti lubang runtuhan akibat erosi atau bukaan tersembunyi lainnya di bawah tanah Anda. Anda mungkin dapat membeli pertanggungan tambahan terbatas untuk memulihkan atau menstabilkan tanah.

 

  • Kendaraan

Asuransi gempa bumi tidak menanggung kerusakan kendaraan Anda. Periksa polis asuransi mobil Anda untuk mengetahui apakah itu mencakup kerusakan itu.

 

  • Banjir

Asuransi gempa bumi tidak menanggung kerusakan akibat air dari luar rumah Anda, seperti selokan atau saluran cadangan, banjir, atau tsunami. Misalnya, jika Anda tinggal di dekat danau yang membanjiri rumah Anda setelah gempa bumi, asuransi gempa bumi tidak akan membayar untuk memperbaiki kerusakan. Polis asuransi banjir akan melindungi Anda.

Pertanyaan yang mendasar, apakah asuransi gempa bumi penting bagi Anda? Segera kalkulasi premi Anda sekarang juga, Anda juga perlu melakukan penelitian tentang garis patahan terdekat dan jenis tanah di daerah Anda. Sebuah rumah kemungkinan besar akan mengalami lebih banyak kerusakan jika lebih tua, atau dibangun dari batu bata atau batu, atau memiliki lebih dari satu lantai

Jangan sampai anda menunggu setelah bencana alam ini terjadi untuk membeli asuransi bukanlah ide yang baik. Karena itu tidak melindungi Anda dari kerusakan yang telah Anda alami. Selain itu, setelah terjadi gempa, perusahaan asuransi seringkali tidak menjual pertanggungan gempa untuk jangka waktu tertentu. Dan ketika mereka mulai menjualnya lagi, preminya mungkin dapat berubah menjadi lebih tinggi.

Untuk mendapatkan asuransi gempa bumi yang terbaik, Broker asuransi lah yang akan melakukan penyusunan data, merancang program asuransi yang terbaik, bernegosiasi dan memilih perusahaan asuransi yang terbaik untuk mendapatkan premi yang paling kompetitif.

Tugas broker asuransi yang paling penting adalah membantu Anda dalam penyelesaian klaim jika terjadi. Mereka akan  yang akan memproses, negosiasi dan penyelesaian pembayaran dari asuransi.

Untuk dapatkan asuransi gempa bumi terbaik, hubungi Broker Asuransi Andalan Anda sekarang Juga!

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top